TMCBLOG.com – 2020 telah menjadi musim yang akan selalu diingat bagi Marc Marquez, pebalap Repsol Honda Team ini dipaksa menonton aksi MotoGP dari rumah setelah mengalami cedera di seri pertama musim. Sambil menonton balapan dari rumah, Marc terus bekerja dan berlatih, mencoba bersiap untuk kembali ke sirkuit dan ke Honda RC213V miliknya pada waktu yang tepat. Menjelang balapan kandangnya di Catalan GP, Marc membagikan beberapa pemikirannya tentang musim 2020, kondisi fisik dan mentalnya serta performa Tim Repsol Honda.

T: Marc, kami ingin tahu bagaimana perasaanmu secara fisik dan mental?

“Soal fisik, sekarang saya dalam momentum yang bagus. Tapi tentu saja, saya masih jauh dari level normal saya. Benar bahwa minggu lalu, saya mulai melakukan lari dan bersepeda. Dari sisi cardio, tungkai dan lengan kiri, kondisi saya cukup baik. Tetapi tentang lengan kanan, saya masih perlu melakukan beberapa langkah besar. Tetapi sekarang kami mulai melakukan lebih banyak latihan. Saya tidak sabar untuk mulai push lebih banyak di gym. Tapi saat ini kita harus menunggu dan bersabar.

“Dari sisi mental, awalnya sulit. Karena Anda tahu, tidak ada yang bisa dilakukan di rumah, hari-hari dan bahkan jam-jamnya sangat- sangat lama, tetapi sekarang kami memiliki rencana untuk setiap hari. Kami melakukan dua sesi fisio dan kemudian kami juga berlatih  lengan kiri, kaki, bersama dengan beberapa kardio di gym dengan pelatih saya. Jadi sekarang mental sudah lebih baik, saat di mana saya paling menderita adalah saat Race weekend saat menonton balapan, semua sesi latihan dari TV dan itu tidak mudah. Selain itu, kami dapat mengatakan bahwa saya bahagia sekarang. Saya senang karena saya sudah merasa bahwa kita telah membuat beberapa langkah maju. “

T: Kami melihat kamu pekan lalu sudah berlatih dengan  mengguankan protector, apakah Anda masih menggunakannya?

“Ya, kami memiliki beberapa jenis Protector. Awalnya saya punya banyak proteksi, dari tangan ke atas lengan dan rasanya benar-benar kaku. Kemudian selangkah demi selangkah kami menggunakan Protector karbon ini yang Anda lihat di media sosial mulai dari siku hingga bahu. Dan sekarang, dalam kehidupan normal saya tidak menggunakan apa pun. Saat bersepeda, saya masih menggunakan Protector karbon itu karena itu memperbaiki tulang dan lengan di tempatnya sedikit lebih baik. Sekarang saya mulai melupakan tentang Protector, dan saya berharap minggu depan kami sudah dapat melepas Protector dari semua hal yang kami lakukan. “

T: Bagaimana perasaan Anda sekarang Anda saat bisa berlatih lagi?

“Ketika mulai bersepeda dan berlari, saya memperkirakan itu akan menjadi lebih buruk karena selama empat, lima minggu saya benar-benar hanya di sofa menonton TV. Tetapi saya mulai berlari dan segera saya merasa baik dan saya mulai melihat peningkatan, dengan bersepeda juga. Hal yang paling sulit adalah otot di lengan kanan tetapi ini lebih baik dari yang saya kira. Ototnya masih ada, ia bekerja dengan baik. Yang paling penting adalah semua gerakan baik-baik saja dan sekarang selangkah demi selangkah dengan fisio saya Carlos, dia tinggal bersama saya di rumah saya, kami akan mulai bekerja keras untuk meningkatkan, mengikuti langkah-langkah yang benar di waktu yang tepat. ”

T: Apakah Anda rindu latihan?

“Saya kangen latihan, terutama dua minggu pertama tetapi yang lebih saya kangen adalah mengendarai sepeda motor. Sekarang saya berada dalam situasi di mana saya berharap untuk segera kembali dengan motor kecil atau semacamnya, tetapi saat ini, kami harus menghormati prosesnya, pengaturan waktu dari para dokter. Sekarang saya mulai merasa siap. Tetapi inilah saatnya menjadi sedikit berbahaya karena ketika Anda merasa siap, Anda menginginkan lebih dan lebih. Saya hanya harus mencoba memahami apa yang dikatakan tubuh saya. “

T: Saat berlari pekan lalu, banyak penggemar mengatakan Anda sangat cepat!

“Saya terkejut karena biasanya kecepatan lari saya 3 menit 50 detik per kilometer dan saya melakukan 4 menit : 10 detik per kilometer jadi itu kecepatan yang bagus. Keesokan harinya saya merasa berantakan! Kaki saya benar-benar kosong tetapi selama seminggu saya berlari tiga kali, saya pergi bersepeda satu kali dan sepertinya basicnya ada di sana. Jadi, dari sisi fisik saya merasa siap untuk kembali tetapi secara khusus tentang lengan, masih belum. ”

Q: Balapan terakhir di Misano, itu adalah balapan pertama di mana Tim Repsol Honda semakin dekat ke depan. Apa yang kamu pikirkan tentang itu?

“Tim Repsol Honda, menurut saya, dalam situasi yang sulit. Tentu saja, saya merasa saya penting ada di sana dan saya merasa kami bisa meraih banyak hasil bagus, tetapi ketika Anda memiliki pembalap rookie di sisi lain garasi, dan kemudian saya keluar dari balapan pertama, maka kita bisa kehilangan arah sedikit. Tapi sekarang sepertinya sudah normal, seorang rookie memiliki proses dan rekan setim saya itu yang juga saudara saya tentunya, memiliki proses yang baik. Tapi tes hari Selasa di Misano sangat penting karena mereka menemukan sesuatu di sana dan sejak saat itu Nakagami dan adik saya, Alex, melakukan langkah besar. P6 dan P7 secara keseluruhan di hasil akhir, menurut saya adalah hasil yang bagus untuk mereka. Saya tidak sabar untuk kembali secepat mungkin untuk membantu tim tetapi saat ini saya hanya membantu dari luar. ”

T: Apakah menurut Anda dia (Alex) sudah melangkah naik?

“Alex sedang dalam proses, satu hal penting bagi para rookie adalah ketika mereka menjalani dua balapan berturut-turut di sirkuit yang sama. Ini sangat membantu, hal tersulit di MotoGP adalah tiba di sirkuit dengan motor MotoGP dan mencoba menyesuaikan segalanya. Alex akan tiba di Montmelo di Sirkuit Catalunya dan dia akan memulai prosesnya lagi. Tapi mari kita lihat apakah dia melakukan satu langkah. Untuk melakukan satu langkah hanyalah balapan dari P8 ke P12, ini adalah langkah pertama yang perlu dia lakukan dan kemudian dari situ mencoba belajar, melihat di mana dia bisa meningkat dan kemudian membuat langkah lain. ”

T: Apakah menurut Anda lebih sulit bagi pemula musim ini karena perbedaan dari yang pertama ke yang ke-20 adalah satu detik?

“Ini sulit untuk pemula, tetapi juga untuk semua orang. Waktu sangat dekat, maksud saya dalam satu detik ada 17 pembalap, 18 pembalap dan ini adalah sesuatu yang luar biasa karena saya pikir level di MotoGP benar-benar sama sekarang dan ini bagus untuk pembalap karena pada akhirnya, perbaikan terakhir datang Dari mereka. Ini musim yang sulit bagi semua orang, tetapi terutama bagi pemula, ini sulit karena Anda memiliki banyak balapan berturut-turut. Aneh karena ketika Anda balapan sekali, Anda pulang ke rumah maka tubuh dapat memahami bagaimana recovery, tetapi sekarang semuanya terjadi sangat cepat – terlalu cepat untuk pengendara pemula. Dan kami tidak memiliki tes, mereka menjalani tes satu hari di Misano dan biasanya selama satu musim kami memiliki tes empat atau lima hari yang sangat membantu. ”

T: Saat Sedang di rumah, apakah Anda sudah menjadi penasihat Alex?

Saya mencoba membantu Alex dan pada hari Kamis ketika mereka mendapat alokasi ban, dia mengirimi saya fotonya dan saya mencoba memberikan beberapa saran, mungkin ban ini bisa menjadi pilihan karena tahun lalu dan semua itu. Tapi kemudian kami memiliki aturan, dia perlu bekerja dengan timnya, kami harus profesional dan dia bekerja dengan timnya. Jika dia ragu tentang gaya berkendara atau semacamnya, dia menelepon saya, tetapi saya tidak pernah meneleponnya. Dia perlu menelepon saya karena dia di sirkuit bekerja dengan timnya dan dia memiliki Alberto di sana, yang juga memiliki banyak pengalaman, dan Emilio. Tapi tentu saja, setiap hari kami memiliki dua, terkadang tiga panggilan telepon. ”

T: Honda mengirimkan siaran pers di mana saat itu mereka mengatakan Kamu akan kembali dua atau tiga bulan lagi.  Di titik mana kita sekarang?

“Tiga bulan itu lama. Ketika saya bersama dokter kami mencoba untuk memahami dan mendengarkan pendapat yang berbeda, dokter yang berbeda dan mereka berkata sekitar tiga bulan. Awalnya ini mengejutkan pengendara, tapi sekarang, momen yang mana? Sekarang saya berada di saat di mana saya mulai merasakan langkah-langkah besar dengan tubuh saya. Jadi sekarang setiap hari, setiap minggu, saya merasakan sesuatu yang berbeda. Tiga minggu pertama sama karena saya tidak merasakan apa-apa, dan saya tidak merasakan peningkatan apa pun. Tapi sekarang saya mulai merasakan beberapa perbaikan, kami mulai bekerja di gym, saya mulai berlatih. Jadi, di saat mana saya tidak tahu, saya tahu bahwa saya semakin dekat dengan bersepeda, itu yang paling penting. Saya tahu kami berada dalam kondisi yang baik, tetapi saya tidak tahu apakah saya akan bersepeda dalam satu bulan, dalam dua minggu, atau dalam dua bulan. Saya tidak tahu ini; ini adalah sesuatu yang akan dijawab oleh tubuh saya. “

T: Sementara itu, Anda menonton balapan di rumah, pasti sangat aneh bagi Anda?

“Itu yang paling sulit, menonton balapan di rumah adalah hal tersulit karena Anda di sana menonton latihan, menonton balapan, Anda ingin berada di sana. Kemudian ketika Anda melihat bahwa itu sangat setara, banyak pemenang yang berbeda selama satu musim dan Anda melihat bahwa mereka hanya memiliki 84 poin setelah begitu banyak balapan, Anda menjadi lebih termotivasi untuk kembali. Tapi pada akhirnya waktunya adalah waktunya. Kelihatannya aneh bahwa setelah tujuh balapan saya hanya tertinggal 84 poin di belakang pemimpin, dan saya nol! Ini musim yang aneh dan sepertinya kami tidak memiliki siapa pun yang membuat perbedaan besar dibandingkan dengan yang lain. “

T: Apa pendapat Anda tentang musim ini? Tujuh balapan lagi, masih terbuka sepenuhnya!

“Aneh, aneh karena sepertinya tidak ada yang mau menang! Tidak ada yang ingin menjadi yang teratas, maksud saya sulit untuk dipahami, tetapi jika Anda seorang pembalap, Anda dapat sedikit memahaminya. Menjadi pembalap yang jika Anda menang, itu akan menjadi fantastis dan jika Anda menang itu akan menjadi sesuatu yang luar biasa. Tetapi ketika Anda adalah pembalap yang butuh menang maka sesuatu berubah dan Anda memiliki lebih banyak keraguan karena Anda tidak tahu kapan harus menyerang dan kapan harus bertahan.

T: Karena tidak hanya dua pebalap yang bertarung, banyak pabrikan dan juga team satelit, itu sangat terbuka tahun ini.

“Ya, maksud saya ini bagus untuk MotoGP dan saya pikir untuk pertunjukan bahwa sekarang tim satelit memiliki motor resmi sehingga itu berarti motor tersebut dapat memenangkan banyak balapan. Ini adalah sesuatu yang bagus karena kemudian tim satelit dapat memiliki tujuan yang bagus untuk satu musim, tujuan yang bagus untuk balapan, mereka bertarung di sana. Untuk sponsor, untuk semua hal ini jauh lebih baik. ”

T: Anda menyebutkan dalam sebuah wawancara dengan DAZN di Austria bahwa favorit Anda adalah Dovi dan Quartararo – apakah itu masih sama?

“Sulit untuk mengatakannya, tetapi memang benar bahwa di Austria saya mengatakan Quartararo atau Dovizioso tetapi, sejujurnya, saya mengharapkan lebih banyak dari mereka. Terutama dari Quartararo, saya berharap lebih banyak karena dia memenangkan dua balapan pertama dengan level yang luar biasa dan sekarang, saya tidak tahu apa yang sedang terjadi. Dia banyak struggle, bahkan di salah satu poin terkuatnya: kualifikasi. Tapi kemudian Dovizioso konsisten, dia ada di sana tetapi dia membutuhkan lebih banyak kecepatan jika dia ingin memenangkan gelar dan kami melihat bahwa Vinales ada di sana, Mir ada di sana, maksud saya kami memiliki delapan, sembilan pembalap dalam 25 poin jadi akan menarik untuk lihat akhir musim. Dan ya, kami akan mencoba untuk mengalami pertunjukan dari dalam! ”

T: Balapan kandang di Barcelona minggu ini, apakah Anda akan berada di rumah sambil menggigit kuku?

“Sekarang MotoGP akan balapan hanya satu jam dari rumah saya. Dan ya, ini akan menjadi aneh, tetapi Anda tahu, ini adalah situasi yang aneh. Ini adalah pertama kalinya saya memiliki pengalaman ini dalam karier saya, memang benar bahwa dalam karier seorang atlet dalam olahraga apa pun, jika Anda menghabiskan waktu 15 tahun mengendarai pada batasnya, lalu satu tahun, Anda memiliki kemungkinan ini. Kami akan mencoba untuk kembali secepat mungkin; motivasinya masih ada. “

T: Dari 2013 Anda telah memenangkan enam gelar, sekarang adalah momen yang sulit bagi Honda. Banyak orang menggunakan kesialan ini untuk menyerang dan mengatakan bahwa RC213V itu tidak mudah dan strateginya salah. Bagaimana menurut anda?

“Saya punya banyak waktu sekarang dan saya membaca banyak hal, tetapi pada akhirnya, jika Anda mengambil sepuluh tahun terakhir, Honda memiliki strategi yang sempurna. Mengapa? Karena itu adalah tim yang memenangkan lebih banyak gelar, lebih banyak gelar tim, dan lebih banyak Kejuaraan Konstruktor. Saya pikir Honda melakukan pekerjaan dengan baik selama bertahun-tahun ini. Setiap pabrikan berjuang selama satu tahun, tetapi terkadang seperti ini. Kami berharap dapat memperbaiki situasi untuk tahun depan karena saya merasa menjadi bagian dari Honda dan saya merasa itu adalah bagian dari tanggung jawab saya untuk berada di sana untuk membawa Honda ke puncak. Dan kami akan kembali, tetapi bagi saya strategi Honda pada akhirnya, berarti Anda bisa menderita satu tahun tetapi Anda perlu mengambil sepuluh tahun terakhir, dan sepuluh tahun terakhir Honda telah mencapai lebih dari pabrikan lain. ”

T: Apakah motor MotoGP haruslah motor yang mudah seperti yang dikatakan orang?

“Maksud saya, motor MotoGP adalah motor MotoGP. Maksud saya setiap motor MotoGP memiliki karakter yang berbeda dan kemudian pembalap harus beradaptasi dengan motornya. Honda memiliki filosofi ini selama bertahun-tahun di kelas 500cc dan MotoGP. Misalnya, ketika saya berbicara dengan Doohan, dengan Criville, filosofinya sama. Honda memiliki motor yang bagus, tetapi Anda harus 100% bugar, Anda perlu banyak push motor. Saat Anda merasakan motornya, Anda bisa sangat cepat. Lalu ketika saya membaca ‘tidak, Motor dibuat hanya untuk gaya Marquez dan bla bla’, tidak seperti ini.

Maksud saya, kami memiliki tiga motor pabrikan di trek, tahun lalu saya, Lorenzo dan Crutchlow dan semua pembalap memiliki komentar yang sama. Adalah Sesuatu yang lain jika satu pengendara lebih cepat atau lebih lambat. Saya adalah yang pertama menginginkan motor yang lebih cepat dan Juga lebih mudah dimana itu juga akan lebih mudah bagi saya. Tapi akhirnnya (RC213V) tidak Cepat dan Mudah, ini adalah motor yang kompetitif dan pada balapan terakhir misalnya mereka menyelesaikan P6 dengan Nakagami dan P7 dengan pembalap rookie, Alex. Jadi, ini adalah motor yang bagus, memiliki potensi tetapi jika Anda ingin memahami motornya, Anda harus sering mengalami crash, dan Anda akan memahaminya. ”

T: Tentang balapan terakhir, sirkuit baru, Portimao – apa pendapat Anda tentang trek ini?

“Portimao akan menarik untuk menyelesaikan musim ini. Saya berharap untuk berada di sana, saya berharap untuk balapan di sana dengan MotoGP karena saya test di sana dengan motor Moto2 pada tahun 2012 – lama sekali tapi saya ingat sirkuitnya dan itu sangat menyenangkan. Banyak turun naik, mengikuti tata letak alam, sungguh menyenangkan, dan sangat menyenangkan balapan di sana. Saya harap saya bisa mencoba berada di sana dan menyelesaikan musim dengan cara yang baik. ”

Q: Akhirnya, ada pesan untuk semua fans?

“Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih, terutama kepada seluruh Tim Repsol Honda dan juga kepada semua fans. Saya menerima banyak sekali pesan bagus. Saya membaca banyak sekali pertanyaan: ‘kapan kamu akan kembali?’ Saya tidak tahu, saya tidak tahu kapan saya akan kembali. Saya berharap untuk kembali secepat mungkin. Saya merasa itu lebih cepat daripada nanti, jadi ini adalah sesuatu yang baik juga. Mari kita lihat tapi terima kasih telah terus mendukung saya, mendukung Honda dan jangan khawatir, kami akan kembali ke puncak. ”

based on Repsol Honda Info

 

96 COMMENTS

    • @ Glombangsuara
      Gw lbh prcaya owner blog ini lbh memilih mnding elu yg pensiun dini dari kolom komentar daripada marc marquez 93 yg pnsiun dini dari ajang moto gp

      Guest
    • Soundsember mah ngarepnya mm93 pensiun.biar pasukan yamahu bisa menang seri,sukur2 jurdun(nanti duluu)
      Soalnya kalo ada marq hal itu sangat2 terlalu suliit

      Guest
    • Beberapa kali nonton lagi race jerez 1, dari Marc melebar – posisi 16 fight lagi ke posisi 3 dan akhirnya crash, memang harus diakui dia memang luar biasa alien.

      Semoga lekas bisa membalap Marc.

      Guest
    • Berharap Menang Dan mendapatkan Gelar Dngn Meminta Lawan Pensiun dini ?? 😂

      lucu karena Nih orang Yg kemaren Koar2 benci Joan Mir Karena Pake Strategi Wait and see 🤣

      Dlu pindah Pabrikan Sekarang Pensiun dini . Pengin banget Dapet juara Tpi gak Mau Lawan Kompetisinya alien 🤣percuma Gelar Alien Predator dong . Cuman Di bacot doang

      Guest
  1. Anda bisa menderita satu tahun tetapi Anda perlu mengambil sepuluh tahun terakhir, dan sepuluh tahun terakhir Honda telah mencapai lebih dari pabrikan lain.

    Ada yg berani ngebantah😂 Ducati pun kykny gk mau jwb dah.

    Guest
  2. Cuma butuh memahami dan jgn takut! Karena memang habitat rc213v ada disitu, mau siapapun pembalapnya! Coba aja cek data 10th terakir!!! Kalo perlu 20th terakir!!!
    Pesan yg sederhana dari Marc gmn membawa motor balap honda!

    Guest
  3. Tapi kemudian kami memiliki aturan, dia perlu bekerja dengan timnya, kami harus profesional dan dia bekerja dengan timnya

    Ini maksudnya gimana wak ? Walaupun dalam 1 tim tp marquez gak bisa bebas ngasih info apa gimana wak ?
    1 tim aja agak ribet juga yak, apalagi kalo beda pabrikan.

    Guest
    • kali si am kudu liat data dari teamnya, g bsa serta merta ngikut arahan mm karena tipe ban yg berbeza tahun ini ma tahun lalu

      Guest
    • Ga bisa terlalu intervensi, profesionalitas artinya jika marc aja ga terlalu manjain adiknya apakata sepang season 2015 yg katanya bantu lorenzo?
      Bisa bayangin ketika alex lebih ngikutin kata marc padahal ada tim yg bekerja dibelakang alex dan berbeda pandangan sama marc?

      Guest
    • Wkwkwkkwkk…
      Profesional itu sesuai porsinya, sie alex punya analis sirkuit, ban, mekanik dsb. Tanya saran boleh. Walaupun sie marc mantan juara. Dia tau atas nama pengalaman tapi porsinya cm saran. Sisanya ada porsi profesi lainnya. Jangan disamain sama “sekat” sebelah.

      Guest
    • maksudnya itu Marc tetap menghormati tim yg bekerja dgn si Alex, tanpa ada kesan menggurui Alex atau mencampuri urusan Alex dan timnya,

      Guest
    • Gini 93 cuman ngasih Saran. Tpi Penentuan tetep Dari Team AM73 . Itu namanya Team Profesional . Semua Di buka Semua Di diskusikan . Diambil Mana Yg menurut mereka Terbaik

      Guest
    • Logikanya berarti musim ini kompetitif karena Suzuki dan KTM juga bagus sedang Y bermasalah sama mesin tp masih bisa 4x juara berbeda pembalap, untuk dovi banyak pikiran status baru saja unemployed . Pembalap hebat seperti Lorenzo, pedrosa yg bayak pengalaman sudah pensiun sedang VR46 pembalap tua yg sudah tidak setajam dulu. Yg jeblok justru repsol dari yg tahun lalu triple crown sekarang seperti tim konsensi. Lawan MM93 sebenarnya banyak masalah tahun ini dan sudah mulai banyak anak2 muda yg akan jadi lawan MM kedepannya. Anak2 muda tsb pada haus kemenangan tapi belum banyak pengalaman. Makanya poinnya udah beberapa seri gapnya ngak jauh tapi penonton menyukai tambah seru setiap seri punya kejutan sendiri

      Guest
        • Marc 2013.. anak baru..

          Berkata cari pengalaman, walau berkali-kali podium dan konsisten di depan..

          Lewat 3/4 balapan.. ada peluang baru bicara jurdun..

          Ini anak baru jaman now.. podium kadang, konsisten kagak.. bilangnya mau target jurdun… hehehehe..

          Ada lagi.. si anu.. ah sudahlah…

          Guest
  4. Ga salah steve day bilang kemarin kalo marc pasti ketawa liat ini dan ngebet pengen ikut balapan lagi, lah ya habis 7 balapan cuma dapet 80an

    Guest
    • Pembalap lain minim pengalaman bawa motor celeng, jadi gak bisa ngoyo, cuma pembalap2 ktm yang terlihat bisa ngoyo karena karakter motornya hampir sama dengan marc, sama2 v engine sama2 depan tinggi , sama2 ramping, intinya dimensi motor sangat mirip.

      Guest
    • Pengen dibantah pun dia juara dunia 8x 😂😂

      Yaudah deh iya in aja.
      Kalimat itu menampar semua pembalap di grid saat ini.

      Guest
  5. Michelin (dgn gambar Tom nyengir): “OOO tidak bisa Ferguso!,gue bikin kompon ban baru emang buat bikin pemenang tiap balapan beda biar gk kaya Bridgestone yg 4L,apalagi momentum saat lu gaada Marc”

    Guest
  6. marq terlihat lebih kurus….spt bagnaia jg kmrn saat dia libur balap patah kaki, berat badannya jg turun….gws lah biar bisa rame lagi cucuk2an

    Guest
  7. mmg keliatan gregetan sih si Marc, dgn konsistensinya Marc hanya dgn 4 seri saja mungkin udah bisa ngumpulin 90-100 poin penuh,

    Guest
  8. Sepuluh tahun terakhir 7 gelar juara dunia dianggap gagal oleh netizen, kalo sepuluh tahun terakhir cuma tiga kali runner up di bilang motor terbaik. Mungkin standar mereka cuma sebatas runner up bukan champion.

    Guest
  9. Anda bisa menderita satu tahun tetapi Anda perlu mengambil sepuluh tahun terakhir, dan sepuluh tahun terakhir Honda telah mencapai lebih dari pabrikan lain. ”

    Ducati pun apa brani komentar.??

    Guest
  10. yg gw lihat Quartararo dan Dovi kaya kehilangan musuh favorit mereka di sirkuit sperti yg dikatakan Marq “tidak ada yang ingin menjadi yang teratas” .. ky Dovi di Misano kemarin nostalgia di belakang Repsol Honda lagi

    Guest
  11. yg gw lihat Quartararo dan Dovi kaya kehilangan musuh favorit mereka di sirkuit sperti yg dikatakan Marq “tidak ada yang ingin menjadi yang teratas” .. ky Dovi di Misano kemarin nostalgia di belakang Repsol Honda lagi

    Guest
    • Karena 10 tahun Terakhir MM93 itu alpha Wolf . Jadi rival memiliki Tujuan yg jelas. Membuktikan Kalo mereka Bisa Sejajar atau malah mengantikan sang alpha

      Wajar namanya kompetisi

      Guest
    • Aneh kalo mindset pembalap seperti itu, bukankah seharusnya target mereka jurdun? Trus hilang motivasi karena pembalap terkuat gk balapan? Harusnya push buat ambil kesempatan, tembok besar lagi duduk2 di sofa

      Guest
  12. sudah saya bilang klo markisa bisa kembali balapan lagi sejak catalunya nanti pasti akhir tahun dia yg juara lagi

    MEMALUKAN sekaligus sedikit menghibur motogp tahun ini

    malu bor sampe juara bertahan ngmg kek gtu malu asli, masa ibaratnya sdh di voor malah kek gini kondisinya klo markisa sdh bisa balap dgn sisa 8 seri lgi ini bisa juara dia itu

    untung msh ada ktm dan joan mir yg performanya bisa menghibur saya beberapa kali..

    Guest
    • Asli dah Malu banget Jadi Tim biru dan Fansnya kalo kejadian Kek gitu

      Kek musim tahun berapa Gitu yg Dominan Di setengah Musim pertama Sampe Koar2 langsung Di Uppercut Di paruh kedua dan direbut Gelar juaranya . Sedih lah pokoknya

      Guest
      • 2016 sama 2017 klo gak salah om wase, soalnya masih euforia kemenangan di musim 2015, tapi gak banyak yg seneng, karena meskipun by tapi yg juara bukan idolanya 🤣

        Guest
  13. Kata mbah Penat, “ketika kucing pergi maka banyak tikus bermunculan,”. Qiqiqi…kucingnya lgi recovery… Berharap Marq, bisa race 1-2seri lah musim ini…

    Guest
  14. Ngumpet dulu dong. Mau nongol kan malu2in nanti, gak ada Markeset kok yang mimpin klasemen malah Duketek. Ngoahahahaha.

    Guest
  15. =============
    Balapan kalo gap score nya dikit2 malah menarik. Itu artinya persaingan berjalan ketat.
    Kalo balapan ada markues nya mlh terasa hambar je.

    Guest
  16. FIX ! Alex kenapa lambat selama ini karena selama FP, Q, hingga Race dia masih minta saran.. jangan jangan di helmnya pasang alat seluler, saat balap terus komunikasi sama kakaknya..
    “kakak, sekarang harus rem apa ga…?”
    “kakak, ini belok kiri atau kanan ?”
    “kakak, aku mau nyalip Smith, pake gigi 3 apa 5 ?”
    Duh Alex, jadilah dirimu sendiri ! jangan segala sesuatu ada di bawh bayang bayang kakakmu, kamu punya gaya sendiri, terapkan.
    Saya yakin kalau kamu percaya diri sendiri, 2020 Juara dunia !!!

    Guest
  17. belum tetntu juga kalau marc ga cidera tahun ini poinnya berjarak jauh dengan yang lain, walau kemungkinan memang bisa karena dia selalu mendominasi. Never say never lah, semoga persaingan makin rapat.

    Guest
  18. sangat berharap musim ini momentum dovi untuk jurdun sebelum vakum dr balapan, tapi realita berlainan malah jadi melempem gk beringas sprti tahun lalu

    Guest
  19. Kita orang Indonesia harusnya bisa segera membawa marc ke lintasan balap. Syukur-syukur ada yang bisa menggantikan dengan kecepatan dan ketajaman yang setara. Kita punya talenta. Indonesia dan Honda harusnya bahu membahu.

    Guest
  20. Pertanyaannya motor biru bisa di push tidak mbah,, yakin aja masak Vin sama rossi gak mampu nge push m1, lha wong sebelum di push aja motornya udah geyal geyol…emang motornya aja yg gak mau di push

    Guest
  21. Fans berat Valentino biasanya akan benci MM sampe ke sumsum tulang.
    Tapi wajar sih, MM tahun 2015 itu udah modal yg lebih dari cukup untuk dibenci mereka sampai ke liang kubur.

    Segala yg berkaitan ttg MM kalopun di komen akan bernada sinis.

    Guest
  22. Mbah kok baru muncul lagi, bertahun* kemaren nongol bebrapa kali doang pas ngetek ducita pula, sekarang gacor banget karena jagoannya lagi pada didepan ya 😂

    Guest
  23. sebenarnya epic juga kalo di masa depan dibuat film
    seperti niki lauda (f1), dia berjuang untuk sembuh akibat crash, sementara yang lain berjuang untuk juara

    Guest
  24. Awal musim 2019.. keseleo.. lepas sendi..
    operasi bahu…

    Jurdun dengan rekor poin… Sendirian kejar triple crown.. dapat hadiah 4 tahun kontrak..

    Guest
  25. Saya adalah yang pertama menginginkan motor yang lebih cepat dan Juga lebih mudah dimana itu juga akan lebih mudah bagi saya. Tapi akhirnnya (RC213V) tidak Cepat dan Mudah

    ini menarik neh. kaga di dengerin segitu jurdun dan pentolan yang minta. berarti analisa ane benar

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.