TMCBLOG.com – Mungkin Bagi kebanyakan Orang saat Pandemi Seperti saat ini Sepeda motor lebih sering diam dirumah dibandingkan dipakai jalan. Nah ternyata terlalu sering diam dapat membuat tidak baik bagi beberapa sistem internal dari sepeda motor seperti pelumas dan sistem kelistrikan. Dan kali ini tmcblog akan bagikan ke sobat sekalian empat Tips Pak Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) dalam merawat sistem kelistrikan sepeda motor Khususnya aki saat Sepeda motor lebih sering diam di rumah

1. Cukup memanasi mesin sepeda motor dirumah tanpa harus dikendarai, hal ini dapat dilakukan secara berkala yakni sehari sekali dan ini sangat penting untuk menjaga kualitas aki maupun mesin sepeda motor. “Dengan kondisi sekarang, para pemilik sepeda motor sebaiknya memanaskan sepeda motornya selama 3-4 menit untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik”

2. Apabila adanya pemasangan aksesoris atau part modifikasi yang menggunakan energi listrik, perlu diperhatikan saat melakukan pemasangan dengan memastikan sumber arus listrik yang akan digunakan. “Jika ingin memodifikasi seperti lampu, klakson ataupun part yang membutuhkan kelistrikan, perlu menambahkan sekring tersendiri untuk menghindari korsleting atau terputusnya arus listrik pada sepeda motor.”

3. Bagi pada pemilik sepeda motor yang menggunakan aki basah, perlu dilakukan pengecekan secara berkala terhadap jumlah debit air aki. Pada komponen aki, terdapat tanda batas jumlah debit air aki atau yang disebut upper lower. “Periksa jumlah debit air aki, jika debit air kurang maka diharuskan melakukan penambahan air aki sebatas garis upper yang tertera pada aki basah” ujar Endro.

4. Aki yang mengalami masalah seperti soak bukan berarti harus memutuskan membeli aki yang baru, namun perlu juga dicek sistem pengisian daya listriknya. “Sering terjadi anggapan bahwa aki soak harus diganti dengan yang baru, namun bisa saja penyebabnya ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki. Oleh karena itu, penting untuk memastikan sistim pengisisanya disepeda motor” lanjut Endro.

based on AHM Info

10 COMMENTS

  1. Just sharing..
    Motor skrg terutama matic honda byk yg udah 3 phase full dc, artinya sekalipun kondisi aki kehabisan daya (starter gk kuat bin cetek2 aja), di engkol dan di nyalakan 4-5 menit langsam tanpa jalan, aki udah kuat masbro buat nyetarter pake dobel starter (yg skrg sistem acg) sampe bbrpa kali..
    Udah ane coba sendiri di bbrapa motor jg..

    Artinya apa? Kondisi aki normal cuma manasi 2 menit pun udah cukup banget ngisi daya ke aki lagi.. dgn catatan tdk ada beban tambahan (misal klakson modif, lampu tmbahan dll ya).

    Entah kalo motor2 jadul, mgkn lebih bijak pake bantuan starter engkol kali ya..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.