TMCBLOG.com – Awal Juni 2020 ini, IMI selaku federasi motorsport (balap motor) di Indonesia merilis sebuah pernyataan resmi yang isinya adalah mayoritas event balap nasional (berstatus kejuaraan nasional/kejurnas) tidak dilanjutkan atau dengan kata lain dibekukan selama tahun 2020 ini. Dalam surat bernomor 306/IMI/D/VII/2020 IMI mengumumkan paling tidak terdapat tiga keputusan.

Yang pertama adalah bahwa seluruh penyelenggaraan kegiatan yang belum terlaksana sesuai kalender nasional olahraga sepeda motor tahun 2020 terutama untuk balap motor/Motoprix; Drag Bike; Grasstrack dan Motocross tidak akan dilanjutkan selama sisa tahun 2020 ini.

Yang kedua adalah kejurnas yang telah dilaksanakan sebelum dikeluarkannya surat IMI tanggal 16 Maret 2020, tidak akan diperhitungkan sebagai rangkaian kejurnas 2020 dengan alasan kondisi Force Majeure.

Pengumuman yang ketiga dari IMI berisi bahwa mereka tetap membuka potensi penyelenggaraan sebuah kejuaraan nasional/internasional, kejuaraan propinsi, maupun kegiatan klub seperti latihan bersama di wilayah IMI propinsi namun dengan beberapa persyaratan seperti: Dilakukan di zona hijau pandemi Covid-19, wajib berkoordinasi mendapatkan pengarahan serta rekomendasi dari Pemda, Gugus Tugas, dan IMI pusat serta tentunya wajib melaksanakan dan bertanggung jawab secara sosial terhadap protokol kesehatan New Normal.

Oneprix tetap jalan dan sudah disetujui IMI

Dengan surat edaran di atas otomatis mayoritas kegiatan balap domestik banyak yang dibekukan dan ditangguhkan sampai tahun 2021 mendatang. Namun TMCBlog melihat memang masih tetap ada beberapa event balap road race yang masih direncanakan hadir seperti contohnya OnePrix 2020. PT. Oneprix Motorsport Manajemen (OMM) selaku penyelenggara sudah mengeluarkan jadwal revisi Oneprix 2020 dan kabarnya pihak PP Ikatan Motor Indonesia (IMI) telah menyetujuinya via surat terakhir nomor 309/IMI/OLRG/D/VI/2020 . .

Taufik of BuitenZorg

4 COMMENTS

  1. Termasuk event fun race juga kah, kalau sampai ga ada bakalan hampa nih buat para penggemar balap tanah air

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.