TMCBLOG.com – Menarik melihat apa yang dilakukan HRC di hari terakhir Test Pra Musim Qatar dimana Marc Marquez mencoba kembali Honda RC213V Spec 2019 ini membuka banyak sekali sinyalemen, spekulasi dan pertanyaan. Apakah Yang sedang dikerjakan HRC? membuat perbandingan Motor 2020 dengan Motor 2019, berencana Balik lagi ke Motor 2019, atau rencana Lain ?

Yap tiga kemungkinan rencana yang menunjukan bahwa memang ada krisis di Juara dunia manufaktur 2019 ini dalam menentukan basis mesin dan setup apa yang akan mereka bawa di Race weekend Qatar dua pekan mendatang. Bahkan seorang Alberto Puig Pun mengaku belum tahu solusi dari Krisis ini

” Kami belum mengetahui solusi dari masalah kami. Jika kami tahu tentu telah dapat diselesaikan. Tentu Jelas bahwa saat ini kami tidak dalam keadaan terbaik. Kami mencoba beberapa hal dari Tahun sebelumnya, Namun juga dari dua atau tiga tahun sebelumnya – bukan hanya dari tahun lalu. Seperti biasanya kami berusaha memperbaiki keadaan sebisa yang kami coba dimana saat ini sama sekali tidak menyenangkan bagi kami. Sayangnya kami tidak memiliki banyak waktu, Namun kami akan mencoba di menit menit terakhir. Jelas ini adalah situasi yang sulit, namun bagian dari pekerjaan kami adalah menyelesaikan masalah dan jika kami akan lakukan kali ini “

Seperti Kita ketahui setiap Pabrikan Non-Konsesi diharuskan menentukan Basis Mesin yang akan mereka Gunakan Paling tidak untuk kedua Pembalap factory Mereka. Dalam hal ini Marc dan Alex Marquez harus menentukan Mesin mana yang akan mereka Pakai sepanjang musim 2020 pada hari Kamis nanti. Sementara Buat Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami keadaan masih lebih memiliki kelonggaran dalam memilih Mesin dibandingkan Repsol Honda. Secara Mudah pasti banyak yang bertanya bahwa kenapa Marc Marquez tidak pilih pakai saja Motor 2019 Untuk Musim 2020 ini, Tho ia sudah menguasainya dan banyak menang dengan Motor ini?

Itu adalah solusi pragmatis termudah . . Namun menurut tmcblog kenyataan MotoGP 2020 ini tidak seperti MotoGP 2019 yang lalu. Kompetitor Honda tidak lagi berada pada level 2019, semua Meningkat Performanya. Yamaha Bisa dilihat sendiri bagaimana tiga pembalapnya menguasai Qatar test dan Bagaimana Maverick Vinales dan Fabio Quartararo hadir dengan sangat impresif soal race Pace ingat bukan hanya soal one shot lap . . silahkan sobat seklaian cek data race simulation Fabio Quartararo di hari ketiga kemarin . . Ngeriiiiii banyak konsisten di 1:54 nya sob !!

Suzuki dengan mesin dan sasis yang sama sekali Baru hadir sangat Strong di test Pra Musim. Belum lagi Kalau Kita melihat Peningkatan di Ducati dengan segala Toy nya, KTM dengan hasil riset Pedrosa-Base mereka dan Tentunya Aprilia Dengan backup pengetahuan Formula satu Yang secara empiris membuat Performa RSGP telah sempat menjadikan senyum Aleix Espargaro membuncah.

Patut dicatat Marc Marquez memang sering menang di 2019 yang lalu, namun Mayoritas Ia hanya menang dengan margin kecil di depan Kompetitornya saat itu. Tiga Kali Seri Marc menang dengan Margin kurang dari 1 detik dan tiga kali Marc Menang dengan Margin antara 2 dan 1 detik. Artinya Jika kompetitornya meningat pesat, Maka Motor 2019 Marc di atas kertas akan punya ancaman besar saat berhadapan dengan kompetitornya yang semuanya menguankan mesin 2020 ini.

Singkat Kata , Jika dipaksakan turun di 2020, maka Mesin 2019 punya potensi Vulnerable di depan motor motor Prototipe Non-Honda yang semuanya punya trend membaik pada mesin 2020 mereka. Mesin 2020 disinyalir dibangun untuk memiliki pita (Band) derajat potensi lebih baik dan lebih luas untuk menghadapi Mesin kompetitor 2020. Namun memang saat ini HRC sangat sempit waktunya untuk menentukan dan mencari kombinasi setup terbaik dariMesin ini

Honda RC213V 2020 adalah mesin yang kerap kali Marc dan Cal Bilang Strong. Namun jelas ada hal hal yang juga berubah dan menjadi masala. Sudah jadi rumus umum jika motor dengan level Prototipe seperti ini perubahan di satu titik akan menyebabkan ketidak seimbangan di titik lain. Dan mengenai pengunaan Motor 2019 pun Sebenarnya Honda sih belum yakin. Hal ini Juga dikuatkan oleh Statement Puig saat ditanya apakah ada kemungkinan penggunaan Motor 2019 di Musim 2020 ini

“Kami bekerja melakukan banyak Hal, Namun jelas ini bukan akhir dari segalanya. Adalah benar kami menggunakan Motor 2019. Saya mungkin baru bisa menjawab di akhir dari Race pedana. Namun saat ini saya tidak tahu dan saya tidak bisa memberi jawaban. Saya tidak tahu apakah kita akan pakai mesin 2019, namun kami mencoba banyak hal, Mungkin pakai motor tahun ini atau motor tahun lalu. Mungkin dengan motor yang kami pikir baru akan digunakan di 2021. Honda yang tahu mengenai ini, bukan saya “

Yap menarik bahkan Puig sempat menyebut RC213V 2021 Saking untuk menunjukan bahwa ia ia belum memiliki solusi ( atau sengaja tidak mau memberitahukan strateginya ). Namun Yang pasti bentuk final dari RC213V yang akan dipakai Marc dan Alex 2020 ini akan kita bisa lihat di FP1 MotoGP Qatar 2020 Jam 17:40 WIB tanggal 6 Maret 2020 nanti sob.

Dalam after The flag MotoGP Qatar Hari terakhir, Simon Crafar mengatakan bahwa Secara umum Aero Body 2019 untuk RC213V lebih baik dibandingkan dengan aerobody 2020. Ini pula yang menimbulkan spekulasi bahwa ada kemungkinan HRC akan mengkombinasi penggunaan Aerobody 2019 di atas mesin 2020 atau kombinasi lain. Namun yang pasti baik mesin maupun aerobody harus dihomologasi dan Buat team tanpa Konsesi seperti Honda punya batas update terbatas Buat Aero body yakni hanya sekali Update. Marc Marquez sendiri memberikan pendapatnya pasca Finish di Posisi ketiga bahwa ia telah menemukan sesuatu dan bisa mengerti apa yang harus dilakukan . . apakah mengenai kombinasi ini ?

Kondisi ini jelas banyak membuat orang melihat cermin bagaimana HRC begitu struggle saat pertama Kali MotoGP menggunakan sistem Single electronic yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Saat itu diceritakan bahwa bahkan sampai Malam hari nan larut saat test Pra-musim pun Pit Box Repsol Honda masih menyala terang, Tanda para engineer terus bekerja mencari tahu solusi apa yang akan dilakukan di Race weekend pertama. Yang pasti HRC tentu akan sangat bekerja keras memanfaatkan jeda waktu kurang dari dua pekan ke depan untuk melakukan finalisasi Mesin apa, fairing apa yang akan mereka hadirkan Untuk Para pembalapnya.

Permasalahan HRC ini juga diperparah dengan belum fit 100%nya Marc Marquez dalam mengahdapi race weekend pertama 2020 ini. Belum fitnya Marc artinya ia belum bisa memberikan 100% limitnya dan secara silogisme ini berarti bahwa HRC belum bisa mengetahui titik Limit dari RC213V 2020 ini. Alberto pun memperkirakan bahwa di race weekend pembuka nanti Marc masih belum 100% fit. Melihat kondisi ini, pada kenyataannya banyak membuat orang memandang miring keputusan Honda yang mungkin jika bisa diekstrapolasi sampai 5 tahun ke depan akan sangat Marc Marquez sentris. Ini adalah Miniatur bayangan apa yang terjadi di HRC jika Marc Punya masalah dengan performanya sebagai rider, Kapok mu kapan HRC ? Mungkin itu Yang ada dalam pikiran. Namun tentu saja Hal hal seperti ini sudah dalam perhitungan Management Krisis HRC, will they figure it out ? .

Taufik of BuitenZorg

191 COMMENTS

      • Muy contento con el gran paso que hemos dado hoy. Hemos vuelto a disfrutar encima de la moto😁 Gracias por todo el trabajo #HRC. πŸ’ͺ🏼

        Very happy with the big step we have done today. We have enjoyed on the bike again 😁 Thanks for all the work HRC – Honda Racing Corporation.

        Sangat senang dengan langkah besar yg kami kerjakan hari ini. Kami telah menikmati berkendara diatas motor lagi.
        Terimakasih untuk seluruh kerja seras HRC.
        #QatarTest

        Guest
        • Kualitas satu kesatuan sebuah motor adalah hasil dari kombinasi dari beberapa orang yg terlibat dan part yg digunakan. Komposisi peran yg mungkin berbeda dari masing-masing, namun sekecil apapun perannya pasti memberikan pengaruh, apalagi motogp sekarang membutuhkan akurasi yg sangat tinggi. Peran yg kecil-kecil ini menutup celah.
          Perubahan drastis tahun ini adalah pemakaian komponban michelin yg katanya di harapkan bisa menghadirkan dog fight sejak awal.

          Guest
      • Ditangan Marc semua bakal baik2 saja .
        Kita masih ingat 2013 ,tatkala Marc yang masih belajar Memahami motor..belajar mengendarai motor..belajar balapan dikelas primer. … Mampu mengatasi semua dan meraih hasil ” Terbaik “dari 20an rider kelas primer πŸ˜‚
        apalah kalau cuma hal2 kayak gini..merem nagi Marc.

        Guest
        • 2016 dipaksa selow setengah musim awal, dilarang nge-push sampai batas.. yg penting finish 5 besar…

          Guest
        • Rookie of the year terbaik sepanjang MotoGP

          Baru masuk autojurdun. Padahal usia masih segitu. Ini pasti settingan Dorna

          🀣🀣🀣🀣🀣

          Guest
    • Berita tentang mesin Honda yg mau β€˜ngembaliin apa yg telah hilang’ seakan lenyap gitu aja selama break kemaren 😬

      Selama ini kalem kalem aja pas heboh pabrikan lain mesin baru, sasis baru, elektronik baru, toys baru.

      Giliran test bareng, yg lain kalem ini malah heboh sendiri

      Guest
      • HRC itu jepang the world leading technology. Bukan bangsa ecek-ecek. Hamper semua bangsa di dunia ini sungkem kpd japanese nation. Ini bicara manusia bukan negara. Mereka beda dengan manusia yang biasa hedop di tanah luas yang subur gemah ripah loh jinawi opo kang tinandur dadi. Mereka bukan orang2 yang biasa terima warisan luluhur. Meskipun warna bendera merah dan putih. Tapi karakter manusia beda bak langit dan bumi. Yang satu mampu menjajah yang satunya menikmati dijajah.

        Guest
    • Mungkin aja strategi terselubung..
      Pas race, kompetitor anggap enteng trs kalah lg d..
      Atw bs aja emang struggle,
      Tp hrc cepet tanggap..
      Nah kompetitor ini yg kyny lambat bgt..
      Ujung2nya mm lg yg jurdun..
      Btw kmrn komen mm yg blg ksh motor cpt..
      Pasti bs ditaklukin.. buktinya? Keteteran..
      Team hrc yg smp begadang biar bs ketemu solusi..
      Jd yg anggap mm dewa bs taklukin semua motor, ga jg kl tanpa teknisi..

      Guest
  1. Honda adalah Honda.mungkin di putaran pertama cari aman dulu.yg penting point.sambil cari solusi.semoga seru moto gp 2020 nya

    Guest
    • Roda motogp berputar…
      Mungkin saatnya tim yamaha, suzuki dan ktm unjuk gigi di race 2020 ini…
      Marquez sang andalan honda masih didera cidera, kemungkinan tidak akan maksimal mengendarai RCV yg liar, mungkin beberapa kali atau putaran bisa didepan, namun dengan konsistennya suzuki dan yamaha baik saar uji maupun simulasi race, kedua pabrikan tsb bisa bertahan didepan…

      #demikiannalisangawur2020πŸ˜πŸ˜€

      Guest
    • Awal2 struggle, stengah musim k blkg mggila… Lagu lama πŸ˜…
      Sblh awal2 mggila, stengah musim k blkg loyo… Hobi jadul 11th 🀣

      Mirip Darmo, jasjesjos ngowosss 😜

      Guest
    • itu psycho war yang bodoh..psycho war yg bener tuh bikin musuh ngeper sejak awal, bukan bikin musuh pd…yang ngeper itu lebih lemah dari yang pede..

      Guest
      • Dilihat darimana dulu..kalau dari catatan waktu ,wajar saja jika Marc memberikan ke PEDEan pada musuhnya saat ini.
        Kemampuan yang tak lebih dari tahun2 sebelumnya bagi Ymh πŸ˜‚ da marc tak perlu pembuktian lebih..karena itu bakal jadi Senjatanya nanti.

        Guest
      • Ini balapan waktu, siapa tercepat dia yg menang. Patokannya waktu. Kalau marc bikin patokan waktu yang bagus diawal, maka lawan akan berusaha mengunggulinya. Mungkin marc sadar waktu dia race 1:54 kecil. Makanya selow aja, biarkan lawan di angka 1:54 besar. Lawan tidak akan membuat atau menambahkan pengembangan. Nanti ketika race, keluarkan potensi awalnya. Itu contoh psywar bodoh ya.

        Guest
    • Yah begitulah Marc , gak beda dengan tahun2 sebelumnya… dimana ymh menguasai Tes…namun tidak saat Race πŸ˜‚

      Guest
    • resiko mengendarai motor celeng,menciderai diri sendiri.

      resiko mengendarai motor nyaman,menciderai lawan(mir n nakagami)

      catet itu bukti bukan opini

      Guest
  2. marc dan HRC selalu menempatkan situasi mereka berada di bawah tekanan, dari kacamata managemen krisis itu sangat baik!

    Guest
  3. Judulnya berlebihan wak,,,gak mungkin tim sekelas REPSOL HONDA krisis,,krisisnya bingung nentuin motor lagi ekekek….
    Yfr lha itu baru

    Guest
    • Strategi itu beraneka macam .
      Menurut saya , selalu tenang dan nyaman bagi Marc .. wong dia belajar balapan motogp aja bisa jurdun πŸ˜‚ saat ini Marc hanya mencoba memberikan jalan tengah agar Rcv bakal cepat Klop ditangan Alex πŸ˜„

      Guest
      • Dunia ini di tangan manusia. Mau dijadikan kayak apa jua. Manusia yang tentukan warna n bentuknya. Apalagi cuma satu team. Gampang lahh untuk tampil krisis. Dimana yang lain sekuat tenaga berpenampilan fit n proper. Tapi belakang nya …. ???
        Negeri garuda pancasila tuh…..

        Guest
  4. Sebenernya pemikiran mereka (HRC) sangat teknikal yg berporos pada hasil akhir. Pokoke nek wes marquez yo wis.

    Guest
  5. Mana Ganti Cangkir?
    Kayaknya emang Puig udah sadar juga dengan kondisi cedera Markeset kyk gitu ndak mungkin bisa triple crown lagi. Ingat, dengan motor yang top speed nya melebihi Duketek aja MM93 harus 200% effort.
    Emang motor perontok tulang.
    2020 ganti jurdun.

    Guest
    • Jika itu terjadi..anggap saja ini musim hiburan, dimana pabrikan lain bisa meraih jurdun dari Dominasi Hnd πŸ˜‚
      Tapi tetap jangan lupa..Tes dan Race itu beda 100 persen !
      Makanya bener juga, harus ada Tropy Jurdun Tes…agar semua pun berkompetisi dapetin Jurdun Tes πŸ˜‚

      Guest
  6. Ini cuma strategi ngaerce doank wak .. mereka kemaren mempunyai jeda waktu cukup panjang untuk membuat setup mesin karena kunci gelar dikunci di buriram .. haerce pemikirannyya ada diatas management tim lain jd waspada aja lah pabrikan lain dri strategi ngonda .. entah kenapa pemikiran aku race qatar podium dipenuhi mesin v .. mesin i4 mungkin cuma 1 ato g sama sekali ..

    Guest
    • Sept yang Gua bilang..gak beda dari tahun2 sebelumnya πŸ˜‚
      Sept biasa , akan ada kalimat : motor baru kami telah sukses dan berkembang pesat..kami optimis mampu meraih kemenangan ( sebelum musim berjalan ).

      Hnd dan Duc terlalu cepat..kami kehilangan traksi ban dan harus melakukan perbaikan ini itu bla….bla…bla… ( saat Musim berjalan ) πŸ˜‚

      Guest
  7. Nyabet gelar jurdun 6 kali ber-turut2 (jeda 2015), sdh bikin orang merasa bosan. Itu2 lagi yg jurdun! Gimana klo dari test pra musim HRC selalu berada di posisi terdepan terus dan mencetak fastest laps. Makin bosan gak? Bisa2 bubar motogp…

    Guest
  8. Sudah konsekuensi menghire 1 superman, saat cedera pun pasti sulit untuk menilai mesin mana yg paling bagus. Tentu HRC sudah siap dengan sgala konsekuensi ini, dan ingat marq tidak hanya jurdun seperti hayden, dia alien, meski struggle tetep akan bisa menang , justru isu2 Marquez – honda struggle ini jngn sampai membuat kompetitor lengah dan jumawa, tp sepertinya MV sudah jauh lebih dewasa dan fokus dngn diri sendiri, well sepertinya motogp 2020 akan sangat seru sejak seri perdana sampai akhir. MM93 vs MV12 .dngn gangguan f14,AR42. Dovi mungkin sudah pada ujung senja

    Guest
  9. Betul sekali ulasannya wak. MM bahkan menang dgn fabio bbrp kali dilast lap. Aplgi skrg M1 dah upgarde ecu,holeshot. Btw mgkn honda tambah power lagi atau malah buat bandul ringan atau foward rotating chf yg jadi masalah besar saat mau masuk tikungan mengejar akselerasi dan topspeed. Hal paling kentara adalah krn MM mulai cedera juga CC.

    Guest
  10. Sunbagging Makes kayaknya itu, buktinya lha wong beberapa hari lalu doi bisa dg enjoy bermain motor motocross dan di posting sbg kado ulang tahun gitu kok, berarti bahunya tidak apa2, tau ndiri lah motocross medannya kayak apa, sangat menuntut kekuatan lengan dan bahu akibat fluktuasi kejut naik turun shok depan.

    Guest
  11. Ra percoyo aq karo puig,,,
    Dr dulu kalo test selalu pura2 struggle,,,pas race ngacir,,
    Strategi ini biar pabrikan lain merasa JUMAWA,merasa MENANG sebelum PERANG,sehingga mereka pada lengah,dan anggap remeh HONDO,,aslinya ya fine2 aja mm93 feat hondo

    Guest
  12. Fkutang ada yg bilang mbah oci pengkhianat karena pindah2 pabrikan. Naah kalo pedrosa yg seumur karir motogp d hrc sekarang malah ngembangin KTM d bilang pengkhianat jg ga yah..?

    Guest
  13. Sandbagging ala HRC
    HRC pasti punya segala solusi untuk segala macam problem , tapi tidak untuk pembalapnya, berdoa aja Fans HRC untuk #93 shoulder, atau pakai roda3 biar tdk crash.

    Guest
    • Kalau musim sudah berjalan..
      Siapa yang bisa menyangka , hingga Alex Marquespun mampu merubah keadaan πŸ˜‚

      So..jangan terfokus dengan hasil Tes ,mari kita Tunggu Race πŸ˜‚

      Guest
      • Harapan Lo semu plus HALUUU TINGKAT DEWA tong,seolah2 skill nya sehebat kakak nya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† kalo kyk gt ktm JUGA bisa ngomong siapa tau binder bisa ngerubah keadaan plus ngetekin Alex Marquez,πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

        Guest
  14. biarkan harece pusing biar 2020 tim tim lain gantian yg di depan,,,
    biar Bani Bani sebelah semangat lagi nonton motobiji

    Guest
  15. Cm HRC yg bisa.. Balapan 2020 aja blm mulai, udh mau pake yg 2021.. Yamaho?? Masih ribet aja sm ECU, sasis, ban dan pembalap yg hobi nyalahin yg lain selain dirinya sendiri

    Guest
    • Iya Kamu benar sekali kotang ro hanya hrc balapan 2020 tapi bisa pake mesin 2030 πŸ˜‚πŸ˜‚
      Hrc itu top sangat ndak Ada yg bisa mengalahkan didunia
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  16. infonya smntra mau pk Aero wing versi 2019, ya brarti gk urgen krn aero bs lbh dr 1 untuk tiap pmblap, bs d update.. yg pnting kan markuez udh fix sm enjinnya..

    Guest
      • wadaw, brarti blm manjur setingannya, lha itu ke papan tengah aj msh susah… mgkin marc hrus ksh dorongan ke alex di kenalpotnya… di setut gitu..

        Guest
  17. klo saya pribadi menyarankan udah nongton aja ntar balapannya.. skrg bikin list tempat nongton ama temen2 buat nobar motogp 2020.. 😁

    Guest
  18. ternyata strugle nya marques lmyan serius.dan itu di bktikan dgn tes terakhir doi smpe2 mnjem mtor taka naga utk perbandingan.jd klo di anggap dia mnymbunyikan sesuatu jg sbgai kekuatan tdk spnuhnya bnr.di balik cidera,rcv2020 lmyan sulit.itu jg di amini oleh crutclow. tp bgtu race? qt tau siapa dia,,hee

    Guest
  19. yang rame2 kmrn ducati ktnya mau mnghadirkan sesuatu inovasi yang wow di tes terakhir qatar kok ga wow2 amat ya? mlh berita2 luar dlu smpat bkin beriata bahwa ducati bkl menghadirkan sesuatu yang radikal di motornya… tp ya ujung2nya holeshot yang update

    Guest
  20. Muehehe…. fby&fbr disini ibarat ikan yg congornya terkana kail pancing oleh master of strategy.
    Skarang msh dibiarin di air. Waktu race mulai lgsg mancing mania… plolang-plolong.. megap-megap..

    Guest
  21. Sirkuit2 yang di pake tes semua notabene yang bersahabat dgn mesin i4 yamaha dan suzuki.honda dari dl mmang kesulitan di malaysia jg qatar.so yg jadi ujian sesungguhnya nnti ya di sirkuit2 eropa.seberapa tangguh mesin i4 meladeni kekuatan mesin v4

    Guest
  22. Apa mungkin karena penyesuaian dgn ban Michelin baru yg ternyata baru disadari efeknya di Sepang kemarin,bikin keseimbangan motornya jadi acakadut

    Tapi Keknya krisisnya gak separah awal unified software sih,kasih fitur Hodna riding assist,konsep motor yg bisa jaga keseimbangan sendiri buat bantu Marquez πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  23. SemuA serba rahasia liat aja nanti pas race 😁😁😁 hrz ingat kata” rossi pokoknya jgn mudah percaya dn terbukti king slalu jd juara nya wkwkwkkwk… Di media cukup kasih drama di race tentu lain cerita😁

    Guest
  24. Ini setingan dorna,

    biar penonton semangat lagi datang ke circuit.

    Kalu Puig bilang kita sudah sangat siap, yach pembeli tiket online pasti mikir.

    Guest
    • πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‘
      Begitu juga jika saat Tes dikuasai marc..judul berita :

      Bosan Sudah , dia lagi dia lagi

      Guest
  25. Kalau kata epbeyai … Ini semua cuma settingan. Kata epbeyai.hrc disetting terlihat struggle diawal nanti tengah musim nabokin semuq alasannya marc udah fit ..itu menurut epbeyai ya!! Drama ini mah dramaπŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜‚

    Guest
  26. data race simulation Fabio Quartararo di hari ketiga kemarin . . Ngeriiiiii banyak konsisten (14 lap) di 1:54 nya sob !! Pakai M1 spec apa wak? Sementara itu Fabio Quartararo yang di hari ketiga mengalami masalah Teknis dengan Yamaha M1 2020 Factory Spec.

    Guest
  27. saya hanya mengutip dari salah satu pengamat moto gp, situasi saat ini antara marc dan HRC seperti halnya ducati yg ketergantungan dengan Stoner kala itu.

    Guest
  28. Pabrikan lain udah pada update strategi dan setelah di test fix strong ehhhh Malah honda msh bingung mau kemana…
    Piye jal ????

    Guest
  29. Kami belum mengetahui solusi dari masalah kami. Jika kami tahu tentu telah dapat diselesaikan. Tentu Jelas bahwa saat ini kami tidak dalam keadaan terbaik.

    Penjelasan puig yg itu berbanding terbalik sama penjelasan marquez pasca test qatar selama 3 hari.

    Marquez bilang ke media selama 2 hari mereka kesulitan dan hari terakhir atau ketiga mereka sudah menemukan masalahnya dan tim sudah tau cara mengatasinya.

    Ini marquez sama puig bisa beda penjelasan, awas nanti strateginya malah kebongkar wkwk

    Guest
  30. di bawah ketiak marq…
    rekrut alex adiknya, minta kontrak 4 th..
    harga diri pabrikan ini gimana.
    Y aja berani angkat Fab ke actory, mereka ga lagi dikendalikan Vr.

    Guest
    • Baru nonton motogp kemaren ya nak…πŸ™„

      Ga tau lu doohan minta apa sama HRC ? Hingga 5 tahun ga sanggup.di kejar motor manapun..!!!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Guest
    • Coba dibandingkan dg pabrikan lain, mana harga diri pabrikan lain..yang kadang hanya sanggup ngontrak pembalap untuk 1 tahun ? πŸ˜‚

      Guest
    • Harga diri Honda dan HRC, tertera dalam tropi pabrikan terbaik dan team terbaik tahun 2019! Bagaimana dgn hrga diri Yamama setelah sekian lama zonk di sirkuit dan penjualan?

      Guest
  31. Trus kmaren ngapain aje HRC…kan juara lbih dulu harusnya bs lbih siap bikin motor buat musim ini…emang bner wak klo ad prubahan sdkit aj di satu titik akan ngaruh ke semuanya bgitulah motor prototype dn bgitulah Honda slalu cr jlan yg sulit…mnrtku sih aturannya harusnya mesin g usah d gnti tiap tahun tp hnya boleh di kembangkan ,2 ato 3 musim…br gnti mesin,tp ini motogp…”never say never”πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

    Guest
  32. Mungkin dengan motor yang kami pikir baru akan digunakan di 2021. Honda yang tahu mengenai ini, bukan saya

    statement yang bisa di bilang sebagai pembenaran artikel kemarin kemarin.

    kita liat ajh 2016 apakah akan terulang? banting tulang setengah musim. dan counter setengah musim berikutnya. cmiiw

    Guest
  33. Paling hanya samdiwara..HONDA mah selama ada marquez bakal selali juara, kalau yamaha selalu terdepan ( di test maksudnya..)

    Guest
  34. Terseok2 waktu pra test…waktu test..

    Pas RACE tak terkejar ama yg menang “test”..πŸ™„

    Ingat waktu sepang krmaren….sampe nangis dapat pol position…pas race,..hanya mampu posisi 6 !!. Wakkkwaaawwww πŸ˜œπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    Guest
  35. Masalah tetep sama ya wak, masalah di front end. Katanya lebih parah drpada rcv 2019 bahkan 2018…di 2019 gak begitu keliatan karena Marq masih Fit…

    Guest
    • Menurut saya masalah front end ini bisa dialami semua tim karena seperti kita tau kemampuan ban depan michelin ini seperti apa.

      Guest
  36. Namanya juga Pabrikan Sultan dengan jumlah Jurdun Sultan….wajaar πŸ˜‚
    Untuk bisa menyamai jumlah jurdun Sultan butuh masa 100 tahun bagi Pabrikan lain, itupun kalau siSultan diem kaga ikutan balapan πŸ˜‚

    Guest
  37. Keren dorna, umpan dan sandiwaranya kemakan efbeyek, mereka jadi semangat ngomongin motogp lagi. Padahal kemarin2 bilang bosen yang menang MM lagi MM lagi..

    Guest
  38. Sepertinya Marq akan mengalami musim seperti 2016/17, jurdun barangkali bisa diraih,tp tidak akan semudah 2019. Persaingan akan seru sampai akhir musim

    Guest
  39. Tenang saja HRC sudah punya Team Management Crisis, jadi kerikil & riak-riak itu akan mampu dilewati & akan membawa kebanggaan bagi tim HRC.

    Guest
  40. “kapokmu kapan HRC”..
    Awas ini kata sindiran yang lain jangan pada lengah , maksud Wak Taufik itu HRC mbok Yo ngalah dulu kasih kesempatan ke yang lainnya apa belum cukup jurdun terus menerus 😁😁

    Guest
    • jangan dipotong potong/ dipenggal2 tulisan saya, harus di copas dari awal, di kalimat itu kalau full saya hanya memperkirakan apa yang apa yang kira2 netizen pikirkan

      Administrator
  41. TENANG KALO REPSOL RESIGN SPONSOR,NAMA TEAM HONDA BERUBAH JADI “MARQUEZ FAMILI HONDA MOTOGP”πŸ˜†πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    DIJAMIN AUTO JUARA

    Guest
  42. Logikanya aneh nih om Puig. Pengembangan RCV 2020 aja strugle, bgmn mau pake RCV 2021?
    Apkh hrc sdh bikin blue print pengembangan rcv hingga bbrp thn ke depan, shg om Puig ngomong gini wak Taufik? Menarik jg klo bgtu.

    Guest
  43. Kalian pasti mengira 4 tahun perpanjangan kontrak MM93 adalah karna MM93 hebat…itu benar
    Kalian pasti mengira jika performa MM93 turun HRC akan kehilangan aset ridernya karna HRC terlalu marquezsentris…itu juga benar
    Kalo menurut saya kontrak 4 tahun itu adalah untuk mengamankan honda itu sendiri saat honda tidak dalam kondisi terbaik marquez tetap disana dan pabrikan lain tidak mendapatkannya
    istilahnya saat kita lemah jangan sampai lawan menjadi kuat 😁

    Guest
    • karna kalo marc pindah honda tidak bisa juara dunia, loh kenapa? apa honda tidak bisa buat motor bagus untuk rider lain? , bukan begitu tapi honda tau kalo marc bisa juara dunia dengan motor apapun, jadi marc harus tetap bersama honda, marc senang honda senang

      Guest
  44. saya akan lebih yakin bila ada analisis per sector dari tim HRC, jangan2 mereka time attacknya menipu kita,. misalnya 50% lap awal digunakan untuk ngebut di sektor awal, separo nya ngebut di sektor akhir, biar kelihatan sedang struggle

    Guest
  45. Jadi inget artikel Wak Haji yg bilang “HONDA LEBIH SUKA MENIKMATI KEMENANGAN DENGAN CARA YG STRUGLE”. Saya mengartikan “HONDA YAKIN UNTUK MEN-CHALLENGE DIRINYA SENDIRI”. Di awal musim terseok2, tapi berakhir jadi champion. Buat Honda ini sudah biasa dan inilah cara mereka menikmati kompetisi untuk menang.

    Guest
  46. Jadi inget artikel Wak Haji “HONDA LEBIH SUKA MENIKMATI KEMENANGAN DENGAN CARA YANG STRUGLE”, saya mengartikan “HONDA YAKIN DENGAN MENCHALLENGE DIRINYA SENDIRI”. Terseok2 di awal, namun menjadi champion di akhir musim. Ini sudah biasa bagi Honda.

    Guest
  47. Keputusan Jorge Lorenzo mundur dari Repsol Honda team sepertinya sudah tepat mengingat Alberto Puig berstatement seperti itu.

    Guest
  48. Tahun 2019 memang marc menang dengan margin tipis sekitar 1-2 detik, tapi itu margin dengan juara ke 2… Jika dibandingkan dengan pembalap posisi ke 3 dan seterusnya marc masih jauh margin nya. Artinya bisa saja Marc tetap mendominasi musim 2020 dengan motor 2019.

    Guest
  49. Dgn marc kontrak 4 thn, otomatis perburuan hanya ada di mv , qr.dan rins di rhn 2022, dan uang yg akan bermain di sini.

    Oke qr tetap di ymh, mv bisa pindah. Otomatis posisi ymh riskan walu ada qr.

    Guest
  50. Tetep honda motogp vtec yg terbaik,nmr1,1hati
    Mau pake mesin vtec tahun mana aja tetep juara.

    VTEC kicked in,yo!

    Guest
  51. I’m very happy today. Honestly yesterday and the first day I was quite worried, but today we did a great step,” Marquez said. “We understood many things and we saw on the rhythm, the race pace, the lap time – everything was easier and less physically demanding

    Gw mah nyante kan ya…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.