TMCBLOG.com – Memodifikasi sepeda motor bisa menjadi salah satu kegiatan yang cukup mengasyikkan, tak terkecuali mengutak-atik jok atau tempat duduk. Namun perlu digarisbawahi, aktivitas memodifikasi motor tetap harus dilakukan dengan benar, tidak mengurangi kenyamanan, dan tentunya mengedepankan unsur keamanan. Menurut Safety Riding Dept. Head PT Astra Honda Motor (AHM) Johannes Lucky, sebenarnya jok dengan spesifikasi standar bawaan pabrik adalah yang paling sesuai. Hal ini karena jok sudah melewati proses standarisasi dan pengetesan dari beberapa aspek, mulai kenyamanan hingga sisi safety.

”Namun jika ingin memodifikasi, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan pengguna sepeda motor. Terdapat beberapa poin yang akan berubah saat kita mengganti jok standar dengan model lain atau peranti modifikasi,” kata Lucky.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita memutuskan untuk memodifikasi jok sepeda motor:

  1. Tebal-tipis Jok

Secara batasan, sebenarnya tidak ada ukuran baku, karena beda desain sepeda motor akan berbeda pula model dan ketebalan jok. Hal ini karena tebal ataupun tipisnya jok akan sangat memengaruhi posisi berkendara dan kenyamanan saat sepeda motor dikendarai. Ukuran ketebalan jok wajib disesuaikan dengan aspek kenyaman dan keselamatan.

 

2. Tekstur atau Bahan

Tekstur lapisan jok wajib lentur dengan bahan dasar tidak licin saat diduduki oleh pengendara. Jok yang licin akan berdampak pada kenyamanan dan juga berpengaruh pada keselamatan. Bisa dirasakan pada saat pengereman, jok yang licin menyebabkan pengendara mudah bergerak ke depan, sehingga proses pengereman menjadi tidak maksimal karena posisi duduk pengendara sudah tidak ideal untuk melakukan pengereman. Sedangkan lapisan jok yang tidak lentur akan mudah sobek dan merusak bagian jok lainnya, seperti busa.  

”Kalau lapisan jok sudah sobek, air akan mudah masuk melalui lapisan tersebut. Saat terjadi endapan air pada busa dalam waktu yang lama, maka struktur busa akan berubah menjadi keras dan mengganggu kenyamanan saat berkendara,” jelas Lucky.

3. Ergonomi

Ketika kita memodifikasi jok sepeda motor, secara ergonomi akan berubah. Contohnya, saat kita melakukan penipisan pada busa jok, maka posisi berkendara akan berubah di bagian lutut, siku dan pandangan. Begitu pula sebaliknya, saat kita menebalkan atau meninggikan jok, posisi pinggul kita akan lebih naik dibandingkan dengan penggunaan jok standar.  

”Perubahan tersebut akan menyebabkan pengendara tidak nyaman, dan mudah lelah saat berkendara, serta dapat berdampak negatif pada kestabilan dan kenyamanan berkendara,” kata Lucky.

Pengaruh mengganti jok pada keseimbangan dan kestabilan memang cukup besar. Tidak disarankan memodifikasi jok bagian belakang dibuat lebih tinggi dari jok bagian depan. Hal ini menyebabkan tubuh pembonceng melebihi pengendara, dan tentu saja akan berdampak negatif terhadap aerodinamika kendaraan.

based on AHM Info

15 COMMENTS

  1. Kenapa saya sering pertamax ya di beberapa blog. Sy paling rajin buka buka blog wak. Bisa bisa sehari lebih dr 20x bolak balik cm baca artikel dan keseruan yg komen. Asalkan komennya seputar otomotif ya,jangan nyerang yang komen. Salam satu aspal. Saya cuma suka karakter maverick tapi tidak mengidolakannya, bukan juga fansboy merk tertentu. Tapi mengritisi klo ada fitur kurang bagus di otomotif dan apresiasi fitur yg terkini jg. Biar konsumen makin untung kan.

    Guest
  2. “Tidak disarankan memodifikasi jok bagian belakang dibuat lebih tinggi dari jok bagian depan. Hal ini menyebabkan tubuh pembonceng melebihi pengendara, dan tentu saja akan berdampak negatif terhadap aerodinamika kendaraan.” Bukannya semua motor gini ya standarnya??

    Guest
  3. jok Astrea Grand Gak tau bawaannya atau udah dimodif empuk banget. beda dengan Jok Mongtor H lain.
    jok empuk apalagi Suspensi empuk juga bikin nyaman berkendara. makanya klo jok bawaan pabrik keras mending Modif aja. hehehe

    Guest
  4. Kirain info dari vendor kulit jok yang memperjuangkan kenyamanan duduk berkendara, ternyata dari ahm

    Yang jok nya macam batu disarunginnn…

    Guest
    • Batu disarungin+sarungnya juga lumayan licin dan kewer kewer. No offence gw pengguna pcx tadinya pake nmax lansiran batch awal. Kirain bakal lebih empuk malah lebih amsyong mana jok bagian rider terlalu sempit. Jok bagian belakangnya juga licin. Conteklah nmax yang pake 2 bahan di joknya, asli ampuh ngurangi licin.

      Tolonglah harga udah paling ga masuk akal joknya dibenerinlah. Katanya pelopor keselamatan masa ngasih helm plastik mainan, jok watu disarungin atose puol tur lunyu cuk.

      Guest
  5. Hal ini karena jok sudah melewati proses standarisasi dan pengetesan dari beberapa aspek, mulai KENYAMANAN hingga sisi safety.

    bener bingung…standar nyaman yg bener2 beda…atau saya yg tiap beli motor H kebagian jok yg g nyaman ya…jok tipis bener…ga beat, ga vario 125 2 biji…sama aja, keras semua
    Cobain pcx temen kantor juga sama aja…tipis, ga senyaman namex punya…
    Ayolah H…bikin mesin jago masa bikin jok aja susah bener

    Guest
    • Pcx tebel om asli tp di bagian ujung pas pentolan di seat rider dan itu tetep atos poll. Gw ex user nmax batch awal yg motif joknya belom dibikin split. Buset dah pake pcx kl ga karena istri minta ga gw ganti nmaxnya. Ga enak jok licin dan keras, stang kependekan sama rasa duduknya on bike banget (subjektif soalnya gw 180cm) ga setinggi aerox apalagi vario, feel naiknya kaya vario dipapas dikit joknya. beda sama nmax setang beda tipis lebarnya tp enakan nmax kerasa lebih pas mana posisi duduknya in bike juga.

      Asli pelopor keselamatan malah bikin ga selamat. Bikin helm standar mainan 11/12 sama dql plastiknya. Bikin jok keras tur licin. Edan.

      Guest
      • Gedek gw ama ahm gila emang hipokrit banget. Pelopor keselamatan bikin motor kenceng kaya cbr250rr sp ato cbr 500 deh helm bawaanya kek verza punya. Helm bawaan beat yg motornya juga ga nyampe 110km/h (on gps/real speed) jatoh dari lemari aja bisa kebelah jadi 2 (based on real event, mine)

        Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.