TMCBLOG.com – Homologasi Helm ECE 22.05 segera diganti ECE 22.06 yang lebih ketat. Seperti kita ketahui, Selain FIM Yang memiliki standarisasi Balap dengan FRHP hampir masing masing benua Punya Homologasi Standar keselamatan helm Sepeda motor sendiri sendiri seperti DOT di Amerika, JIS di jepang, AU di Australia, dan ECE (Economic Commission for Europe) di Eropa. Nah Info terupdate yang hadir adalah Homologasi Helm ECE 22.05 yang sudah berusia sekitar 20 tahunan akan segera diganti ECE 22.06 yang lebih ketat.

Seberapa beda ECE 22.05 dengan ECE 22.06 ?

VIA MCN diinfokan bahwa Regulasi ECE 22.06 yang sedang dalam Proses Ratifikasi tersebut memiliki beberapa perbedaan dengan ECE 22.05. Salah satunya adalah mengenai Variasi jarak dalam proses menjatuhkan helm dalam pengujian dimana pada 22.06 menggunakan ketinggian yang lebih luas antara 5,5 sampai 8,5 meter ( sebelumnya hanya 7,5 m ) Hal ini di lakukan untuk membuat yakin keselamatan helm dalam berbagai skenario kecepatan saat Jatuh.

Hal Kedua adalah regulasi pengetesan dimana tempat jatuh tidak hanya berbentuk datar biasa atau berupa paku. Namun Juga ditambahkan dengan sebuah permukaan miring 45ยบ. Hal ini dilakukan untuk mengukur akselerasi Rotasional yang mendera Kepala.

Dan dipastikan Jika memang nanti regulasi test Di kemiringan ini jadi dilakukan, maka helm helm dengan bentuk Shell dan Foam Yang membulat Seperti misalnya Arai atau helm dengan lapisan Slip di dalam seperti MIPS di KYT Sykhawk akan memiliki kans lulus lebih besar di pengujian jenis ini.

Peraturan Lain adalah Proses pengujian Untuk helm helm modular ( flip up) di mana Proses pengujian dilakukan dalam beberapa keadaan kondisi posisi dari part bagian Chin ( etrbuka, terbuka setengah, tertutup ). Untuk helm dengan Asesoris asli seperti Intercom akan ditest saat interkom dimounting dan saat Tak ada Interkomnya.

Selain itu ada pengujian Khusus untuk Visor yakni dengan ‘ menembak ‘ dengan bongkahan batu/ baja dengan kecepatan 60 meter per detik. Selain itu Sun Visor bagian dalam pada ECE R22.06 tidak lagi 35% smoke, melainkan 50% smoke. Regulasi ECE R22.06 direncanakan Juni/ Juli 2020 akan resmi dirilis, namun Pabrikan Helm masih akan bisa memproduksi dan menjual helm dengan Homologasi ECE R22.05 selama 3 tahun setelah regulasi resmi dirilis nanti.

Taufik of BUitenZorg

6 COMMENTS

  1. Di dunia sepeda profesional sdh lama teknology mips
    Paling populer di helm2 sepeda merk *Giro
    Mips sangat vital fungsinya khususnya di genre sepeda gunung yg lbh beresiko crash dgn impact yg parah

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.