TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui Yamaha telah merilis Sosok Yamaha XSR155 semenjak beberapa bulan yang lalu dan Kini jelas pasarnya terus berkembang dan penetrasi pun sudah dimulai. Motor ini Pun tak pelak menjadi salah satu Kanvas Kosong bagi banyak Para Pelaku Custom dengan arah retro Classic yang selama ini menggunakan bahan Kawasaki W175 . ..  Namun Bukan Hal tersebut yang mau tmcblog ungkap saat ini, namun kenyataan bahwa NJKB ( Nilai Jual Kendaraan bermotor ) dari Motor Yang memiliki Kode Yamaha BBS ini lumayan kecil sob Yakni Untuk daerah Jakarta Hanya 16,6 Juta rupiah

NJKB biasannya merupakan dasar dari perhitungan Pajak. Seperti Kita ketahui bersama Variabel variabel pembentuk Harga On The road dari Sebuah Unit Motor yang dapat dihitung berdasarkan Harga NJKB adalah  :

  • Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB) = 1,5% Harga NJKB
  • Bea Balik Nama Kend. Bermotor ( BBnKB ) = 10% Harga NJKB
  • Pajak pertambahan Nilai ( PPn) = 10% harga NJKB

Dengan Nlai NJKB 16,6 Juta rupiah saja sudah ketahuan bahwa Pajak Per Tahun dari Motor ini hanya sekitar 249 ribu rupiah. Silahkan bandingkan dengan Misalnya Vixion R yang punya angka NJKB 23,2 Juta rupiah . . . Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah Apa Kira Kira Strategi Yamaha menghadirkan NJKB sebegitu rendah Untuk Yamaha XSR 155 ? apakah Untuk mempermudah penetrasi dengan menggunakan Value ‘ Motor dengan Pajak murah ‘ ? Silahkan Share Pendapatmu sob ?

Taufik of BuitenZorg

 

49 COMMENTS

        • Kebanyakan motor baru berada diangka hampir 2 kali harga NJKB-nya. NJKB itu bukan sekedar angka kacang-kacang. NJKB jadi dasar penentuan besaran PPN (10%), PPh 22(0,45%), PKB(1,5% tergantung pemda), BBNKB(10% tergantung pemda). Selain itu masih ada asuransi, pengurusan dokumen dan biaya lainnya, termasuk menurut gue jaket dan helm bukan gratis. Faktur penjualan biasanya dibuat dari pabrik ke konsumen, ini menunjukan klo dealer/sales bukan penjual, melainkan hanya jasa broker. biaya jasanya pasti juga dibebankan ke konsumen juga. Klo beli pakai KTP pasti sales lebih untung lagi, karena ada fee dari pemberi kredit. Tpi klo NJKB 16jt di jual 40jt menurut gue jelas penipuan dalam upaya penghindaran pajak-pajak diatas. Hitungan kasar 16jt x 2 = 32jt. Harganya sekitar segitu, masih di bawah R15 dan MT15.

      • Iya kebacotan dan ngawurnya sales dan fanboy sebelah sudah merasuki blog ini, apalagi blog sebelah, widiiiiiihh gila2an.. Seperti segerombolan serigala berbulu ayam yg sedang kelaparan..

    • berarti cukup di angka 23 – 25jt dong harga jual dilapangan….
      buset dah tembus 30an jt. pantes jarang ada nongol dijalanan.

  1. Kalau hitungannya seperti itu,
    Setelah kena pajak Rp20.169.000,-
    Harga jual Rp36.265.000,-
    Margin dealer gede juga, hampir 80%, setara dengan NJKB,
    ?

  2. ngitung di thai harga xsr lebih murah dari mt. Tapi kalo sebegitu murah di bawah vixion, kok agak lucu ya kalo hanya krena pajak biar murah. Hmm ? mungkin salah ketik? ?

  3. NJKB samsat itu kadang anomali, yang pasarannya jatuh, malah NJKB nya tetap tinggi, jadinya pajaknya masi juga tinggi, contoh Pulsar 220, sudah cukup berumur pasarannya sudah di bawah 10 jt, bukan varian laris, tapi NJKB samsat masi 12 jutaan

    kalo XSR ini terus dasar perhitungannya gimana kok bisa murah gitu?

  4. musim salah ketik …… tapi impactnya beda, dgn yg ngeles (ngk pro) menyalahgunakan apbd ? sering banget salah ketik kan manusiawi katenye

  5. ndak ada keren2nya ini motor om, sumpah dah, lihat rangka yang gagah pengen dah tuh punya, pas lihat dimensi mesin ke rangka alamak kecil banget cuk gak pantes banget ?

  6. Fenomena banyaknya Dealer Ymh yg tutup bbrp thn terakhir, disinyalir karena tdk bisa tutup biaya operasional krn penjualan unit semakin berkurang..

    Satu2nya cara agar bisa hidup, ya harus ambil profit sebesar2nya per unit terjual…

    End user price ya akhirnya terlalu tinggi…

    IMO

    • Justru barang overprice malah bikin orang gak mau beli.
      Suzuki bisa agak survive karena jual dengan harga murah dan desain mulai sedikit berubsh
      Coba kalo ngikut Y+H, ya cepet bubar

    • make sense nih analisanya, profit margin setara NJKB untuk menyelamatkan keuangan dealer

      NJKB motor baru yg nentuin perusahaan kan ya wak? biaya real produksi berapa tuh kalau NJKB ‘serendah’ itu (dibandingin vixion r ya)

  7. Sbnrnya NJKB itu dasar penentuannya apa sih Wak??
    apakah NJKB itu murni harga bahan baku dasar yg dipakai pabrikan untuk memproduksi 1 unit motor atau sekedar harga yg didaftarkan pabrikan untuk syarat pendaftaran 1 type motor produksinya??

    • njkb adalah dasar dari pnegenaan Pajak
      hubungan antara njkb dan Cost produksi saya juga belum tahu, ini kayaknya sangat internal banget rumusnya

  8. mulai gatel pingin liat liat.. kliatan bongsor ni moyor.. tp nunggu mohor dan mosor dulu ah siapa tau muncul juga neo nya.. soalnya mokor terlalu classic.. buat gw pribados..

  9. Buatan lokal pajaknya pun enak di kantong…
    Sparepartsnya pun ekonomis.
    Tapi skuter metik ku koq masih mahal juga ya pajaknya??

  10. Vixion R pajaknya sekitar 350 ribu…
    lumayan lah kalau pajaknya 250 ribu …tonggal selera mau bergaya sport heritage modern atau aggresive..

  11. Sejak kapan beli motor tertentu auto mencerminkan IQ?jadi kalo orang tua,kakak,adik, keluarga lu ada yg beli produk ahem, langsung ente katain ogeb

    BAGUSSS!! ?
    SELAMAT ANDA LULUS MENJADI SALES “SEMART”

  12. Sejak kapan beli motor tertentu auto mencerminkan IQ?jadi kalo orang tua,kakak,adik, keluarga lu ada yg beli produk ahem, langsung ente katain ogeb

    BAGUSSS!! ?
    SELAMAT ANDA LULUS MENJADI SALES “SEMART”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here