TMCBLOG.com – New Yamaha NMAX Model 2020 sudah menggunakan mesin baru yang sama sekali berbeda dengan NMAX Versi sebelumnya dimana sudah menggunakan Mesin Dengan Smart Motor Generator (SMG). Dari SMG ini hadir fitur fitur seperti seamless starter, dan Stop Start System dimana Motor dapat otomatis mematikan sendiri Mesin untuk mengefesienkan Konsumsi BBM dan bisa otomatis menghidupkan Mesin hanya dengan memuntir gas sedikit saja.

Nah Yang sedikit memberi diferensiasi sistem Yamaha ini dibandingkan sistem serupa yang lain adalah Sistem SSS-Yamaha terutama saat Automatic-Stop hadir dua Mode Yakni Mode Normal dan Mode Traffic. Pada Mode SSS Normal, Sistem akan serta merta mematikan mesin segera setelah Kecepatan diPerlambat secara tiba tiba sampai pada angka 0 km/jam ( berhenti), dan hasilnya Mesin akan Langsung Berhenti saat itu Juga, hampir tanpa jeda.

Mode Kedua yakni Mode SSS Traffic hadir saat Motor dihentikan tidak secara tiba tiba. Misalnya Yamaha New NMAX sedang dibawa cruising bermacet macetan dengan kecepatan kurang lebih atau dibawah 10 km/jam, saat motor berhenti ( 0 km/jam) maka Sistem akan menunggu dulu 5 detik sebelum sistem mematikan mesin. Mesin akan mati setelah 5 detik, tidak tiba tiba mati.

Kepada TMCBLOG, Yamaha Indonesia mengakui bahwa mengahdirkan Dua Mode sistem SSS ini berdasarkan hasil Riset Internal mereka terhdap Perilaku Biker pengguna sepeda motor di mana pada umumnya momen penghentian Motor secara umum bisa dibagi menjadi dua jenis itu. Angka 5 detik saat Traffic Mode Juga dianggap angka yang cukup  efektif menurut riset Yamaha, kalau di bawah 5 detik bisa jadi terlalu cepat . . . Silahkan dikunyah kunyah dan share pendapatmu terhadap diferensiasi ini sob . .

Taufik of BuitenZorg

87 COMMENTS

  1. Hasil riset dr beyek atas fitur yg di copas dr ngondah ini adalah ga guna.. karena dulu kala mereka berkata “mau irit kok nunggu lampu merah atau macet2an” wkwkwkwkk

  2. Selama menggunakan lexi saya kepikiran kenapa yamaha tidak bikin sssnya beberapa mode.. ternyata di nmax baru sudah dibuat..

    • Emang pengaruh bang? Serius nanya saya. Soalnya bagi saya saklar on off aja sudah sangat cukup buat, ga usah diekstraksi jadi ber mode2. Soalnya mobil gua juga gtu ga ada istilahnya mode lampu merah atau mode macet.. zooomm zooomm

      • Ngaruh banget gw mah slalu pake bukan buat irit2an setidaknya untuk ngurangin polusi ya asap ya suara ..setidaknya berpartisipasi, andaikan semua kendaraan spt itu…hening damai di lampu merah hehe

    • Sangat pengaruh lah.. krn tujuan iss atau sss ini kan mengirit bahan bakar.. jd kalau mode on off saja ya kaya yg sekarang harus lampu merah atau macet macetan parah dulu baru terasa iritnya krn hrs nunggu jeda beberapa detik.. kalau dg di ekstrasi kan jd ada pilihan.. kalau kita jalan normal dan berhenti dulu nerima telp atau apa mesin langsung idle.. tapi kalau macet macetan bisa dikasih jeda biar Sensor nya tidak idup mati idup mati dadakan..

  3. Di Lexi udah ada 2 mode:
    1. 10 detik berhenti dari kecepatan rendah
    2. 0 detik saat tiba-tiba berhenti dari kecepatan tinggi

    No. 1 terlalu lama. 5 detik itu milik Honda (pernah ngerasain di scoopy 2016) dan udah paling pas.
    No. 2 kadang ngeselin kadang bisa berguna

    Sebenarnya sih asal 10 detik ke bawah cuma masalah pembiasaan aja.

    • Betul ini. Lexi juga udah ada model dual SSS ini. Kadang pas berhenti langsung mati.
      Coba di Off in (skalar SSSnya) lagi trus on lagi. Ntar berubah ke sekitar dibawah 10 detik baru mati.

  4. Fitur ini memiliki kemungkinan lalai juga wak. Saat motor berhenti dan otomatis mati (sss normal), hanya pengendara yang mengerti bahwa motor itu hanya mati sementara. Contoh kasus misalnya : Ibu2 habis belanja, sampai kerumah, sibuk masukin belanjaan ke dalam rumah anaknya naik motor, gas dipelintir. Buyar sudah.
    Coba yamaha buat antisipasi mengenai kemungkinan lalai / human error.

    • Waktu sibuk masukin belanjaan kan di standar samping.. kan ada side stand swicth otomatis mesin mati.. dipelintir sampai gas putus yo gak hidup..

      • Smart stand switch ya broo. Dulu temen bilang tu fitur bahaya bikin motor tiba2 mati loh… Tapi berubah, setelah negara api menyerang

    • Iki kok yo aneh men to.. dikiranya motor ditinggal pengendaranya bisa berdiri sendiri tanpa di standard samping?

    • Belom pernah punya motor berfitur ISS ya?
      Syarat fitur ISS ini aktif adalah motor harus jalan dulu dengan kecepatan minimum 10 km/h (ini kalo Honda entah kalo Yamaha) nah saat motor dimatikan mau lewat Slide Stand Switch atau dari kunci kontak otomatis ISSnya reset dan motor harus distarter lagi saat mau dijalankan

      • Klo ga salah ada 2 generasi pada ISS honda ini. yang pertama pas vario WTF gen ISS pertama dimana ISS aktif walopun jalan sebentar lalu berhenti. Yang generasi kedua Varled 125, 150 ISS baru bisa aktif apabila udah memenuhi beberapa syarat seperti mesin sudah panas dan indikator Idling Stop sudah nyala (menandakan klo ISS siap dieksekusi) .. CMIIW

        • @Aryon, yg gen 1 pun punya syarat suhu mesin juga dan gen 2 ketambahan syarat kapasitas aki

  5. Saya sudah pakai Nmax ABS ini 1 bulan (plat belum turun jadi ke keliling komplek dan ke minimart aja). Sebelum baca artikel ini saya suka heran sama SSSnya.. kadang mati kadang ngak.. sekarang baru terjawab jelas. hahaha

  6. Setelah side stand switch ada dua mode
    •Mode bikin engine check nyala
    •kalo beruntung gak bikin gak nyala

    Sekarang SSS juga jadi 2,benar benar mindblowon ?, ditunggu inovasi lainnya

  7. Hi para fans boy, dinikmati sj apa yg ditelurkan pabrikan. Pilih yg sesuai. Gak ada yg istilah duluan. Kalo mau nuduh dulu2an, dirunut dulu kapan fitur itu pertama kali muncul. Ini kan motor kecil, tidak harus fitur yg aslinya sdh diciptakan mau diterapkan semua. Tunggu.waktu dan sesuai jamanya. Kalau honds duluan nerapin idle stop system krn menurut riset mereka sdh waktunya diterapkan. Sementara bagi Ysmaha belum wsktunya. Untuk 2 klep menjadi 4, mmgnya teknologi 4 klep baru sekarang ada?? Mmg susah menerapkan 4 klep?? Semua disesuaikan hasil riset pasar masing2. Jika nyorotin teknologi fi motor2 MotoGP noh.. bukan dimotor kecil ky ini. Pada pinter apa pada bloon si ente2? Bukane pada priatin ada corona kok malah pd bacot g guna.

    • Bukan fanboys tapi sales.. Ribut pdhl keduanya Jepang dan di pusatnya sono pdhl Ondah n Yamaho akur2 aja n ada menjalin kerjasama.. wkwkwk pasukan nasi bungkus.. biasahhh.. ga makan klo blm nyampah..

  8. Biarkan masing2 berinovasi semau pabrikan. Mading2 pabrikan Lebih kental kepentingan bisnis-nya. Yes! Memang ini bisnis kok!

    Punya uang dan lagi butuh motor dibeli. Pilih yg sesuai. Dinilai saja masing2 value for money-nya bagi pribadi masing2.

    Nyembah itu sang Pencipta, bukan hasil produksi pabrikan atau merk. Saking cinta dg barang, hati2 tergelincir termasuk syirik.

    • Saya curhat boleh ya??? Saya dituduh oleh bro @fivaro penyembah Hondut. Padahal dia ga tau saya beragama apa, eh main tuduh segala. Saya bukan pensboi yang ga pake otak dengan bilang pensboi sebelah bodo atau goblok, kalo diajak by data ngeles dan bawa2 agama dan sesembahan mirip kaum kadrun. Sorry om saya curhat

  9. Kepada TMCBLOG, Yamaha Indonesia mengakui bahwa mengahdirkan Dua Mode sistem SSS ini berdasarkan hasil Riset Internal mereka terhdap ….(mesin beat yg pke iss,acg buat riset)

    • Riset prilaku biker yang dimaksud, jangan diarahkan ke riset part nanti jadi bakar bakaran, kalo mo bakar2an jangan disini ya

    • Engga juga bro, sebelum Honceut Toyota dari awal tahun 70 udah punya teknologi ini.

      Memang kalau untuk kendaraan roda 2 di populerkannya sama Honceut.

      Kalau Yamaha mengembangkan Teknologi ini wajar, karena Toyota itu aliansinya.

      Maka daripada itu siapakah raja jepang sesungguhnya? Bukan Honceut deh. ?

    • @tolete tebelum March 29, 2020 at 11:49
      Inget, rangka Jupiter Z Burhan pernah ditiru habis2an loooh
      =======================

      Jangan kau buka aib itu ki sanak….
      Jaman Road Race Honda gak melawan akhirnya tiru habis rangka Jupiter Z. Wkkwk..

      Ulasannya banyak di Motorplus dan Mekanik mekanik hapal kejadian semua itu wkwkk..

  10. Riset ngarang kayaknya.

    Klo beneran riset, masak sampai tdk tahu kalo pengendara suka matiin mesin pakai standard samping.

    • Ya memang. Stop start sistem di mobil memang dah lama.
      Tapi honda pionirnya di segmen roda 2, di honda giorno 50cc kalau gak salah, itu dah dari tahun 99-00an. Baca lagi sejarahnya bro.

      Dah biasa memang, teknologi roda 2 selalu jauh lebih mundur ketimbang roda dua.

  11. Fans Boy HONCEUT disini Koar-koar SSS dan SMG itu hasil jiplak HONCEUT.

    Hehehehehe, ga usah terlalu Jumawa bos, agan, raden sekalian.

    Dulu Toyota udah pake teknologi ini dari tahun 70.

    Tapi saya sebagai FBH Sejati mengakui kok, kalau HONCEUT yang di produksi dan dijual di Indonesia belum ada yang sepadan dengan All New Yamaha Nmax ini.

    Maka dari itu gue memutuskan beli Nmax daripada si Motor Body Rambo tapi Jiwa Ranti. ?

  12. memang lebih nyaman kalo 5 detik, untuk pas padat merayap ato pas antri untuk putar balik tidak mengganggu, 3 detik memang terlalu cepat, agak mengganggu kalo pas padat merayap (pengalaman pribadi pake aerox vs vario 150)

    yg perlu adaptasi cuma kalo abis digeber, terus brenti di traffic light, mesin lgs mati, yg belom biasa pasti kaget

  13. Kalo saya sih inginya fitur side stand swicth ditambah input dari ECU
    Supaya kalo saat di standar samping mesin ttp hidup, namun saat standar samping masih turun di gas baru mati.

  14. Sudah 1.5 tahun saya pakai lexi S. Baru hari ini saya tau ada 2 mode SSS. Pantesan ada yg aneh. Rupanya emang fiturnya gitu ?????

    • Di aerox type S juga baru sadar ane bahwa ada 2 mode sss setelah baca artikel ini , wkwkwkw, oiya itu mio tipe tertinggi kan udah sss, itu mesin nya berarti beda sama mio yg non sss ya wak haji?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here