TMCBLOG.com – Sebenarnya SYM GTS250i ini sudah hadir di market sepeda motor  indonesia semenjak 2015, Namun faktanya sampai 2020 ini, MForce Indonesia masih tetap menjual Versi 2015 dari SYM GTS250i ini. tmcblog ingat benar ketika 2015  Motor ini dibandrol dengan harga 67 juta rupiah OTR Jakarta danSaat ini 2020 MForce Indonesia menjualnya dengan harga 69,85 Juta rupiah OTR Jakarta . . hmmm selama 5 tahun ada perbedaan harga sektar 2,85 Juta rupiah . .

Kembali lagi Impresi pertama saat melihat nya dari dekat adalah boleh dibilang motor / Skuter yang lebar ( 76 cm) dan Panjang Overall ( 2,16 meter ). Seat height dari SYM GTS250i adalah 77 cm . .. jelas masih di bawah 80 cm . . . melihat angka ini tmcblog yakin bisa menggunakannya walau agak jinjit dikit nih.

Baik di seat rider maupun pembonceng diberikan back rest untuk membuat turing jadi lebih nyaman. Namun yang menarik adalah hadirnya ‘ lekukan dek ‘ persis di Bagian kaki jika turun ke asphal sehingga lebarnya skutik khusus di bagian kaki ketika berdiri jelas lebih kecil dari 76 cm, perkiraan tmcblog mungkin bisa sekitar 66 cm karena mengecil masing masing 5 cm kanan dan kiri.

Headlamp masih bulb alias dual bohlam dengan daya masing masing 35 watt 12V. Lampu sennya merupakan Lampu LED dan berada di balik kaca spion Nahhh ini Yang keren. Lampu DRL nya juga LED.

Lampu belakang sudah LED sob, namun berkebalikan dengan lampu depan . . . lampu sennya malah menggunakan Lampu Bulb alias lampu bohlam. Selain DRL, Kita juga bisa melihat adanya Lampu Tambahan di depan yang diaktifkan dengan menggunakan sebuah tombol di bawah setang.

Mengenai mesin, masih sama dengan spek 2015 dimana Mesin 249,4 cc satu silinder OHC Berpendingin cairan ( Liquid Cooled) yang bisa menghasilkan power klaim 23PS pada raungan mesin 8ribu RPM dan torsi maksimal 22.7Nm/5500rpm. Sudah FI, masih menggunakan dinamo starter, Tenaga Yang dihasilkan mesin disalurkan ke Ban belakang dengan sistem Belt CVT. dengan mesin ini SYM mengklaim motor ini punya top speed 128 km/jam dan bisa diajak irit sampai 41 km/liter. Lumayan Banget Kalau buat turing mah yaaa . .

Ban depan ukuran 120 / 70-14 55P dan ban belakangnya 140 / 60-13 63P, keduanya bertipe tubeless Kalau dilihat sih memang platform bannnya sama dengan kompetitornya di kelas ini yakni XMAX dan Forza yakni ban gede sob . . . kalau lihat di daerah tromol tengah ban depan ada semacam Grid Grid speed sensor Suspensi depan telekopik bertipe setengah seperti skuik biasa ( seperti forza 250) dan suspensi belakang dual Shock Breaker dengan setup preload.

Mufflernya gede sob, namun emisi suaranya hanya 80 db saja, ExhaustEmission HC dibawah 0,3 , ExhaustEmission Co dibawah 2,0 dan ExhaustEmission HCNOx dibawah 0.15 . . yaaa itu angka angka kuantitatif, secara Kualitatif, suara dari Muffler tergolong pelan dan sendu.

Cluster dashboard meternya juga menarik sob . . . ada 4 cluster, lengkap sampai ada takometer segala . . . setang tinggi dengan master rem berada di masing masing setang . . . pembuka seat berada di setang kiri dan juga di Kunci yang belum menggunakan keyless. Overall, dilihat dari detail fisiknya ini, SYM GTS250i memang skutik besar yang punya orientasi digunakan di jalan yang jauh atau untuk turing  . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.