TMCBLOG.com – Sobat sekalian, sambil menunggu sekuel ke 9 dari sejarah motor pertama masing-masing pabrikan di ajang MotoGP yang belum rampung, hari ini kita longkap dahulu ke pembahasan seri selanjutnya dari perkembangan motor prototipe Yamaha YZR-M1. Jika dalam artikel terdahulu kita sudah bahas mengenai motor pertama Yamaha di MotoGP, saat ini mari kita simak salah satu tonggak sejarah kebangkitan kembali Yamaha di era balap motor prototipe modern 4 tak ini. Era 2004 adalah era yang cukup signifikan perubahan dari Yamaha, baik motornya maupun sumber dayanya. Mulai dari kehadiran Masao Furusawa yang merupakan bapak dari mesin Crossplane Crankshaft M1 sampai kedatangan Valentino Rossi dari Honda kala itu.

Masao Furusawa hadir membawakan konsep baru mengenai firing order dan penggunaan valve di mesin 4 silinder segaris Yamaha M1. Namun begitu Furusawa masih ingin tahu apakah Vale setuju dengan konsepnya sehingga pada test pra-musim pertama Rossi di Yamaha ia mencoba 4 unit model Yamaha M1 dengan perbedaan sebagai berikut;

  • T1 : 4 silinder segaris, 5 Valve per-silinder firing order 180ΒΊ
  • T2 : 4 silinder segaris, 5 Valve per-silinder firing order Crossplane
  • T3 : 4 silinder segaris, 4 Valve per-silinder firing order 180ΒΊ
  • T4 : 4 silinder segaris, 4 Valve per-silinder firing order Crossplane

Singkat kata akhirnya Valentino Rossi saat itu memilih T4 sebagai basis Yamaha M1 untuk musim kompetisi 2004. Secara umum jika dibandingkan dengan M1 generasi awal 2002-2003, maka M1 Furusawa sedikit lebih besar dari segi setup sasis. Dibandingkan M1 generasi pertama, fork suspensi depan lebih panjang 25 mm begitu pula swingarm-nya yang Untuk pertamakalinya mengadopsi Model Under-Braced, pertama dan Pionir buat MotoGP.

Adalah Jeremy Burgess yang hadir bedol desa dari Honda ke Yamaha bareng semua crew-nya menemukan masalah Yamaha untuk pertama kali perihal sasis. Burgess saat itu bilang “Valentino tidak mengerti kenapa ia tidak bisa melakukan (pengereman) di Yamaha seperti yang ia lakukan saat di Honda. Lalu kami mengerti bahwa Yamaha terlalu rendah. Yamaha tidak bisa memindahkan bobotnya ke depan saat melakukan pengereman. Honda membebankan roda depan, membebani karet roda depan ke aspal sehingga membuat area kontak meluas. Ini akan membuat pembalap bisa menambah besar pengereman dan juga area kontak.”

Di tahun 2004, selain perubahan jumlah valve dan firing order, Yamaha M1 2004 juga menghadirkan perubahan di sistem asupan bahan bakar yang awalnya sistem fuel injection yang berasal dari Yamaha R7 750 cc ke sistem katup kupu-kupu ride by wire. Namun ada satu hal yang belum sempat dilakukan Furusawa karena kehabisan waktu yakni Valvetrain masih menggunakan rantai saat menyalurkan putaran crankshaft untuk menggerakan Camshaft. Sepeti kita ketahui sistem rantai kamprat atau yang dikenal dengan rantai keteng ini punya keterbatasan tidak akan kuat digeber pada RPM tinggi . . .

Namun begitu dengan segala keterbatasan yang ada selama dua tahun pertama Rossi bersama Yamaha, tahun 2004 dan 2005 ia meraih gelar juara dunia, sebuah effort Vale, team dan Yamaha yang akan terus dikenang sebagai upaya membangkitkan Yamaha from Zero To Hero. Silahkan simak beberapa galeri foto detail dari Yamaha YZR-M1 2004. Semoga bisa menghibur sobat semua di kala masa outbreak kali ini.

MB Italia bertanggung jawab atas pembuatan radiator Yamaha M1 2004. Lubang berJari-jari besar disediakan di tepi atas pemasangan selang yang bertujuan untuk sirkulasi cairan pendingin yang lancar.

Dua foto di atas memperlihatkan bahwa ada pipa kecil menghubungkan pipa knalpot 1 dan 4. Model ini bekerja dengan prinsip fisika Bernauli antara pressure dan kecepatan aliran gas. Kapan-kapan kita bahas di Tech Talk πŸ˜€

Setiap silinder menghadirkan sensor untuk mengukur AFR (mungkin O2 sensor yah)

Tabung yang dilapis tape berwarna emas adalah bentuk Fuel Pump Yamaha M1 2004 yang berjenis Electromagnetic Fuel Pump.

Sistem pengoperasian kopling Yamaha YZR-M1 2004 sudah menggunakan hidrolik. Namun zaman itu belum terlihat adanya sensor torsi.

Foto water pump Yamaha M1 2004 yang memompa coolant keluar masuk silinder dan radiator.

Ini adalah gambaran bentuk bak oli dari Yamaha M1 terlihat juga dari gambar tersebut bahwa konfigurasi muffler-nya 4 – 2 – 1.

 

116 COMMENTS

    • Yamaha baru bisa juara setelah membajak rossi dan bedol desa seluruh kru burges.
      Makanya bagi honda rossi adalah penghianat. Dan walaupun rossi tidak pernah mendapat kenang kenangan motor sebagaimana diberikan kepada pembalap honda yang lain. Rossi adalah penghianat yg harus dihancurkan. Dan sekarang honda bisa tersenyum setelah pembalapnya marc marques bisa mempecundangi rossi dlm lintasan msupun di luar lintasan.
      Makanya walaupun rossi merengek minta salah satu motor honda yg pernah dipakainya utk dipajang di museumnya, honda tidak akan pernah kssih.

      Guest
    • Yamaha baru bisa juara setelah membajak rossi dan bedol desa seluruh kru burges.
      Makanya bagi honda rossi adalah penghianat. Dan rossi tidak pernah mendapat kenang kenangan motor sebagaimana diberikan kepada pembalap honda yang lain. Rossi adalah penghianat yg harus dihancurkan. Dan sekarang honda bisa tersenyum setelah pembalapnya marc marques bisa mempecundangi rossi dlm lintasan msupun di luar lintasan.
      Makanya walaupun rossi merengek minta salah satu motor honda yg pernah dipakainya utk dipajang di museumnya, honda tidak akan pernah kssih.

      Guest
        • Kata siapa?
          Dan ngapain mesti pusing dgn hal diluar lintasan?
          Fans kuning dan efbenyek aja kalii yg suka over baper πŸ˜‚

          Guest
      • Nah, makanya HRC sekarang beda dengan HRC waktu itu. Andai… andai loh ya…. HRC waktu itu tidak sombong dengan mengatakan siapa pun bisa juara di motor mereka, pasti ada rasa sedih sang juara pada saat itu.
        Andai….andai ….loh ya waktu itu tak terjadi…HRC berpeluang besar juara 2002-2012 pembalap & Konstruktor
        Lihat HRC sekarang, beda kan??? HRC sekarang siap mengakomodir sang Master Marquez : 1. Gaji paling besar 2. Update motor 3. kontrak 4 tahun 4. Alex Marquez masuk

        Penghianat……??? Jangan naiflah… bila ada tawaran 1. Gaji lebih besar 2. Free update 100% 3. Dihargai kontribusinya. Normally person 99% pasti nrimolah.

        Bisnis adalah bisnis

        Guest
    • @doohan
      HRC sakit hati πŸ˜† dan lucunya NSR rossi selalu parkir di museum motegi sejak terakhir x race, ada festival2 juga gak prnh keluar gak prnh dinyalain tuh motor, sedang motor honda lain masih keluar keluar NSR V2 nya gibernau.

      Guest
      • @ridhojms NSR rossi? NSR itu milik HRC/HONDA . Rossi cuma pembalap yg digaji.
        Buktinya rossi ngemis minta nsr ke honda ditolak mentah2.

        Guest
      • Itu motor honda bukan motor rossi,kalo gak boleh dipajang,maka boleh juga dong gelas rossi bersama honda di hapus? Jadinya nanti tinggal berapa?

        Guest
  1. “Lubang berjari-jari besar”, kenapa memilih kata yang rumit dan kurang scientific dibanding ” lubang berdiameter besar”.

    Guest
  2. M1 berevolusi dari bentukan YZR500 ke RC213V. Rangka yang tadinya ala 2 tak jadi lebih mirip rangka ZX-10R 2004 karena Rossi minta rangka yang ramping ala mesin V, dibikinlah rangla M1 pakai style ZX10R 2004 yang silindernya ga dipeluk deltabox tapi deltabox dibuat seolah melingkari silinder kalau diliat dari samping. Di masa itu Yamah mau all out makanya semua yang Rossi minta diturutin, juga memang karakter Rossi semua harus sesuai sama mau dia, bukan dia yang menyesuaikan maunya motor. Makanya begitu masuk Ducati ijazah dokternya dipertanyakan.

    Guest
      • Sesuai karakter rossi itu emang yang kayak gimana sih?
        Karakter rossi yang habis juara pake mesin V5 RC211V? Apa karakter 2th sebelumnya juara pake NSR500 2tak?

        Guest
        • wkwkwkwkw emang JL bisa late brake? muehehehe. sleding ban belakang VR gak bisa?? loe nonton GP tahun berapa?

          Guest
        • @jono
          adaptip sama 1 motor gimana caranya ya? ….. bisa dibilang adaptip minimal udah naik 2 motor yg sangat berbeda karakter wkwkwk

          Guest
        • buset kalo dilihat parah juga ya dari v4 2 tak super liar pindah ke v5 liar terus pindah ke inline 4 crossplane. dan semuanya sukses hanya dalam rentang waktu kurang dari 5 tahun….

          Guest
        • @nedar
          katanya sih rcv jaman markes uda berganti2 karakter tuh… katanya sih… makanya bisa disebut adaptif

          v5 rcv malah katanya ga liar tuh, karena dia 5 silinder dimana makin banyak silinder itu hentakan awalnya lebih jinak dari yang silinder lebih sedikit. jadi katanya (lagi) v5 itu tarikan bawahnya lembut, tarikan atasnya buas. coba nanti dibahas ga di artikel #9, termasuk resep V75.5Β°

          Guest
        • satu motor bisa dibilang ganti karakter, gimana yg pindah dari 2 tak ke 4 tak, dari v4 ke v5, dari v5 ke i4 cp……

          Guest
    • Ya jelas KUNCI nya beda.
      1. KUNCI YAMAHA ALL OUT
      2. kunci ducati, nih motor pake…. aja ga usah pake brisik

      beda kunci, pasti beda akhirlah…

      Guest
    • @mblek singa,,Betul..rossi emang gapernah rubah gaya balapnya,dr dulu gitu mulu,,.
      Fakta bahwa setelah ganti ecu si itu jd ngampas,karena si itu ngga bisa menghandel borosnya ban,jd selalu habis mulu,dan itu sampe sekarang masih sama,, kalau bisa rubah gaya balap kan pasti bisa menghemat ban,penginnya si itu kan ngerem setelat telatnya dan gaspol saat kluar tikungan,,ya spinning ban belakangnya,,beda dengan stylenya jl99 yg smooth,,

      Guest
  3. Opini saya, saat itu yamaha melakukam improve untuk MENDEKATI motor honda, Honda KEHILANGAN pembalap terbaik dimusim itu, yamaha MENDAPAT pembalap terbaik di musim itu, akhirnya yamaha & vale y juara. Saat itu yamaha lain jg rada2 melempem, cm vale yg bs, yamaha blm sebagus zaman lorenzo. Biaggi dan pembalap lain semasa itu emang g sebagus Rossi,even Pedrosa yg alien jg masih dibawah rossi, musuh yg bs mengalahkan Rossi ya Stoner, lorenzo sama marquez

    Guest
    • Lagi dan lagi nama furusawa dan burgess ga dianggap, baca artikel noh, tanpa furusawa mungkin yamaha ga allout, tanpa burgess masalah yamaha tidak bakal ketahuan

      Guest
  4. Pada waktunya nanti, jika masih diizinkan sang khalik, demi mengenang era sekarang yg menjadi era lama sekitar beberapa tahun kedepan. Akan ada artikel serupa tapi tak sama.

    Kenapa serupa? Karna pembahasannya sama, yaitu membahas motor yg lama jarang menang sebelum datangnya kuri2 boy. Dari zonk ke hero. Walau hanya sebentar (layaknya roman emperror ke yamaha sebelum hadirnya mugallo)

    Tak sama karna yg bisa menutup segala kekurangan Honda adalah faktor Jokinya. Yaitu si semut. Dan kilas balik seperti artikel inipun dimulai.

    Guest
  5. wak haji mau nanya, gallery foto d blog itu sumbernya dri mana ? saya mau liat galeery motor motogp tiap tahun yang dahulu ga nemu yng bagus kaya gambar ini salah satunya d blog tmcblog ini hehe

    Guest
  6. Detail desain awal lubang air ram M1 2004 lebih pipih sebelum ganti ke air ram M1 2008 Fiat, dan terakhir air ram versi 2020.
    soal desain, air ram M1 Fiat yg paling good looking wkwk

    Guest
    • M1 paling cantik M1 yang fiat kalo menurut ane…
      Bagian buritannya slim..bagian depannya juga cakep…

      Motor paling aneh justru rc212v first gen…bodi belakang bantet, knalpot kiri kanan…dipake Hayden kayak naek motor anak kecil…

      Guest
      • Buntut pendek seperti habis kepotong kayak Brio πŸ˜‚,terus rear fender puanjang kayak motor India,aneh pokoknya

        Tapi bagian depan masih tampan dan berani sih πŸ‘

        Yg 2008 ram air buntu cakep juga

        Guest
        • M1 2011 masih slim buntutnya bro.
          Krn basicnya ttp 2010
          Mulai Lebar/semok thn 2012 atau beralih ke 1000cc

          Guest
    • M1 Fiat atau 2008 itu desainnya terinspirasi dari GP7, makanya perubahannya termasuk radikal dari tadinya lancip2 mirip RC211V jadi mbulat mirip Ducati. Karena insinyur Yamaha kala itu menganggap fairing GP7 adalah yang paling aerodinamis dan mendukung topsoeed tinggi. Kalau diperhatiin fairing depan mirip dan beda GP7 dengan M1 2008 cuma air ramnya aja kalai GP7 mirip orang bego ngelamun kalau M1 mirip huruf M.

      Guest
    • Kalo ane sih M1 ini lebih cakep dan khas dari M1 sekarang, kalo sekarang terlalu gendut sih yang ini ramping dan cakep parah liverynya

      Tapi yang paling favorit ane mah ZX RR

      Guest
  7. Yach sekarang rossi sudah tidak dianggap sabagai patokan, makanya dilepas sama fcatory.

    Karena teknoogy sudah berkembang pesat,

    Namun untuk mengenang jasanya, yach masuk team satelite VR selama dia mau balap, tapi rossi modal sendiri, team mana ymh bisa loby dorna.

    Guest
  8. Dorna pun sudah iklas vr dilepas factory, karena faktanya tanpa vr menang pun moto gp msh jalan, karena ada muncul rider yg lain.

    Mungkin kalu masalah rasa, pasti beda.

    Persaingan jaman vr dgn sekaranf jelas beda.

    Jaman vr yg kuat cuma sete, itu dia ngak berdaya hadapi media .

    Sekarang kan rider yg kuat ada beberpaa ,
    jl, cs, mm, dp, makanya setelah terusik, yach sifat asli manusia vr mulai muncul; ngambek,

    Mereka lawan di lintasan bukan di media, makanya dorna pun insyaf.

    Guest
  9. baru tau bisa n yontek teknologi v5 buat inline 4 crossplane. padahal yg ditulis cuma mendekin shock depan πŸ˜… mungkin cuma itu teknologinya rcv

    Guest
      • Seamless gearbox itu bikinan factory racing ”lupa nama perusahaan'” bukan bikinan HRC atau Honda
        Coba selancar dulu mbekk ..
        Yg pertama pakai di motoGP memang HRC

        Guest
        • Yupp betul seamless gearbox murni bukan bikinan HRC tp yg pertama kali aplikasi ke spd mtr pertama kali honda. Teknologi seamless gearbox setahu saya dr formula 1

          Guest
    • Yg jeremy burgess bilang kan cm itu, sisanya kt mana tau yg diaplikasikan, dia kan mekanik , pakem tuning , olah data , termasuk acuan & cara set up motor sesuai karakter vale sudah pasti didasari data yg udh dr honda & digabung dengan hasil yg ada di yamaha, jadilah motor komplit , mbok ya mikir mas

      Guest
  10. Di dunia mekanika fluida Hukum Bernoulli adalah kunci.
    Kecepatan Dan pressure berbanding terbalik, Dan ini derivative ke Downforce, Gaya Drag-Lift etc.

    Guest
  11. foto fotonya kurang pa haji..
    apapun merknya, setiap mesin yang dibuat sebagai prototype akan selalu dihargai entah dia menang atau kalah, oleh para pecinta teknik khususnya lulusan sekolah teknik (mesin-elektro).
    semakin hari rekor sirkuit terus dipecahkan, itu artinya makin maju meskipun sekarang ada pembatasan misalnya ECU yang sama.
    kalau pakai ECU inhouse masing masing, bisa jadi motor lebih kencang lagi.
    Membandingkan VR46 + MM93 di rentang umur yang berbeda, sepertinya kurang bijak.. Tapi membandingkan saat umurnya setara atau beda 3 tahunan itu masih bisa..

    Guest
    • Makanya lebih baik Rossi secepatnya pensiun aja biar gak dibandingin marquez Kalo Rossi gak pensiun-pensiun ya berarti dia masih/merasa kompetitif jadi wajar dibandingin sama umur lagian mereka berdua masih bertarung dilintasan yg sama ya dah biar bijak udah Deh Rossi lebih superior dari marquez dalam hal apapun lebih” jumlah fansnya.

      Guest
  12. Masih ingat dulu pertama kali lihat MotoGP, jga pas di welkom Afsel, Rossi keluar juara pertama. Emosi nya sampai sekarang masih kerasa banget

    Guest
  13. Kang karena tidak semua pahan akan part yg di maksud, alangkah baiknya kalau part itu di kasih tanda bulatan atau tanda panah, terimakasih.

    Guest
  14. 2004 seri pertama sirkuit Welkom, plus Yamaha juara dunia, muka HRC ditampar keras sekali sama Yamaha feat VR and crews, momen paling memorable dan menyenangkan diliat di Motogp πŸ˜€

    Guest
  15. Warisan yamaha untuk dunia motogp
    Swing arm up side down
    Good job yahama
    Sekarang semua team motogp
    Honda, ducati, suzuki aprilia memakai model swing arm up side down yamaha

    Guest
  16. btw seharusnya bukan rantai keteng, karena keteng itu adaptasi dari bahasa Belanda (keten) yang artinya rantai. klo kamrat ga taw deh bahasa darimana, mungkin “kam” nya itu dari “cam”

    Guest
  17. Makanya lebih baik Rossi secepatnya pensiun aja biar gak dibandingin marquez Kalo Rossi gak pensiun-pensiun ya berarti dia masih/merasa kompetitif jadi wajar dibandingin sama Marquez lagian mereka berdua masih bertarung dilintasan yg sama ya dah biar bijak udah Deh Rossi lebih superior dari marquez dalam hal apapun lebih” jumlah fansnya.

    Guest
  18. Hmm… Magnetti Marelli, Emwan dari balita rupanya sudah cukup akrab sama ecu temuan Ir. Petruk πŸ˜πŸ˜†

    Guest
  19. Intinya sebuah motor baru siap tercipta berkat pengetahuan jeremy burges tentang honda yg sudah dari era doohan dan civile,furisawa hanya tambahan buat history ymha,karna gak akan berani tanpa jeremy burges.maka hadirlah rc211v versi inline 4 di ymha,versi yg sangat mudah ditekuk.alhasil honda kalah karna rc211v honda tidak pernah tau akan ada lawan mendakak dengan mendadaknya rossi pindah. Upamanya ,tidak mungkin seorang perpuan langsung hamil besar padahal baru,kalau sebelumnya tidak ada hubungan,semua memang sudah terencana. Mksdnya adalah sebuah record yg tak akan bisa dipecahkan,gimana mau di pecahkan,memangnya honda mau dihianati 2x? Ya gak lah. Ini record yg sangat mematikan,berdarah penhianat.

    Guest
    • mungkin nanti gigi dal’igna bisa bikin desmo versi inline 4 hanya dalam waktu kurang dari 1 tahun…… v5 aja bisa jadi i4 dalam waktu singkat……

      Guest
      • Kenapa hanya mesin saja di otak kamu bro? Bagian detail yg lain terutama pengetahuan kru bedol desa VR tentang teknologi motoGp itu yg membuat yfr from zero to hero. Tanpa campur tangan Burgess saya berani bertaruh Rossi ga bakalan juara dunia ditahun pertamanya. Liat Ducati sekarang ini juga improve sasis tinggalan kakek Burgess yang tanpa pernah VR rasakan hasilnya

        Guest
  20. Sampai sekarangpun Honda masih membebankan lebih ke roda depan makanya jadi masalah kalau pakai ban dengan karkas lembut

    membebankan disini maksudnya mungkin prioritas perngereman lebih tinggi ke roda depan persentasenya dari pada pabrikan lain, mungkin ada yg hampir imbang antara roda depan dan belakang

    kalo maksudnya bobot ke depan jelas lebih berat mesin inline 4 dari V4 , mungkin itu masalahnya dengan Inline 4 shock depan jadi lebih ngepres kurang ngayun saat pengereman keras jadi perlu diperpanjang.

    Guest
  21. sekalian buat tambahan referensi mesin Inline Crossplane

    pertama kali Yamaha buat mesin Inline dengan konfigurasi crossplane itu tahun 1995, Yamaha TRX850 parallel twin 270Β°, 5 valve per silinder, sasis teralis.
    TRX850 itu punya kembaran Yamaha TDM850 yang pakai deltabox parallel twin 360Β° 5 valve th1991.
    mesinnya juga mirip dengan XTZ 750 Super Tenere yg twin 360Β° th 89

    TRX850 dibuat utk menyaingi Ducati 900 SuperSport bentuknya pun mirip,
    tapi karena TRX850 itu mengusung type sport, ditahun 90an kalah pamor dengan motorsport 4 silinder akhirnya discontinue tahun 2000

    walau gagal di tahun 90an konsep parallel twin 270Β° akhirnya populer di 2010an lewat Yamaha XT1200Z Super Tenere 2010, diikuti Honda lewat NC700 2012 dan Vultus, makin rame dengan Yamaha MT07, XSR700 , Honda Twin Africa

    Guest
  22. skrng Davide brivio yg mewarisi ilmu2 itu ke suzuki.
    semoga suzuki tahun ini juara.
    agar detil detilnya dibahas mirip gebrakan Yzr-m1 2004.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.