TMCBLOG.com – Terlepas hadirnya perbedaan jenis Transmisi full clutch atau Automatic Clutch, Awalnya tercatat mesin Honda C125, Honda MSX125, Honda Monkey 125, Honda CT125 dan Honda Supra 125 memiliki dimensi Ruang bakar yang sama yakni Bore x stroke 52,4 x 57,9 mm dengan Transmisi Manual, 4-speed. Dengan mesin ini Honda Supra X 125 memiliki power tertinggi 7,04 kW (10,1 PS)ย  . . . Namun yang menarik adalah baru baru ini Honda mengumumkan Merubah Platform mesin Untuk Produk yang menggunakan Mesin selonjoran air cooled 125 cc iniย  Yakni di produk Honda MSX 125 Grom MY 2021

Yap Honda MSX125 grom mengunakan Mesin baru yang secara umum terlhat ada cukup banyak perbedaannya. Hal paling signifikan adalah Perubahan Dimensi Ruang bakarnya yang mengadopsi Bore-Stroke Piston 50,00 x 63,1 mm . . . Ini artinya Secara umum Platform mesinnya jadi Kian Mengadopsi Karakter Long Stroke yang memang secara umum disinyalir akan lebih Ok buat berkendara harian karena biasannya Mesin dengan Karakter ini, dengan panjangnya Lengan Kuasa dari Piston, tidak butuh rpm tinggi untuk meraih Torsi Maksimum yang diinginkan.

Jika dilihat dari desain konstriksi mesinnya Juga hadir perubahan yang luar biasa sangat signifikan . . sobat Bisa lihat dan cari tehu sendiri di mana letak Poros Crank shaft, di mana letak dari lubang Oli, Di mana Letak dari Filter Oli dan seperti apa bentuk silinder dan kepala silindernya . . semua nya memiliki posisi yang Berubah sangat signifikan

Longstroke itu lebih Berkarakter Motor Komuter dengan model Jalan stop and Go seperti di jalan perkotaan. Jalur Trek yang pendek pendek membuat top speed bukanlah jadi tujuan utama, namun bagaimana bisa efesien dalam ngebejek Throtel gas namun torsi dan power dapat lansgung ditemukan untuk berakselerasi maupun untuk Nyelap nyelip. Nggak perlu memuntir Gas dalam dalam, efeknya adalah efesiensi dalam Konsumsi bahan bakar .. kata kata marketingnya : lebih irit . .

Hal kedua yang juga cukup signifikan adalah Bahwa Mesin 125 cc air cooled ini sudah mengadopsi Transmisi 5 percepatan Menggantikan Transmisi 4 percepatan yang selama ini seakan telah menjadi Signature Mesin selonjoran Honda selama Berpuluh puluh tahun lamanya . . .Masih ingat kan Jaman Astrea series sudah mengadopsi jumlah gear Transmisi ini . .

tmcblog masih ingat sekali mengenai apa yang honda lakukan pada platform mesin di beberapa segmen Motor lain. Kasus paling dekat adalah Pergantian Mesin 110 cc Skutik di mana Honda mengawali dengan merubah pada Motor yang baru saja kemarin menghadirkan Warna warna Grafis Baru Yakni Honda Genio, Lalu akhirnnya selang beberapa waktu kemudian setelah terlihat Mesin ini cukup ‘settle’ di Ganio, Honda ( AHM ) menghadirkan secara Masif di Sosok Motor backbone market mereka yang fenomenalย  . . yakni Honda Beat.

Patut sobat Catat bahwa Honda mengubah/ mengganti Mesin di platform mesin skutik 110 adalah berubah ke Mesin yang lebih berkarakter ‘ long stroke ‘ย  . . dari sini sudah ketemu Benang merahnya ?

Bercermin pada hal di atas adalah sesuatu yang bukan lagi mustahil akan kita temukan di waktu ke depan bahwa bisa jadi Platform mesin mesin Motor bebek 125 cc Honda akan berangsur angsur beralih Juga ke Mesin mesin yang lebih berkarakter long stroke ini dan tentunya juga mengadopsi 5 tingkat Transmisi Percepatan. Sesuatu yang menurut tmcblog bisa jadi sebuah alarm awareness buat kompetitor untuk mengantisipasi strategi Market ini walaupun memang secara umum market Motor bebek kian kisut, Kiat mengkerut dilahap oleh Hegemoni Motor motor skutik karena kepraktisan dan fungsionalitasnya.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

105 COMMENTS

  1. Sebenarnya Yahahahahahaha udah pake long-stroke dari dulu. Tarikan emang paling oke tapi kenapa soal keiritan gak bisa ngalahin Sijuki yang over-bore? Gak usah Hondut dulu lah. Sayang sekali.

    Guest
    • kalo kata almarhum Didi Petet, “paling bedanya segini…” (bensin sesendok teh)

      kan intinya mengakui kalo lebih boros, yasudahlah.

      Guest
    • tp gakboleh ignorant jg, tarikanny jadi enak bgt di rpm bawah jd enak (walaupun seringny atasny ngempos), sm susah bandinginny wkwk, yg lain 110, dia 115, yg lain 125, dia 135, selain tangkiny kecil, motor yahaha jg kadang “memancing” buat digaspol gegara tarikan awalny enak, ini opini jujur sy sbg fbh ya hahaha

      Guest
    • tapi menurut gw kenapa ga bisa se irit suzuki honda ya mungkin buat ngejar performa juga sih bro ,meskipun overstroke
      ya bisa di liat lah jupiter z1 aja mampu ngimbangi blade 125 yg ccnya lebih gede,tarikannya juga z1 lebih nampol

      Guest
      • btul bro, bahkan lebih gede dari blade sekitar 1 hp, tp ya cc nya kalah besar, berat jg kurleb sama ky hondut. ya begitu deh. tpi handlingny lebih enak sih walaupun kenyamanan kalah

        Guest
    • Pada akhirnya konsumen lebih milih irit-iritan mana dan harga jual kembali. Ngoahahahahaha. Makanya Sijuki nggak niat bikin motor dimari.

      Guest
  2. Wak, berarti apakah penyematan gearbox 5 percepatan ini adalah salah satu kompensasi untuk mengakali top speed agar tidak kedodoran yang bisa jadi merupakan efek samping dari mesin yang dibuat berkarakter lebih torque oriented?

    Guest
  3. Bebek akan terus hidup

    ngarit dan angkut karung kurang berasa feelnya kalau pake matik

    3kintal kentang atau 4 karung rumput masih bisa dibawa bebek, mesin matik gak se resilient itu, banyak ngedennya

    Guest
    • nah betul terus kenapa orang orang pake matic ya? dari mana enaknya dan nyamannnya? saya belum menemukannya. masih enak bebek.

      Guest
    • Secara perawatan juga masih praktis bebek.
      Ibaratnya 150rb sudah dapet gear rantai.
      Kalo cvt matik, jauh lebih mahal.
      Yang lainnya hampir sama, tapi penerus daya dari mesin ini termasuk konsumable

      Guest
    • memang lebih nyaman pake bebek sih di segala medan jalan mampu di libas mau tanjakan/turunan gak was was rem panas ngeblong karena engine brake di motor bebek lebih baik dari metik

      Guest
        • Ya jujur jujuran sih, metik dipilih banyak orang sekarang enak buat ngelibas jalanan macet sesak tanpa perlu main di gigi 1 dan 2 terlebih juga metik rata rata fitur top nya bagasi luas..
          Tapi sebagai pengguna bebek saya it’s okay aja ekekeke

          Guest
  4. Supra lama aja masih irit. Ini makin irit lgi wkwkwk
    Knp ga sekalian hybrid aja ya kayak pcx, ga musti batre tp pke generator cuma buat awalan biar makin irit lgi.. apalagi produksi masal biar Harga hybrid makin Murah dan pcx hybrid jg bs turun harga.

    Guest
  5. masih nyimpen Supra X 125 tahun 2006.. selain semua hal yg udah dibahas diatas, generasi Supra X 125 punya riding position yg ergonomis.. gak cepet capek, beda sama bebek Yahaha yg kaki lebih nekuk, padahal tinggi cuma 163cm, setang terlalu bengkok kedalem biar keliatan resing (kali)..

    back to mesin, basisnya aja udah long stroke ini mau dipanjangin lg, lalu jadi transmisi 5 percepatan.. let’s see, apakah ngahaem akan nerusin evolusi si “raja bebek” ini, melihat pasarnya udah semakin dikikis matic..

    Guest
      • nnahh, ini yg gue suka. tinggal ganti piston supra 55mm, sedikit colek ecu , bisa bejaban lah sama motor seprot batangan.

        Guest
    • ditinggi ane yang 175an ane malah pegel naek motor2 H jaman bebek.
      stang terlalu rata dan bawah. musi dimodif dulu itu papan jok dan bengkokin stang baru nyaman.
      posisi kaki ga cocok juga.

      tapi ya karena mungkin rata2 tinggi orang Asia di kisaran ente bro jadinya lebih nyaman.

      nyaman relatif karena beda postur tubuh, dan berat badan uda pasti beda posisi ergonominya.

      ane naik motor sport malah makin suka pake stang jepit dengan posisi agak menunduk dibanding posisi standart megapro lebih cepet pantat panas

      Guest
  6. Saya malah was-was nama legendaris Supra bakalan hilang. Realistis aja, bebek Honda paling laku itu Revo Fit karena ajaibnya harga bisa lebih murah dari bebek Yamaha dan Suzuki sekalipun. Supra X 125 benar-benar gak laku lagi, Supra GTR juga sama aja gak jelas penjualannya.
    Tapi nama Honda Wave gak bakalan mati di Asean, motor bebek = Asean.

    Guest
    • Saking ajaibnya, pdhl kualitas material body ky asal jd (jgn kan body, plastik mika spidometer aja kalah tebel sm kaca layar jam g shock, lol) , tp ya mo gmn , engineny bandel, gearingny pas ga berasa motor lemot,sm yg penting modular, spare part mudah , murah & bs dikanibal sana sini wkwk

      Guest
    • SupraX 125 benar2 gak laku lagi?
      Kalo anda bilang gitu,,terus perumpamaan apa yg harus dipake untuk pega dan yupiter series?
      Gagal total?

      Guest
  7. Dibikin 5 speed biar g letoy di tanjakan krn stroke semakin panjang sangat berat untuk medan pegunungan, dilintasan datar supra 125 jauh meninggalkan supra 100 , tapi ditanjakan supra 100 lebih kuat krn stroke pendek dan mudah berkitir di rpm lebih tinggi. La kalo stroke ditambah bisa mlorot tuh di tanjakan cemoro sewu , ya sangat tepat kalo ditambah jadi 5 percepatan biar makin ringan

    Guest
    • maaf nih bang, saya jadi bingung dengan komen bang sanjaya, bukannya seharusnya kalau kitiran lebih tinggi lebih kencang di jalan datar, langkah piston panjang bringas di tanjakan…?

      Guest
      • saya turing pake gsxs capek buat nanjak nahan rpm tinggi trus kok,,teorinya gebleg ini orang,,,ngeliat longstroke atau overstroke kaya cb150r n vixion nanjak enak enak bgt cuma pas lurus panjang ya gsxs ninggalin keduanya jauh

        Guest
        • Pada dasarnya semakin tinggi rpm sebuah motor menunjukan kemampuannya semakin tinggi baik didataran ataupun tanjakan, sekaligus menunjukan ketidak efisienan bila ditinjau dari konsumsi bahan bakar, memang kalo nanjak harus gantung rpm. Liat saja mesin special engine jg short stroke

          Guest
      • Untuk keperluan ekstrim seperti topspeed tinggin atau tanjakan ekstrim yang dibutuhkan rpm tinggi bro, ibaratnya masih bisa teriak berarti masih bisa jalan walo “ngeden” mesin masih hidup, kalo buat cruissing mode nyante kecepatan tinggi getaran halus dan irit brarti butuh torsi besar di rpm rendah solusinya longstroke tadi tapi dijalan datar ya.

        Guest
        • Initinya untuk high performance wajib rpm tinggi, kalo peruntukan top speed tinnggi atau kemampuan menanjak ekstrim tinggal menyesuaikan gigi rasio dan final gear, sebaliknya untuk efisiensi tinggi butuh rpm serendah rendahnya.

          Guest
      • Kalo tanjakan panjang butuh rpm tinggi
        Karena kalo rpm rendah kecepatan juga rendah

        Mesin long stroke ga cocok di tanjakan panjang karena :
        1. RPM lambat naik, bisa nanjak tapi speed ga bisa naik
        2. Peak torsi terlalu rendah, efeknya kalo mau kenceng di tanjakan harus naikin gigi

        Kesimpulan, mesin long stroke bisa buat angkut berat di tanjakan, tapi ga bisa buat kenceng di tanjakan

        Guest
        • Nah ini baru paham apa yang ane maksud dngn mengatakan tanjakan cemoro sewu bagi y paham itu adalah pegunungan, kalo longstroke gigi rendah bisa naik tp sangat lambat,kalo gigi dinaikin malah mlorot, kalo tanjakan sangat ekstrim bahkan g bisa naik sama sekali walo pake gigi 1,

          Guest
    • Menurut sya pribadi diantara jajaran motor bebek honda supra125 sblumny lh yg lebih overbore d banding yg lainny yg lebih terasa overstrokenya. Atau klau dlihat bore x strokent supra125 series lebih ke nearsquere mknya tarikan awalny dari keadaan diam halus banget ( ngeden) klau d bandingin sma revo yg nyentak2

      Guest
    • Yg ada stroke makin panjang, red line turun & peak torsi didapet di rpm lebih rendah bro, justru lebih galak di rpm rendah…

      Guest
    • Prinsip yg bro maksud bs aja dipakai , tp bukan untuk motor bebek ky supra, seperti special engine itu rata rata overbore ,kompresi tinggi ,rasio transmisiny pendek pendek , top speed biasa aja, tp akselerasi & agilityny gila. Klo logikany dipakai seperti itu sih, supra 100 berputar di rpm tinggi dulu baru bs nanjak (ngeden)

      Guest
    • cuma nambahin, kalo rumahnya di daerah pegunungan setidaknya gear rasio ubah juga. depan turun 1 mata. belakang gedein 2-4 mata. di jamin ngacirr broh. & seingat saya memang supra 100 belakangnya gede (40) sedangkan supra 125 cuman 35mata.

      Guest
      • Iya gan, emang supri 125 sepertinya dibuat untuk cruising, buat nanjak g kuat, sedang supra 100 itu buat angkat beban

        Guest
        • @sanjaya
          Nope terbalik stroke oanjang torsi lbh besar dan lbh mudah d capai, dg rasio gear dan final gear sama maka overstroke lbh kuat angkat beban dan lbh kuat nanjak
          Sedangkan sttoke pendak overbore butuh rpm lbh tinggi untuk mencapai torsi maksimal dan angkanya jga lbh rendah, maka lbh ngoyo buat tarikan awal
          Terasa bgt koq cb150sf vs nvl lbh enak nvl nariknya saat boncengan, tpi keunggulan overbore, ketika putaran tinggi lbh halus, nafas panjang topspeed lbh tinggi power lbh besar
          Bandingin supra 125 vs supra 100 itu rasio gear udh beda jauh bgt cba samain final gearnya supra 125 pasti nyendal2 larinya

          Guest
        • mesin special engine beda lg bro, gaperlu nahan rpm tinggi setiap saat buat torsi terbaik. dari profile cam, rasio transmisi, bentuk piston & internal ny jg mendukung itu

          Guest
        • @draco : mesin ngga cuma bicara stroke bro.

          contohnya aja sama sama 125cc. stroke lebih panjang supra 125 dibanding shogun125 tapi akselerasi lebih cepat shogun125, & nafas menang supra 125.

          namanya mesin produksi massal ngejarnya efisiensi, emisi, & cost produksi. tapi lebih deketnya ke regulasi emisi & cost produksi.

          lagi pula yg dibandingkan itukan oversquare 100cc vs overstroke 125cc.

          Guest
    • torsi kuat tidak sama dengan kuat nanjak karena ketika nanjak itu proses berkelanjutan bukan stop n go. yang artinya ngejar HP, bukan torsi.
      cara paling gampang naikin HP ya naikin RPM, karena itu kita downshift

      Guest
      • stuju. kasusnya kaya Supra 100 & supra fit. torsi tarikan awal enteng supra fit dijalan datar & tanjakkan sedang.

        begitu tanjakkan tinggi atau puntiran gas dalam supra 100 lebih kuat.

        sama aja kaya karisma 125 ke supra x 125. feelnya lemot karisma, tapi malah lebih kuat nanjak.

        Guest
    • Efesian dlam hal apa?
      Yg saya amati keunggulan mutlak metik itu ya kepraktisan pemakaiannya. Untuk urusan konsumsi bensin dan oli mesin motor bebek masih lebih baik untuk bawa beban juga jauh lebih baik bebek termasuk usia pemakaian ban krna pada umumny bebek pke ring 17 sdangkan metik mayoritas 14″ dgn jarak tempuh yg sama atau mirip2 ban ring 17 akan lebih baik dari ban 14ny metik ( lain cerita ya klau ring 14ny ukuran besar kyak aerox)

      Guest
      • Efisien dalam hal produksinya wkkk, harusnya harga matic kalo fiturnya sama lebih murah daripada bebek krn komponennya lebih simple. Kalo durabilitas dan efisiensi bebek tetep no.1

        Guest
    • Efisien dalam hal apa? Tidak perlu pindah gigi?
      Bensin jelas irit bebeknya, perawatan jelas irit bebeknya.
      Apalagi ini mau dibikin lebih long stroke lagi, jelas lebih irit.

      Guest
    • Ttp jauh lebih efisien bebek bro, bs pilah pilih gigi untuk memilih rpm yg optimal buat mesin di speed tertentu, klo matic mana bs, mau tanjakan ngebut turunan, semua tinggal tarik gas

      Guest
  8. Fix mirip Satria S 5 speed non kopling ๐Ÿ˜ tapi smoga kedepan supri 125 dikasi varian koplingnya lah, sy jamin pasti laris kek jaman shogun sp dulu, anak2 muda pasti bnyk yg beli

    Guest
  9. Basis mesin ini (d honda msx125) udah pke kopling manual. Klau mesinny mau d aplikasikan ke motor bebek indonesia buat aja versi kopling otomatisny. Kopling manual buat blade125 dan kopling otomatis buat supra 125… walaupun sbnarny lebih mengharapkan mesin cs1 125 d hidupkan kmbali ke motor bebek atau ke sport bike d bawah harga sport bike 150 termurah saat ini. Sohc overbore ny itu sesuatu banget…… mesin 125cc terbaik dah yg pernah d produksi atpm d indonesia ini

    Guest
    • Nah salah satu mesin honda terbaik di kelasnya,sayang di jaman itu kurang laku ya
      dan gak di turunin mesinnya ke supra

      Guest
    • Turunan mesin sonice 125 bukan kaleng-kaleng

      Dan entah kenapa dulu mindset yg punya CS1 itu selalu anak2 orang kaya (paling gak orang yg punya),apa di kalangan gw aja ya ๐Ÿ˜…

      Guest
      • Kalo dulu Vixion atau Safu kan anak orang gak punya pun bisa memiliki,kalo anaknya ngancem gak mau sekolah ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

        Guest
    • males bikin mesin 125 high performance
      netizen bilang: mending ini udah 150.
      sama kan yang jualan, di kami harga segitu udah 125, sebelah 110

      Guest
  10. Dr pd 5 speed mendingan bikin gigi mundur. Lebih berguna kalo kelewatan garis di lampu merah ๐Ÿ˜. Jadi gak ada istilah “mundur teratur” lagi.

    Guest
  11. Dan all new super cub 110 MY2022 thailand jg mngadopsi stroke sama dg mesin ini..63.1
    Sepertinya honda mau menyederhanakan pilihan mesin lateral 110-125 nya…sepertinya commonpart jg sebagian part nya

    Guest
  12. Moga bodynya gak keder pakai supra setelah sering dibongkar jadi keder tapi diakali pakai karet ban bisa sih. Kalau untuk mesin menurut saya awet kalau tarikan yaa so so lah udah hampir 200 ribu km maklum buat gawe trus supra 125 2008

    Guest
  13. Yg sy rasakan Supra 125R itu torsi kluar di rpm menengah, cocok di segala medan, tp emg kalah ditanjakan sm mesin2 100cc, Krn posisi max torsinya itu, sy berharap longstroke bisa mengatasi ini, plus 5 speed mungkin bisa memajukan torsi putaran bawah jg dapet speed lebih baik di gigi 5๐Ÿ˜‹

    Guest
    • Final gear ratio nya terlalu panjang,
      Coba ganti gear belakang yang lebih besar
      Pengalaman di karisma ganti gear uk 37
      Top speed speedo nambah (realnya tetap, rpm lebih tinggi), akselerasi nambah, bensin lebih irit

      Guest
  14. semoga terealisasi lah,biar saingannya aka jupiter z1 mau di facelift,masa udah 8 tahun ga ganti ganti,pabrikannya budek apa gimana
    gw sebagai penggunanya mau ganti yg versi 2020 juga males karena sama saja dg yg versi saya(2012).
    plis wak aji bilangin ke yamaha,orang z1 ini aja dg mudahnya ngasepin supra 125 wkwk,buat nempel klx 150 juga ga malu maluin,kalo di rombak total mesinnya kan mantep tuh..

    Guest
      • iya pengen sih cuman feelnya beda sama Jupiter z series,ya itung” biar ga pindah” komunitas juga wkwkw
        pindah ke mx king udah mirip ke motor sport,gak ada bagasinya ๐Ÿ˜…,secara utility kurang,mau pindah matic ga betah wkwkw
        makanya tetep masih nunggu Jupiter z1

        Guest
      • Mx king buosok. Naruh mantel aj kagak bisa. Sm aj supra gtr. Klo kucluk tu jangan tanggung2, motor laki sekalian.

        Guest
  15. Nah ini kenapa ga dari dulu ya? Emang sudah saatnya mesin bebek berinovasi. Bayangan saya dulu bebek 125-150cc pendingin cairan + pake 5-speed autoclutch.

    Guest
  16. piston 50mm balik ke jaman astrea prima, klep juga akan mengecil ,tapi karena longstroke 5 speed napasnya tentu lebih panjang,semoga boringnya tebal jadi bisa di oversize minimal +3mm hahaha
    Btw mesin tiduran versi mass product yang paling bertenaga menurutku masih Kawasaki Kaze ZX 130cc

    Guest
  17. Wak haji mau nanya basis pengembangan platform mesin selonjoran 125 dan 110cc ini sebelumnya apakah dari AP Honda thailand atau AHM ya wak ?

    Guest
  18. Ini Mirip karakter mesin cb150r bukan ,putaran bawah menengahnya enak banget ngisi terus,kalo buat perkotaan, top speed nomer sekian sih

    Guest
  19. semoga ada kebangkitan di pasar bebek,honda mau facelift supra,yamaha mau jor Joran bikin Jupiter,nah suzuki reborn Shogun sp
    kangen liat fanboy pd tawuran lg kya dulu๐Ÿ˜‚

    Guest
  20. touring jarak jauh bebas hambatan, overbore gak ada obat, ngisi terus
    beda kalau stop & go, gemes makenya, terlalu smooth

    pilihan tepat kalau memang strokenya dipanjangin, cocok buat dipake perkotaan atau sering stop & go, udah mulai banyak jalan macet sana sini

    Guest
  21. Jangan jangan mesin ini buat revo, sama supra x juga nih..
    Tinggal berharap mesinnya dibawa ke sini ada versi 5 gigi juga, lumayan bisa liat supra xx reborn kan hehe
    (Terlebih juga buat menggertak sebelah supaya jupe sama vega Difacelift lagi ๐Ÿ˜‰ )

    Guest
  22. Menarik. Supra 125 overstruk bgt. Rpm mentok 8000 saja. Top speed tiap gigi. Klo dlu 40,70,90,110. Skrg 35,60,80,95,105.
    Klo dlu pemakaian nyantai 20,40,60,80. Skrg ya 15,25,45,65,80.
    Ngangkut beban super berat d tanjakan,aman. Biasa supra125 sm revo jg kalah tu d tanjakan. Kayak kalahny innova sm papanza.

    Guest
    • Ngimpi amat 8000, supra fit yg stroke pendek aja cuma sampe 7000. Motor ini paling 6500 udah red line, kecuali korekan bisa diatas itu.

      Guest
      • Lah. Supra fit?masa bandingin supra 125 sm supra fit. Supra fit mmg dicekek rpmnya. Coba bandingin sm tiger yg strokenya mirip 62mm. Power puncaknya d 8500 rpm alias redlinenya 9000.
        Klo supra stroke 63, ya redline 8000 tu wajar. Powernya mentok d 7000-7500 rpm bukan d 8500. Itu cuman selisih 1 mm.
        Klo sm supra current. Yg 57,3. Ya kira2 9:10 lah. Klo yg 57,3mm power puncak d 8000rpm. Yg 63,1mm d 7200an msh wajar.

        Kerapatan gigi pasti d gigi 1 ke 2, 3 ke 4. 5nya overdrive.

        Guest
  23. semoga terealisasikan.

    apalagi dengan memindahkan tuas rem belakang bagian stang kiri. ini bisa menjadi hal positif.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.