TMCBLOG.com – Sobat sekalian jika di artikel yang lalu kita sudah membicarakan Latar belakang kehadiran perubahan perubahan dari Suzuki GSV-R di tahun terakhir Era MotoGP 990 cc tahun 200, maka di artikel ini Kita akan coba Kupas lebih dalam lagi beberapa foto detail dari SUzuki GSV-R 2006 yang tmcblog peroleh . .

Mesinnya GSV-R 2006 adalah 75 derajat tipe-V 4-silinder. Sudut silinder 10 derajat lebih besar dari model 2005. Bagian tengah crankshaft berada di dekat tepi bawah stiker antara E pertama dan 4 berikutnya dari nomor mesin “XRE4E6005” . Tampaknya ada semacam Balancer shaft dibagian depan yang bergerak dengan putaran sama namun dengan arah berputar berkebalikan dengan Crankshaft.

Sisi kanan mesin yang memberi kita nuansa mesin Suzuki. Bak Oli telah berubah menjadi bentuk dengan bagian bawah yang menyempit. Tujuannya adalah untuk menangani perpindahan permukaan oli karena akselerasi dan perlambatan yang intens dari mesin MotoGP.

Kita dapat melihat baterai MF di sisi kanan sekitar poros engkol dan regulator penyearah / tegangan di atasnya. Radiator dipasang di atas gantungan mesin dan dekat roda depan, dan Radiator pendingin oli dipasang di bawahnya.

Melihat melalui lubang di sisi kiri bingkai. Bagian berwarna silver di kiri bawah adalah kepala silinder, dan bagian di kanan yang terlihat dalam emas adalah penyangga Box filter udara yang memanjang antara kepala silinder depan dan belakang.

Saat kita melepaskan tangki bahan bakar GSV-R , kita akan dapat melihat bagian atas kepala silinder dari sisi belakang. Dua bulatan silinder kecil yang diisi dengan resin keputihan adalah bagian dari koil untuk menyalakan Busi dan ini memberikan perkiraan jarak silinder. Pipa yang menggunakan banyak perlengkapan anodized biru adalah saluran bahan bakar yang menghubungkan tangki bahan bakar, pompa, dan injektor.

Ini adalah potongan yang dengan jelas menunjukkan hubungan posisi antara sproket,  silinder pelepas kopling, sensor posisi roda gigi, poros gear shift.

Suzuki GSV-R menggunakan Produk 2D untuk Panel Dashboardnya. Merk ini digunakan Oleh 4 pabrikan selain Honda. Di sisi kiri panel terdapat konektor untuk menghubungkan Dashboard dengan PC saat mentransfer data yang direkam dalam data logger dan menulis ulang memori ECU.

Di handle kiri ada putaran berliku sangat kecil. Hanya ada satu kabel itu untuk melakukan setup tuas rem depan di Handlebar kanan. Pompa radial φ19 × 18 mm (silinder master rem) khusus untuk kopling hidrolik Brembo.

Sobat bisa lihat bahwa Tahun 200 buat Suzuki GSV-R tombol tombol saklar di handlebarnya tidak terlalu banyak dan di panel saklar Kiri etrdapat panel Pengendalian setup ECU dengan hanya menuliskan up dan down, mengindikasikan sebuah saklar pilih setup yang tertera  di dashboard dan sudah di program sebelumnya.

Footpeg Kiri dan Kanan dari GSV-R terlihat untuk gearshift sudah menggunakan semacam Quick Shifter

Penampakan dari depan tanpa Fairing dengap. Tersambung ke bukaan RAM AIR yang pada dasarnya berbentuk menarik yakni heksagonal . Dua Kotak hitam di kedua sisi saluran RAM AIR adalah data logger 2D di sisi kanan kendaraan dan ECU di sebelah kiri kendaraan ( memiliki dua konektor besar) . Dapat disimpulkan bahwa itu dibuat oleh Mitsubishi Electric.

Suzuki GSV-R menggunakan Ohlins sebagai steering dampernya dan dapat sobat lihat ada dua braket pengencang suspensi depan yang etrletak masing amsing sepasang di daerah T atas dan T bawah.

Saluran dengan penampang segitiga pada dasarnya dipasang pada rangka juga berfungsi sebagai penahan untuk Panel meter dan komponen listrik. Udara yang melewati saluran diteruskan melalui ruang diantara dua batang suspensi depan untuk selanjutnya masuk ke Box filter udara

Bagian buritannya sudah dipernuhi beberapa detail aerodinamika

Tiga Gambar di atas adalah Bagian detail dari Buritan Suzuki GSV-R. End Muffler yang ahdir disini adalah end Muffler 2-1 dari dua silinder belakang mesin V4.

Sementara sistem Muffler dari dua silinder depan hadir dengan Model 2-1 dengan ujung end Muffler berada di sisi kanan dari GSV-R. Sobat Bisa lihat bagaimana Detail joint dari pipa Knalpotnya . .

Semoga beberapa foto ini bisa memberikan Gambaran lebih Jelas Ke Sobat sobat sekalian mengenai effort yang dilakukan Suzuki Di tahun terakhir era MotoGP 990 cc tahun 2006. Sampai berjumpa di Sekuel kedua dan selanjutnya dari Kisah Era ini. Stay Safe

Taufik of BuitenZorg

20 COMMENTS

  1. yah jd teringat terakhir liat model Suzuki GSV-R 2011 pas di Sepang waktu kejadian Super Sic tewas..
    habis adu kencang sama Bautista
    yg gak lama kejadian mengerikan itu terjadi..

    Guest
  2. Buritannya mirip RC211V.
    Btw sekarang motojipi udah gada yang pake knalpot yoshimura lagi nih kaya sujuki

    Guest
  3. betapa simpel saklar kirinya cuma up, down dan 1-2 (pilih mapping). memang era 990cc lah era dmn elektronik masih simpel. masuk era 800cc laptime tambah kencang, corner speed makin tinggi plus elektronik makin gila pengmbangannya…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.