TMCBLOG.com – Kawasaki Secara nasional menjual Jual Moge Kawasaki Ninja 650 dalam keadaan Off The Road dengan angka 95 Juta rupiah . Yes seperti yang diinfokan Oleh Website Kawasaki, Untuk daerah JABODETABEKSER. Namun Via otomotif diketahui bahwa Kawasaki Ninja 650 yang dipromosikan adalah Produk dengan Vin Number tahun pembuatan 2017.

Yap Dari angka off The road ini sudah terlihat termasuk Murah sob karena setelah tmcblog cek di list NJKB  dari Samsat DKI Online, Angka NJKB dari motor ini Ninja 650 tahun 2017 maka sepertinya Harga NJKBnya oleh tahun ini dihitung oleh samsat adalah 111.300.000 rupiah dan itu artinya angka yang disodorkan Pihak diler (95 juta rupiah) memang benar benar di bawah angka NJKB yang ditentukan Samsat. Bedanya lumayan sektar  16,3 jutaan rupiah sob.

Namun patut sobat ketahui bahwa Harga 95 Juta rupiah ini adalah harga Off The Road. Yang artinya Jika mau dibuat On The Road maka harus diurus Surat suratnya Oleh Pembeli secara Mandiri ke Samsat. Namun tentunya Karena ini beli motor dari ATPM, maka surat surat untuk modal pengurusan dijamin Lengkap.

Mengenai Dokumen yang diterima oleh sobat sekalian dan dibutuhkan dalam pengurusan Dokumen On the road karena Ninja 650 termasuk Produk CBU atau Impor maka selain Faktur, sobat sekalian butuh yang namanya Surat pemberitahuan Impor Untuk Dipakai (SPIUD) yang dilampiri form A/CKD.

Untuk Step Step Pengurusan On The Road Bisa Baca di Artikel ini

Namun sobat perlu catat juga bahwa ada kemungkinan nanti Samsat akan menggunakan angka NJKB Yang tertera di daftar resmi Online tersebut sebagai referensi. Itu artinya misal untuk daerah Jakarta BBN Resmi 12,5% akan dikalikan dengan angka 111,3 Juta rupiah menjadi sekitar 13.915.000 Rupiah , Bukan 12,5% dikalikan dengan 95 juta rupiah angka dari Dealer ! . . 115

Yang jadi pertanyaan adalah berapa Kira kira Biaya Total yang dibutuhkan untuk membuat Ninja 650 ini jadi On The Road ( OTR) jika diurus sendiri ? Menurut pengelaman beberapa pembaca tmcblog Variabel penyusun angka On The Road sepeda motor  :

Biaya diluar Biaya Samsat – dalam kenyataan di lapangan bisa beda beda seperti Beli Formulir di Samsat, Biaya pembuatan STCK, acc form A dan rekomendasi kepolisian lain lain dan untuk Moge menurut survey tmcblog bisa mencapai angka 3,5 Jutaan rupiah

Biaya resmi SAMSAT

  1. Biaya pembuatan BPKB  Rp 225.000,-
  2. Biaya penerbitan STNK  Rp 100.000
  3. Biaya penerbitan nopol/TNKB  Rp 60.000
  4. Biaya BBN kendaraan baru (12,5% NJKB – Jakarta )   Rp 13.915.000 ,-
  5. Pajak Kendaraan Bermotor (2% NJKB – pemilik pertama ) Rp 2.226.000,-
  6. Biaya SWDKLLJ (Jasa Raharja) Rp 143.000,-

Nah dari dari Variable Biaya resmi saja habis Rp 16.561.000 dan jika kita tambah dengan harga beli off The road di Diler yang sebesar 95 juta rupiah maka diperoleh besar Harga total On The Road Ninja 650 sekitar 115 jutaan rupiah untuk daerah jakarta – Orang pertama, motor pertama  . . dan ini sangat jauh dari Harga On The Road terakhir Ninja 650 yang dibanderol 170, 2 Juta rupiah . . . hemat banyak sob, hemat 55 Juta rupiah !!

Saat tmcblog menghubungi KMI diketahui bahwa sebenarnya, Motor yang keluar dari Dealer itu tetap nanti dalam keadaan On The Road (OTR) karena Dealer akan mengurusi juga semua proses surat surat sehingga bisa legal Formal dan aman dipakai di jalan.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

25 COMMENTS

  1. Wiiih…bner bnget wak,lngsung ke atm buat ambil duit…cuss ke psar ngnterin bini,bnerin aja beli kagak😂😂

    Guest
  2. Beli motor biasa pun sebenarnya lbh irit off the road, meski agak repot hrs urus sendiri pengurusan legalitasnya ke samsat.
    Dan mgkn juga pengurusan ini menjadi salah satu sumber pemasukan dealer.

    Guest
  3. Pasti akan lebih ribet kalo ngurus sendiri,motto Instasi sini kan “kalo bisa dibikin susah kenapa harus mudah”

    Beli off the road biarin gak diurus deh surat suratnya,lebih gampang dan murah lagi

    Kalo mo Jual ya jual NP 😂😂

    Guest
  4. sekedar share aja..
    dulu 2010 pernah beli Pulsar 135LS off the road, harga 12 jt.. (harga OTR 15jt) trus urus sendiri… hampir selesai semua kira2 cm habis 14 juta aja… tp ndilalah ada oknum polisi samsat minta bayar 1,1 jt buat penerbitan BPKB.. pdhal di situ tertera BPKB waktu itu cm 60rb aja… dan drpda repot n males debat.. saya bayar aja.. dan tanpa kuitansi… katanya klo gak bayar disuruh ke POLDA urus surat rekom krn motor CBU…
    itulah utk motor kecil aslinya klo beli off the road, minimal selisih 1 jt lah…

    Guest
  5. Masing2 ada peminatnya.. fun to ride disini aja udah kebagi 2, penikmat jambakan setan macem muscle car ato lengkingan merdu yg bikin eargasm bagi penikmat speed hunter.. kari milih wes..

    2-2nya bisa didapetin di kelas atasnya macem R1M, Cbr-rrr, gsxr1000, s1000r, zx10r, atau bahkan h2/r. Kari miliihhh maneeehhh

    Guest
  6. Jadi maksudnya belinya on the road apa off the road ni wak. Jd bingung. Tp ga beli juga kok hehhe

    Guest
  7. jadi intinya bisa beli off the road dan urus sendiri kah? soalnya di alinea terakhir tulisannya “Motor yang keluar dari Dealer itu tetap nanti dalam keadaan On The Road (OTR) karena Dealer akan mengurusi juga semua proses surat surat sehingga bisa legal Formal dan aman dipakai di jalan.” begini? apa maksudnya ngurus surat dulu baru setelah itu motor di keluarkan oleh dealer?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.