TMCBLOG.com – Sobat Sekaian, Jika saat Group turing kita biasa mengeluarkan Kaki saat ingin menginformasikan kepada rekan di belakang kita akan ahdirnya Handicap yang harus dihindari misalnya lubang, pasir atau halangan lainnya. Nahhh Fenomena yang sama juga hadir saat pembalap motoGP Menikung baik ke kiri dan ke kanan. Style mengelarkan Kaki (leg dangle) seperti ini di motoGP di populerkan Oleh Valentino Rossi dan diemulasi oleh hampir semua pembalap sekarang termasuk Marc Marquez ataupun Fabio Quartararo. Namun apa faedahnya dari Gaya yang juga disebuta sebagai The Doctor’s Dangle ini ? Adalah test Rider suzuki Sylvain Guintoli Yang menguaknya kepada sobat semua Via Vlognya akhir akhir ini . . .

jadi Menurut Guintoli ada beberapa manfaat atau faedah dari melakukan Leg Dangle. faedah yang pertama adalah membantu menurunkan Titik pusat massa ( Centre of Gravity). Ketika sedang melakukan pengereman keras ( hard Braking), boleh dibilang Gaya G dan Inersia membuat semua berpindah kearah depan. Dengan membentangkan Kaki maka kMenurut Guintoli kita Juga akan membuat Centre Of Gravity lebih rendah lagi sehingga akan meningkatkan Stabilitas pengereman.

Faedah kedua adalah dengan membentangkan kaki ( leng dangle) menurut Guintoli kita akna sedikit memindahkan Bobot dari depan ke belakang. Dengan memindahkan Bobot ke arah belakang menurt guintoli juga bisa meningkatkan stabilitas pengereman dan efesiensi Pengereman

Faedah ke tiga menurut Guintoli adalah membuat Posisi riding lebih ‘ more planted ‘ atau kira kira artinya lebih stabil berada dalam Posisi riding, tidak mudah berpindah ke depan karena efek dari inersia saat Hard Braking. Faedah ke empat adalah Dengan membentangkan sisi kaki Yang tepat dengan arah menikung amka menurut Guintolu Juga akan menambah Gaya untuk melakukan transfer posisi riding kearah tikungan

Faedah Ke lima adalah Dengan membentangkan kaki sebelah dalam tikungan maka Kita bisa menggunakan sisi paha kaki luar tikungan untuk memberikan tank-grip yang berguna untuk resistensi dan gaya yang menunjang posisi persiapan untuk menikung.

Faedah ke enam adalah sebuan keuntungan Aerodinamika. Ketika berada di straight, Pembalap akan melakukan Tuck in dan membentuk posisi riding yang sangat streamline untuk meminimalisasi gesekan udara. Namun saat pengereman di ujung straight pembalap menegakkan badan untuk menambah gaya gesek udara yang menghantam tubuhnya.

Nah dengan membentangkan kaki maka akan akada tambahan Gara gesek udara yang mengenai Kaki layaknya parasut kecil dan Gesekan secara total antara Tubuh dan bentangan kaki bukan hannya membantu menghentikan kecepatan, Namun juga mengurangi gaya G yang dibebankan ke lengan saat pengereman . . . Nah jadi seperti itu sob enam faedan Membentangkan kaki ( Leg Dangle ) di motoGP.

Taufik of BuitenZorg

55 COMMENTS

    • Iya nih bbrp kali disalip mcm ginian cm ujung2nya ngakak sendiri liat tingkah ky gt,tiap ngerem kaki turun, ngerem lg kaki turun pdhl jalan lurus, yg mau disalip jg bapak2 pulang dr pasar, gemes ngakak pgn nendang jadinya….?

    • Ooo kalo ini ane paham nih artinya, itu semacam kode kalo didepan ada “halangan” ataupun lubang di jalan. Misal posisi lubang di kanan, kaki kanan yg turun, jg sebaliknya. Adalagi misal ada polisi tidur gede jd hard braking kan, kadang (matic sih yg bisa gini krn rem ada ditangan semua) kedua kaki diturunin, kirain ada apaan trnyata poldur sama jalanan rusak kanan kiri.. yaahj cukup berfaedah sih utk yg dibelakangnya krn jarak pandang ke depan gk sebebas iring2an yg paling depan. Misal mau nyalip jg kasi kode dr kaki (kalo tangan gk memungkinkan lepas dr handle).

      Yg kurang kerjaan itu kalo dr lawan arah ada mobil maksa nyalip (entah lg keburu apa gimana) trs kaki kanan lu diturunin bahkan di kangkangin.. itu sih bunuh diri namanya (maksud hati mau kasi peringatan) besi vs kaki menn.. gak bakalan menang kaki lu.. cukup ngedim sama sein kanan.. kalo tetep nerobos kita ngalah aja yg ngerasa waras.. udah

      Ini sih berdasar yg ane pelajarin di lapangan kebanyakan kyk gitu sih

  1. Gw sering liat yang leg wave sampai nyentuh aspal kaya Marquez di foto itu sampai berasap bahkan liat di medsos ybs sepatunya sampai nyaris bolong, tapi lupa di balapan apa dan pembalapnya siapa

  2. pernah nyoba dijalan (not recomended) saat belokan udah dekat dan rem aga telat.. brasa lebih pede dan stabil.. entah faktor apa..

  3. Tapi beda fill orang ya. Klo gue ngerasa gaya seperti itu malah membuat pijakan kurang stabil… Berefek stang godek-godek.

  4. Yakin 100% bahwa leg dangle oleh VR dan Elbow down nya MM, juga gerakan tubuh khas lainnya yang dilakukan oleh pembalap merupakan gerakan alami dari tubuh mereka dalam merespon keseimbangan yang dibutuhkan untuk pengendalian. Biasanya yang menciptakan gerakan tersebut adalah pembalap luar biasa yang selalu mencari cara terbaik dalam menaklukan gaya-gaya fisika alami yang timbul dari situasi tertentu.

  5. Kalo di jalan raya bisa dipake buat penegasan mau belok, tambahan buat sein.
    Jalan raya ibukota dan sekitarnya serem, kadang udah ngesein pun masih disalip. Sambil tengok spion tentunya.

  6. Jangan lupa Crossplane nya dgn menambahkan botol Aqua di ban belakang akan menambah power berkali kali lipat ?

  7. saya yang lucu atau kamu yang buta atau cuma kuat beli kuota internet rendah dimana artikel tanpa Foto ? 😀 😀

  8. Hebat si orang Perancis ini, bisa menjadikan tacit knowledge-nya the Doctor menjadi explicit knowledge yg bisa kita nikmati

    • Ada yg blm bs dibaca fungsinya, yakni jaga2 klo losing front end krn ngeremnya terlalu keras krn skaing telatnya.. Jd klo mau jatuh krn gripnya slip, jd ditahan pke kaki jdnya berkurang potensi jatuhnya.

      • Engga, ini useless di balapan aspal apalagi motogp yg sekencang itu. Ban depan slide, goodbye.

        Di motocross bisa jadi.

  9. Inilah kenapa kuota 30gb yg dikasih pemerintah harusnya bisa juga untuk akses yg lain bukan cuma ruang guru dan aplikasi belajar doang ?

    Ada yg tau gimana caranya? ?

  10. Buseeeet lain kali dorna kudu kasih nama rider yg gede d dpn sebelahan sm nomor start
    Memang salah dorna kok wkwkwkwk

  11. Kalo Marquess nambah 1 faedah. Rem “KAKI”
    kalo buat saya sendiri kadang suka turun kaki kalau nikung patah di jalanan yang rada berpasir. Intinya buat confidence sama Siap2 kalau ban motor kepeleset hehehe.

  12. Enak kog emg, pas roadrace 2016 aku pke itu scra reflek krn mulut tikungan trasa dket bgt smntara bdan sprti mo jtoh ke dpan. Hasilnya motor brasa sdikit melambat dan brasa lebih stabil

  13. Ada jg teori yg mengatakan untuk :
    1. info sdh mau nikung rebah, yg belakang jng nyalip
    2. menghalangi yg belakang utk nyalip dng adanya ruang gerak yg lbh lega pada racing line..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here