TMCBLOG.com – Yamaha Indonesia sudah semenjak 2018 merilis sosok Yamaha Freego 125. Motor ini ketika pertama hadir memang cukup bikin kaget karena Yamaha seperti mencoba keluar dari bayang-bayang persaingan Red-Ocean mereka dengan Honda dalam masalah produk skutik. Walaupun pun mungkin kita melihat secara mesin, Yamaha Freego ini memiliki mesin yang common parts dengan varian Yamaha lainnya, namun secara fisik memang jelas dibangun dengan diferensiasi yang cukup baik. Nah kali ini TMCBlog mau kasih pendapat dari sudut pandang kegunaan dimana Yamaha Freego ini menurut TMCBlog punya beberapa fitur yang entah di sengaja dibuat oleh Yamaha atau nggak memang ‘Ojol Friendly’ banget.

‘Ojol Friendly’ di sini bisa diartikan positif sebagai motor skutik yang menurut TMCBlog ramah terhadap para rekan rekan ojol, akan sangat memberikan manfaat jika dipilih oleh para pengendara ojek online (ojol). Nahhh makin menarik, kelebihannya apa saja tuh? Yang pertama jelas menurut TMCBlog adalah bagasi kabin di bawah jok yang cukup lega. Yamaha Freego hadir dengan kapasitas volume bagasi di bawah jok sebesar 25 liter. Sebagai perbandingan NMax lama saja kapasitas bagasinya 24 liter. Ini artinya secara fungsional, Yamaha Freego bisa dipilih para ojol karena memiliki bagasi simpanan baik helm penumpang, barang penumpang ataupun untuk sewa jenis pengiriman barang (contoh Go-Send) yang mumpuni.

Hal kedua yang menurut TMCBlog pikir cukup ramah buat rekan-rekan yang berprofesi sebagai driver ojol adalah penempatan lubang pengisian bensin di bagian depan dari Yamaha Freego. Ini artinya jika rekan rekan ojol sudah mengepak barangnya di jok belakang dengan rapih maka tidak perlu lagi membuka membongkar lagi hanya karena ingin mengisi bensin. Karena umumnya skutik di harga serupa menempatkan lubang pengisi bensin di bawah jok.

Jelas rekan rekan ojol harus selalu online dan itu artinya gadget harus siap sedia dengan baterai terisi penuh power. Dan lagi-lagi Yamaha Freego memiliki fitur yang juga ramah untuk hal ini dimana pada bagian kompartemen depannya memiliki power socket yang bisa menyuplai ponsel dengan power yang tentunya sudah dirancang oleh Yamaha aman dan stabil buat pengisian kembali daya.

Selain itu juga masih ada kompartemen dek depan Yamaha Freego yang luas sehingga tetap bisa digunakan untuk menempatkan bagasi atau barang bawaan penumpang. Mudah mudahan ulasan Yamaha Freego yang saat ini masih dibanderol dengan harga mulai dibawah 20 jutaan ini bisa jadi pertimbangan buat sobat sekalian yang mau memilih motor yang dikombinasikan juga untuk usaha ojek online.

Taufik of BuitenZorg

26 COMMENTS

  1. Wah bener juga ulasannya wak ttg freego ini. Bang ojol lirik freego neh. Sy nunggu zx25r, nunggu ngereview seh,beli masih rencana.

    Guest
  2. Tepat sih paling komplit, cuma kurang 2. Mesin lexi liquid cooled sama rear double shockbreaker, selain itu good. Jujur g beli ini gara2 2 hal itu saja. Malah pake lexi deh yg jelek rupa

    Guest
  3. Motor yamaha kedua yg kurang laku untuk diulas setelah sebelumnya ada fino, munkin next mio z/s dan soul gt wkwkwk 😂😂

    Guest
  4. Memang Freego ini memberikan wawasan baru yaitu pengisian tangki di depan. Kelebihan utama yang tidak dimiliki pesaing. Lainnya sudah sama ok dengan pesaing sekelasnya.

    Guest
    • produk yamaha suka lexi 125 murah tapi kencang tampilan emang rada aneh tapi dapur pacu jangan ditanya..mau dibikin mantap lagi tinggal ganti blok dan piston nmax/ aerox Dudukan sama persis..ga nyampe 1 jt dah jadi 155 ..ngacir dah..

      Guest
  5. Freego ini ga ada lacinya buat nyimpen hp yg di charge dan botol minum. Hrsnya yimm bikin aksesoris ini, yg gampang ditempel di dek depan freego.

    Klo sdh ada basis ini, bisa ga disarungin body qbix. Sy tnggu qbix sblm dtg saluto atau scoopy 125 nih yimm.

    Guest
    • Nah justru ini yg dibutuhin ojol, laci buat nyimoen ho waktu di charge dan botol minum, kalo bagasi lebar untuk helm mah kebanyakan ojol helm juga cuma dicantelin lebih praktis drpd buka bagasi ambil helm, kalo isi bensin didepan mah biasa aja karena ga tiap saat isi bensin, masih lebih ribet jika ada order ambil helm di bagasi

      Guest
      • Kan ojol rata-rata pasang breket di stang. Itu sudah di perhitungkan

        Ngeles mode on walau bener juga sih 😀

        Guest
  6. Sempet hampir tergoda untuk meminangnya tapi begitu melihat sektor mesin…..hmmm…..diriku harus berpikir ulang. Maklum, tangan kanan suka gatel kalo kalo liat jalanan panjang lurus nan sepi

    Guest
    • Ada Panu tuh di tangannya 😀
      Trus ngapain cari metik. Lebay deh. Ambil lah CBR atau R atau ZX series klo suka ngebut. Yang penting ngebut aman jangan seruntulan arogan.

      Ngebut boleh, mengurangi efek kemaceten, arogan, apalagi seruntulan ga bertanggung jawab yg ga boleh.

      Guest
  7. Pokoke klo Yangmana mesinnya musti pake water cooled, klo masih air cooled entah kenapa dipake lama2 (di atas 45 menit) tenaganya terasa berkurang..

    Guest
  8. freego itu overprice, malah ada kelas yang mahal untuk apa coba, harusnya freego versi stndar sekarang itu versi mahal dan ada versi lebih murah tanpa fitur macem2, harganya mepet beat

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.