TMCBLOG.com – Masih Berkaitan dengan Hadirnya Honda CT125 Hunter Cub, tmcblog mau sedikit berbagi sedikit detail dari kisah sejarah Motor bebek Trail Honda dimana sebenarnya Kisah juga berkaitan dengan Sejarah Supercub yang dimulai tahun 1958. Nah sekitar 2-3 taun semenjak hdirnya Honda supercub, Di Jepang. di tahun 1961 hadirlah sebuah C100T  “Hunter Cub” Yang tidak lain merupakan Honda supercub yang didesain khusus untuk berburu, lengkap dengan tempat Senapan berburu di depan serta Sproket belakang besar yang pas digunakan untuk naik ke atas Bukit.

Nah Pergantian sproket belakang besar ini dianggap akhirnnya kurang efektif dan Banyak menghabisakan waktu . Plus juga karena saat dipakai di Jalanan Road Biasa, sproket belakang yang terlalu besar akan menghadirkan Handicap sendiri. Dan akhirnnya Honda membuat sebuah Inovasi yang cukup Revolusioner Kala itu dengan cara membuat Dua Jenis variasi Sproket depan yang bisa di tukar dengan cara Manual. Honda Menamakan dengan ” Trail Gear ” dan ” Road gear ” . . .

Caranya Lumayan Mudah, namun memang saat itu hanya bisa dilakukan secara manual dengan cara memindahkan sebuah Switch Rod Mekanik di bawah ( Kolong ) Posisi sproket depan Untuk memindahkan Road gear ke Trail gear atau sebaliknya dengan sproket belakang tetap hanya 28 mata.

Jika dipilih Trail gear maka akan diperoleh suatu sistem dengan Final gear ratio yang rendah dibandingkan Final gear ratio dari ‘Road gear’. Yap Saat Mode Road gear ada 4 Gear dan Saat Mode Trail gear pun ada 4 Gear. Sehingga total saat itu Honda membawa embel embel motor bebek (cub) yang memiliki 8 gear, sebuah inovasi yang kenapa Nggak diterusin ya sampai saat ini ?

Taufik of BuitenZorg

 

27 COMMENTS

    • Gak ada urusan sm federal atau apapun..
      Yg penting honda.
      Hanya efbenyek yg mungkin dendam prnah mau kerja di ahm tp ketolak 😂

      Guest
  1. Sbnrnya cocok tuh buat matic biar bs ganti2 gigi gardannya buat jalan sepi,macet,n tanjakan
    Jd tuas manualnya deket roda blkng

    Guest
  2. Sbnrnya cocok tuh buat matic biar bs ganti2 gigi gardannya buat jalan sepi,macet,n tanjakan
    Jd tuas manualnya deket roda blkng

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.