TMCBLOG.com – Bukan satu atau dua kali saja Kita melihat aksi penyelamatan Marc Marquez menggunakan elbownya dan membuat posisi yang bila terjadi di Pembalap lain hampir pasti Crash, namun bisa ia selamatkan kembali dan memperoleh grip secara utuh. Salah satunya adalah momen ketika Marc Berhasil menyelamatkan Posisi setelah Roda depan kehilangan Traksi dan miring hampir Crash 70,8º dan membuat Werpaknya Streching plus baret baret di atas Honda RC213V . . kenapa posisi sekritis itu masih bisa diselamatkan Marc ?

Dua pembalap yang tergabung dalam VR46 Riders, Luca Marini dan Pecco Bagnaia sempat mendiskusikan hal ini dalam perbincangan di Kanal Youtube MotoGP Legends. Kedua Pembalap ini fokus pada kemampuan Juara Dunia 8 kali ini dalam menyelamatkan Posisi hampir Crash tersebut Keduanya memperkirakan ada Dua Faktor yang bisa membuat Hal itu bisa terjadi yakni Talenta Pembalap ( Marc) dan Motornya itu sendiri ( RC213V)

Luca Marini angkat Bicara pertama Kali : ” Ia ( Marc Marquez) bagus banget, tak bisa disangkal lagi. Namun katakanlah ia memang sangat Bagus di motornya. Ia dapat merasakan banyak hal dari Motor dan berhasil mendominasi sepeda motor seperti yang dilakukan oleh sedikit orang lainnya. Namun semua penyelamatannya tidak hanya di Kreditkan ke Marc, Honda Juga memiliki karakteristik ini.

Saya Telah berbicara dengan Morbidelli dan Luthi ( keduanya Pernah pakai Honda RC213V) dan mereka jelas jelas telah memberitahukan kepada saya bahwa jika Honda kehilangan Traksi ban depan namun jika kamu cerdas maka Anda tidak akan jatuh. Tetapi ini tidak Mengecilkan Faktor bakat Márquez, yang sangat hebat. Akan menyenangkan melihat Márquez dengan motor lain, “

Lalu Bagnaia Menambahkan : ” Ia sangat Kuat, Marquez memiliki talenta yang kuat. Namun seperti apa yang disampaikan Oleh Maro ( Panggilan Luca). Honda telah mempersiapkan semenjak tahun pertama, Mereka telah memberikan segala untuk Marc dan itu adalah Motor yang dikembangkan Untuknya. ia memiliki memiliki feeling yang hebat yang bisa mengetahui bagaimana memanfaatkan feeling tersebut untuk meraih limit motor itu berkali-kali. RC213V bisa kehilangan Traksi depan namun tidak kehilangan Traksi di belakang. Saat Under-Braking Honda juga memiliki banyak Traksi.”

Bisa begitu ya? setup menggunakan Elektronik Magneti Marelli apa yang sudah berhasil di kembangkan oleh HRC ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

92 COMMENTS

    • rc213v saat di kembangkan pertama kali masih bisa mengantarkan pedrosa menempati posisi 2 di klasemen akhir 2012, lalu klasemen akhir posisi 3 di 2013, dan 4 akhir di 2014.

      Lalu setelah 2015 saat ecu seragam, honda mulai kehilangan arah lalu pengembangan mesin mengikuti arahan Marquez karena hanya boleh ada satu model mesin, lalu setelah itu motor honda hanya bisa digunakan oleh marquez saja karena pengembangan motor memang berdasarkan keinginan marquez.

      Jika ada yang bertanya siapa yang bisa pakai rc213v sekarang ya rider yang gaya ridingnya persis seperti marquez yaitu keluar masuk tikungan elbow dan hard braking. Kalo knee down ala Crutchlow, butter hamer ala lorenzo, teknikal seperti pedrosa, sudah terbukti gagal di rc213v nya marquez.

      Guest
      • efek seragam ECU di 2016.. motor stabil jadi kacau.. yamaah ancur2an..

        Hondo pun memaksa Marc buat sabar di setengah musim awal, jangan maksa, yang penting finish, butuh 6 bulan buat nemu setting yang cukup buat gasspol..

        Maksud hati biar Duc-eat-ati juara, eh malah dikentutin Hondo..

        Guest
  1. Lalu bagaimana dengan motor nyaman dengan sekill lejend kok g bisa ngelakuin hal yg sama..?

    Guest
  2. Waduwww dilema memang anak didikmya malah memuja muji pembalap saingannya memuja muji pabrikan musuh bebuyutannya. .trus penboiY mo komen apa 😂😂😂🤣

    Guest
  3. Buah pikir engineering dari lulusan terbaik Universitas Tokyo & seantero Jepang memang gak kaleng2, Wak..
    Sepadan dgn income yg mereka terima..
    Kalo nggak, ntar ada yg ngebajak…😄

    Guest
  4. setuju kalo rc213v dr 2013 dikembangkan utk marc. tp soal save berkali kali itu, kyknya emg kerjaan si rider . mungkin 85%, karena rata2 kasusnya lowside, hilang traksi depan dmana rider lain cuma bisa pasrah

    Guest
    • Iya kalo hiside tergantung luck biasanya, itu pun setelah save langsung lempeng ke gravel n nabrak tembok wkwkkw

      Guest
      • Motor geol buat cari kesatabilan sendiri.. jangan dilawan tapi diikuti, kalau kuat fisik yo sanggup.. kalau fisik standar ya jatoh atau pasrah…

        Guest
  5. Ga…itu Marc punya SPEC SKILL

    CC saja langsung ndlosor…juga DP26 yg sdh tahunan..
    Mm93 itu basic motocross nya ngeriii….dan dia sudah balik dari kecelakaan SANGAT FATAL.
    Orang kalo habis kecelakaan fatal biasanya cuma 2 hal

    1. Ciut
    2. Makin gila..!

    Mm93 yg ke 2…

    Guest
    • yups rada setuju
      bahkan hal ini juga (bisa dibilang) ada yg bahas
      contohnya bisa dilihat di channel youtube “Mike on Bikes”
      cari judul :
      “Why is Marquez so good ? | Top 6 Reasons”
      menit ke 4:00

      Guest
  6. Analisa dri gambar diatas sebenarnya sih itu bisa dipraktekan dengan cara berlatih, ketika akan dlosor karna kehilangan traksi ban depan maka bahu bisa digunakan untuk membantu ban kembali dapat traksi wak, hanya emang butuh keahlian khusus dan dipelajari

    Terlihat kekuatan sesungguhnya marq terdapat pada tangan dan bahunya

    Guest
    • Itulah yang dinamakan skill….
      Skill itu dalam pemahaman kasar adalah kemampuan mengaplikasikan teknik yang dikuasainya dalam menghadapi situasi yang tiba-tiba atau tidak direncanakan.

      Guest
  7. Mungkin karena ukuran rc213v yg paling ramping dan mungil menjadi faktor jg kenapa itu bs terjadi

    Tapi kalo gak salah Edward di Jerez dulu jg pernah save dr lowside dgn M1 nya, walaupun sepertinya faktor kebetulan karena gak bisa diulang lagi layaknya Marquez

    Guest
  8. Fisik bagus,mental kuat dan keinginan untuk menang. Itu poin utama marq yg ga dimiliki banyak pembalap.
    Fisik bagus karena kita pernah baca dia mengambil filosofi seperti kucing,yg tangkas dan lentur.
    Mental kuat karena dia yakin dia bisa mengatasi itu dan hal2 yg diluar prediksi pembalap biasa.
    Keinginan untuk menang karena baginya juara adalah nomer satu bukan dua atau tiga.

    Jadi wajar,kelihatan semua itu tidak dibangun mudah seklipun itu bakat tp jika tidak dilatih dan diuji maka tidak sehebat itu.

    Guest
  9. Bani asimo reborn??? Terlepas dari siapa yg ngomong (Marini dan Bagnaia belum pernah megang RC213V sama sekali, dan hanya dengar dari katanya). Memang RC213V sedikit banyak membantu Marc.

    Dari awal filosofi desain motor Honda di kelas utama (NSR-500, RC211V dsb) memang pada agility dan front end feeling. Motornya didesain untuk bisa bermanuver di momen paling akhir di tikungan. Sehingga stability under hard brakingnya lebih baik dibandingkan motor lain.

    Tapi apakah kemudian hal tersebut bisa diartikan kl di dalam komponen RC213V ada gyro yang akan secara otomatis akan mengoreksi posisi motor saat melewati limitnya? IMO, porsi Marc jauh lebih besar saat melakukan saving dibandingkan RC213V sendiri. Kita bisa melihat Austin sebagai contoh. Saat RC213V kehilangan front end feeling karena power delivery yang lebih powerful. Saat Cal (dan terutama JL) masih kesulitan menemukan front end feeling, di seri berikutnya Marc sudah bisa menentukan limit dan feel atas RC213V sehingga dia benar-benar bisa push RC213V sampai limitnya.

    Karakter RC213V dengan kelebihan front end feelingnya memang akan memberikan Marc feeling yang lebih baik untuk merasakan limit ban depan motor. Tapi untuk melakukan safe sendiri, diperlukan refleks dan fleksibiltas otot ridernya sendiri. Dan saat ini, sepertinya baru Marc yang memiliki kemampuan tersebut -dan mungkin rider junior lain yang melihat Marc dan berusaha bisa menguasai hal yang sama. Seperti kata Cal, rider lain bisa mempelajari kemampuan Marc, tapi mereka juga harus bisa memfilter bagian mana yang bisa dilakukan karena apa yang bisa dilakukan Marc sebagian tidak akan bisa dilakukan oleh rider lain. Oxley juga pernah mengungkapkan kalau rider yang memiliki kemampuan yang sama di era sebelumnya adalah Spencer, dan kemampuan Spencer untuk bisa memanipulasi -tidak hanya rear slide- front slide diperoleh tidak hanya dari bakat alami. Spencer pernah mengungkapkan “Orang melihat saya bisa dengan mudah melakukan hal tersebut, tapi mereka tidak melihat waktu yang saya habiskan dengan berlatih untuk bisa melakukan hal tersebut”.

    Guest
    • Resikonya juga ada seperti otot sobek,kayak tayangan slowmo Marc waktu save di Sepang dengkulnya sampe nyeret aspal buat negakin motor kan otot pahanya ketarik tuh pasti pas keseret,ngeri

      Guest
    • Bahkan yang jadi referensi buat jadi bahan opininya pun belum bisa melakukan hal yang serupa dengan marquez hehehehe

      Guest
    • Bang A1M1N sampeyan nama blog nya apa biar saya like👍
      Komentarnya sekelas blogger nih, kelihatan ga seperti Darmo and kroni kroninya yang cuma BC.
      Ditunggu balasannya

      Guest
    • Bro aimin harusnya ikut podcastnha marini dan pecco, biar mereka ada gambaran. Atau tak suruh baca sini sj ya? 😁

      Guest
  10. Luca dan pecco hanya lah anak kemaren sore yang mencoba menelaah sesuatu yang bukan dipahami nya betul

    Guest
  11. Banyak rider yang bisa push motor sampai ke limit.
    Tapi cuma 1 yang selalu bermain-main tepat di ujung limit,di setiap tikungan,tiap lap,dari awal sampai finish.

    Guest
  12. Kalo gak salah cal cruthlow pernah save sperti marc tapi msh pake mtor yamaha kalo gak salah..
    Ane ingat skali momen itu…
    Yg pasti bukan waktu race… soalnya dlam tayangan ulang moment save si carl sndiri liat tuh tayangan di padock….

    Guest
  13. Penyelematan marquez yang paling krusial adalah T1 valencia 2017. Kalo gagal penyelamatan, juara dunia melayang.

    Guest
    • kemudian dia sukses melewati pasir gravel
      bs dibilang telah melakukan 2x save beruntun

      yg unik ada lanjutannya
      di lain pihak, si Dovi malah yg kemudian kagak “selamat”
      dpt “drama” nyungsep di gravel setelah melebar
      bisa pas gitu momennya

      Guest
  14. Iya mirip mirip pembalap roadrace Indonesia zaman sekarang kalo latihan. Ketika cornering bisa gak jatoh karna ditahan pake sikut ma lutut

    Guest
  15. Jolor jatuh pake rcv karambol banyak tuh.
    Jolor bilang si engkez nya emang blajar spy ga dlosor saat yg laen msh mikir start dri posisi brp

    Guest
  16. Dari 2013 si Om Mateo guirinoni bolang kalo rcv honda pabrikan ada technologi Asimo yo pantes gak jatuh kalo si marquz gak save pada kecepatan tertentu.. ane inget yg dia bilang

    Guest
    • 2013 kan sek pake platina inhouse boss..
      Saiki kan wes pakek pirelli, laen boss
      Wwkwkwk ngelawak apa gimana nih ane

      Guest
  17. Bahkan marquess Beberapa kali (mungkin) terlihat sengaja bikin slide roda belakang ditikungan seakan akan mau jatoh, supaya rider belakang kaget, kalo gak salah korban nya fabio quartz sama ianone, gak tau yang laen. MUNGKIN LOH INI

    Guest
  18. Orang hebat tak sekedar berbakat
    Tp juga loyal dalam mencoba
    Seorang master samurai ribuan kali gagal dalam mengasah skillnya dan tak pernah menyerah
    Sedangkan seorang noob baru mencoba 10x sudah berhenti mencoba dan slalu mengkambing hitamkan keberuntungan orang lain tanpa mau melihat usahanya
    Kenapa komen q ilang yak 😅😅

    Guest
  19. Yang laen aslinya juga pengin nyoba gaya balap marqez tapi apa daya dilarang jatoh oleh kepala teamnya soale gak punya dana buat benerin motor.
    Sedangkan marqez malah sama jepang disuruh mencari limit motor biarpun motor rusak parah juga gak apa² selalu disediain spare partnya melimpah ruah.

    Guest
  20. Senang akhirnya ada murid lejen yg mewarisi bakat suhunya…jago di micropon walo blm terbukti di trek.
    Setidaknya berita di luar trek tetep seru 10 tahun ke depan.

    Guest
  21. Kang taufik, adakah analisa akang, honda menempatkan giroskopik sistem di motor RCV nya…. Ada di kanal youtube pengembangan honda, motor yg bisa berdiri kembali ketika rebah ke titik vertikal….

    Guest
    • dalam aturan motogp dilarang memasang part atau sensor yg belum tersertifikasi …jangankan gyro..winglet aja ada aturannya…tuh torductornya honda juga akhirnya kan didaftarkan juga yg akhirnya semua pabrikan ikut pakai

      Guest
  22. Kata Mbah Darmo and the Genk itu motor sampah gak mungkin bisa gitu
    Tapi anehnya kok mereka gak mikir ya motor sampah kok bisa jurdun terus yang kataya motor dewa kok kalah sama motor sampah jadi disini yang salah motornya atau otaknya Mbah Darmo yang perlu direset?

    Guest
    • Mungkin motor sampah dgn skill rider dewa kali ya om. Makanya juara dunia trs.
      Berkebalikan dgn tim sebelah yg punya motor dewa tp skill ridernya sampah. 🤣✌

      Guest
  23. Sekelas pembalap motoGP kok masih suka komen berharap-harap cemas lawannya mau menanggalkan senjatanya dan berpindah menggunakan senjata lainnya.

    Sampai sebegitu hebatkah seorang Marc Marquez sehingga sampai membuat frustasi hingga keluar opini agar Marc Marquez agar mulai dari nol lagi agar lebih terbuka peluang untuk bisa mengalahkannya ??
    Bersikaplah lebih gentle…. dengan terus mencoba untuk meningkatkan kemampuan kita untuk mengalahkan Marc Marquez, bukan dengan merengek-rengek agar Marc Marquez melepaskan semua yg sudah diraihnya.

    MM93 meraih semua itu tentu saja juga dengan usaha dan kerja, tidak ujug-ujug. Dan pihak yg menjadi fasilitator dan rekan MM93 pun juga tidak langsung ujug-ujug menggaet MM93, tentu melewati sejumlah pengamatan akan progres kerja dan usahanya.

    Catatan :
    Sebenarnya semua kontroversi ini tidak akan ada jika tidak ada ancaman torehan gelar juara dunia kita (pujaan kita) terlampaui.
    Sudahlah….nikmati saja, daripada terus-terusan makan hati, ntar jadi penyakit. Lha wong sekarang saja sudah mulai jadi penyakit hati kok….
    Selingi dengan makan rempelo-nya….

    Guest
    • jgn terlalu universal akan pemikiranmu yg Halu atau mencocologi dengan pihak lain

      tentu semua pembalap kerja keras
      diluar (pembalap ) tetep ada politik dan aib yg akan terbongkar…
      sekali lagi situ yg harus makan rempelo..😂

      Guest
      • Semuanya sudah jelas tersirat dengan semuanya….
        Pertama adanya komen/larangan pembalap yg tampil 100% saat tidak peluang jurdun.
        Kedua perang urat syaraf yg digelorakan, yg selama ini berhasil tetapi kali ini tidak mempan
        Ketiga tidak pernah ada ideom sebelumnya pembuktian untuk pindah pabrikan (pernah ada yg mempersoalkan kehebatan keny Robert sr & Wayne Reiney yg masing2 juara dunia 3x dengan Yamaha)….
        Ke empat, Anda bisa mencari sendiri dengan teramat mudah.
        Kecuali terlalu lama semedi di ruang khusus…

        Guest
  24. Marini dan bagnaia kan cuma antek 46 yg sirik dgn prestasi marquez.
    Kan udh jelas marquez pke honda, masa yamaha yg bantu aksi penyelamatan marquez. Tp apakah smua rider honda mampu melakukan aksi penyelamatan berkali2 sperti yg dilakukan marquez ?
    Makanya klo ngomong jgn diliputi sirik, kelihatan bodohnya.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.