TMCBLOG.com – “Motor yang paling saya banggakan secara teknis adalah V5 Terakhir yang kami buat di tahun 2004 dengan Johan Barnard. Mesin itu sangat bagus, setiap bagian dibuat hanya untuk Motor tersebut “ begitu perkataan ‘King’ Kenny Roberts Sr Kepada Mat Oxley ketika flashback ke tahun tahun awal era MotoGP Yang menjadi awal dari Artikel Sequel ke 8 dari sejarah mesin mesin Awal MotoGP di tmcblog. Di awal Era MotoGP, Boleh dibilang Team Roberts adalah salah satu Team Non- factory yang berhasil mengembangkan Mesin sendiri. Yap memang melihat effort dan perbedaan resource terutama soal Finansial, yang dilakukan Oleh team robert ini sudah seperti meng-emulasi kisah kompetisi antara Daud dan Goliat. Team Roberts, sama seperti Ducati dan Kawasaki terlambat Satu tahun Menghadirkan Motor empat tak mereka di Era MotoGP, Di tahun 2002 team Roberts Masih turun dengan Motor dua tak 500 cc Proton KR3 yang notabenennya 50 hp di bawah rata rata Power maksimum Motor empat silinder 990 cc kala itu, Namun toh di 2002 Jeremy McWilliams masih bisa raih pole Possition di GP Australia.

Entah berhubungan atau tidak, setelah Pole Possition ini, team Roberts Berhasil mempertahankan Proton Malaysia Untuk tetap menjadi Donor pendanaan Project Pembangunan Motor Empat tak 990 cc di November 2002. Saat itu team roberts diinfokan masih belum tahu motor dan mesin apa yang akan mereka buat. Segera setelah itu mereka memutuskan bahwa secara logika Mesin dengan jumlah silinder banyak akan bisa mengail rpm lebih tinggi dan mudah untuk mengail power lebih tinggi. Dan akhirnnya keputusannya adalah mengemulasi Mesin terkuat di Musim 2002 yakni Honda RC211V yang bermesin V5. Roberts memiliki waktu 6 bulan membangun mesin V5 sendiri. Patut di catat bahwa walaupun sama sama V5, Namun Mesin awal yang dipakai team Roberts ini Bukan mesin Honda RC211V.

Di awal proses pembangunan Motor, mereka menggunakan Sasis Inhouse Team Roberts sendiri. Bisa dibayangkan mereka membuat mesin, dan sasis sendiri kala itu bro. Mesinnnya sendiri terkenal dengan nama Mesin KR5 dimana mesin ini adalah Mesin V5 dengan sudut 60º . Dari data spek ini terlihat  bahwa team Roberts walaupun menyamai Mesin RC211V soal Jumlah Silindernya yang lima itu namun sudut mesin lebih sempit dibandingkan dengan Sudut dari V5 RC211V yang 75,5º. Saat nanti Kita bicara Sekuel ke 9 dari artikel tematis Sejarah mesin mesin awal MotoGP Kita akan ketahui kenapa Honda memilih sudut 75,5º dan ini pula yang membuat tmcblog melihat bahwa Kenny belum sepenuhnya mengetahui rahasia dari RC211V kala itu.

Di luar dari perbedaan sudut pandang teknis sudut V, Mesin V5 Proton KR5 team Roberts lebih pendek dibandingkan Meisn V5 Honda RC211V. Berbeda dengan tiga silinder depan Mesin Honda yang tidak dijepit Oleh Dua Beam sasis, Tiga silinder depan depan Mesin KR5 terjepit Sasis dan membuat Sasis Proton KR5 lebih lebar dibandingkan dengan sasis Perimeter / twin beam RC211V. Oh ya di 2003 team Roberts menggunakan ban Bridgestone dengan duo pembalap Jeremmy Mc Williams dan Nobuatsu Aoki

Penampilan perdana Proton KR5 di 2003 hadir di LeMans dan saat itu terjadi Hujan setelah 15 lap race kering. Di wet race selanjutnya Jeremmy McWilliam berhasil Membawa Proton KR5 Finish di Posisi 6 dan menggondol 10 point yang sangat membanggakan buat segala Effort team Roberts. Di tahun 2003 ini pun tuntutan Penyiapan Mesin sangat Intens dan uber uberan sama waktu. Ini pun yang menjadi salah satu Penyebab bahwa di tahun tersebut terkadang team Roberts masih turun dengan Proton KR3 selagi menunggu pembuatan Part KR5 belum rampung dilakukan.

Tahun 2004 team roberts Menggunakan ban Dunlop yang kala itu tekenal bukan merupakan ban yang kompetitif. Mereka menggunakan Jasa pembalap Aoki yang ditandemkan dengan Kurtis Roberts ( sempat digantikan james Haydon ). Di tahun ini , masih dengan support teknis dari technical director team John Bannard yang memiliki latar belakang Fomula 1 Mesin KR5 memperoleh perubahan lumayan yakni dengan memperpanjang sedikit dimensi STroke dari Piston. Jadi Bore X Stroke Proton KR5 2004 adalah 72mm x 46mm. Dengan perubahan ini team memperkirakan Mesin akan memperoleh tambahan Power sekitar 20 sampai 30 hp. Namun secara umum konstruksi sudutnya tidak berubah.

Baca Juga :

Dan penambahan power ini KR5 seakan ‘terbelenggu’ Oleh desain awal dari KR5, seperti misalnya sudut yang masih 60º .Perolehan terbaik Team Roberts di 004 adalah Finish Posisi 12 oeh James Haydon di Qatar kala itu. pada kelanjutannya team Roberts di 2005 akhirnnya menggunakan Mesin V4 KTM GP1 yang sudah kita bahas di Artikel sebelumnya, dilanjutkan Dengan Mesin Honda RC211V di tahun 2006 yang akan tmcblog ceritakan di Sekuel Ke 9 nanti

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Baca Juga :

37 COMMENTS

  1. Luar biasa… dg sumber daya yg dibilang cm gurem dibandingkan pabrikb Jepun, tp team ini luar biasa bs bikin mesin n sasis mandiri. ..

    Guest
    • Ga bisa gurem juga bor, Mr Robert kan mantan pembalap aktif yg punya tim balap dan dia juga juara dunia. Punya banyak koneksi dan pengalaman didunia balap plus bantuan finansial proton yg saat itu lg gencar2 nya sampai beli Lotus, tp memang ini motor luar biasa diluar prestasi nya. Bikin motor prototype dari 0 adalah sesuatu yg hebat

      Guest
  2. Era Motogp modern utamanya sejak pemberlakuan segala macam pembatasan dan penyegelan, serta persamaan mulai dari jumlah bbm, jumlah mesin, ban, ecu, aero fairing, status team dll membuktikan era sekarang lebih berat tantangnya dalam meraih gelar jurdun, konstruktor, maupun team. Pantas saja hanya team yg “matang” yang pantas meraih gelar.

    Guest
    • Betul bro, langkah pabrikan jadi terhambat tidak bisa mengembangkan mesin sesuai kemampuan mereka, mereka harus bisa mengembangkan mesin sesuai Benchmark dengan batasan standar yang ada, mereka harus paham dulu standarisasi baru bisa membuat mesin, tentunya hal ini membutuhkan effort dan biaya yang besar dibandingkan membuat versi mereka sendiri

      Guest
    • Ada yang di musium ada juga yang di kasih ke mantan ridernya. Kalo kondisi tergantung siapa yg pegang, kayak Chris Vermeulen di kasih Suzuki GSV-RR 2009 tapi gak ada ECU nya.

      Guest
  3. Ada kemungkinan gak ya tim semacam kr ini ikut berpartisipasi di MotoGP selanjutnya? Soalnya emg bnr2 luar biasa kr sr maupun jr bisa benar2 menantang pabrikan

    Guest
    • @Baginda sulit sih…
      1. udh ada kontrak minimal jumlah tim/pabrukan, mau keluar masuk gak segampang dulu. 2. riset elektronik ribet skrg, dananya kerass cuy klo turun pribadi

      Guest
  4. Bukannya kebalik,. justru pembatasan segala macam inah dibuat untuk memutus dominasi kemenangan dari team yg sudah matang…biar ga elo lagi elo lagi..

    Guest
    • Masalahnya hanya wkt pngembangan dilonggarkan buat team non konsesi.. namun dengan part2 khusus yg hrs sama (ecu dll) namun dituntut mtor hrs kenjang jd btuh riset yg mahal… mgkin lebih beda (kubikasi, ecu) antara team konsesi dan non konsesi /privater br akan lebih mnarik… (pemikiran org awam saya..😄)

      Guest
  5. Hail to the king kenny!! 😏😏✊
    masbro jgn ketinggalan bahas moriwaki md211 2003-2003, motor gagal hehehh

    Guest
  6. Dulu mikirku Rossi akan pensiun cepeat dengan elegan membuat tim satelit terkuat sepanjang sejarah,tapi…. Malah pakde Robert s blm ada yg nyaingin, bikin motor prototipe sendiri. Joz. Pakde Robert legend,totalitas balap motor prototipe

    Guest
  7. kenapa bukan anaknya yaitu KR JR yg jadi pebalapnya wak? apa waktu itu KR JR msh bersama suzuki atau yamaha?

    Guest
  8. Kenny robert tahu benar mslh teknis
    Apa semacam niki lauda itu ya?
    Gara2 komentator dsini bahas ttg kehebatan niki lauda jd nonton deh film sejarahnya niki lauda
    Seru n menginspirasi

    Guest
  9. Foto king kenny,nobuatsu aoki dan jeremy mc williams persis banget dgn yg dimuat panduan motogp 2003 otosport…jd nsotalgia dg keadaan dulu..beli tabloid+sesekali ada majalah edisi khusus..

    Guest
    • Sangat disayangkan Panduan Motogp 2004 tidak kudapatkan…
      Padahal waktu itu lagi ngefans sama si 74 Telefonica Movistar Honda
      Eh ndilalahe malah di Suzuka crash,koma beberapa hari and meninggal

      Buat Wak Haji tolong nanti diulas team satelit juga…

      Guest
  10. OOT dikit nih wak haji, Ducati itu punya lini 2tak nggak sih? Apa cuma masuk GP 2003 yg udah 4 tak itu tok?

    Guest
    • Tebakan aku sie Rossi
      Alex kecil bagus tapi entah sekarang bisa kabur engga, kalau marc gede dia terlalu ngikutin racing line asli. Efektif, tapi kurang singkat kalau digame.
      FQ mantap, libas crab punya time laps singkat cuma rawan jatuh aja.

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.