TMCBLOG.com – Memasuki Oktober 2020 belum ada terdengar riak riak pembicaraan dan negosiasi Kerjasama Sponsorship antara HRC dan Raksasa energi asal Spanyol Repsol. Renewal terakhir keduanya terjadi di Akhir tahun 2018 dengan termin dua tahun dan akan berakhir di akhir Musim 2020 ini. Banyak rumor yang menyatakan bahwa Repsol akan hengkang dari Posisi sponsor Utama Tim pabrikan Honda di akhir 2020 . . Yap selain belum adanya riak riak renewal, ada banyak Sinyal lainnya termasuk dari rencana strategis Brand Lain yang mencoba memindahkan Support mereka ke Honda yang kemunkinan mereka percayai memiliki Impresi Visibilitas Brand lebih baik di Musim mendatang.

Menurut info dari Todocircuito, Repsol sendiri diberitakan memperoleh ujian berat sebagai akibat dari dari Pandemi dan Harga Minya yang rendah. Mereka mengalami ke-anjlokan ekonomi berupa menukiknya Share saham mereka sebanyak 60%. Dan Bisa jadi alasan ini lah yang menjadi alasan Kuat di sisi repsol. Namun begitu Jika sobat sekalian ingat di seri Motegi 2019 telah terdengar Rumor bahwa Honda (HRC) sendiri sepertinya sudah mempersiapkan perpisahan ini.

Flashback Ke 2019 – Motegi, Pihak Honda Racing Corporation dikabarkan tidak mau memperbaharui kolaborasinya setelah kontraknya habis pada akhir tahun 2020. Manajer HRC tingkat tinggi bahkan telah mengumumkan secara un-official rencana ini kepada wartawan yang penasaran. Kalaupun Jadi keluar siapa yang menggantikan ?

Shell diinfokan siap menggantikan Repsol, namun ada juga kemungkinan Red Bull mencoba meningkatkan Visibilitas Logo mereka di fairing Honda RC213V, – Bukan hanya di Spatbor depan saja. Pada akhirnya Entah Shell entah Red Bull, namun tidak menutup kemungkinan Shell dan Red Bull akan memiliki share sponsorship yang hampir merata . . atau bisa jadi Repsol tak jadi hengkang.

Penguatan Red Bull juga hadir dengan rumor akan hengkangnya mereka dari Tech3 tahun depan . . Bisa jadi Hengkang dari tech3 Untuk memindahkan Finansial Suport dari KTM ke HRC . . Namun yang pasti Untuk bisa berada pada posisi Seperti Repsol di team HRC MotoGP mereka harus merogoh kocek Finansial mereka sebanyak 12 Juta sampai 15 Juta euro per tahun . ..

Secara umum Selama 26 tahun Kolaborasi repsol dan honda telah menghasilkan 15 Kali gelar Juara dunia. Selain dua kali dengan Valentino Rossi, ada Empat kali bersama Mick Doohan, kemudian pada 1999 bersama Alex CrivillΓ©, pada 2006 bersama Nicky Hayden, 2011 bersama Casey Stoner dan terakhir 2013-2019 enam kali bersama Marc MΓ‘rquez.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

176 COMMENTS

    • Shell sultan juga sih

      Tapi kalo sponsorin HRC, belum denger kabar dia mau ngecilin logonya di Dukati tuh.

      Yg confirmed baru RedBull sahaja.

      Hmm.. membaca pertanda

      Guest
      • Bisa jadi…. persaingan brand / produk minuman berenergi papan atas.
        Mirip-mirip persaingan antara Coca Cola dan Pepsi atau persaingan antara apparel Nike dan Adidas.

        Tiap brand ingin tampil dominan dan menonjol, tidak mau cuma menjadi ekor, minimal harus sejajar tidak mau kalah dengan brand kompetitornya.

        Repsol yang masih menempel di Honda sepertinya sudah tidak bisa rawe-rawe rantas malang-malang tuntas jika menghadapi brand baru yang mau masuk menggantikan posisinya sebagai sponsor factory Honda, karena tidak ada kompetitor Repsol yg dominan di motoGP (lihat Castrol, Shell, etc).

        Sedangkan Red Bull ada kemungkinan mereka mau jor-joran dan rawe rawe rantas menawarkan yang lebih daripada yg ditawarkan Repsol pada Honda, karena ada kompetitor brand sejenis di facory lain (Monster Energy di Yamaha).

        Bisnis adalah bisnis …. tawaran mana yg lebih menguntungkan buat masing-masing pihak. (budget, prestise, prestasi, profit, target masa depan, dll).

        Guest
  1. Kalo Shell ke hodna, berarti lepas dr Ducati dong
    Apalagi kalo bagi share dgn Redbull, Redbull kanan, kiri Shell kayak Kamen rider double

    Yg kena getahnya 2 tim,Tech3 dan ducati

    Guest
  2. Repsol termasuk branding paling iconic di motogp.. dan di indonesia sangat terkenal.
    Cuma kenapa brand repsol sendiri kayanya seperti setengah hati buat masarin produk mereka di indonesia?

    Guest
    • Karena tim marketing nya bloon2 pada saat itu, malah Castrol yang getol bener pasarin produknya di Indonesia.

      Coba aja flashback ke tahun 90 akhir, itu baliho atau banner di bengkel kebanyakan atribut Castrol pasti ada.

      Guest
        • Bengkel yg in stock produk repsol itu dikit.. Marketingnya yg payah. Suatu produk,,itu gimana caranya tersedia dulu di market.. Salesnya harus kerja keras buat nambah outlet baru.

          Mungkin bengkel itu ngefans doohan,, atau biar kelihatan racing.

          Guest
        • Belum tentu brand raksasa itu hadir di semua lini atau pasar disemua negara.
          Tergantung kebijakan dan strategy bisnis masing-masing.

          Contoh nih, cmiiw Nissan (merger dengan Renault dan Mitsubishi) tahun kemarin berhasil menjadi yang teratas di pasar mobil dunia menggeser Volkswagen (merger VW, Buggati, Audy, Porsche, Lamborghini, Bentley), yang sebelumnya menggeser posisi General Motor (Chevrolet, Opel, dll)

          Nissan di Indonesia cuma sedikit, bahkan baru masuk belakangan, kalah jauh dari Toyota dan Honda maupun Suzuki.
          VW itu juga menguasai pasar dunia, namun di pasar Indonesia masih sedikit.

          Tentu tidak mudah mengeruk ceruk pasar di Indonesia yg sudah bercokol Toyota group (Toyota, Hino, Daihatsu, Lexus) serta Honda yang menguasai pasar di Indonesia.

          Guest
    • Katanya sih karena di hajar sama oli AHM, jadi yang pakai oli selain AHM garansinya hangus. Nah ini yang menjegal Respol untuk laku di kalangan user Honda.

      Guest
    • Yaah,iklan tv nya aja mereka gak pernah bikin dimari
      Beda dgn Castrol yg udah Gonta ganti,yg paling iconic yaitu cbr150 CBU carbu lawan cheetah πŸ˜…

      Guest
    • Iya, setau saya, dibeberapa kota, brand Castrol lebih banyak dipasang di bengkel motor dan lebih lekat dengan Honda sedangkan Top 1 lebih ke Yamaha.

      Hm, begitulah ya efek dari marketing – branding dan olah raga. Menciptakan image yang kuat di masyarakat.

      Guest
    • pengalaman daku waktu di bengkel repsol itu kurang gaungnya ,masih kalah sama top 1, castrol, apalagi shell. leader marketnya tetep pertamina, tapi ya pertamina konsumennya menegah bawah, menegah atas tetep lebih suka castrol atau shell.

      Guest
    • ahahah
      Sosok Puig mah makin memuluskan kepengenan Repsol untuk mendukung warga KTP spanyol.

      Politiknya Respol sebenernya gak kentara sih, ane juga cuma bisa asbak / asbun.

      Lucu juga, kl dulu ada rencana menandemkan Casey + Marc. Dimana Pedrosa yg sebetulnya akan diganti.
      Faktanya, malah warga Australia yg out. Meskipun alasan dibalik pensiun nya macem-macem yang beredar. Tapi ada indikasi Casey memang gak suka suasana di MotoGP. Dari jumpa pers/media, seteru dgn Vale, yaa mungkin kondisi di tubuh tim Repsol juga.
      Tapi lihat aja setelah Casey, semua KTP nya spanyol (test rider gak diitung).
      Marc Spain (sejauh ini belum ada rencana diganti), Pedrosa Spain, dia diganti Lorenzo (Spaniard juga), sedangkan Lorenzo kontrak 2 tahun diprediksi bahwa Puig emang udah bidik Pol Espargaro sebagai penerusnya (again… Spain), tapi baru 1 tahun Lorenzo udah out. Sisa 1 tahun vacuum cari pengganti ya tetep SPAIN wkwk, Marquez KW, sekalian ambil hati babang Marc untuk kontrak 4 th.
      Kalo aja LCR ga ada idemitsu, itu Taka udah dihajar juga kali wkwkwk

      Kita bisa petik hikmah kalo rasa Nasionalisme nya Respol patut dicontoh.
      Opini pribadi

      Guest
  3. Yamaha terbukti pabrikan kaya, sponsor Gonta ganti tinggal pilih, mulai camel, golises,FIAT,Movistar,monster energy dll.
    Para sponsor rebutan naruh logonya di motor yamaha

    Guest
    • @muke gile ngapain naikin dovizong,jelas2 cm spesialis Runner upπŸ˜­πŸ˜‚πŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺ, klo cm selevel Runner up Pedrosa jg bisaπŸ˜€πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

      Guest
    • kok pada ngerendahin dovi
      dovi satu2nya sembalap yg bisa duel 1 by 1 sm Marquez meski hanya di trek ducita …
      dan satu2nya sembalap yg bisa runner up di era marquez …. sembalap yg lain di zaman marquez cuma bisa maen remi di belakang sambil nyumpahin marquez dlosor … bahkan sembalap legen yg di dewakan angka tangan ngejar marquez atau di next star yg di gadang2 blm bisa sekonsiten marquez …
      ane bukan beye dan bukan beha bukan juga bees … cuma komentator amatiran

      Guest
    • Mas, dalam strategi branding dan pemasaran, jika ada brand tunggal sebagai sponsor utama menjadi sebuah ikatan dalan waktu yang panjang (long term) itu karena “konsistensi” sebuah produk/acara yang dapat memberikan “feedback posistif” bagi brand/branding sponsor.

      Guest
  4. ganti aja. toh H tanpa sponsor juga harusnya bisa jalan terus, sultannnn. sekelas S aja bisa minim sponsor.

    Bosen liat repsol, mana ga ada ganti warna, desain gitu2 aja beberapa tahun belakangan. dulu2 masi di ubah2 geser kiri geser kanan miring

    pengen liat warna merah biru putih nya yang keren

    Guest
  5. Kemungkinan besar ama RedBull mengingat sekarang lagi digdaya di mana-mana.

    Sijuki meski minim dana sebenarnya ya tetap butuh sponsor. Menandakan juga kalau pabrikan Jepun masih jadi pabrikan paling efisien. Masih nyari, makanya target podium sebanyak2nya.

    Guest
    • Kalo sponsor kecil ngahem kan udah, kalo jadi sponsor utamanya gak sedikit duit. Logo one heart dan satu hati aja gak main main loh nominalnya diatas 1M permusim buat nempel di rcv dan wearpack pembalap.

      Guest
  6. yang bener adalah Chocodot dari garut yang jadi sponsor utama.
    sub sponsornya Odading Mang oleh dari Kosambi dan Al Ma’soem dari Tasik. keren tuuhh
    hahahaa

    bercanda

    Guest
  7. Wah ide cerdas tuh kayanya Pertamina ikutan sponsorin kaya petromax, kira kira Pertamina berani gak yah punya sponsorship kalo gak pabrikan yah team satelite juga oke sich wak haji semoga Pertamina bisa terketuk hatinya buat ikutan motogp
    #andaipertaminamotogp

    Guest
    • ya dikira kira aja, repsol ama pertamina gedean mana, kalaupun ternyata gedean pertamina. keMAUannya gede gak buat terjun ke sana.

      Guest
      • Jaman sedang profesional, bisa jadi sponsor F1…

        Sekarang masuk periode dikuasai politik..
        Baru kena prank… janjinya kalau gabung gak bakalan rugi… Eh pas rugi, trus lempar bola ke lobi-lobi menteri…

        Guest
  8. Semoga Suzuki dan Aprilia dapet sponsor gede..biar bisa bersaing dgn para tim papan atas.
    Coba dorna bkin kaya Liga Indonesia yg kapan itu ya..sponsor dicariin organizer, dibagi rata tiap tim dapet, tinggal bagi hak siar.. wkwkw

    Guest
  9. Semoga iya. Cuma 1 alesan, biar ganti livery…25 an tahun orange mulu… Honda gak akan sulit gaet sponsor utama…issue sementara Shell dan redbull

    Guest
  10. Red Bull Honda team okeh juga kayaknya
    Jadi mirip-mirip sama tim F1 nya nih

    tapi kalau tahun depan kosong sponsor utama bisa balik lagi tuh pake livery tahun 94, kece warnanya

    Guest
  11. apa mungkin sponsor dari sepakbola ke motogp, misal sponsor perusahaan judi, sponsor perusahaan penerbangan kan keren juga tuh

    Guest
  12. netizen guoblok… REPSOL itu mundur bukan karena Honda ga ada prestasi di 2020, tpi situasi pandemi tidak mendukung Perusahaan MINYAK ! Perusahaan Minyak skrng kan pada Anjlok,, salah satunya selain REPSOL adalah British Petroleum ( perusahaan raksasa minyak Inggris ), skrng BP jg menjual Perusahaanya ke INEOS.

    Jadi Alasan Repsol menarik mundur dari Motogp ya karena sedang krisis.. Karena mereka jg tidak akan mensponsori pabrikan lain, artinya bukan karena Balapannya kgk juara, tp ya krna lgi Krisis Pandemi, duit darimana buat nyeponsorin???

    Shell jg kayaknya tidak akan menaikkan Supportnya,, karena Shell jg perusahaan Minyak dan jg sedang turun” nya krna pandemi,, kemungkinan besar ya RED BULL.

    Guest
    • Harusnya motor produksi masal dengan livery sponsor; misal Monster Energy, Redbull, Repsol, Telefonica Moviestar; Ecstar dijual lebih murah dari motor tanpa livery sponsor ya. Bukannya itu tujuan dari sponsorship, mensupsidi biaya produksi yang bisa dikonversi menjadi keuntungan baik buat produsen atau sponsor?

      Tapi nyatanya, taruhlah motor genre sport, dengan livery race replica, yang hanya gimmick dijual lebih mahal dibanding versi standardnya. Hm, gimmick-marketing-value-fans boy.

      Guest
  13. tahun 2020 motor ber logo repsol hampir gak pernah keliatan di tv, baik dari sesi free practice sampe balapan, kesempatan sekalian buat mundur kali ya?

    Guest
  14. coba repsol di lobi ama suzuki siapa tau jodoh.jgn sampe klo bnr niat punya team satelit di 2022 kalah sama sponsor team satelitnya misal sky vr46 jadi merapat.team pabrikannya mlh minim sponsor. di honda invest sampe 15jt euro nah di suzi mngkin bs lbih rendah di bwah 10jt euro tp motor jg dah kompetitif. REPSOL SUZUKI… kedengerannya aneh g ya? he.. semua tdk ada yg tdk mngkin… brivio msti gercep nih

    Guest
  15. Jika ingin hengkang, pilihlah Suzuki. Suzuki punya prospek yang bagus setidaknya untuk 10 tahun ke depan karena mereka memiliki dua pembalap mental juara.

    Guest
  16. coba repsol di lobi ama suzuki siapa tau jodoh.jgn sampe klo bnr niat punya team satelit di 2022 kalah sama sponsor team satelitnya misal sky vr46 jadi merapat,team pabrikannya mlh minim sponsor. di honda invest sampe 15jt euro nah di suzi mngkin bs lbih rndah di bawah 10jt euro tp motor gsx rr jg dah kompetitif. REPSOL SUZUKI… kedengarannya aneh g ya? he..
    semua tdk ada yg tdk mngkin… brivio msti gercep nih

    Guest
  17. Prefer Red Bull aja dari sisi estetika dan finansial, biar secantik Aston Martin nya Max Verstappen, biru gelapπŸ‘

    Guest
  18. saya rasa red bull lebih masuk akal krna red bull itu sponsor marc marquez kan sama seperti monster energy sponsor rossi

    begitu movistar out monster energy masuk jadi sponsor utama

    saya rasa hal yg serupa bisa terjadi di honda

    Guest
  19. kalo remasol masuk ke yahaha, gak bakalan ada warna biru, 100% jadi warna kunyit
    karena remasol pasti ingin logonya nampang lebar di body motor

    Guest
  20. Klo redbull sponsorin honda juga, dia tetep nyokong ktm factory juga ga ya ?
    Samaan gitu keren kali ya wkwk, tapi kayanya bukan dh

    Guest
  21. Sedih rasanya hati ini wak, dri 200an komentar masuk tak 1 pun wak haji ato mas nugie sudi berdiskusi dikarnakan komentarnya asudahlahh……

    Wak haji bikin artikel buat diskusi ini malah
    Asudahlahh…

    Guest
  22. Redbull Honda Team tetep Jdi RHT . Coba Ajh Tokopedia Masuk Jdi Sponsor langsung jadi THT 🀣 atau Gojek ? Gojek Honda team malah jadi Aneh. 🀣

    Fly emirates ? Qatar Airways ? Lupakan Industri Penerbangan Lagi Down parah Tahun ini Gara2 pandemi.

    Guest
  23. seru juga tuh Shell, nanti iklannya marques bawa motor keliling track, terus berhenti danbilang “ANY QUESTION?”.. wkkk dejavu alien kalo beneran

    Guest
  24. Pengen yam repsol? Sudah siap sembalapnya spain semua? Vr racing bisa terancam batal. Wong pabrikan sultan sj pembalapnya spain dinyinyirin…kok malah minta buat yamama

    Guest
  25. Bodo amat mau pasang sponsor apapun …..yg balap klw ngk spain ya itali ………….pembibitan itu perlu tp koneksi yg terpenting , percuma banyak bibit tp pd kaga ada yg jd sponsor …….itu inti repsol , sdm spain ….dulu pasar terbesar masyarakat amerika,……sekarang china dan jgn kaget jk sponsor produk produk china bisa eksis … tp od mau ngk? ….lg brapa besar keuntungan branding team moto gp? ……indonesia dah mlipir resesi mulai stagnan cendrung turun motor cuma honda & yamaha ….tetep menarik pasar di china dan india hingga ke varian produk motor

    Guest
  26. Shell identik dgn Ducati
    RedBull identik dgn KTM
    Yamalube identik dgn Yamaha
    ndaHon identik Jelantah Oil…

    udahlah Repsol perpanjang kontrak aja…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.