TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui, Pasca dikedorkannya status PSBB masa Pandemi ini, Astra Honda Motor selaku Pabrikan Sepeda motor Merk Honda langsung tancap gas merilis varian warna warna baru untuk Honda Vario series Model 2020. Yap Hanya Warna baru, mengenai spesifikasi belum ada perubahan besar hadir di Salah satu Backbone Volume penjualan AHM ini. Namun tmcblog mengendus ada beberapa strategi Marketing dalam perilisan Warna warna ini . . . . yuk kita diskusikan . .

Dari sekitar 6 varian Warna 2020 ( Sporty White Red, Sporty Black Red, Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Silver, Exclusive Matte Red dan Exclusive Matte Brown)ย  , 67% di antaranya merupakan Kombinasi warna/ memiliki detail yang belum pernah dihadirkan sebelum 2020. Ok kita bahas strateginya satu per satu ya.

Pilihan Warna Vario generasi terbaru saat dirilis 2018 yang lalu

Flashback dikit . . . Secara umum Honda Vario 150 Generasi terakhir yang semenjak pertama hadir di 2018 itu menghadirkan warna yang cenderung Single tone, Elegan, Kalem, ekslusif. Sebut saja warna warna Matte Silver, Putih, Merah dan Hitam. Sementara Vario 125 tahun 2018 tidak ada yang memiliki pilihan warna elegan seperti Vario 150. Vario 125 di 2018 hanya memiliki opsi warna Gloss dengan Striping.

Namun Mulai 2019 AHM seperti mulai berfikir bahwa Segmen Kelas Vario 125 cc terutama sub segmen beropsi CBS-ISS yang mulai memasuki angka di atas 20 juta pun memiliki kecenderungan suka sama gaya elegan Single tone. Maka akhirnnya di 2019 Hadirlah Vario 125 dengan Warna warna single tone elegan seperti Advance Matte Black, Advance Matte Blue dan Advance Matte Brown.

Ekslusif Matte Brown Vario 150 2019
Advance Matte Brown Vario 125 2019

Saat itu 2019 jika di jejerin Vario 150 Warna Ekslusif dan Vario 125 warna Advance ( Single tone, matter ) Maka orang dari Jauh akan sulit membedakannya. Perbedaannya Minor hanya terlihat berupa : bentuk Velg, ada tidaknya tulisan 150 di belakang emblem side Body vario yang 3D pada varian vario 125 Advance, dan Body bagian bawah. Sekilas Sama Saja . .ย  ini berpotensi merusak Value Ke-ekslusifitasan dari Vario 150 saat itu . . dan sepertinya AHM mencium hal iniย  . .

Ekslusif Matter Black Vario 150 – 2020
Advance Matte Brown Vario 125 2020

Maka Di 2020 mereka menghadirkan lagi upaya untuk memberikan Pembeda pada Vario 150 dibandingkan vario 125 . Vario 150 memang di desain lebih ‘ ekslusif’ dibandingkan dengan Vario 125 dengan tujuan agar rasa ekslusifitas yang dibayar oleh Konsumen 150 tidak’ tergadaikan’. Diferensiasi paling kentara terlihat pada pilihan Matte Black dimana Konsumen akan memperoleh Velg dengan Warna Gold untuk Vario 150 sementara Velg Matte Black Vario 125 tetap hitam

Sementara di 2020 untuk Warna Matte Brown, Matte Silver, Matte Red di Vario 150 tidak diberikan Varian Warna Velg Gold, perkiraan tmcblog adalah Karena di Vario 125 tidak ada ke tiga warna warna ini. Jadi Untuk Warna warna Single Tone, irisan warna yang sama antara Vario 150 dan vario 125 hanya terjadi di Matte Black. Oleh Karena itu Khusus warna ini diberikan diferensiasi yang lebih eye catching, imho.

Oh ya sobat bisa lihat juga bahwa pada dasarnya irisan kesamaan warna antara Vario 125 dan vario 150 tahun 2020 ini boleh dibilang hanya terjadi di Matte Black. Honda vario 125 punya Matte Blue dan White sementara Vario 150 memiliki Matte Silver, Matte Brown dan matte Red . . see?ย  Terlihat honda benar benar mau memisahkan kecenderungan warna walaupun masih sama sama berjenis warna elegan.

Namun Memang yang cukup mengejutkan adalah Kehadiran Desain dan Kombinasi warna warna sporty di Vario 150. Yap karena semenjak Tahun 2018 Baru kali ini Honda kembali mengincar kecenderungan pilihan warna warna sporty dengan Kombinasi dua warna untuk Pangsa pasar Vario 150nya. Mungkin mereka telah riset bahwa ternyata pangsa pasar ini memang ada. Kompetitor Honda Yakni Yamaha cukup sukses memberikan variasi Warna warna senada ini sejak lama seperti yang bisa kita lihat pada Kombinasi warna pada Aerox 155.

Namun terlihat banget kehati hatian Honda dalam mendesain paduan dan kombinasi warna Untuk Vario 150. Saat tmcblog bertemu lansgung dengan sosok varian warna baru sporty Vario 150 ini terlihat bahwa Mereka tidak sembarangan mendesain Paduan dan bentuk Grafisnya. Walaupun terkesan Sporty, Honda tetap mengahdirkan warna Matte minimal sebagai salah satu kombinasi. Dan jikapun diberikan Grafis, Bukan Grafis tribal yang agak terkesan ‘Raw’ . . Namun Grafis Grafis yang tetap memiliki ‘makna’ seperti misalnya siluet block penulisan nama VARIO itu sendiri baik di tebeng depan maupun di body belakang. Jadi walaupun Sporty, namun masih terlihat elegan.

Vario 150 dapat TIGA Asesoris resmi?

Satu lagi . . . entah gimana ceritanya, tmcblog lihat di beberapa varian vario 150 2020 yang hadir di Dealer dealer sekitaran Bogor hampir semuanya sudah dilengkapi beberapa variasi Asesoris resmi Honda seperti Garnish Alis Chrome di samping headlamp, Rubber step Flor dan Juga Garnish di End Muffler. Apakah ini termasuk strategi dimana pembelian Vario 150 Langsung dapat tiga jenis Asesoris ini ?

Yap jadi seperti itu analisa Marketing dibalik warna warna yang dihadirkan AHM pada Vario 125 dan Vario 150 Model year 2020 ini versi Tmcblog. Mencoba manjaga diferensiasi Pilihan Warna elegan konsumen 125 dan 150 sembari mencoba berekspansi membidik pangsa pasar lain yang memiliki kecenderungan pilihan varian warna bernuasa lebih dinamis. Silahkan sobat sekalian diskusikan. dan tulis opini cerdas sobat sekalian di kolom komentar

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Galeri Foto Honda Vario 150 Sport Red Black 2020

23 COMMENTS

    • Sebenarnya kalau dibanding aerox jauh, mending aerox. Cuma itu kalau di market aerox, anak muda yg udah malas kopling, butuh praktis tapi masih butuh performa, suka simpel tapi ingin tampil beda. Mau Vario dikasih warna apa tetap saja susah..
      Tapi sebaliknya market vario itu terlalu luas. Para mereka yg terlihat exlusif muda, para wanita karir, sekedar pingin punya motor harian tapi beat terlalu pasaran.
      Apa lagi daya tarik ‘mudah dijual kembali’ (yg saya sendiri tidak mengerti, beli motor mau dipake apa dijual lg sie).
      Belum lagi kampanye vario lebih irit, Sparepart mudah. Dan noda hitam aerox haus oli, ga udah diapa apain aerox tak bisa menandingi vario. Tapi belum cukupkah 3/4 kue dimakan sendiri?

      Guest
      • Yg beli motor, tidak selalu/tidak semua menomorsatukan performa, ada yg karena designnya, iritnya, fungsionalitasnya, fiturnya dll. Dan tidak semua keluarga sanggup beli 1 motor untuk 1 anggota keluarga, ada yg bel;i 1 motor tapi untuk seluruh keluarga, dan ini adanya divario, dipakai ibu2, bapak2 dan anak gaul masih oke, kalau aerox, lebih cocok ke anak gaul. Kalau saya pribadi, seandainya harga sama, antara aerox dan vario 150, saya tetep pilih vario 150.

        Guest
      • sama.
        lebih suka generasi awal Vario 150, desainnya lebih clean & simple.

        dan masih punya kick starter. hehe

        Guest
  1. ada garnish biar harga naik tidak terlalu mencolok. salah satu strategi juga kalau menurut guwe. so tampilan warna baru blink blink just biar makin laku tuh vario. karena liat kompetitor aerox kalo guwe lihat makin sering terlihat dijalanan. sedangkan vario banyak tapi ya ga tau mana 125 dan 150.

    Guest
  2. Wkwkwk.. br bbrpa hr yg lalu kena imbas dr wrn mirip ini jg.. .gt cover’ stelah pasang kok smping kunci ada lubangnya… bwaanya gak ada……… bingung bolak balik liat catalog.. trytaa… awww dkira vario 150 tryata unitnya vario 125… aseemm…๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    Guest
  3. setelah dipikir pikir ditimbang timbang di telaah dikunyah kunyah pilihan corak warna warni ini memberikan warna baru yang selama ini telah ada oleh karena itu maka telah membulatkan tekad jatuh pilihan lebih membeli Aerox155 ..

    Guest
  4. Menurut opini cerdas saya, bahwa warna-warni yg lucu itu bagai pidato sambutan panjang lebar yg intinya hanya salam penutup. Sekian

    Guest
  5. Warnanya yg baru identik airblade ya,kalo ada backbone nya isi bensin ga perlu buka jok,terus ban belakang dibikin lebih besar keknya udah cukup dan lebih jelas untuk diferensiasinya satusamalain, dibanding cuma emblem dan warna velg

    Guest
  6. CVT-nya ada upgarde ga, kalau mesin blum panas banget masih gredeg, begitu di service cuma bertahan 1-2 minggu kemudian gredeg muncul lagi
    tapi kalau soal mesin okelah termasuk bagus dan juga suspensi nyaman untuk sekelasnya.

    Guest
  7. ……. hnd pario (marketing males) cat mirip sZuki boaring dgn produk model yg sama tdk ada nilai tambah buat konsumen ….knapa ngk polos cat dasar saja mirip mobil mewah pilih sejuta warna cat baru transaksi ….pakai cat hijau ninja kawasaki anda mau …..matic kawasaki tp pakRio ah

    Guest
  8. Dulu ada FB yg bilang kalau gonta ganti warna tandanya mulai ga laku, tapi sekarang hal itu adalah sebuah strategi.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.