TMCBLOG.com – Walaupun Albert Arena akhirnnya mempersembahkan kemenangan KTM Ke 100 semenjak pertama Kali Casey Stoner membawa KTM Juara di GP Malaysia 2004, pada Musim Moto3 2017,2018 dan 2019 KTM kalah dari Honda baik di Klasemen pembalap Maupun Konstruktor. Dalam 3 Tahun terakhir Honda NSF250RW 43 kali Juara seri sementara KTMRC series 13 Kali Juara seri. KTM adalah Pabrikan yang haus banget ingin menguasi banyak lini Balap Motorsport, Ya Trail, Dakar, Moto3, bahkan sampai Ke MotoGP . . dan Bukan Sebuah kesengajaan bahwa di Manapun mereka berada, untuk sementara lawan terberat mereka adalah Honda. Dan Begitu pula lah di Moto3 di mana Tahun 2020 ini mereka ternyata mengubah secara besar besaran KTM RC4 mereka di Moto3.

Progress kemenangan Honda VS KTM Di 3 Musim terakhir

Mfg Moto3 win 2017 win 2018 win 2018
Honda 17 12  14
KTM 1 7 5

 

Menurut informasi Yang tmcblog peroleh dari Jurnalis Mat Oxley, Bagian paling signifikan berubah adalah sasis dimana Keterbaruannya meliputi Platform bentuk Frame yang berbeda, perubahan geometri dari Frame dan perubahan posisi berkendara yang tujuannya untuk membuat Pembalap bisa memasuki Tikungan dengan cepat.

Selain Frame, menurut Mat Secara umum Mesinnya juga memperoleh tweak menggunakan segala Pengetahuan KTM di Kelas MotoGP menggunakan KTM RC16 mereka. Salah satu contohnya adalah dimensi Bore x Strokenya yang sama dengan dimensi piston dari 1 silinder RC16 MotoGP .. Dan Resep Dimensi Piston MotoGP ini menurut mat ditujukan Untuk mengejar Akselerasi keluar tikungan. Selain itu KTM RC4 Moto3 Taun 2020 mendapatkan Box filter udara yang besar dan Juga Jalur air Intake Baru. Dua resep ini ditujukan untuk mengail Power dan Torsi.

Sporting Director Aspar – Gino Borsoi Yang membawa Albert Arena – mempercundangi pembalap pembalap yang menggunakan Honda mengatakan ” Motornya telah mengalami perubahan besar dibandingkan Tahun lalu. Ada peningkatan Saat menikung – terutama di Tikungan Lambat, tanpa mengorbankan stabilitas di Tikungan cepat “

” tahun lalu kekurangan kami dibandingkan Honda adalah di Straight. Tahun ini mesin ini memberikan akselerasi keluar tikungan yang lebih baik dimana hadir 20% sampai 60% Throttle terbuka, ini artinya kami telah meminimalisasi gap. Kecepatan ditengah tikungan Juga penting, Karena kami sekarang memiliki tenaga putaran bawah yang cukup untuk membawa kami keluar dari tikungan. Kita bisa gunakan setup gearbox yang panjang untuk mempeorleh Top Speed yang lebih tinggi “

Yap KTM sepertinya sudah cukup mendekati Honda masalah performa di Kelas Moto3 smeentara Hodna sendiri di 2020 tidak banyak perubahan kecuali Perubahan bentuk Air Box filter yang lebih menyerupakai versi 2018. Secara empris, Top SPeed di Seri Qatar 2020 kemarin dipegang Oleh Kaito Toba yang menggunakan KTM dengan 246,5 km/jam atau 0,5 km/jam lebih tinggi dari Jaume Masia yang menggunakan Honda NSF250RW. Namun begitu walaupun KTM menang Via Albert Arena, namun pembalap KTM lainnya hanya sanggup berada di posisi finish 10 Via Raul Fendandez. Apakah tahun ini KTM Bisa memaksa Honda kerja Keras dalam perebutan Championship Moto3 ?

Taufik of BuitenZorg

41 COMMENTS

    • Belom, menang race pertama plus unggul 0,5 km/jam dari nsf250rw belum cukup untuk rc4 unggul, kenapa? Liat aja race kemarin rider nsf bisa nyusul di lurusan pasca tikungan terakhir juga seperti yg ditulis wak haji, rider rc4 cuman dua orang di top 10, itupun satunya juru kunci

      Guest
  1. Mungkin one man only kayak tahun lalu,yg cuma Aron Canet yg bisa bawa KTM RC4 dgn benar,lainnya bubar
    Yg bawa bukan perwakilan tim pabrikan lagi

    Guest
    • Bisa…tp keuntungan buat pabrikan apa.?beda dgn kelas motogp,karena pride besar sekali,jd kalo bisa melakukan perubahan untuk menghasilkan sepersekian detik akan mereka lakukan bila tidak melanggar regulasi..nsf250r waktu belum digebuk rc biasa biasa aja..baru setelah hrc sadar mulai jor joran..

      Guest
  2. Ayo yg katanya sultan Y.kapan maen2 pake motor 250 cc.mungkin mbah darmo,soundwave dan bala tentaranya bisa sounding atau sms ke yamaha racing.biar bisa dibanggakan.maaak kalah sama katiyem

    Guest
    • Jambakan torsinya aja setara supersport,ya langsung ditinggal sekebon lah,belom lagi bobotnya ringan banget sampe bisa dipikul kayak bawa mobil mobilan balita

      Guest
      • Dibandingkan biar pemuja yamimi tau diri bahwa sembahannya sdh ditakdirkan harus selalu dibawah telapak kaki honda 😂

        Guest
    • Twin spar aluminium
      Swing Arm alumunium
      Mesin pake bahan paling ringan titanium
      Body carbon
      Berat motor kurang dari 100kg
      Makanya 1 silinder bisa 245km/jam…
      Di bedain ma ninin 4 silinder yg beratnya
      190kg… jauh bro… makanya ga di jual motornya…qiqiqi
      Di jual pun harga 1 silinder 250cc di atas ninin 4 silinder mau ente? 150jt up…

      Guest
  3. KTM mah gembar gembornya aja yg gede,, mereka 20 tahun terlalu cepat buat ngalahin Honda di ajang Grand Prix,, setakat ini mereka dpt progress krn membajak org2 yg pernah bekerja di Honda,

    Guest
  4. Eksotis. Pasti biaya moto3 lebih mahal dari moto2. Baru ngeh legend stoner tidak hanya buat ducati juara dunia dan mungkin satu-satunya saat ini. Namun jg y pertama x bikin ktm juara seri gp

    Guest
  5. (jika,andai,misal,umpama) nsf250rw h2h ma r25,saya yakin gap nya antara indo-vietnam.
    klo prediksi anda?
    …..
    ….
    ….

    Guest
  6. Jangan kaya artikel yamaha di arrc ahh baru 1 seri udah ambil kesimpulan. Paling diseri berikutnya kena hajar pembalap hodna and the genk 🤭
    Yang penting mah ktm udah yakin kenceng ditrek lurus yak, awas nanti dengan mudah disalip ditrek lurus sama nsf250rw protes kaya dulu lagi dah 😂
    Dulu nsf250rw pernah dicek 1 per 1 gara gara ktm protes limit rpm nsf250rw ditrek lurus lebih tinggi, eh pas dicek gak terbukti wkwk

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.