TMCBLOG.com – Fakta Kejadian sepanjang musim MotoGP 2019 terutama di akhir Musim Mulai dari GP Motegi jepang sampai GP Finale di Valencia dimana Event MotoGP menghadapi tantangan Cuaca Ekstrim Membuat MotoGP Seperti yang diberitakan Speedweek sedang dalam Upaya Mengevaluasi kembali sebaran Jadwal Race ke depannya. Seperti Kita Ketahui misalnya MotoGP Motegi di Oktober buat Orang jepang sendiri dikenal sebagai Saat saat dimana Badai Sering Terjadi.

Sementara itu Phillip Island di akhir Tahun Juga lebih sering menhadirkan Cuara Hujan, Badai dengan angin yang berhembus kencang dari sisi samping (sidewind) dengan Temperatur rendah. Valencia sendiri sepanjang Race weekend 2019 dan Test Pra-musim yang lalu memperlihatkan bahwa terutama di sesi Pagi Hari di beberapa spot tikungan mengahdirkan Kondisi Track yang terlalu dingin ‘ winter like’  sehingga membuat grip ban sangat Minimal dan berpotensi menghadirkan Crash yang berbahaya Bagi pembalap.

Kontrak Dorna dengan Promotor GP Australia – Australian Grand Prix Corporation (AGPC)  sudah diteken dan akan berakhir di penghujung Musim 2026. Dan ternyata sudah semenjak lama Dorna ingin memindahkan GP Australia – Philli Island ke Bagian Awal Musim seperti akhirnnya Buriram yang pindah di 2020 ini ke awal musim. Namun awalnya AGPC menolak dengan alasan Gelaran F1 dan WSBK sudah menempatkan Australia sebagai Grandprix di awal musim, namun kejadian GP Phillip Island 2019 rupanya membuka kembali Pintu negosiasi tersebut.

Dalam sejarahnya Phillip Island atau Australia pada umumnya sendiri pertama Kali hadir sebagai GP di awal musim tepatnya tahun 1989 sebelum akhirnnya pindah ke akhir musim di 1990. Tahun 1991 sampai 1995 GP Australia pindah kembali ke awal musim Namun sirkuitnya di Eastern Creek Dekat Sidney. So Jadi pada dasarnya Gelaran balap ini punya sejarah di mana Australia berada di awal musim.

Mengenai wacana evaluasi jadwal yang sedang digodok khusus diperuntukan Mulai Musim 2021 dimana Direncanakan Phillip Island akan jadi grandPrix pembuka Seri MotoGP pada akhir februari diikuti GP Buriram dan GP Qatar pada Bulan maretnya. Perihal Gelaran Race WorldSBK yang biasannya menempatkan PI di awal musim juga bisa dilakukan sebelum race MotoGP PI atau dipindah sekalian ke Bulan April 2021.

Sementara Untuk Seri Valencia, Untuk menghindari cuaca yang ‘winter like’, wacananya akan dipindah beberapa pekan lebih cepat seperti ke September . . so GP apakah yang akan jadi seri Penutup /Finale Musim nanti . . . Sepang Kah ? atau bisa jadi malah  . . Mandalika ?

Taufik of BuitenZorg

18 COMMENTS

      • tapi fans Indonesia dapet “jatah jumpa” rider jagoannya lebih lama…
        race terakhir jg bakal jadi sesi test pramusim jg kan, gala FIM bisa diadain misal di Nusa Dua, rider2 bakal happy lah… race terakhir, sekalian test pramusim, & liburan di tempat tropis jauh dari dinginnya winter eropa….
        ngumpulin data2 jg lebih akurat karena sirkuitnya “panas” dan kelembaban tinggi…
        uji coba part baru dari Jepun jg lebih cepet plus biaya kargo lebih murah ke Indonesia… daripada jauh2 nyampe Valencia…
        fans tergokil ada di Indonesia, plus test pramusim disini, dijamin tuh Mandalika rame bgt 2 minggu sebelum dan sesudah race final, cuannya Dorna bisa njualin tiket nonton test pramusim plus akses paddock ke fans… nah nah nah

        wes lah Don Carmello, Mandalika paling perfect buat race pamungkas….

        Guest
        • Lha MotoGP Award nya masa diadain disana juga?,kalopun Mandalika jadi seri terakhir mungkin setelah race langsung packing berangkat ke Valencia untuk gala MotoGP Award,ribet ya😁

          Guest
        • Bro Kevin, ribet lah kalo harus langsung buru-buru terbang ke Valencia cuma buat acara Gala/Motogp Award. Mending sekalian adain di Mandalika atau Nusa Dua Bali kalo infrastruktur di Lombok belum selesai semua. Bisa sekalian liburan, santuy2 dulu pembalapnya sebelum balik ke eropa. Nanti mungkin Lorenzo yg bantu rekomen tempat2 yg bagus di Bali. hehe…

          Guest
  1. Gelaran MotoGP membentang dari musim semi ke musim gugur. Wajar jika ada hal² alamiah bgini.
    Mgkn kah yg notabene musim panas menjadi musim liburan, 1 pekannya digunakan utk gelaran MotoGP?
    Klo Mandalika menjadi sesi terakhir, keuntungannya byk bagi Indonesia. Mereka bisa sekalian berlibur di Indonesia.
    Semoga gelaran disini tdk membawa kekecewaan, khawatir byk fbh/fby radikul jd norak lihat lgsg para idolanya.

    Adu komen aja, hot abis di blog².
    He he he… Peace ah…

    Guest
  2. Kalau region southeast Asia kebagian akhir sampe finale, jatuhnya dimusim hujan yg mungkin bakalan bnyak aksi flag to flag. Seru2 aja sih cuman nanti ada yg nyiyir kalo kondisi tsb lbh menguntungkan beberapa rider

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.