TMCBLOG.com – Per hari ini Tanggal 2 Februari sampai 4 Februari 2020, MotoGP sebenarnya sudah mengadakan sesi Test Pertama di Sirkuit Sepang-Malaysia, Namanya Shakedown test. Namun pengetesan ini belum merupakan test resmi untuk pembalap pembalap permanen MotoGP pada Umumnya. Test Ini sifatnya merupakan test Privat dan Hanya dilakukan Oleh beberapa pembalap dengan catatan Khusus

Dengan Menempatkannya sebagai Test Privat, artinya Sesi pengetesan ini tertutup Buat publik dan Media. . Ini juga berarti MotoGP secara official Tidak akan Merilis Hasil Laptime resmi dari 3 Hari Test ini kepada Publik. Di Track sendiri ada semacam List Laptime, Namun jelas Un-Official dan ada kemungkinan tidak lengkap dan tidak bisa jadi Pegangan karena secara umum Pembalap bisa saja masuk Track dengan transpoder atau tanpa Transponder.

Secara umum Sesi Shakedown test bisa berarti Juga sesi Running-In atau ‘Inreyen’ awal dari Mesin mesin baru. Pembalap yang biasannya melakukan adalah Para Test Rider. namun begitu di sela Test Rider Resmi yang sudah lama dikenal seperti Michele Pirro dari Ducati, Sylvain Guintoli dari Suzuki, Bradley Smith dari Aprilia, Dani Pedrosa di KTM, atau Stefan Bradl dari Honda, Tahun 2020 ini akan ada juga hadir Test Rider Terkenal yang baru direkrut yamaha Untuk memperkuat kekuatan Tim Test mereka yang selama ini hanya di lakoni Kohta Nozane dan Katsuyuki Nakasuga. Ia adalah Jorge Lorenzo.

Walau Lebih Un-official dari test Pra-Musim pekan depan, namun posisi Shakedown Test sangat penting. Ini adalah test Pertama Buat para Rookie ( Brad Binder, Iker Lecuona, dan Alex Marquez ) untuk mencoba Impresi berkendara Motor motor Prototipe kelas Raja dengan power mendekati 300hp dan sanggup dibawa lari dengan top speed 350 km/jam.

Pertama Kalinya Juga Para Rookie akan mencoba Rem super Pakem yang menggunakan Cakram Karbon, Pertama Kalinya mereka mencoba Konstruksi Ban Slick Michelin yang memiliki Karakter berbeda dengan Ban Dunlop. Dan pertama Kalinya mereka bercengkerama dengan Elektronik Terutama beradaptasi dengan Traction Control, Variable engine Brake Setup, Seamless gearbox dan beberapa setup elektronik lain yang belum pernah mereka rasakan selama di Kelas Intermediate.

Di Shakedown Test Juga akan hadir untuk pertama Kali Motor Motor Prototipe yang dieprkirakan sudah masuk dalam tahap Final Design Untuk dipakai sepanjang Musim 2020 ini. Aprilia Sudah memajang¬† Foto New RS-GP 2020 mereka lengkap dengan Kemungkinan Mesin baru V4 90 Derajad dengan External Fly Wheel, Front Aero-Wing Superbesar Yang akan menghasilkan Downfoce dan tentunya kehadiran Lubang Ram Air depan yang lebih lebar dan lebih¬† ‘dower’. Prediksi sementara Perubahan ukuran Luas Lubang Ram Air ini berkorelasi Linear dengan kebutuhan Udara Besar dari Mesin baru untuk menghasilkan tenaga yang besar pula.

Michele Pirro diperkirakan akan menggunakan Ducati Desmosedici GP20 yang tahun 2020 ini memiliki Sasis yang sama sekali baru, walaupun sekilas Mungkin tak terlihat baru. Ini diperkirakan untuk mengejar solusi dari Problem Ducati di tikungan. Yamaha Sendiri diperkirakan akan meneruskan riset New M1 mereka yang sudah pernah diperlihatkan di Test Valencia dan Jerez. KTM RC16 diperkirakan akan terus mencari data pengembangan Sasis dan mesin baru. Sementara Honda mencoba mengembalikan sisi kemudahan dikendarai yang sempat Hilang dari RC213V karena HRC ngejar performa Top-speed di Tahun 2019 yang lalu.

Saya sendiri – Taufik TMCBLOG – telah mengantongi akreditasi Peliputan Test ini Untuk tmcblog.com dan Rencana akan hadir Langsung di Sirkuit Sepang secara berdikari. Karena juga secara Resmi telah diundang Oleh Team, saya akan coba menghadiri Juga perilisan 3 team MotoGP di sepang pada tanggal 6 Februari ( Suzuki Ecstar, Monster Energy Yamaha dan Petronas Yamaha ) sebelum test resmi yang dimulai tanggal 7 Februari. Semua yang bisa saya tulis dan Laporkan akan saya post di Tmcblog.com dan Juga beberapa Kanal media sosial Kami seperti Di Twiter dan Instagram

Dengar dengar hotel tempat saya menginap juga akan satu hotel dengan beberapa rekan Jurnalis Seperti David Emmet dan Peter McLaren. Jelas Peliputan ini mudah mudahan Juga akan memberikan Insight tersendiri karena biasanya kami suka berdiskusi satu meja sambil sarapan ataupun makan malam di kedai sebelah yang biasanya jago menghidangkan Nasi goreng Pataya Plus teh Tarik . . namun begitu sementara ini tmcblog akan mencoba dulu bikin perencanaan guna mengantisipasi permasalahan Agenda awal pekan yang padat di Jakarta dan bahkan sampai memiliki potensi Bentrok hehe . . Mudah mudahan semua kita diberi kesehatan

Taufik of BuitenZorg

Daftar Pembalap di Shakedown Test 2-4 Februari 2020

  • 6 STEFAN BRADL (D), HONDA TEST TEAM, Honda
  • 22 KATSUYUKI NAKASUGA (J), YAMAHA TEST TEAM, YAMAHA
  • 26 DANI PEDROSA (E), TEST TEAM RED BULL KTM FACTORY RACING, KTM
  • 27 IKER LECUONA (E), ROOKIE RED BULL KTM TECH 3, KTM
  • 31 KOHTA NOZANE (J), YAMAHA TEST TEAM, YAMAHA
  • 32 LORENZO SAVADORI (I), TEST TEAM APRILIA RACING, APRILIA
  • 33 BRAD BINDER (ZA), ROOKIE RED BULL KTM FACTORY RACING, KTM
  • 38 BRADLEY SMITH (GB), TEST TEAM APRILIA RACING, APRILIA
  • 41 ALEIX ESPARGARO (E), APRILIA RACING TEAM GRESINI
  • 44 POL ESPARGARO (E), RED BULL KTM FACTORY, KTM
  • 50 SYLVAIN GUINTOLI (F), TEST TEAM SUZUKI ECSTAR, SUZUKI
  • 51 MICHELE PIRRO (I), DUCATI TEAM, DUCATI
  • 73 ALEX MARQUEZ, ROOKIE REPSOL HONDA TEAM, HONDA
  • 88 MIGUEL OLIVEIRA (P), ROOKIE RED BULL KTM TECH 3, KTM
  • 99 JORGE LORENZO (E), YAMAHA TEST TEAM, YAMAHA

22 COMMENTS

  1. Jujur 3 tahun krbelakangan mencoret yamaha dr daftar juara,namun kalo ada lorenzo, mungkin , atau 2 tahun lagi motogp bak seru lagi, si thanos bakal dpt perlawanan sepadan. Rossi bisa kalahkan lorenzo dngm “motor lorenzo” , soal balap rossi bs menang bisa kalah sama lorenzo tergantung track, namun soal pengembangan,jauh bila dibanding lorenzo,rossi jg bagus,tp lorenzo istimewa, bikin M1 bisa kencang digunakan siapa saja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here