TMCBLOG.com – Franco Morbidelli menjadi pembalap berbeda ke 5 di seri ke tujuh MotoGP 2020. Sebuah fakta Juga tertulis dimana sampai MotoGP 2020 Seri ke tujuh juga Dua Pembalap satelit Yamaha ( Morbidelli) udah merasakan Podium 1, sedangkan 2 rider factory Yamaha malah belum ada yang merasakan podium 1 . Race Misano 1 ini juga menorehkan Catatan lain dimana Pecco Bagnaia Menorehkan Podium Pertamanya di kelas MotoGP di tengah recovery Cidera yang sebenarnya belum 100%. Race di Rimini ini juga menghadirkan Satu nama Non Italia di Podium. Dia adalah Joan Mir yang menorehkan Podium keduanya di Musim 2020 ini dengan finish di posisi ke tiga . . . Juara Jumat dan sabtu Fabio Quartararo dan Maverick Vinales terlihat tak berdaya di Hari ahad, begitu Juga dengan Miller. Satu kesalahan Khas Rookie yang dilakukan fabio Quartararo di race ini adalah Nge-push Motor terlalu keras di Lap pertama setelah ganti ban dimana belum memiliki Suhu yang optimal.

Secara umum sampai seri Ke 7 MotoGP 2020 boleh dibilang bukan event yang 4L alias Loe lagi Loe lagi. Sebagai penguat ‘frame’ ini, di 7 seri yang telah di lakukan hadir nama 12 Pembalap berbeda yang merasakan podium untuk 21 Posisi podium yang ada. Lalu Gimana perubahan di List Championship sementara ?

Dengan DNF nya Fabio Quartararo ini artinya Andrea Dovizioso yang sebnaarnya hanya finish di Posisi 7 bisa mengambil alih Pimpinan Championship dari Quartararo dengan Point total 76 dan berjarak 6 point dari Fabio. Sementara itu Jika sobat jeli antara Pimpinan Championship sementara Dovi dan Posisi ke 9 Takaaki Nakagami terpaut 23 point saja, alias point masih terbuka luas dan Krusial karena perbedaan 23 Point ini bisa berpotensi berubah hanya dalam satu seri saja.

Yamaha Memimpin Championship Pabrikan dengan jarak 6 Point dari kejaran Ducati smentara KTM bertengger di posisi ketiga di atas Suzuki dan Honda. Sementara di Klasifikasi team, Tim Elit Repsol Honda berada pasca Seri ke 7 berada di dasar Klasemen, cuma mengumpulkan 15 point dengan jarak 112 Point dari pimpinan KlasemenΒ  . . . sunggu Motor yang fokus, Fokus ke satu pembalap doang.

Brad Binder memimpin Klasemen Rookie of The year sementara dengan jarak 38 Point dari kejaran baik Alex Marquez dan Iker Lecuona.

Sementara itu Fabio quartararo masih menjadi Pimpinan Klasemen pembalap satelit terbaik sementara dengan jarak 6 point dari kejaran jack Miller di posisike dua sementara itu Petronas Yamaha SRT masih menjadi yang terbaik di Klasifikasi team Satelit terbaik sementara jelasng Seri Misano 2 nanti.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

156 COMMENTS

    • Mordibeli sudah pernah podium 2 di gp ceko. tahun ini penampilan franky lumayan bagus. Berpotensi meraih gelar juara dunia

      Guest
    • Dari semua pembalap muda, hanya Alex Marquez yg konsisten. Konsisten jelek…pembalap tanpa agresifitas dan ambisi.

      Guest
      • Prestasi Alex Marquez mirip Jorge Lorenzo saat mengendarai RC213V Repsol Honda….
        Padahal baik Lorenzo maupun Alex Marquez dua-duanya adalah seorang juara dunia (minimal moto-3, moto-2 bahkan untuk JL99 sudah 3 kali juara dunia motoGP)

        Franco Morbidelli saat awal gabung motoGP prestasinya juga 11 – 12 dengan Hafid Syahrin, bahkan Hafid Syahrin hampir saja merebut titel rookie of the year saat itu.

        Setelah Morbideli pindah ke Yamaha, dan beradaptasi di motoGP beberapa tahun, barulah dia mendapatkan podium.

        Guest
      • Wkwkwk, iya konsisten, konsisten dibelakang, kek gak ada semangatnya sama sekali,
        jauh bila dibandingkan debutnya mir, bagnaia, morbido, apalagi dibandingkan debutnya quartararo, jauh banget πŸ€¦πŸ»β€β™‚οΈπŸ€£

        Guest
        • yg saya suka dari mir adalah karakternya.agresif di balapan.tetapi ketika ada masalah atau kena masalah dia sllu tetap tenang tidak mencak2.ingat ketika di seruduk iker dia msh tenang dan tidak emosional.krn mncak2 bkn solusi cerdas.. sy sgt sk kpribadiannya

          Guest
      • Wajar sih
        Pembalap karbitan yg dipaksa masuk ke tim ternama

        Harusnya bukannya masih ada kontrak ama team EG 0,0 itu ya?

        Lagipula fisiknya Alex ini gak terlalu mendukung, maap bukannya niat ejek fisik.
        Tapi secara fisik memang dia terlalu tongklang (jangkung tapi ototnya kurang berisi). Ada perbedaan mendasar dibanding abangnya yg lebih mini tapi ototnya tebal. Ane pikir hal yg kaya gitu juga ikut memengaruhi sih.

        Guest
        • untuk tinggi seukuran alex marquez, kalo mau tambah massa otot bakal bikin dia overweight bro di motogp. itu kalo yang saya liat. jadi mau ga mau alex marquez mesti jaga bobotnya segitu2 aja. ada vale juga yang jangkung tapi masa ototnya segitu2 aja dari 2003.

          Guest
    • Justru ini seru drpd sllu overlimit,klo beruntung ya mendominasi klo sprti skrg malah balikannya. Maaf sy bukan fansboy pembalap.

      Guest
    • Tahun ini memang berbeda karna pandemi, seri yang begitu singkat dan padat sehingga terkendala oleh waktu untuk persiapan. Strategi tim juga pasti berbeda dibanding kondisi normal.

      Franky, bagnaia, jouooss cak murid VR46 yang bakal jadi calon legend πŸ€—πŸ˜‚

      Guest
  1. klo quarto besok weekend lbh sabar mungkin bsa p1, mudah2an mir atau rins podium lagi… v4 yah dovi atau mileraus…mileraus kencang diawal doank….

    Guest
    • Itu di markas HaReCe pasti udah ada yang ketar ketir tuh. Mosok dalam semusim nggak dapat poin sama sekali? Gap talent nya jauh banget antara MM dan sembalap hondut lain. Naka emang bisa meniru teknik MM tapi tetap saja ada unsur talent yang akhirnya bikin dia bisa podium atau nggak.

      Guest
  2. Salah wak, bukan ban yg belum panas. Tp fabio tadi tuh balapan sambil menyesali diri dan mikir kok gw bisa jatuh yahh… Pas sadar, udah tikungan 😜

    Guest
  3. tahun ini, bisa tembus 10 nama pemenang..
    paling tidak MV, JM, AR, lalu VR, Mir, Peco belum ambil jatah..

    Season yg menarik dan penuh kejutan..

    Guest
  4. Warning ! Buat Pembalap seluruh Starting Grid Jangan Pernah Overtake ValeYellow46 di lastlap ! Atau Akun IG anda Akan Diserang Pake Bahasa Indonesia !

    Malu aku tuh

    Guest
        • Ya emang MM doang, kan banyak hatersnya yg bilang klo honda bikin motor cuman buat markes, sekalinya dia ambruk repsol honda jadi ampas

          Guest
        • Ya emang markes doang klo kata haters nya markes, karena hond4 bikin motor cuman buat markes, sekalinya dia absen ya respol hond4 jadi ampas
          Ada yg salah?

          Guest
        • Untuk membuktikan Marquez yang hebat..
          Bukti RcV itu motor cepat tapi sangat sulit di handle..

          dan Marquez masih bisa juara 6 kali dari 7 musim balap…

          Pembuktian Marquez bisa saja juara dengan motor apapun.. tanpa perlu pindah pabrikan…

          cuan cuan dan nyaman (difasilitasi semua kebutuhan balapnya)..

          Guest
        • Pembalap yang berlaga di motoGP tentunya sudah merasakan berbagai motor pabrikan lainnya saat melalui perjenjangan karir, dari level lebih rendah, hingga berlanjut ke moto-3, moto-2, hingga motoGP.

          Raihan pembalap akan mengikuti dan sejalan dengan prestasi di perjenjangan karir sebelumnya.
          Ibarat sekolah atau bekerja, seorang yang berprestasi tentu akan masuk ke sekolah favorit/ perusahaan favorit juga, bahkan bisa diperebutkan juga.

          Menurut saya, hanya orang-orang yg kebetulan kurang senang saat melihat kesuksesan orang lain saja yg berusaha mendengungkan wacana agar orang yg berprestasi itu melepaskan semua yg sudah dicapainya itu dan harus mulai lagi dari awal (nol).

          Apakah cukup sampai disitu…..??
          Tentu tidak, saat orang berprestasi itu bisa membangun kesuksesan lagi, orang-orang yg tidak suka tetap akan tidak suka. Karena yang bermasalah adalah hatinya.

          Kita lihat saja, nanti jika ada masanya saat ada sesuatu yang berubah, baik yg bersumber dari internal maupun eksternal, misal ada tawaran yg lebih menggiurkan dan menjanjikan, siapa tahu MM93 akan pindah pabrikan.

          Toh dari kecil bukan hanya Honda saja pabrikan yang pernah menjadi tunggangan seorang MM93.

          Guest
  5. Gilaa, fans nya rosi nyerang ig nya mir gara2 disalip di last lap, banyak yg dari indo lagi, mereka yg nyerang gw yg malu

    Guest
  6. Semakin byk yg ngerasain juara, semakin byk yg punya mental juara, semakin banyak yg kepo ngalahin marc. Ah, tp marc masi beda levelnya, jika dia fit.

    Guest
  7. Musim 2016 ada 9 pembalap yg bisa juara, Loren Rossi marq Dani Dovi Iannone Vina Carl Miller. Apakah tahun ini bisa lebih?

    Guest
  8. Tuduhan awal awal MM jurdun 2013 – 2014 karena motornya sudah terbantahkan sendiri di thn ini . saat itu ada yg bilang karena peran ASIMO.

    Ada hikmahnya juga MM istirahat dulu barang sebentar.

    Guest
  9. Race MotoGP nya baru 6 wak, bukan 7..

    Kan di Qatar gak ada MotoGP..

    Semoga race2 selanjutnya Mir, Pecco, Rins, Pol bisa menang juga biar makin seru..

    Guest
  10. “Satu kesalahan Khas Rookie yang dilakukan fabio Quartararo di race ini adalah Nge-push Motor terlalu keras di Lap pertama setelah ganti ban dimana belum memiliki Suhu yang optimal.”

    Bukannya Fabio dibilang punya feeling merasakan limit dari ban, ko crash sampe 2x?

    Guest
      • Mungkin maksudnya kesalahan yg biasa dilakukan Rookie, tapi engga seharusnya dilkukan oleh Fabio karena dia bukan rookie lagi.

        Tapi wak haji juga ga perlu sepanjang itu ngetiknya sih… cukup diresapi aja

        Guest
  11. Bisa jadi jurdun tahun ini point nya ga lebih dari 150…
    Bahkan MM93 yang udah melewatkan 6 seri tanpa point masih berpeluang jurdun…
    Luar biasa musim ini meski hanya 14 seri saja…

    Guest
    • Iya.. Besok bulan depan sembuh langsung sapu bersih sisa race… Dan pastinya yg lain pada kena prank… Nyesel banget pastinya..

      Tapi belum tahu juga sih gimana entar apa langsung beringas atau malah hati hati

      Guest
  12. poinnya mepet2 gini yah. Andai andai ah. Seandainya MM sudah bisa race mulai di Misano saja, kemungkinan masih bisa kejar Jurdun 2020. Sayang, cederanya tambah parah…

    Guest
  13. Justru bagus berbagi podium seru sampe penentuan jurdun akhir. Drpd 4L ya mendominasi atau kebalikannya sperti saat ini yg sllu overlimit bs dlosor. Cth MM atau fabio semalam yg overlimit. Smua beda proses,g ush fanatik berlebihan pd merk atau pembalap. Nikmatin balapan.

    Guest
  14. Akan sangat mengejutkan kalau Sujuki tiba-tiba jurdun. Bisa ganti line-up pembalap di 2022 karena yang atu ditarik Hondut, yang atu ditarik Duketek.

    Guest
  15. Katanya Fabio Punya SENSOR TUBUH ANTI CRASHH WAK? terlalu hiperbolic Petinggi petronas Yamaha. Alahh, nubie kaya gitu mau disandingkan dg nama marc Marquez. Juata FP dan Qualifikasi doang.

    Guest
  16. Kan bener soundwave aja saranin MM pensiun dini.

    Wajarlah harapanya spt itu.

    Dari 2000 s/d 2019, yamaha jurdun cuma sama legend dan hohe.

    Jadi harapan besar ymh jurdun yach agar MM ngak ikut balap.

    Palgi thn depan, nambah tua legend, suzuki ktm, duc tambah kuat.

    Rada susah ymh jurdun lagi.

    Guest
  17. Dovi, rossi, mir, miller sepertinya berpeluang jurdun, mengingat konsistes mendulang poin diatas 10 poin per seri, disaat yang lain DNF

    Guest
  18. Sisa 8 race lagi dan ane yakin mir, rins, pol dan miller bisa juara seri dan mungkin ada 1-2 rider lain yang bikin kejutan. Klasemen akhir mungkin gak sampai 170 poin kalo pada mental medioker begini. Kalo gak bisa menang, seenggaknya di top 5 kek.
    Ane pegang antara dovi, miller dan mir.

    Guest
    • Jika tidak pensiun dini/ atau dipensiunkan, apakah JL99 masih seperti Alex Marquez yang masih adaptasi dan belum bisa merangsek ke papan atas ??

      Guest
      • Lorenzo sblm cidera parah sempet merangsek ke barisan depan biarpun ga nyampe finish karena crash, kalo ga pensiun gw rasa musim 2020 dia bakalan mirip sama 2018, minimal mendekati pencapaian dia di 2018.

        Guest
        • Harapannya sih begitu…, tetapi sayangnya fakta berbicara lain.

          Saat mengendarai RC213V Repsol Honda, JL99 tidak pernah sekalipun finish masuk 10 besar, prestasi terbaiknya adalah finish urutan 11, itupun cuma sekali saja (cmiiw).

          Point akhir JL99 pada musim balap motoGP 2019 adalah 28 point, dari total 19 seri balapan tahun 2019 (3 seri absen karena cedera).

          Jadi Point JL99 tiap race rata-rata di bawah 2 point, yg artinya secara rata-rata JL99 finish urutan 14 atau 15.

          Saat berada di Ducati, JL99 tidak semenderita ini….

          Guest
  19. Kasian nasibu miiiir miiiir, di ig pertama kali kena semprot oknum yg mengatasnamakan fans senior padahal bocil bau kencur yg lagi sekolah online 🀣🀣🀣

    Padahal passing nya juga clear gak ada body contact, ngakak dah sumpah 🀣🀣🀣

    Guest
      • Gimana om bang bro malu gak liat
        yg katanya generasi penerus kaya begitu? πŸ˜‚

        Asli dah ane malu sekaligus ngakak liatnya 🀣🀣

        Guest
  20. Tahun malu buat pabrikan sayap dan fans-nya. Sementara alihkan dukungan ke KTM dan Suzuki sambil muja muja prestasi masa lalu 🀣
    Sewaktu membuat motor MM centris, apakah mereka tidak antisipasi MM dan Cal akan seperti ini?
    Hmmm, suram. Secara Cal juga ga ada semangat lagi karena tahun depan belum jelas kemana.
    btw, pembalap yang turun drastis tahun ini itu Petrucci, kaya ga ada niat fight mentang mentang tahun depan aman di KTM.

    Guest
  21. Marc Marquez #stayAtHome para pembalap jadi barbar (dalam arti yg baik)
    Moga aj tiap seri Gonta ganti juara serinya,bahkan sampe seri terakhir poin klasemen tipid tipid

    Guest
  22. sangat dinamis setiap race berubah2… utk joan mir salut bgt.klo menurut sy,antara mir dan rins kans bs jurdun ntah knp lbih kuat mir.rekam jejak rins mmbuktikan ketika di moto2 dan moto3.dia pembalap kuat dan bagus tp sllu klh ktka mmperebutkan titel.tp mir pnya modal jurdun di moto3 sehingga mntal juara jg sedikit lbih kuat di banding rins

    Guest
    • Setau saya rins masih ada sisa sakit cidera bahu om gara gara crash yang awal musim kalo gak salah. Tapi emang untuk musim ini sepertinya mir yang bersinar. Dan cukup kagum gaya latebraking mir. Apalagi GSX RR di pake mir late brake cukup stabil.

      Guest
      • sisanya adalah otot bahunya belum maksimal, sehingga ia harus lebih ngepush otot di lengannya saat Race . . dan akhirnnya arm-pum nyalah yang kumat terlebih di lap lap akhir

        Administrator
        • itu mmang btl tp rins sprtinya lbh kpda seorang developer di team.seorang pembalap bgs tp mirip2 dovi.dna juara suzuki ecstar ada di mir,, skdar opini

          Guest
  23. Balap motoGP tahun2020 ini walaupun pembalap tidak pernah podium sekalipun, namun bisa konsisten finish di posisi 4 terus (dapat point 13), sepertinya juga bisa berpeluang untuk juara dunia….

    Sudah 6 seri gelaran, sang pemuncak klasemen point-nya masih 76, tetap masih dibawah point 78 hasil dari pembalap yg konsisten finish di posisi 4 (6 kali race x 13 point = 78 point).

    Marc Marquez effect :
    Seperti yang Miguel Oliveira katakan (cmiiw), dengan tanpa kehadiran MM93 di sirkuit, membuat semua pembalap bersemangat karena semua jadi merasa memiliki peluang untuk juara seri, bahkan juara dunia.

    Guest
  24. Daftar pembalap yang sedang menunggu jatah juara seri balap motoGP tahun 2020 ini :
    – Marc Marquez
    – Maverick Vinalez
    – Valentino Rossi
    – Joan Mir
    – Alex Rins
    – Jack Miller
    – Pol Espargaro
    – Francesco Bagnaia
    – Johan Zarco

    Guest
  25. agak sedikit turing ya balap di misano ni wkwkwkwk ga begitu seru

    emang deh paling seru tu sirkuit assen, phillip island juaranya mungkin cuma disini yang terbanyak overtake.

    Guest
  26. setelah membaca paparan wak haji, kesimpulan yg bisa diambil..
    – quartararo ga konsisten, hasil racenya menurun dari mulai seri ketiga sampe skrg.
    – dovizioso cuma sanggup fight di sirkuit yg ducati banget
    – rossi masih tajem, jauh dari kata mlempem untuk rider kepala 4
    – vinales kurang bisa ngepasin feeling antara FP-qualifying sama race
    – alex marquez konsisten banget…. di belakang.. honda salah pilih orang, alex harusnya pake motor kayak yamaha atau suzuki yg ramah buat rider pemula yg biasa2 aja di moto2
    – honda kaya pabrikan ayam sayur, lemes banget gabisa maju ke depan. motor marquez ga cocok dipake rider lain wkwk
    – yamaha pabrikan paling merata pengembangan motornya, semua ridernya bisa kompetitif. tp blm jadi the winning bike, harus sedikit lbh ekstrim, efeknya rider kawakan kayak rossi bakal sulit adaptasi nantinya.
    – KTM gabisa ngomong banyak di sirkuit yg bukan power oriented.

    Guest
  27. Ada kemungkinan pecco63 jadi title contender melihat keinginannya untuk podium kemarin,dan tidak apes jatuh lagi,secara motor dan riding style sudah klop dengan Ducati,di seri” kedepan aku melihat dia akan selalu bertarung di jajaran podium,

    Guest
  28. yang juara 1 mungkin yamaha, ktm, ducati wak haji. saling berganti.

    tapi diakhir klasemen ane yakin 78% yang jurdun itu pembalap Suzuki nomor 36 joan mir.

    kita lihat saja nanti diakhir musim wak. joan mir dianggap underdog mirip virus corona yg ngga terduga duga datangnya.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.