TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui kesuksesan dari KTM selain karena kerja keras dan effort pembalap dan pabrikan, ada juga andil test rider super yang memiliki postur mini hadir di dalamnya yaitu Daniel Pedrosa. Bukan hanya KTM RC16 yang dipakai oleh Brad Binder sebagai pemenang race, juga RC16 lainnya yang dipakai oleh Pol Espargaro, Miguel Oliveira dan bahkan oleh Iker Lecuona yang masih labil. Semua ini ada andil development dari sosok Dani Pedrosa di dalamnya. Kalo bisa dibilang Dani sudah cukup sukses membangun KTM RC16 dari zero menjadi hero. Kalau sudah begini, akankah setelah masa kontraknya berakhir dengan HRC di akhir musim 2024, Marc Marquez akan pindah ke KTM?

Pertanyaan yang TMCBlog hadirkan ini bukan hanya pertanyaan kosong belaka sob. Marc Marquez sendiri yang pernah ngomong di akhir tahun 2018 saat teammate-nya Dani Pedrosa hengkang ke KTM sebaga test rider. Jadi ceritanya, Marc Marquez -via Tuttomotoriweb– saat ditanya “Japan Two Wheels” mengenai Dani Pedrosa saat itu, ia menjawab; ” . . . Dani memiliki sensitifitas yang bagus, saya yakin di KTM ia akan melakukan kerja yang bagus. Hal ini tentunya akan menjadikan KTM motor juara.” Menyambung jawaban Marc, JTW mencoba lebih dalam dengan pertanyaan mengenai kemungkinan Marc pindah pabrikan. Dan saat itu Marc menjawab ”Jika Dani bisa membuat KTM menjadi motor juara, kenapa tidak?“

Marquez mau pindah ke KTM jika Pedrosa bisa bangun RC16 Bagus

Masih multi tafsir sih mengenai arti ‘Motor Juara’ yang dimaksud oleh Marc Marquez. Apakah juara seri atau kah merebut titel juara dunia. Kalau yang dimaksud Marc adalah juara seri sih artinya tidak ada lagi alasan untuk Marc pindah ke KTM saat kontraknya bersama HRC berakhir nanti dan memulai karir selanjutnya di awal tahun 2025 bersama pabrikan lain. Tapi pada musim 2025 nanti Marc akan menginjak usia 32 tahun, dan itu bukan ‘usia emas’ lagi tuh . . Pertanyaan selanjutnya apakah KTM akan mau menampung Marc saat berusia 32 tahun?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

133 COMMENTS

  1. Jawaban logis, kenapa tidak. Tapi bukan berarti pasti karena bakal banyak kepentingan yg terkait. Kyk ketika pada saatnya itu mengemuka, Honda masih butuh mm atau tidak dll, klo masih butuh bukan ga mungkin tawaran edan 4 tahun kontrak juga di jabanin. Trus tergantung juga mm masih tertarik proyek honda atau engga.

    • HRC udah mikir-mikir juga kayanya bakal mempersilakan Marc lepas nanti.
      Ngunci 4 tahun gak lebih dari strategi karena cukup waktu untuk nyari bibit unggul lain, meanwhile Marc menghabiskan usia emasnya.

  2. Wak haji, pasca operasi marc kog gak ada gembar gembor lagi push up ato ngegym,
    Apa yg terjadi?
    Ada komplikasi po piye?

  3. Pertanyaan lainnya, apakah KTM mau membangun motor yang katanya khusus seperti Honda?, kita lihat saja perkembangan KTM sampaii tahun itu jika bisa kembali bersaing dan sama seperti ini dimana motor bisa di bilang imbang bahkan seorang rocky bisa lumayan penampilan nya ya walau saat race berahir di gravel, dan kalaupun gabung dan memilih langkah seperti HONDA apalagi usianya marc sudah lewat dari masa ke emasan resikonya terlalu besar

  4. OOT dikit.
    (Masih terlalu prematur sih) jikalau…, andai saja…, bilamana…, misalkan…, binder beneran menjelma jadi pebalap kuat, sepertinya katemi sudah harus memikirkan gimana cara agar assetnya nggak ‘dicolong’ tetangga sebelah.

      • Ymha dan ducati…. diakui atau tidak mereka lh yg hampir tidak memiliki pengkadetan pembalap. Mereka lebih sering menggaet pembalap yg sudah jdi. Honda suka juga melakukanny tpi dgn tujuan untuk melemahkan lawannya. Quartararo merepat ke ymha adlh berkat keberanian dato razlan atas saran bos tim tech3. Dulu ny quartararo ini binaan honda bersama joan mir dan aron canet. Rider yg cukup tajam saat ini yg di luar jangkauan honda hanyalh brad binder dan iker lecuona

        • karena yamaha tidak mau ikut moto2 bahkan gp250 sdh lama ditinggal sejak oliver dan nakano naik kelas ke 500 cc sepertinya gak ada lagi gaung yamaha di 250cc ya mau gak mau ambil pembalap binaan pabrikan lain coba ambil dari wsbk mulai haga sampe ben spies tapi gagal bersaing didepan lagi pula apa honda, ktm dan pabrikan lain bisa menampung semua pembalap yang naik kelas tiap tahunnya

        • Diluar jangkauan honda? Semua terjangkau kalo ada duitnya…ekekekek. Dan honda punya duit dan nama besar, siapa mau menolak honda nak..

  5. Siang ini, sambil ngelus-elus armsling memandang keluar jendela sambil pikirannya berkecamuk. Apakah 4 tahun adalah sebuah kesalahan? Dani benar2 telah melakukannya.
    Tangan kirinya meraih ponsel lalu membuka aplikasi kalkulator dan mulai menghitung besarnya penalti pemutusan kontrak sepihak ??

    • Bisa jadi marc mikirnya begitu hahaha.

      Sudah ada pebalap yang melakukannya (melanggar kontrak), kenapa gue ngga?

      Zarco belagak gila biar diputus sama katemi.
      Jorge alesan badan protol+pensiun biar diputus hrc.

      • Bukan murni ksalahan zarco juga sih… zarco saat itu ngeluh dan bilang sh** chasis sh** power delivery lebih untuk memprotes sasis ktm yg pure teralis. Ktm tidak terima sblm akhirny dani pedrosa ngomong bhwa sumber mslahny adlh sasis dan akhirny ktm merubahny jadi semi twinspar parimeter (semi deltabox). Lihat tahun depan sasisny akan lebih mirip lgi dgn delta box. Pda saat zarco komplen sasis kandang pitek ktm saat itu ktm masih bersikukuh dgn kandang pitekny. Untuk ada sosok dani pedrosa dlm developmen ny hingga ktm melunak. Coba klo masih kallio doang yg menangani ktm rc16 gak bklan melunak tu ktm….
        Namun d luar itu semua, mungkin keputasan petrucci gabung ktm tech3 yg awalny “drpda ke wsbk” akan berubah jd “untung pindah dari ducati”…. melihat positifny progres ktm rc16 saat ini. Mslh pling signifikann tinggal kluar masuk tikungan (khususny kluar tikungan) top speed udah bejaban. Durabilitas juga udah bejaban (kendala yg sllu dihadapi aprilia )

        • Wkwkwk, bentuk sasis udah mengotak gitu, banyak yg ditutupin juga…. Siapa yg tau klo tu sasis memang udah ganti jadi full alumunium yg dicat oren.

    • Wkwkwk

      Meanwhile test rider Honda juga super.

      Super ampasnya, bukannya bantu nyumbang poin malah jadi rider terpelan se grid mengalahkan Alex Marquez ?

  6. Sosok alien masih sangat berharga bagi semua tim dan pabrikan sekalipun sudah lewat masa emasnya.
    Bagaimanapun mereka (Rossi,Stoner,Lorenzo,dan Marq) bukan pembalap biasa,mereka semua juara dikelas raja.
    Dan mereka konsisten mampu meng handle kendala yg ada.
    Bahkan saya yakin jika Stoner tahun ini mau berlatih,pasti tahun depan ada yg berani menawari motor setidaknya sebagai woldcard.

    Karena semua yakin,berikan motor pada orang2 itu (alien) maka hasil positif yg didapat.

    • Stoner kalo bisa sembuh terus full recovery sih serem bro bisa bisa duketot langsung terbang ke aussie ngontrak beliau wkwkw

    • Misal tangan kanan tidak bisa pulih seperti semula, mungkin bisa dicoba alternatif gas dan rem di handle kiri. Tangan tangan tugasnya cuma menekan kopling saat start saja, setelah itu cuma menahan G force saat berbelok, tugas menjadi lebih ringan.

      • Bukan begitu. Kalo masalah gas ama rem mah cincay bisa diatur.

        Ini masalah elbow down. Kalo gak bisa pakek jurus itu lagi, gak akan ada lagi Marquez style, gak akan ada lagi push motor 200%, gak akan ada lagi alien Marc. I guess that will be the end of Marc Marquez kalo beneran udah gak bisa lagi.

  7. ya masih liat2 dl di srkuit yg ktm tdk melakukan tes khusus hasilnya gmn, kl markuez mau ke ktm mgkin bs mnta tolong redbull buat bayar pinaltinya. lgian kalo pun putus kontrak selama tim nya cm ngasih upah hnya untuk waktu yg tlh dlalui smbalap gk akan rugi bnyak materi, hnya krugian brupa publik ambasador saja

  8. dan ketika MM pindah ke KTM, Tim Repcol dan pabrikan kepak sayap mengumumkan mundur dari MotoGP dengan alasan “bosan juara dunia”

    • dan ketika MM pindah ke KTM, Tim Repcol dan pabrikan kepak sayap mengumumkan mundur dari MotoGP dengan alasan “bosan juara dunia”
      ====================================================
      yang jelas ketika MM pindah dari HRC, seketika itu juga MM bakal dicap penghianat oleh FBH,

  9. Kemungkinan slalu ada, bisa saja setelah lelah pke mesin v4,MM mncoba pke i4 haha. Krn pembalap muda akan terus muncul yg lebih nekat dan membahana.

    • nah saat kondisi fisik tdk sebugar dulu karena cidera bisa saja marq pindah ke pabrikan dengan mesin i4 yang handlingnya lebih halus

  10. Banyak yang menganggap masanya marc udh habis. Gw rasa mereka keliru, ngeliat ambisi+tekad the baby alien ga akan lama doi bakal duduk dipuncak (lagi).
    Kombinasi rc213v+marc paling sangar sih sejauh ini.

  11. apakah KTM akan mau menampung Marc saat berusia 32 tahun?
    Jawabane ( mungkin)
    Jika marc masih bersinar ktm mau….tinggal harganya cocok po rak….

  12. Kalau umur 30an pengenx sih liat MM mencoba mesin yamaha atau suzuki, kayak gmn yah dia rebah 68 derajat di tikungan ?

  13. itu sih masih lamaaaa. saya mah lebih gak sabar nunggu MM balik lagi ke lintasan untuk race… apakah masih bisa di barisan depan dengan kondisi belum vit 100%?

  14. Hype KTM ini persis kemaren hype Fabio juara jerez.. Seakan2 Fabio itu anti Marquez yg ditunggu selama ini, seakan2 KTM itu motor yg udah ada di level juara dunia

    2020 ini banyak abnormalitas..
    Ducati salah arah, Marquez absen.

    Kalo 2021 kembali normal, Marquez kembali sehat, Rumusnya tetep sama :

    P1 : Marquez
    P2 : Ducati/ Yamaha (tergantung sirkuit)
    P3 : Suzuki/ KTM

  15. Kita lihat aja,di trek trek selanjutnya rc16 baru kelihatan superior di Brno kemarin sedangkan di Jerez semua KTM masih di barisan belakang kecuali pol yg ada ditengah tepat didepan Alex

    Motor juara harus stabil disemua lintasan,kalo nggak ya bakalan susah

    • Kalo kriteria motor juara harus stabil di SEMUA lintasan, sampe sekarang cuma Honda NSF250R sama KTM RC250GP doang yg menenuhi kriteria.

  16. Kesannya jadi seolah Marquez nunggu motor jadi. Tapi jg menurut gw KTM ga terlalu diuntungkan, apalagi mereka punya stok talent banyak.

  17. Yg kepo itu kalo HRC nawarin kontrak factory seat ke BB33.. xixixix
    Jujur, dbanding FQ20, ane lbih suka BB33.. slow but sure.. ademm tpi nggigit.. dan udh familiar sma kondisi sulit..
    Liat yahama.. trek licin bergelombang dikit aja mundur berjamaah ridernya, kecuali VR46..legend lah tu tua bangka…

    • Maaf ya bro berbagi pendapat, trek ini selain KTM dah py setup latian dsini, mesin v4 pas utk trek ini, trek licin pas utk gaya berkendara v4 bisa sleding” meski resiko jg disleding. BB33 nothing to lose mirip morbido dan zarco. Sdgkan pembalap lain bahkan ad yg pke v4,main aman asal dpt poin drpd dlosor. Klo i4 jls trek licin bergelombang mau overlimit,ada 2 pilihan. Podium atau nol poin. Thats my opinion from Mocil.

        • Ane pensran, dsaat duo MV12 & FQ21 ngembangin M1 di factory seat.. tpi disisi lain VR46 & FM21 yg malah sering podium.. xixixi
          Jujur aja MV kualitasnya masih jauhhhhh
          Mending FQ, muda berbakat.. cm kenapa yak, tipikal pembalap yahama, pas disaat kondisi gk ideal pada mundur berjamaah, pas kondisi bagus pada podium lalu gembar gembor ke media.. ??

    • @moge, AM73 itu cuma pilihan paling logis bagi HRC saat paduka pensiun. Dan gue yakin, pandangan loe berubah pas liat besok-besok AM73 juara seri. Siapa yang bisa tahu?

      Semua orang disini, baru jalan tiga seri dimusim yang abnormal ini menurut gue terlalu cepat menyimpulkan.

      Giliran FQ20 juara seri beruntun langsung dkasih gelar next alien..?. Giliran BB33 juara seri, dani pedroza disanjung setinggi langit padahal sebelumnya dikasih gelar pedrozonk.

      Cuma satu dua komen bijak yang gue temukan. Dan gue yakin yang komen bijak itu pasti penggemar motogp asli, bukan fans boy merk, fans boy pembalap.

      Di artikel ini, mana nih suara FBY yang kemarin mendewakan FQ20. Kok pada ilang ya?

      • Wahaha.. mknha ane jengkel orang2 nyanjung FQ20 lebay bgt.. next alien.. bla bla..
        AM bisa podium aja udh big surprize buat ane,.. tpi tetap yg nyamain MM dri segi skill, auto saving, ambisi, keberaniannya blm ada.. 3 seri race semua berjalan lempeng wae, cuaca panas bagus, cm temp aspal aja yg over.. jujur, klo FQ bisa podium aja kemarin dgn strugglingnya dia.. ane angkat topi,.. tpi trnyata gk.. MM liat gmn strugglingnya dia 2016.. dia tetep bsa keep poin, dn gk jauh dri podiumm..

    • Masalah utamanya ya itu, keknya bukan ttg track yg naik-turun. Motor inline kan ngandelin kecepatan tinggi di tikungan parabolik panjang. Kalo minim grip atau jalannya nge-gerindil ya bubar itu cornering speed. Kebayang gak sih lagi rebah-rebah ngebut tapi pinggiran ban nge loss / ngesot, atau berasa ngehantam polisi tidur (bumpy) ??

      Fabio harus belajar lagi seni latebrake ke mbah Rossi tuh. Backup plan nya itu, ga bisa ngandelin style Hohe lagi kayak fi Jerez.

  18. Jgn ke ktm lah lepas dari honda, ke ducati saja.

    Di ducati ada yg jadi references, si cs 27.

    Dimana Vr dan JL gagal apapun alasannya.

    • Sugiono mutlak gagal sih diliat dari sisi manapun, kalo Lorenzo cenderung ‘ninggalin proyek yg mulai jalan’. Lorenzo ga bisa dibilang gagal, lebih tepat disebut kelamaan adaptasi padahal berhasil.

  19. dan ketika MM pindah ke KTM, Tim Repcol dan pabrikan kepak sayap mengumumkan mundur dari MotoGP dengan alasan “bosan juara dunia”
    ====================================================
    yang jelas ketika MM pindah dari HRC, seketika itu juga MM bakal dicap penghianat oleh FBH,

  20. Apasih yg gk bisa/gk mgkn dilakukan HRC?bisa aja justru pedrosa yg diambil lagi buat jd test rider buat nyeimbangan pengembangan RCV

  21. Di kala redbull udah all out, semua bisa aja kejadian wak.

    Liat juga gimana progress si banteng di F1, dari tim gak jelas sampe jadi contender di tiap musimnya bahkan sekarang 2 tim pake powertrain dari 2 brand yg beda.

    Kalo soal kontrak pembalap menurut gw masih lebih ecesss lah buat redbull, toh HRC juga di sponsorin mereka walopun gak sebanyak KTM

    Jadi gak nutup kemungkinan kurang dari 4 thn kontrak yg ada si MM93 bisa diserobot KTM.

    Yg jadi penentu disini ya MM93 sama redbull, mereka mau apa nggak, dah gitu aja…

  22. Gw pengennya Marc ke Ducati kalo kontraknya habis sama Honda. Pas banget warna Ducati merah, warna kesukaan Marc merah. Saatnya Ducati jurdun.

  23. Kita liat ntar di Redbull Ring, siapa tau wet race, jadi lebih paham kekuatan motor dan pembalap. Dan jgn lupa, tikus suka bgt bermain2 saat gak ada kucing…

  24. Harapan “terlalu pintar” dari bani mamaqes,tulang patah 2x emg mau balap gaya apa? Koq bisa2nya berharap comeback. 2-3th lagi baru pulih benar itu tulang. Apalagi MM slalu push limit motor ga takut crash spy ktmu lap trcepat,nah dgn kejadian patah tulang apa msh berani ambil resiko push limit motornya? Crash 1x aj lg dlm wkt dekat bs pensiun dini.

    • Baru nonton motogp ya bro? Tau cerita mick doohan, bahkan lorenzo nggak bro? Percaya sama kuasa Tuhan nggak bro? Kami disini bukan bani berandai-amdai. Tapi kami percaya kuasa Tuhan itu tak ada yang tak mungkin.

      bentar lagi, kaum nggak percaya Tuhan pasti bilangnya begini. “ngapain bawa2 nama Tuhan”

      Ekekekekeke

      • iya baru tau balap gp sejak jaman disiarin di antv, pst belum keluar kan ente dr rahim? bani mamaqes sedang mancing2 cari yg kepeleset komen bw nama Tuhan,krn ga bs bales komen yg ngejek mereka.
        ekekekekeke

        • Wkwkwk seinget gw nick om2 itu kan emang epbeem garis keras dan komentar dia kalo ga nyembah junjungannya ya ngatain komentator lain yg ga sejalan dgn daya pikirnya yg ga terlalu tinggi. Komen aja ga pernah keliatan ada isinya, jadi wajar dikit2 emosi kalo ada yg nyenggol junjungannya.

        • @toy, antv? Berarti ente lebih cocok jadi anak ane…ane lahir tahun 1979. Pantesan kamu nggak tau sejarah GP500 sampai ke era motogp..

          Ekek

    • Taun 2018 markez juga patah tulang dan operasi dan seri qatar sampe keteteran tapi akhirnya langsung bisa bawa honda juara dunia, juara konstruktor dan juara team hanya seorang diri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.