TMCBLOG.com – Yamaha Serow Series memang tidak dijual di Indonesia, namun Jika melihat sejarah motor ini Kita jadi Lumayan tahu betapa Sebenarnya Mesin dari Yamaha Scorpio 225 yang pernah diJual Oleh YIMM memang merupakan mesin tangguh sampai di jadikan Mesin Motor bergenre dual purpose seperti Generasi awal dari Yamaha Serow ini.

1985 Yamaha XT225-Serow

Yap Yamaha Serow hadir pertama Kali Tahun 1985 di Jepang dengan nama Yamaha XT225 Serow. Mesinnya menggunakan mesin Big-Single 223 cc, SOHC, Berpendingin Udara yang memang merupakan dapur pacu andalan dari Yamaha Scorpio Series di Indonesia. Mesin 223 cc ini bertahan dari tahun 1985 sampai sekitar Tahun 2004 ketika setelah itu Yamaha memutuskan untuk Upgrade mesin menjadi berkapasitas 249 cc namun tetap Karburator.

Update Mesin ini serta merta juga mengganti nama Resmi XT225 Serow 225 menjadi XT250 Serow. Dan di tahun 2008 Sistem asupan bahan bakarnya diubah dari Karburator ke FI. Ketika regulasi emisi dijepamg diperketat, Serow 250 sempat berhibrinasi di tahun 2016 dan Bangkit kembali Tahun 2018 dengan beberapa Tweak di mesin untuk bisa mengikuti regulasi Emisi.

1985 Yamaha XT225-Serow
2020 Yamaha XT250-Serow

Dan akhirnnya Yamaha jepang memutuskan untuk menajdikan Model year 2020 dari Motor Iconic Dual Purpose yang merupakan Rival sejati dari Honda XR250 series ini menjadi Model year terakhir yang dijual di Jepang. Yap Yamaha XT250 Serow MY2020 akan jadi Versi Edisi Final alias edisi Sayonara. Untuk memberikan kesan Mendalam, Maka Untuk MY2020 Yamaha Serow 250 akan menggunakan Kombinasi pewarnaan Grafis yang terinspirasi dari Grafis Yamaha XT225 Serow Varian pertama tahun 1985.

Taufik of BUitenZorg

41 COMMENTS

    • Pas di update usd, keren coba pake led, update lagi, keren coba pake digital, update lagi keren coba pake box somay, update lagi, keren coba pake fairing, update lagi, keren coba pake radiator, update lagi, keren coba pake ban balap, keren cob…… bacot beli enggak kebanyakan coba ..!! Kismin banyak mau

      Guest
  1. Soal mesinnya yg dipakek scorpio, jd ingat ciri khas scorpio rpm bawah sangaddd loyo: jalan pelan gigi 2 atau 3 pasti gredek-gredek mesin mau mati 😆 pdhl rx king, vixion normal2 aja

    Guest
    • justru situ yg ga bisa pakai scorpio, jalan pelan kok pake gear 2-3.
      mesing single bore macam scorpio torsinya gede, itu kalau gredek2 mau mati ya berarti tinggal nurunin gigi sama maenin rpm.

      Guest
  2. Ini waaaakkk salah satu motor favorit saya. Apalagi limited corak orange salah satu yg dimiliki refa vloger orang indonesia yg tinggal di jepang.
    Bikin iri….
    Rekomended ini kyknya. Serrow sejarahnya panjang.
    Sayang di sini masukinnya cuma scorpio….

    Guest
  3. dari Scorpio lahir,saya sudah tau mesinnya sama kayak Serow 225 tahun 80an
    ya sama jadulnya kayak mesin Tiger di jamannya

    Guest
  4. kalo mesin ini jg dibuat diferensiasi misalnya untuk motor yg benar2 classic cocok nih…
    misal namanya Yamaha SR 250

    Guest
  5. Yamaha serow rekan sy punya wak, warna hitam tp gak tau th brp. Memang kalau di liat blok mesin sm persis sm yamaha secorpio.

    Guest
  6. upgrade mesin 250cc juga dalemannya beda.
    adanya damper per di rumah kopling (scorpio masih pakai damper karet), ada engine balancer juga, trus oil cooler.

    untuk mesin scorpio sih memang mantap, sayang yang sering kena itu karet rumah kopling, karet vakum karbu, sama lampu depan yang redup bingit

    Guest
  7. Sayang yimm gak mau buat produk masal untuk motor tsb, walau pangsa pasarnya kecil, durability motor tsb gak diragukan karna di eropa lumayan laris untuk biker beginner low bugget bersandingan sama crf 250

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.