TMCBLOG.com – Di masa pandemi seperti saat ini. Banyak Motor yang diam saja di rumah mengikuti aktifitas dari pemiliknya. Dan salah satu part yang paling menderita saat Motor diam saja adalah baterai/ Akinya. Bagaimana Memperlakukan Baterai yang benar saat Motor tinggal diam? Apakah Dinyalakan Idlle sudah cukup untuk mengisi ulang? berikut beberapa Pertanyaan umum yang hadir mengenai Baterai Sepeda motor yang tmcblog sadur dari artikel Bike-Social.

Berapa lama Daya Baterai/ Aki sepeda motor habis bila motor didiamkan terus?

Baterai konvensional yang layak (Kecuali baterai Lithium) harusnya dengan mudah didiamkan selama sebulan dan masih akan berfungsi dengan baik. Namun, waktu itu akan bergantung pada dua faktor. Pertama, seberapa baru baterainya? Jika usianya lebih dari lima tahun, baterai tidak mempertahankan dayanya selama baterai baru dan dapat menjadi soak dalam dua minggu. Kedua, apakah Sobat memiliki pelacak atau alarm di Motor? Jika ada maka sistem seperti ini akan mengambil arus dari baterai, itu dapat mempercepat habisnya daya dari baterai. Amannya, isi ulanglah jika motor dibiarkan diam selama lebih dari seminggu.

Bagaimana cara mengisi baterai?

Cara termudah adalah dengan pengisi daya yang pintar ( smart Charger) . Alat ini cukup pintar untuk mengenali baterai jenis apa yang mereka tancapkan dan dalam kondisi apa, kemudian memodifikasi daya pengisian yang sesuai. Jadi, misalnya, jika sobat memiliki baterai lama yang hampir habis, pengisi daya yang pintar akan mengujinya dan menggunakan teknik pengisian daya yang paling efektif untuk mengembalikan dayanya – sering menggunakan pulsa arus.

Smart Charger juga akan membuat baterai pada puncaknya tanpa pengisian berlebih (ini menyebabkan kerusakan). Beberapa pengisi daya pintar bahkan dapat men-desulfatisasi baterai mu, secara efektif mambangunkannya dari kematian. Pengisi daya Standa hanya akan mengeluarkan sejumlah kecil arus dan terus menerus

Bagaimana cara menggunakan pengisi daya baterai?

Sebagian besar baterai letaknya berada di bawah sadel Jok, meskipun banyak yang tidak – beberapa baterai KTM atau Yamaha berada di bawah tangki, Africa Twin yang baru Akinya berada di belakang silinder dan Baterai Royal Enfield Interceptor diakses melalui panel samping. Jika ragu, bacalah manual pemilik.

Setelah mengetahui posisi baterai berada, kita akan memiliki dua pilihan: i) pasang pengisi daya dengan baterai tetap di atas motor , atau ii) keluarkan baterai dan isi daya di tempat lain. Apa yang akan kita lakukan tergantung pada apakah kita memiliki sumber daya PLN di mana sepeda motor diparkir, dan bagaimana keadaan jeroan dari Baterainya. Jika baterai mati,rekomendasinya adalah melepas baterai dari Motor saat proses desulfasi berlangsung.

Jika menggunakan pengisi daya yang cerdas ( Smart Charger) , Kita bisa menghubungkan dan melupakan saja Smart Charger akan mengatur sendiri. Saat melepas baterai, selalu lepaskan yang negatif (hitam) terlebih dahulu untuk mencegah kemungkinan timbulnya percikan api saat  melepaskan catu daya yang positif. Jika kita hanya memiliki pengisi daya dasar tanpa fasilitas berhenti otomatis, periksa setiap beberapa jam untuk melihat apakah baterai terisi daya РAnda tidak ingin biayanya terlalu mahal karena Over-Charge bukan ?

Bisakah saya mengisi baterai dengan membiarkan Motor menyala dalam keadaan idle?

Ini tidak terlalu efektif dan tidak akan membuat baterai kembali ke pengisian penuh dengan efektif. Alasannya adalah bahwa saat idle, sebagian besar alternator hanya akan menghasikan dan menyuplai arus sekitar 1 amp ke dalam baterai, Dan ini hampir tidak cukup untuk membuat perbedaan – angka itu akan menjadi lebih dari 10 amp ketika Kita berkendara secara normal. Kita bisa saja menggantung rpm pada angka 4000rpm selama 10 menit untuk memberikan catu daya yang cukup untuk mengisi ulang, tetapi tetanggamungkin akan nyap nyap karena keberisikan apalagi kali anda Pakai Knalpot bambu runcing.

Apakah baterai Motor mengisi saat mengendarai?

Iya. Itulah yang dirancang untuk terjadi, jadi jika alternator/ Kiprok dan baterai  dalam kondisi baik, perjalanan riding 30 menit Seharusnya dengan mudah dan cukup untuk mengisi ulang baterai.

Apa saja gejala baterai sepeda motor yang mati?

Baterai yang mati tidak akan menghasilkan daya sama sekali, jadi ketika Kita menyalakan kunci kontak, tidak akan terjadi apa-apa – tidak ada lampu, tidak ada putaran pompa bahan bakar, sekarang. Yang lebih umum adalah baterai flatnamun tidak mati, dimana akan dapat mengeluarkan daya yang cukup untuk menyalakan lampu, namun sulit untuk menstimulasi selenoida dalam sistem starter. Sebelum menyerah Mungkin kita bisa mencoba starter dengan cara di dorong khususnya buat Motor dengan kopling manual.

Berapa lama waktu mengisi ulang baterai sepeda motor?

Itu semua tergantung seberapa rendah daya dari baterai – yaitu, berapa banyak energi listrik yang diperlukan untuk mendapatkannya kembali ke muatan penuh. Bergantung pula dengan Berapa parah kondisi desulfatisasi dari baterai, Jika parah maka perlu beberapa hari untuk dihidupkan kembali karena Smart Charger akan melewati berbagai siklus pengisian daya. Itupun dengan tanpa ada jaminan kesuksesan dimana baterai mungkin sangat terputus-putus sampai paling buruk tidak dapat dipulihkan. Baterai yang sehat tetapi Flat dapat dihidupkan kembali antara empat sampai dua belas jam. – taufik of BuitenZorg

11 COMMENTS

  1. …..pakai charge batre brt ada yg base trafo ada yg murni komponen specdown elektronik ….dipakai di beres juga ….diagnosa juga bagus dah 5 tahun pakai aki pulsar 9A …..awet dan baiknya klw motor ngk dipakai lepas aja baut kabel terminal aki …..opini pribadi

    • Ini yang paling efektif, smart charger yg dijual di pasaran banyak yg tidak SNI, kualitas juga meragukan

  2. Gak gini2 amat motor skrg sih..
    Yg penting panasin aja 3 hari sekali selama 5 menit idle mesin dah cukup bgt.. bahkan smeinggu sekali jg gk masalah kok.. sampe skrg koleksi motor dirumah ya ane perlakukan begitu (terutama yg gk ada engkol dr pabriknya alias murni dobel starter). Alhamdulillah sampe skrg masih awet..

    • yoi, rada sependapat
      gue jg gitu,
      dgn cara yg sama, rata2 aki bisa bertahan sampe setidaknya 6 tahun walau km-nya relatif rendah (sample 3 motor full fairing. dan 1 bebek)

      tapi hal ini tidak berlaku untuk mobil, karena; dgn cara yg sama; aki cuma bertahan rata2 3-4tahunan (sample 2 mobil – 1 msh pake aki basah, satu pake aki (semi) kering). Mungkin karena adanya penggunaan alarm

    • Yaa masuk akal om.
      Mobil instrumen aktifnya lbh banyak drpd motor utk penggunaan kelistrikan..
      Ya Alhamdulillah wes disyukuri wae

      Btw nice share om.. thx

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.