TMCBLOG.com – Kawasaki siapkan Produk Anti-Niken. Yamaha boleh dibilang paling getol sama Produk Sepeda motor beroda tiga Yang dikombinasikan dengan teknologi leaning  pada beberapa contoh Produknya Mulai dari Tricity 125 sampai Niken yang menggunakan Mesin CP3 847 cc. Semua produk Yamaha ini sudah dalam status Produksi massal, namun Pabrikan jepang lainnya seperti tidak menganggap serius ke-pioniran Yamaha di segmen ini. Honda misalnya masih dalam status Motor konsep. Ternyata selain Honda, Kawasaki juga sepertinya juga bersiap menghadirkan produk di segmen ini  . .

Yap minimal Niat Kawasaki ini terciduk dari beberapa gambar desain paten yang sebelum ini dirilis Oleh Bike-Social. TMCBLOG menuliskan sebagai Niat Anti-Niken dikarenakan jenis Motor yang digunakan oleh kawasaki adalah Motor Jenis Sport. Bicara segmen Motor dengan roda depan model dua dimana masing masing memiliki sistem suspensi dan pergerakan yang independen mungkin kawasaki bukan yang pertama, namun jika dilihat dari gambar yang dirilis, sistem suspensinya sama sekali berbeda dengan apa yang telah di perlihatkan Yamaha dan Honda atau bahkan Piaggio pada MP3 mereka

Pada desain Yamaha ataupun Piaggio Biasannya masing masing Roda di depan memiliki suspensi sendiri sendiri, Namun untuk desain yang di buat kawasaki ini antara roda kanan dan roda Kiri tetap menggunakan kerja dari satu ‘monoshock’ namun pergerakan independentnya di kerjakan oleh sebuah sistem Model Link Parallelogram Yang secara umum terlihat lebih ruwet alias ribet.

Sementara itu Sistem kemudi (kendari setang) nya sendiri terlihat juga menggunakan model Link, tidak secara Langsung terkoneksi dengan Roda Ban. Secara umum sepertinya model pergerakan suspensi ban kanan dan kiri dari desain kawasaki ini membuat Wheel Base motor jadi lebih panjang dan memiliki unsprung-mass Yang lebih besar ketimbang misalnya desain sistem suspensi tilting dari Yamaha ataupun Piaggio.

Taufik of BuitenZorg

19 COMMENTS

  1. meski lebih ribet tapi apakah berpotensi perawatan yg jauh lebih murah dari Niken wak ? Soalnya pake mono Shock berbanding empat Up Side Down ?

    Guest
  2. salut sama enjiner di luar sana/modifikator di sini yg mendesign motor 3 rodanya… memudahkan para rider yg punya spirit riding tinggi/orang2 yg mencari nafkah lewat sepeda motor tapi pernah mengalami nasib kurang beruntung hingga jadi berkebutuhan khusus… memang ada atv, tapi kebanyakan untuk offroad…

    Guest
  3. dah 4 roda alias mobil buggy . . Komodo vin …mesin motor … sayang ngk onroad 😣 …. tp tabiat orang kita klw murah masal jd mending2x berubah nge pick up odol …oversize overwight klw mesin n suspensi ngk mentok

    Guest
  4. Itu gambar terakhir (simplified representation of automobile suspension), pada bagian shock absorber seperti schematic diagram electrolytic capacitor (yang bs) dan air core inductor (yang ks).

    Guest
  5. Sistem suspensi depan persis punya mobil / atv / ..travel nya pendek….beda sama niken ..piaggio…sensasi naik morot masih dapat/ motor masih bisa miring ….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.