TMCBLog.com – setelah beberapa jam menjadi spekulasi dan rumor paddock, akhirnya FIM MotoGP stewards mengeluarkan pernyataan resmi yang dalam keputusannya menghukum Yamaha sebagai Manufaktur dan Team dengan sanksi pengurangan Point karena Yamaha terbukti tidak mengindahkan Protokol untuk mengkomunikasikan perihal pergantian part kepada MSMA
Yamaha secara Manufaktur telah RESMI diberi sanksi pengurangan Point sebanyak 50 Point. Monster Energy Yamaha MotoGP memperoleh pengurangan Team Point sebanyak 20 point sementara Petronas Yamaha SRT MotoGP mengalami pengurangan point Team sebanyal 37 point.
FIM MotoGP stewards menjelaskan Angka pengurangan 50 Point merupakan Hukuman dua kali (dobel) Point yang diperoleh Yamaha sebagai Pabrikan saat kejadian. Sementara 20 Point Buat MEYM dan 37 Point Buat PYSRT merupakan Point team yang mereka raih saat kejadian ( 36 Point ) Plus Satu point Morbidelli saat di Styria ketika ia menggunakan Mesin ini di FP dan Kualifikasi
Dengan ini jelang MotoGP seri Valencia 1 / Europa. Yamaha Turun ke posisi 3 Klasemen manufaktur dengan 158 Point setelah Ducati dan Suzuki. Sementara Petronas Yamaha SRT masih di Posisi dua Klasemen Team dengan point yang berkurang menjadi 198 point. Dan Monster Energy Yamaha MotoGP turun sementara ke Posisi 5 Klasemen team dengan 156 point.
FIM MotoGP stewards dalam pengumumannya tidak menjelaskan secara detail mengenai jenis Part dan di mana Event kejadiannya, namun Melihat jumlah pengurangan point yang mereka ( manufaktur dan Team ) peroleh memang sangat mengindikasikan bahwa ini berkaitan dengan dua Race pembuka khususnya Grand Prix Jerez 1 yang super Hot temperaturnya dan Super hectic.
Dan dengan indikasi pengurangan jumlah point ini yang arahnya ke even Jerez, maka spekulasi kembali berkembang di Paddock bahwa kemungkinan Part yang dipermasalahkan karena tidak dikomunikasikan ke MSMA saat diganti adalah Klep atau Valve. Yamaha sendiri pernah mengajukan komunikasi berupa permintaan kepada MSMA untuk melakukan pergantian Part ini, namun setelah memperoleh penjelasan dari Vendor pembuat Valve, perusahaan yang bermarkas di Iwata Jepang ini mengurungkan niatnya tersebut.
Padahal Yamaha bisa dikatakan pabrikan paling sukses di musim kompetisi 2020 ini, dengan torehan 6 kali kemenangan dari 3 ridernya, tapi hadirnya berita tentang ‘Pergantian Part yang tidak sesuai prosedur’ ini menambah masa sulit bagi Yamaha menjelang akhir musim MotoGP 2020, dengan kondisi Rossi yang terpapar COVID-19 dan kemungkinan tidak akan turun balapan di Grand Prix Eropa akhir pekan ini
Untuk sementara ini belum ada informasi resmi mengenai status point Championship Para pembalap mereka yang diperoleh di Jerez akibat ” valve gate ” ini, karena kalau sampai kena maka ini jelas akan sangat dapat memukul mental Quartararo dan Vinales dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2020 . . BTW, terhadap putusan ini Yamaha berhak Melakukan banding Ke FIM Appeal Stewards.
Taufik of Buitenzorg | @tmcblog
Sudah jatuh ketimpa duriannnn aduh …
Efek tim H suram 😆
Bener, Om..
Ini semua berawal gara2 si brengs*k Marquez93 nih..😂
Gara2 dia cedera, H*nda underperformance, bikin yg lain syahwat juaranya membuncah… akhirnya segala cara…
Lu Suudzon aja lu..
Gg curang.. gg juara..
Kalo sampai perbaikannya mendongkrak performa rider harusnya point rider juga dikurangi.
Kelihatannya ini cuma mencegah engine failure doang, makanya yg dihukum cuma point team.
Apapun cerita dibaliknya, cuma internal yang tau. Bikin prediksi di kasus beginian konyol banget.
Ridernya kan gak ngurusin jeroan mesin..rider itu kan cuma kasih masukan ke teknisi dan pabrikan…jadi rider gak harus dikurangi poinnya dong…perkara rider dpt “keuntungan” dri tim atw pabrikan yang “cari celah” biar gak ketahuan…ya itu “rejekinya” si rider…
Klo emang komentarnya begitu…ya klo ketahuan ganti part trus sirider kena keuntungannya…trus ikut kena hukuman
Ya itu “musibahnya” si rider…
@Pakkindir…sejauh ini blm ada pengurangan poin buat ridernya…klo memang benar dikurangi juga…yah…theme song kumenangis mungkin jd pilihan buat ringtone para pensboy nya…
Ini pasti akal akalan resi Dorna dengan Kang Fiberglass… Ckckckk
Awook
@Rian kalo karena mesin gak mleduk trus ridernya juara? Atau bisa jadi mesin mleduk trus ridernya gak juara?
Yg jelas terjadi adalah mesin gak mleduk & rider juara, itu sama2 diuntungkan, jadi kalo poin dikurangi mustinya tim, motor, rider juga..
D curiga ke H karena pembalapnya progres di 3 race terakhir, FIM motogp steward malah cek Y. Yang untung malah S. Dagelan ini kata D sama Y.
Berfikir yg positif lah…disaat kompetitor punya progress bagus kenapa gak introspeksi?…malah curiga..klo memang ada yg janggal kenapa gak dilaporkan?
Ah naik banding ke fim yg ada kasusnya ky ianono..
Ga kelar2 uda setaonan ya kl ga salah..
Gaje bener nih motogp 2020..
Btw bukan rossi uda test negative?
https:/ /www. motogp. com/en/news/2020/11/05/rossi-tests-negative-for-covid-19-ahead-of-european-gp/354061
Cuman di 2020, rider cheered for a negative test result…….
😅😅😅
Y juga lebih kebangetan klo gak sampe jurdun…
maluuu 4 rider jauh lbh suram dibanding 2 rider S wkwkwkwk
Ini pasti akal akalan resi Dorna dengan Kang Fiberglass… Ckckckk
itu akan merusak kompetisi dan lembeknya hukuman akan membuat sebagian dari mereka muak hanya demi tontonan yg bagus namun sportifitas harus rusak. klo citranya sudah rusak maka perlahan-lahan org akan berhenti berbisnis dgn anda. memang ga instan namun signifikan berkurang.
Ohh mongtor yg ramah dan mudah….ya…yaa…yaaa mudah curang juga ga wkwkww
Siapa dlu yg nyiyir ketika honda hrus pretelin mesin nya di depan umum
Dan akhirnya teknologi full SSG nya dipake semua pabrikan 😂
Hmmm..
Masuk akal juga bozz..
Ini preseden yang sangat buruk untuk kedepannya, pabrikan akan melakukan segala cara curang yg available, HANYA UNTUK MEMENANGKAN PEMBALAPNYA MENJADI JUARA DUNIA, persetan, periblis, perdedemit dan pergondoruwo jika point constructor dikurang 1000 point sekalipun…
Beener.. itu poin pabrikan, poin tim..
Dapetnya dari mana??
Pembalap kan… 😅😅
Aneh aja, poin tim dikurangi .. lah penghasil poin malah utuh..🤣🤣🤣
Biar tambah panas daah…
🤣🤣🤣
Pertamax lah sekali2 …
Tim Y pengurangan poin
Tim H penambahan poin
Efek H suram 😆😆
Tim H penambahan Poin?????
Kok sepertinya kmu yg suram ya nak? Jgn banyak isep lem yak…
Prestasi kunyit :
Mick Doohan (5x) 1994-1998
Alex Criville (1x) 1999
Valentino Rossi (2x) 2002-2003
Nicky Hayden (1x) 2006
Casey Stoner (1x) 2011
Marc Marquez (6x) 2012-2014 & 2016-2019
(saya lebih percaya data, daripada omongan bocah kemaren sore)
Hanya poin manufakturbdan tim ya?
Parts apakah yg diganti?
Apakah strategi ini?” Biarlah point yg lain di kurangkan(dikorbankan) demi point rider. (daripada mesin meledak, point sama sekali tidak dapat).
Wew
Kok bisa ya tim sekelas Yamaha melakukan nya, kesengajaan atau ketidak tauan ya
Ga mungkin lah klo ga sengaja bro, mereka pasti lebih tau regulasi daripada kita yg orang umum ini.
Kalau sampe ga ada pengurangan poin rider ya berarti emang taktik, daripada harus bongkar mesih depan kompetitor (klo spekulasinya bener).. tapi ya curang namanya
Jika dengan cara tersebut (pengurangan point) tidak harus membuka rahasia ke kompetitor why not. Mending kena pinalty 🤭🤭🤭
Secara peluang juara juga menurun, itung² lab berjalan untuk 2021
Yamama…..boo…booo….soookkkkk wkwkwkw
Part apakah yg diganti? Apakah Klep?
Kalo point tim dikurangi harusnya point pembalap juga berkurang. Kan point tim berasal dari point pembalapnya.
Poin rider aman bro..
Cerdik sih tapi curang, sekelas motogp bisa begitu yak
Ga masuk akal.
Dulu klo ga salah di moto 2 pernah kejadian pakai oli illegal sehingga ridernya didiskualifikasi.
Lah masa kasus yg ini ridernya kok ga kena pengurangan point jg? Kan sama2 dapat keuntungan
Kl sdh bgni… jikapun bani andai2 ya.. pmbalap Y jurdun bakal cela.. psti ada embel2 krn kasus diam2 gt part ini… sayang skelas motogp main diem2 gini… malu rek…
Kalo dipikir2 harusnya begitu, poin rider ikut dikurangi. Kan poin tim berasal dari rider. Tapi yaa gatau juga yaaa
mungkin pasal flexibel dsni berlaku ya,,,, sk bngung jg sih dgn kebijakan yang di berlakukan kdan tdk konsisten terkesan mancla mencle
Apakah jika lapor dulu maka penggantian part itu legal adanya?
Lalu mengapa ngga lapor?
Sekelas tim motojibi?
Kalo lapor bakal dibedah sama Dorna itu mesin dan disaksikan sama teknisi team lain… Yamaha ga mau rahasianya kebongkar, jadi ambil opsi diem2 aja….
Ini udah termasuk skandal ga sih
‘ Valve gate ‘
Nah ya ini
Jelas sponsornya akan “bermuka merah” karena skandal ini
Apakah ada hubungannya dengan mesin yng dibahas di artikel sebelumnya ?
Makin kesini sepertinya Yamaha sudah kehabisan akal dan cara deh
Harusnya pembalap juga perlu di invetigasi apakah mereka tau atau ndak
Kalau mereka tau perlu diberikan sangsi meskipun hanya pinalti waktu atau start
Poor Yamaha !!
Fix kalau begini bisa berpengaruh ke tim bahkan pembalap, Semoga racenya makin seru deh
Yg bertanggung jawab atas semua ini siapa?
Kok banyak masalah Yamaha sekarang, (“dah lama”) .
Gara2 musim depan pakai spesifikasi mesin yg sama, jadi tahun ini di langgar peraturan.
Damage nya sampai anak cucu saya rasa.
jika seandainya misalkan dll dsb
FQ jurdun pun – apa kata dunia ya ??
#sadis_deh_pokoknya_sadis
Wkwkwkkwkkk…
Ngomomg engga, recall jg
Wkwkwk anjimm.. maklebbb buanget… recal mongtorgp diem2..🤣🤣🤣
“Recall sbg bentuk tanggung jawab pabrikan, demi kebaikan” ujarnya.
baru sekarang terjadi recall diem diem dimotogp😂😂😂😂😂
Sekedar untuk bisa bertahan.. Gitu smat yak… 🤓🤓
Kalo merujuk mesin yang dipake di race pertama jerez adalah mesin 1 dan 2 maka kedua mesin tersebut sudah tidak bisa dipake laginya kang?
steward tidak menjelaskan dalam suratnya, namun melihat dari Nilai Championship Point yang di renggut, sepertinya benar Mesin yanag di jerez
Kemungkinan sih wak. Kalau dari blognya David Emmett 1 poin yang ganjal itu perolehan Morbidelli di Austria dimana mesin yang di Jerez dipake lagi.
https://motomatters.com/news/2020/11/05/the_irony_behind_yamaha_s_punishment_for.html
Apakah mungkin investigasi berjalan juga untuk mesin lainnya Wak..?
Yg mungkin “worst penalty”nya adalah diskualifikasi dari 2020 championship?
Karena aneh juga kalo yg diganti klepnya cuma 1 mesin, karena produksi klep biasanya 1 batch mengingat itu mesin yg sama dan PO ke vendornya juga mungkin 1 batch.
bisa ya dan bisa tidak, hanya sebatas perkiraan, wong data data mengenai kasus ini sja tidak dibuka semua
Cuma pengurangan point tim & konstuktor?
Pembalap? Jangan lah kasian. Engga jg udah mewek..
Engga ada hukuman start jg? Jaangan lah melasi, start 1 aja buat bulan bulanan sampai mundur jauh.
Bisa jadi sedang di investigasi Juga, namun belum ada putusan . . ini dia yang bikin kepo
besar kemungkinan bakal kena pengurangan poin karena poin factory dan Team berkurang dan penambahan poin klasmen berkaitan dgn performa motornya sendiri simpelnya berkat part ilegal yg dipake pihak yamaha pembalap mereka mendapatkan keuntungan. paling jelek sih hasil kemenangan mereka disirkuit tertentu di anulir.
imho, pengurangan poin pembalap juga perlu sih buat efek jera, klo ga gt pabrikan lain akan menggunakan cara yg sama ketika mengalami masalah pada salah satu partnya karena mereka akan berfikir bahwa hanya perlu mengorbankan poin constructor & team demi memperbaiki performa dan memenangkan kejuaraan karena poin klasmen pembalap ga dikurangi jadi ga rugi.
@FXR
sepemikiran bro… bisa jadi “celah regulasi” lagi seperti kasus sendok ban belakang ducita…
nah ini… mestinya sih tegas biar nanti buat cntoh pabrikan yang lainnya
Ane tunggu berita yang bikin wak haji kepo nih..
komen kena moderasi. well.. thats ok.
imho, pengurangan poin pembalap juga perlu sih buat efek jera, klo ga gt pabrikan lain akan menggunakan cara yg sama ketika mengalami masalah pada salah satu partnya karena mereka akan berfikir bahwa hanya perlu mengorbankan poin konstruktor & team demi memperbaiki performa dan memenangkan kejuaraan karena poin klasmen pembalap ga dikurangi jadi ga rugi.
Kalau orang dorna baca.. Jangan lah pembalap kasian, bisa jg kan pembalap engga tau nanti kena imbasnya. Iya cukup pabrikan sama tim saja yg kena.
Lagian waktu pembalap dapat point itu mereka dapat dengan belum melakukan penggantian. Ga adil dong.. Iya kecuali kedepan mereka pakai mesin yg udah di recall lah. Demi peraturan mereka yg pakai mesin recall pantas mundur posisi start. Disetiap race yg mereka pakai mesin recall. Kalau pembalap pakai mesin yg asli tidak kena hukuman itu. Imho
Logika “bodoh” dari seorang tobey
Petronas SRT jadi 198
Monster Yamaha jadi 156 kesalip sama RedBull KTM yg poinnya 157
Poin manufaktur jadi 158 yg bikin mereka turun ke urutan 4
Bisa dibilang Yamaha melakukan hal konyol, untungnya poin pembalap ga kena imbas
Nah gitu dong Berani !
Orang Jepang ga mungkin mau tunduk dan harus berbagi rahasia.
Harakiri aja berani, ini cuma point pasti lebih berani.. 🤣
Itu bukan spirit Japanese #papamaincurang
Orang Jepang curang langsung harakiri atau minimal undur diri
Entahlah kalo ini atas rekomen jin jarpis
Btw orang jepang jaman sengoku malah pada curang,main licik dan pengkhianat lho
samurai pulak 😀
Jangan bilang curang bukan spirit japanese. Sejarah mencatat awal mula hiroshima dan nagashima di bom atom berawal dari kecurangan jepang yg menyerang sekutu amerika scra membabi buta pdhal awalny dibilang untuk berdamai. Dristulh amerika murka dan meminta bantuan dri sgla lini yg mereka punya termasuk isr*el (krna serangan membabi buta jepang benar2 membuat mreka krisis sdm dan sda) dan dengan pengetahuan einstein d ciptakanlh bom atom dan luluh lantaklh jepang dan drisinilh pula secercah harapan membuncah dan mampu d manfaatkn oleh para pejuang2 indonesia sampai mampu membawa indonesia merdeka TANPA SYARAT
Merdeka tanpa syarat katanya.. 😂
Trus yg kita bayar ke belanda bertahun2 & baru lunas dekade 90an itu apa..
Belajar lagi sejarah ah..
merdeka tampa syarat.
ijin senyum bangg @[email protected]
@Nagashima All is fair in Love and War
Hmm menarik wak, melihat sanksi hanya ke point tim Y.
apakah pabrikan anggota MSMA lain akan banding untuk menggugat pengurangan point bagi para rider nya pabrikan Y ?
bisa jadi peluru buat Suzuki nih ?
Ducati: “i’m with you suz!!”
Soalnya pembalapnya masih berpeluang juara juga wkwk
Liat karakter orang Jepang, kynya kecil kemungkinan Suzuki mengambil langkah tsb.
Suzuki ga tapi Ducati masih mungkin
Jangan lupa suzi timnya gabungan orang jepun & yurep loh..
Klo ga diganti maka ga bs balapan di jerez, yg mending ganti. Yg jadi pertanyaan, kan mesin di segel, ko bisa diganti? Apa ga ada checking after race. Apa apaan ini.
Karungin aja komen @giomojip113 bikin enek liatnya
Yamaha belajar sama Akmal Riadi, bongkar barang tanpa merusak segel 😂
Kata “Alibi” lagi…ap si artinya alibi emang?
Pada seneng pake kata alibi tapi kok ga pas gitu…kaya g pernah baca conan ini…🤣
Gak nyangka aja sekelas motogp masih cheating, apa dipikir gak bakal ketahuan ya? Apa begitu hausnya akan gelar shg melupakan sportivitas? Jd inget kata CS27 ke seorang pembalap “ambisimu melebihi kemampuanmu” (klo gak salah)
gak pembalapnya, gak tim nya, sama sama kyak gitu wkwk
Racing, everything can be happening
It is called cheating only when you get caught……
@AIM-1N AGREE! 😌
“o o kamu ketahuan….”🎶
yep, udah hal wajar tiap tahun insinyur2 tim di balapan prototype begini memang selalu “nyari celah” dari buku kuning penyelenggara buat ngebangun motor/mobilnya…
kalo kedapetan apes ya begini, kyk Mclaren 2007, Ferrari tahun kemarin, Yamaha sekarang…. 😂
Tapi brawn 2009 berhasil.
Logika sih seharusnya poin pembalapnya jg kena sunat. Kan kontribusi poin tim ya berasal dr pembalap. Justru aneh klo poin pembalapnya gak ada pengurangan
siapa dalang dibalik kejadian ini ?
Sptnya bukan dr kalangan jepun yg biasa sngt mnjunjung tinggi kehormatan… mgkin ada bisikan Jin…🤣
Jin jarpis wkwkwk maybe..,makin lebat uban doi saking stresnya dengan perform motor makin melorot
Klo utk rider mending sanksi start di pit saat race nanti di valencia. Sanksi ringan ini aja sudah sebuah pukulan berat. Klo pengurangan point rider saat race jerez, jangan lah. Terlalu berat. Kasihan.
Kok kasian. Itu udh resiko suatu tim. Berani cheating ya semua harus kena ga terkecuali para ridernya.
Kalo ga ditegasin gini, mereka ga akan jera. Dan bukan mustahil kejadian yg sama akan terulang
Itu karena kejadian sudah berlalu..jadi agak sulit menentukan hukuman untuk pembalap,ada alibi pembalap tidak tahu menahu dengan keadaan yg sebenarnya,tp kasus tekanan ban FQ di moto2 semua dianulir pembalap+tim..di f1 beberapa kasus kecurangan langsung larangan tampil 2 race(bar honda di 2004)tp bagi fia,terlalu lembek,harusnya seluruh sisa race tidak boleh tampil seperti tim tyrell 1984…
*Tertawa menggunakan suara Randy krummanacher 🤭
Pasti sadar lah kalo ada perubahan dimotornya,cuma pada diem diem bae
blok… kalo ngutamain rasa kasian mending sekalian dibolehin aja ganti part nya, kasihan biar bisa kompetitif
semakin di pertegas peraturan semakin meminimalisir kemungkinan di langgar,
Kalo dikit dikit kasian hukuman nantinya bisa tumpul mas bro, aturan sdh ditetapkan dan hukuman juga pasti ga tebang pilih semoga yg salah tetap dihukum
Nanti fby macam dharmodar alias nguno dll bakal komen skenario bin settingan binti konspirasi Dorna
Gak nyangka utk sekelas Yamaha melakukan hal seperti ini, mencoreng nama baik
mungkin argumen dorna pembalap hanya sbg user tidak tau menahu masalah printilan dalam mesin, yg bertanggung jawab yo manajer tim dan enjiner
Ya mungkin (mungkin lho) pembalapnya gk dikasih tau ama tim
*Tertawa menggunakan suara Randy krummanacher 🤭
Pasti sadar lah kalo ada perubahan dimotornya,cuma pada diem diem bae
Jdi inget markewes kene black flag gra2 kesalahan timnya..hahaha
Setelah baca2 komen diatas ya ada baiknya rider jg kena, biar gk ada celah regulasi
Harusnya ada pengurangan point pembalap juga.. Kan point konstruktor & tim dari pembalap juga.. Think…
Kok kasian. Itu udh resiko suatu tim. Berani cheating ya semua harus kena ga terkecuali para ridernya.
Kalo ga ditegasin gini, mereka ga akan jera. Dan bukan mustahil kejadian yg sama akan terulang
benar sekali kakanda
Eike dukung jg…😏
Setuju sekali, Yamaha gini amat poor you!
Positif thinking aja knpa poin pembalap gk kena sunat, mereka gk dikasih tau ama pabrikan ttg penggantian part, jd mereka gk bersalah walau mereka dpt keuntungan
Hrusnya sih kema sunat jga, fq di moto2 dulu jga ngak tau klo bannya kurang tekanan dann podiumnya dianulir
Iya bang, setelah baca2 komen di atas harusnya ya kena juga pembalapnya
Ganti Klep Diem2 Adalah Kunci…….
Shock=kunci
Kaget=kunci
Yang jadi pertanyaan pergantiannya kapan?
Apakah menjelang seri valencia?
Kalau menjelang seri valencia point pembalap yg sampai sekarang yg gak di kurangin…
Karena belum.ada pelanggaran..!
Mungkin setelah race valencia ada pengurangan point
JEREZ 1
@qwandar mamposss kau minyak beku
Pemujaan yg berlebihan itu tidak sehat
#PatrickStar
baca dulu baru komen bro,
@qwandar Putusan udah jatuh, kenapa lu masih masalahin kelp diganti setelah race sih?
Kalo diganti setelah race ya berarti semua poin pasca seri Jerez 1&2 yg dihapus lah.
Emang dapet apaan sih lu dr Yamaha bela mati2an banget?!
Baca beritanya dengan seksama, cerna pake logika, kalo udah paham soal apa yg terjadi ya udah DIAM.
Wkwkwk.
Jerez 1 mesin Rossi meleduk, Jerez 2 mesin Morbidelli meleduk. Dua2nya akibat masalah yg sama (kata Yamaha).
Kenapa ada yg ngotot (tapi alibinya bertanya) klep diganti setelah Jerez 1 doang?
Sabar om, selow ae hahaha
Nah lo nah lo
Diomelin kan 🤣
Sekalian panggil ortu nya mas
Kebiasaan emang
Tidak heran waktu itu Yamaha tidak bisa memberikan Technical Service Report Valve Premature failure dengan alasan kesibukan team teknisi Yamaha kata Lin Jarwis.
Jadi sebenarnya mereka sudah memiliki data dari R&D bahwa Valve yang sudah dihomologasikan tidak akan kuat menerima panas berlebih di putaran tinggi dan cuaca extrem Jerez waktu race.
Dan kemudian mereka tetap menggunakan Valve yang sudah dihomologasikan dengan mengurangi 500 RPM untuk race selanjutnya, dan kemudian di Aragon kemarin kalah dari M1 MY2019.
Yang jelas mereka melakukan tindakan ilegal dan curang.
wkwkw
mampus lu kena semprot 😅
kesabaran bro nug abis coy
Klep dan klep..
Xixixixi sembah terus ya wan pujaan ente.. xD
@qwandar mamposss kau minyak beku
Pemujaan yg berlebihan itu tidak sehat
#PatrickStar
@qwandar otak lu bisa juga nangkap ?!.. bukannya otak lu tu digunain buat nyerang personal diblog ini?
@qwandar mau sesudah atw sebelum yg namanya curang yah tetep ajah curang mas
Apakah qwandar sama mbah darmo akan mengajukan banding?
Tidak, karena menurut mereka ini settingan
Bagi mereka Dorna selalu mendukung sang perontok tulang
qwandar saat ini sedang bersiap2 untuk membuat nick baru karena sudah kepalang malu 😂😂😂
Padahal biasanya hampir tiap komen dia reply,gw ampe muak kalo liat kolom komen 😂
Rencananya mereka akan kumpul disatu titik point untuk melakukan petisi aksi pengggalangan 1jt tanda tangan dan melakukan aksi long march jalan mundur ke kantor FIM Motogp Stewards untuk menolak & mencabut hukuman tersebut..
Heaaa…
Setelah puig cabang indo kini hadir jarvis cabang indo yg bermarkas di kolom komentar 😂
Mir jurdun…
Hampir pasti, apalagi kalo poin hasil jerez nya quarto dianulir. Jadi kurang seru sebenernya.
Point rider g dikurangi, masih ad kemungkinan buat FQ20, FM21, MV12
Yang gw penasaran kenapa bisa ketauan. Apakah team lain ada yang ngaduin atau ada pemerikasaan mesin, tapi kalo emang ada pemeriksaan mesin, kok Yamaha berani curang karna bakal ketahuan kalo mesin diperiksa. Masih bingung.
Biasanya investigasi dilakukan berdasarkan hasil evaluasi. Ada kemungkinan steward recheck mesin 1 dan 2 yg digunakan di jerez berdasarkan hasil evaluasi internal mereka, seandainya tidak ada tim lain yg ngaduin 😅
Maennya hebat maennya diam diam
lawan motor perontok tulang smpe curang gni.. ktnya motor ternyaman.. mamam deh tuh hasil kecurangan mu..
Haduh parah ini mah skandal ngt, memalukan sekelas pabrikan kaya gini,jangan2 konsumen juga dibohongi?? Kalo saja yamaha bilang2ngantinya, start dari pitstop dsb, lalu gagal jurdun setidaknya kalah dngn kesatria,la ini? Duh tepok jidat
Akan jadi sejarah tertulis nantinya kalo yamama….
yamehek emang suka gitu
Wah wah “Valve Gate” . Mungkin musim ini kena pinalti tapi musim depan dengan Valve yang sudah baru bisa dapat lagi 500 atau 1000 RPM lebih…
Kenapa takut membuka mesin di depan dewan Anggota MSMA rahasia CP thoh di inline S saat ini performa lebih baik
Yakin Sijuki pake crossplane? Durabilitas ama performa beda lumayan jauh ama sebelah kok.
Gw pikir mereka pake teknik offset. Bukan screamer, tapi sudut2 antar crankpin nya lebih dari 90 derajat. Dibantu dengan SR-VVT, top speed bisa saingan ama duketek c
Nah kalau memang Suzuki memiliki cara lain mengoptimalkan In Line untuk menandingi V, jadi ketakutan Y tentang technology Cross Plane Crankshaft kan tidak patut dikhawatirkan..
720° ÷ 4 = 180° dan theori ini adalah pasti dalam mesin 4 tak 4 cylinder baik in line maupun V.. tetap dua piston di TMA dan dua piston di TMB dan tetap hanya satu piston dalam langkah tenaga , satu piston langkah buang, satu piston langkah isap dan satu piston langkah buang… Tidak mungkin dua piston dalam langkah tenaga bersamaan ..
Ngelantur ah
😂 Bukan perkara mainstream bro, tapi hal² kecil untuk optimasi, seperti jalur udara, jalur pendinginan, dll
Itu yang jadi pembeda untuk memenangkan championship
Oh Duct intake and exhaust, bentuk ruang bakar, sudut Valve , diameter Valve head and steam, derajad Cam shaft open untuk in dan Ex, overlapping dan tinggi bukaan Valve..
Kalau detail begini harus menggunakan alat ukur tidak bisa kasat mata..
Nah waktu bedah membedah engine emang boleh engineer yang lain mengukur komponen 2 dengan alat ukur
Saya ndak nyebut soal dua piston dalam langkah tenaga secara bersamaan. Ane cuma bilang (gw pikir = mungkin) teknik offset. Ngelantur apanya, teknik offset bukan teknik sembarangan.
Tapi dua piston dalam langkah tenaga secara bersamaan juga bukan berarti nggak mungkin kalau pake sudut 120°.
Why? It’s prototipe.
Ada banyak hal yang bisa dicoba sama engineering. Sedikit melanggar teori bukan berarti selalu berakhir buruk kan?
Sijuki aja nggak pernah ngaku kalau mereka pake screamer (180°) atau crossplane (90°).
Intinya mereka diam soal ini dan mungkin nanti diungkapkan setelah bertahun2 seperti halnya Hondut yang buka rahasia mesin 5 silinder powerfull minim getaran.
Saya yang ngelantur Broo..
Hehehe
Offset di piston setahu saya adalah posisi lubang pin di piston yang tidak lurus dengan garis tengah diameter piston.
Kalau offset crankshaft saya belum faham, karena setahu saya crankshaft selalu berbentuk exsentrik agar bisa merubah gerakan bolak balik piston menjadi gerak putar dengan bantuan dari connecting rod..
Nah crankshaft in line standar FO 1342 pasti membuat piston Cylinder 1 dan 4 berada di TMA secara bersamaan..juga 2 dan 3 secara bersamaan.
Ada juga FO 1423 dimana piston yang TMA bersamaan nya adalah 1 dan 3, 2 dan 4 ..
Begitu setahuku
@FBS Sejati
Coba baca artikel sebelumnya mas bro di blog sini.
Suzuki pake konfigurasi crossplane juga lho (buat gsx rr)
@fbs sejati.
Suz pake reverse rotating crossplane crankshaft.
Suaranya kan hampir sama “grok grok grok grok”
Cheating goes wrong? Nunggu reaksi Yamaha aj
Tuh kan ternyata, bukannya ngurangin rpm 500 tapi malah ganti Valve kan kenyataannya
qwandar langsung kagak berani keluar kalo begini,pfft
Salah satu huruf waktu masukin email zeyenk 😘
Nih bocah sakit ap sih, nanyain avatar orang mulu….
Biarin aja mas bro aim-1n,dia sedang berusaha pengalihan topik 😆
Saya g pernah salah masukin e-mail (lha wong auto fill) tp katanya avatar juga katanya ganti” (g pernah merhatiin jg)
Saya masih manual,soalnya pake browser opmin 😅
Syaa jg ga merhatiin Avatar situ berubah apa ngga sih,buat apa juga, pengangguran sekali 😆
Lha, takut saya kl ad yg ngefans banget sampe dicariin komen” saya yg dulu.
Sekali lagi, saya g pernah merhatiin avatar saya. Lha wong g ada pilihan buat bikin avatar jg, ngapain dirusuin barang yg g ad, kurang kerjaan banget……
Tetep aj sampe niat nyari kan. Saya kagum dengan dedikasimu terhadap avatar Kisanak
Avatar itu yg punya 4+1 elemen petir itu ya bro AIM-1N?
Terus kl avatar gonta-ganti implikasinya ap???
Wkwkwk, gw aja ganti avatar nih pake foto ngkez, hak orang mau ganti* juga sih, yg aneh ini nick dadakan sekitar bulan kemaren tapi gaya bahasa sama ngelesnya kek akun lama yg telah tiada 😂🤣
Biasakan makan itu yg bergizi pak qwandar,jangan kunyah ubi mulu keliatan sekali ente dungunya
Nah itu bisa ganti avatar. Gimana caranya? Kl bisa ganti, ntar saya mau ganti kaya avatar saya di twitter yang pake tulisan:
“If I’m sarcastic when talking with you it’s either because I like you and feel comfortable teasing you. Or I really hate you and don’t care if you know it.
Good luck figuring out which”
wkwkw qwandar ini udah salah,ad hominem pulak,ngeri ngeri
Ganti di web nya Gravatar,login/sign in pake e-mail yg biasanya dipakai buat comment lalu tinggal ganti imagenya
SiAP………….
@qwandar kebanyakan makan odading mang oleh si minyak beku makanya orangnya ya gini kayak rasa odading
Kalo menurut saya sih apa yg dilakukan itu sudah melakukan pergantian parts mesin termasuk “berat” dan harusnya “besar” juga hukumannya, kalo yang sekarang masih terlalu “ringan”.
Kalo alibi “kan pembalapnya gatau ?”
Di moto2 pernah ada kasus pake oli “ilegal”, perolehan point tim dan pembalap dirace dia pake oli “ilegal” dihapus.
Atau ketika kasus nakagami naik podium di moto2 dan ketauan pake filter udara “ilegal”, langsung dibikin 0 poin pada seri tersebut.
Dari 2 kasus moto2 yg termasuk “ringan” aja hukumannya berat, ini yang “berat” cuma dapat hukuman pengurangan point tim.
Adalagi, dimoto2 gara2 tekanan angin didiskualifikasi
Gpp juara pembalap lebih wangi kok
time line nya agak bikin bingung wak, kl penggantian/pelanggaran trjadi d seri pmbuka knp kemudian ymha mngjukan permohonan penggantian part stelah part diganti? ap memang sprti itu time line nya yak?
Recall berjamaah… Di mulai dari lepel motobiji, siap² ploduk generiknya
Di ajang balap motor prototipe sebenarnya tempat uji coba untuk material, design, ergonomi, aerodinamika, durabilty dan penemuan penemuan baru pabrikan sepeda motor…
Memberikan Technical Service Report ke anggota MSMA dan FIM MotoGp Steward kan tidak ada ruginya. membuka mesin di depan engineer Aprilia, Ducati, Honda, KTM dan Suzuki tidak membuat para engineer ini langsung tahu spesifikasi detail dapur pacu Yamaha
Logika nya ada rada ngaco. Beda dong motor produksi massal sama motor balap. Peruntukannya aja beda. Yang kaya gini nih biasanya beli Vario beli Beat karena di Motobiji menang terus, dipikir kalo motogp bagus terus maticnya juoss gandos.
Hahaha
Logika saya ngacow?
Lha di ajang balap prototipe itu adalah ajang pangujian segala penemuan dalam teknologi sepeda motor..kemudian nanti akan ada beberapa teknologi yang diaplikasikan di sepeda motor produksi masal..
Misalkan Forging piston, anti wear coating di piston dan bukankah iklan salah satu pabrikan berkata dengan DNA MotoGp????
Lah, otakmu bijimana toh. Motor prototipe itu dibangun buat apa? Buat menang kan?
Terus motor produksi emang dibangun to the limit kayak prototipe? Bukannya dibangun untuk awet jangka panjang karena tujuan dibuatnya untuk dipake harian?
Terus kalo ada kesalahan di prototipe bakalan diapply di motor produksi? Maksudnya bunuh diri? Kok gobl** sih?
Bentar ente nih salah ngerti ane reply yang mana ga sih? komen pertama kan ane reply si uzhenk pea’k bukan ente-
Hahahaha…
Saya dapat pointnya, maaf broo.
Jadi kemungkinan berbuat salah itu bisa terjadi dimana saja…di motor produksi masal ataupun prototipe MotoGp…
Dan tidak bisa berkesimpulan bahwa kesalahan yang sama akan terjadi, kesalahan di motor prototipe tidak mungkin diaplikasikan di motor produksi masal…
Lah piye iki udah tau komen mancing malah pada ke
T/Wooosh
komenan apa ini,,
Kok aku mikirnya yamaha japan bakal mecatin semua petinggi yamaha racing motogp ya? Yamaha telah sukses sebelumnya,dan roda itu berputar,kadang juga ada dibawah, tp kalo kaya gini kan memalukan bgt, aku harap yamaha japan mecatin petinggi2 yamaha racing,yang mana menandakan skandal ini adalah kesalahan oknum,bukan mempresentasikan Yamaha Global. Ikhlaskan semua hukuman,jangan pale alibi y malah menambah malu, tataplah masadepan. Bangkitlah Yamaha
Apalagi harga diri orang Jepang dijunjung tinggi sampe ada tradisi harakiri
Mempermalukan nama besar Yamaha sih udah keterlaluan banget sih, siapapun yg bikin keputusan itu dan yg mengeksekusinya
Lin Jarvis keknya in danger, wkwk
Sepertinya bakal begitu.
Padahal budaya orang Japan itu adalah bunuh diri jika malu, gagal melaksanakan tugas saja bunuh diri..
Lha ini bisa dikatakan sengaja berbuat hal yang memalukan…
Siapa ini petinggi Y MotoGp yang akan mengundurkan diri
Bunuh diri bukan budaya
Hmm orang japon biasanya kalo kena skandal mundur dengan sendiri nya. Ini efek tekanan dr taon lalu mungkin. Ketika jin jarvis bilang semua bisa berubah termasuk dirinya.
Menurut saya biar kata ada masukan dari Lin Jarvis tapi kan mesti minta persetujuan dari orang Jepang nya juga..jadi pastilah Jepangnya juga tau
Ahora resulta que los pilotos no nos beneficiamos de las ventajas mecánicas😅 Tela marinera
Yamaha handed penalties, no effect on rider points
Random para todos
Eh,Orang luar asli ya?
WNI mas. Itu cm ngutip twitnya MM93 aja 😅
Well, Irony is the glory of the slaves……
Wak, apakah setelah sanksi ini part motor wajib dikembalikan ke part yg sebelumnya (yg sdh disetujui sebelum awal musim berjalan) ? atw Y ttp bisa pake part baru (yg illegal) itu di race berikutnya ???
Kalau tetap bisa menggunakan parts baru untuk sisa tiga seri dan musim depan, pengorbanan dan skandal Valve gate ini lebih banyak menguntungkan daripada merugikannya…
Seharusnya dikembalikan ke parts lama…
Sekali lacung di ujian seumur hidup tidak dipercaya
Dan nama baik sebuah brand akan tercoreng dalam sejarah MotoGp…
Hall Of Fame Cheating
Terstruktur, terukur dan terencana
IMHO, klo beneran mo pake part baru, mesin dan part baru tersebut harus dibongkar dan disaksikan tim lain…CMIWW
Y mana mau….
Mesin jerez 1 yang RPM tidak disunat ya? Seri awal MotoGP 2020 yang menggunakan engine pengganti setelah ada engine blow up waktu FP… Dan mesin pengganti sudah diganti valvenya? Berarti semenjak belum balapan seri 1 sudah mengetahui bahwa Valve akan bermasalah karena memang sudah mengerti bahwa ada kesalahan dari OEM Valve…atau memang salah R&D ya qwandar
Ngak sesuai yang dihomologasikan di bulan Maret dan bermasalah…
Kemudian digantikan dengan yang dihomologasikan tetapi membuka segel… Wah ini membingungkan.. Kenapa nekad menggunakan Valve yang tidak dihomologasikan di Maret, apakah ujicoba material yang diperkirakan lebih bagus agar performance engine lebih baik tetapi hasilnya gagal kemudian balik menggunakan Valve yang dihomologasikan?
Jika begitu team ini memang tidak ingin fair play dari awal…
Yakin yg diganti cuma engine 1?
bisa pakai alasan manjur buat mbeyek jk gagal juara 2020
Sekelas yamaha curang? Sungguh penurunan kualitas team dan pabrikan. Ini akan jadi sejarah dimana nama baik akan tercoreng dengan adanya kecurangan ini. Ada yang salah dengan manajemen team balap ini
Sekarang keliatan siapa yang sok bijak di kolom komen ini, wkwkwk.
Gw paham siapa orang yg ente maksud,yg komennya kadang suka play victim itu kan..?!
nah…nah… Suzuki puasa gelar 20 tahun, tapi ngga gitu juga kaleee
AHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHLawak kau bos.
Wuahh.. Ini kalo pun jurdun, akan jadi kemenangan yg ternoda. Valve gate akan dikenang dalam sejarah motogp.
Klo suzuki yang juara mlh di bully jg sm fans sana,,,, kecurangan mlh jd alibi dan parahnya ktanya juara sedekah… duhhh
Agak Lucu sih. sebelumnya Yamaha Pernah Puasa Podium Selama 2 tahun ! Dan Mereka Gak Ngelakuin Apa2 . Sekarang Dengan Musim Yg Cukup Singkat Mereka Malah Mbongkar mesin Segelan ! Gila Ajh lu bisa Puasa 2 tahun Tpi Gak Tahan buat Musim Yg singkat Ini ? Kukut ajh Tuh tim MotoGP.
@Gev
udah ngeluarin semua potensi tapi yang di lawan alien yg hampir balance semua lini, bos…
eh ndlalah, aliennya masih punya celah, kalah nglawan diri sendiri, “khawatir gegara jadwal seri kejuaraan makin dikit, pingin ngegas dari awal malah kebacut over push” 🤣
gak ada lawan alien, ya ngegas lah segala cara biar dapet gelar sebelum alien comeback…
yes. gelar jurdun yg ternoda. jadi tim yg akan dikenang menang kejuaraan dgn bermain curang.
eh jadi nyasar komennya
Dalam sejarah, pertarungan yamaha vs suzuki
Yamaha belum pernah bisa mengalahkan suzuki
Nah yang meleduk itu mesin Valve yang tidak dihomologasikan atau yang sudah dihomologasikan?
R&D Yamaha bisa memprediksi bahwa Valve yang dihomologasikan akan bermasalah di cuaca extrim Jerez dan meleduk kemudian mereka ganti dan hasilnya RPM bisa menggapai puncak begitu juga performance sehingga podium 1, 2 dan 3, berarti ini “direncanakan” dan memang sudah ada Valve dengan material lebih baik… Tapi tidak dipasangkan ke mesin untuk seri seri selanjutnya… Kemudian beralasan bahwa mesin yang lain aman dengan menyunat RPM 500 an padahal memang Valve yang dihomologasikan tidak kuat untuk menggapai RPM setinggi Jerez.. wah ini Valve Gate skandal benar
Sudah ah nanti dikarungi lagi..
Yang jelas ini ada rencana berbuat curang
Mesin yg meleduk itu mesin yg tidak dihomologasikan?
Waduh? jadi turun balap motojibi pake mesin yang ngga dihomologasikan?
ko kacau gini jadinya..
Brati lebih bejat lagii… balap motogp pakai mesin yg tidak didaftarkan… ancuurr team ini..parah kl betul gtu…
Oh brarti Jadi selama jadi papan Atas Klasemen Karena Curang gak papa . 🤐 Ok
Mau ketawa ngakak takut di musuhi 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣
Skrg aja bilang kebangetan.. lah mesin bermasalah!! Tingkat kepedeanmu keliatan menurun dibanding bct lu kemarin2 wkwkwkwk
Gw pernah bekerja di prusahan besar, orang macam qwandar aka jelantah ini memang dibutuhkan dan dipelihara agar sebuah prusahaan tetap seimbang dalam artian terdapat 2 kubu sekalipun salah satu kubu itu minoritas, kaum nyebelin ini di bentuk dan dipelihara agar tidak terjadinya / menghindarkan korupi berjamaah di masa depan, coba bayangkan jika si qwandar aka jelantah sounberrr, mbah darmo dll ini ga ada pasti disini akan membentuk 1 kubu besar “F*H” yg akan merusak citra TMCblog, ketika Tmcblog gagal pelihara kaum denial maka TMCblog bjkan lagi blog independen tpi akan berubah jdi FBHblog…
Jujur aja emang emang ngeselin bener dah si qwandar ini
Jangan di hapus ya mas nugie
Ini cuma analisa saya 😁😁
@Qhandar Yang dipelihara tuh orang2 yg komentarnya kasih input positif kepada yg lain. Kalo ada yg nyeleneh tinggal tunggu aja tanggal mainnya buat menghilang. Cuma perlu satu klik, komentarnya dari awal blog ini ada juga terdeteksi dan abrakadabra. 🤪
@nug
Ahh masak ?? Saya perhatikan komen qwandar kebanyakan jauh dari komen positif ato membangun bahkan ngalor ngidul ngga karuan terkadang provokasi dan terkesan berisik..knapa ngga ada satupun di yang karungi..
Malah kadang ada yang membalas komentar qwandar yang dikarungin itu namanya kurang demokrasi xixixixixiiii..
Komen ane ini pasti juga dikarungi
@Danu coba itung berapa komentar dia yg masih ada. Dibanding hampir seribu komen dia yg gue hapus setelah dia tulis dan kalian baca. Sampeyan gak tau kan? 😌
jadi aslinya qwandar itu ngeflood koment wkakakaka
kebuka lagi dah dia
Tapi jujur nih kadang kalo komen “bener” itu susah. Padahal kan pengen diskusi kaya komen komen yg dulu dulu gitu loh. Tapi pas coba komen gagal lagi gagal lagi, sampe pernah jajal bikin “nick baru” buat ngerusuh eh lolos wkwk
Waduh, kok saya semalem pas pertama baca langsung kepikiran triple crown suzi ya. Tapi, ya semoga deh walau hujan bisa perform mir.
Pemufakatan Jahat Secara Bersama-sama Demi Menguntungkan Sendiri,Team Dan Korporasi .
Sebenernya Kalo Hukumannya Cuman Pengurangan Poin kok ya Ringan Banget. Pelanggaran Regulasi Yg cukup serius loh ini.
Mau ketawa takut ada yg baper 🤣🤣 yamaha lagi hilang arah, mending tau arah meski gak juara tp tetep terhormat macam musim2 sebelumnya, skrg macam uda gak punya core, kena sanksi dan bakal gak juara dunia pula duh duh duh 🤣🤣
Jadi ini keknya buah panik Yahaha..baru awal seri awal musim mesin bermasalah, Jerez 1 mreka panik buka mesin lain dan akhirnya ternyata culas juga..
Ada 2 kemungkinan:
– rule pengurangan poin ini abu2, makanya Y mau coba2 berkelit kaya D yg manfaatin rules abu2 utk modif, ini kelasnya penjahat bodoh
– rulenya jelas tp Y kepedean ga ketangkep, ini lebih bodoh lagi
Kalo pembalap yakin juga pasti tau..coba, percakapan Lin n Vin mungkib kaya gini waktu Jerez 1:
Vin: “lek, piye iki aku kudu alon2?”
Lin: “gaspoll ae aman, koyo tagline iklan”
Vin: “lek mbledos yo opo?”
Lin: “aman, valve wes tak ganti”
Vin: “gak ketemon ta..yo opo iku engko”
Lin: “pokoe aman”
Ridiculous level is everywhere inside Y, including its fanboys.
Tapi bner kata bro AIM-1N dan bebrapa bro di atas, Suz terlalu gentleman utk ngadu atau membuat kasus kaya beginian..
tpi klo di penutupan y juara ya mngkin suzi jg g bkl tnggal diam.
klo utk sekarang bwt suzi mngkin lbh baik bertarung secara normal2 sj biar urusan sprti itu mereka sj yg urusi
Hai Penonton, silahkan ribut.
memalukan sekali Valve Gate ini.. tim motobiji sekelas Yahaha? dengan sadar mengganti part secara ilegal.. Dorna kecolongan, kejuaraan dunia motogp pun tercoreng karena tindakan curang ini.. seluruh entitas motogp akan kena imbasnya..
MEMALUKAN!!
mestinya poin pembalap dikurangi jg, biar bagaimanapun mereka ikut menikmati keuntungan dari kecurangan ini.. toh mereka membalap dengan membawa2 nama tim..
last, Marc Marquez udah absen nyaris seluruh seri tp rider Yahaha gak bisa memaksimalkan keuntungan dari itu..
HAHAHA..
Lah ini hibah dari y buat s, bang
Sepemikiran bro.
Memalukan!!!
Yamaha tau hukumannya cuma point konstruktor, point rider tidak.
Jadi rider tetep punya kans jurdun.
Smart juga yamaha.
Tapi yg harusnya clean sheet dapat 4 gelar malah cuma dapat 2 doang dong, kerugian yg cukup besar juga,apalagi brand image juga tercoreng
Kasih tau Aprilia suruh pasang turbo di motornya siapa tau menang, kan yang dikurangin cuma poin team dan konstruktor. 🤣🤣🤣
plus “advantage” untuk “pengembangan mesin” musim 2021, kalo misal hukumannya tidak pengaruh ke kejuaraan musim depan…
padahal MSMA-Dorna udah sepakat menghomologasi dan membekukan mesin sebelum race pertama 2020 (karena Covid)
ekekeek
skemario durno sukses
dah ikhlas saja Y …
efek orange baceman yg lagi down
tau kah spanyol tempat lahirnya siapa ??
haha
Harusnya semua poin tim juga dianulir dong biar tim kunyit teratas,biar tim kunyit jadi teratas
Nanggung kalo cuma satu tim doang,gak berefek apa apa buat tim kunyit tetep buncit juga 😁
Mbah, bisa dibuat artikelnya mengenai indikasi konstipasi durna dari awal sampai akhir musim ini, kasih bukti ya
konstipasi ? Sembelit
peraih P1 terbanyak
poin tim terbanyak
poin konstruktor terbanyak
kandidat terkuat
semua lenyap kena Skemario spanish
hahaha
Dharmo palsu: Lu playing victim tiap gue hapus komentar lu yg gak jelas. Kenapa gak komentar di tempat lu seharusnya di akun2 instagram fans motojipi yg males mikir cuma teriak konspirasi terus itu?
Di sana lah tempat mu yang seharusnya wahai mbah sepuh yang agung, lebih homogen dibandingkan kolom di sini.
Jadi lu gak terus merasa ‘dizalimi’ sama admin yang kata lu yang berdarah orange ini 🤭
Haha, jelas2 mas nugie B.Y lohh haha
Gmna kabarnya si burhan mas nug 🤣😂🤣
Loh, gue gak pernah punya burhan seumur2. 🤣
Jupe 2011 itu
Om Nugi mah MX king racing ya kalo gak salah eheh
Wooowe…koment ane dihpus lagi…..kenapa ini
Woy Paijo, komentar yg mana? Di spam gak ada. Coba ketik lagi!
Wkwkw darah orange,itu darah apa minute maid pulpy orange? 😂
ada bulir jeruknya gak om Nug?
Ms bro. Komen ane ko dihapus trs.. padahal g ada rasisme di komen2 ane
darmo palsu ? 🤣
bolehlah lihat yg asli …
dari zaman batu cuma email ini yg membawa lahirnya darmo …
bahkan sebelum sampean ikut team TMC juga email ini udah lahir …
hadehh ..
@Dharmo palsu Yang asli bisa sampeyan cek sendiri di imotorium.com .. Kecuali lu emang beneran Adit (tapi gue sih gak yakin). 😌
Kalo ga salah orangnya emang sdh pensiun ngebait di blog blog,fokus ke dunia bus bus
Iya ini bukan Dharmo yg lucu ini Dharmo yg playing victim
Kagak ada lucu” nya bahasa nya
Bahhh sependapat kita om Nug, komen si Dharmo belakangan gak asik banget, udah gw tebak ini bukan Dharmo asli melainkan klonengan si itu tuhh wkwkwk
Jadi inget siapa tuh yang suka ngebait2 di blog ternyata anak bus toh sekarang, yang suka duet2 ama ytber bus elit itu toh.
ini dulu dharmo yg kena semprot om leopold di bloggnya bukan sih?yg udah di ingetin eh masih di terusin?pas awal awal r25 launching?
Sepertinya hati darmo terguncang setelah sebelumnya dia percaya kontrasepsi ban ghoib, ternyata malah yg terbukti valve ghoib
Kembalikan mbah darmo yang dulu
Coba tulis trs ah….dh beberapa kali ini….
Avatar nick ganti….tp nama g ganti…gagal paham ane
Someone will be told to commit Sudoku tonight.
Lah kok sudoku, seppuku om wkwkwk
Bukkake kali!😂😂
Vngsat bukake, penggemar web warna biru ini pasti 😂
Dicrotin oli bekas race rame”??
2020 emang musim yang spesial
Banyak drama dimana mana, what’s next?
Akan kah final racenya akan jauh lebih epic?
*beethoven symphony no. 7 playing in the background
Queendom playing in background
Good boy, sekarang saatnya ikuti tarian ku
Nope. That’s not Kagayaki
*Doing cartwheel and backflip with Miracle Wave playing in background.
Moonlight sonata 3rd movement cover by cole rolland
Ekspektasi penonton kayak saya mengenai mesin 1 dan 2 itu buat jurus pamungkas!
Makanya gak di keep aja.
Gataunya di keep karena udah ada sesuatu yg diganti.
Darno mungkin curiga juga kali tuh. Investigasi, malah nemu part ghaib!
*makanya di keep aja
(untuk pamungkas)
Endingya jelas musim ini si lin jarvis akan dilengserkan yamaha…
dia pasti yg akan disalahkan oleh Yamaha corp japan
klo jarvis dipecat, malah bs jadi rejeki buat tim lain, misal suzuki yg bs rkrut dia sbgai informan No.1 yg ngerti seluk beluk pengembangan M1..
siapa sih yg gak pingin duit hanya modal omong doang… apalagi klo sakit hati pasti akan lebih plong informasinya..
* Just free opinion
IMO, Brivio aj udah cukup buat Suzuki. Arah developmentnya jelas. Cuman miskin sponsor aj
You were recruited for what value you’re able to brought. Nothing to be ashamed off….
Sama kaya Yamaha nyari informasi internal honda dari Burgess………
ini bro aimin kalo ngomong sama qwandar dapet mulu kartu as nya deh,di matiin terus omongganya
ibarat duel di yu gi oh satu deck kartu isinya blue eyes semua wkwkw
Di dunia profesional sepertinya tidak ada masalah, kecuali masih di y kok ngasih bocoran ke s, baru itu masalah
Kn kalau masuknkerja emang dicari yang berpengalaman, dan buat apa pengalaman kalo gak di “pake”
Gw kira salah baca judul, sekelas yamaha lo ini, bukan pabrikan kemaren sore di motoGP, pake acara klep ghoib segala, good luck deh buat kedepannya
Astagadragon, sebuah kejutan besar
Tuh kan ada yg punya konklusi yg sama
Yg dibahas apa?malah melenceng kemana2,kagak beres emang tuh anak,dibayar berapa coba sampe kayak segitunya 😂
@wuhan
Gw aja juga udh males nanggepin dia setelah tau kualitasnya pas debat, bukannya nunjukin data malah ngelantur oot kagak jelas merembet kemana-mana
Trial and Error adalah sering kami lakukan dalam trouble shooting alat berat..
Trial and Error juga kadang dilakukan ketika melakukan modifikasi di alat berat, misalkan menggunakan hydraulic pump brand oem unit X ke unit Y meskipun sudah mengerti spesifikasi, design and function dari hydraulic pump oem unit X dan hampir sama dengan hydraulic pump oem unit Y.
Sebagai engineer kami memahami semua resiko nya…
Dalam hal menggunakan komponen yang lebih baik qualitas nya jelas bertujuan untuk meningkatkan performance, masa pakai dan ketersedian unit untuk beroperasi..
Jadi apa yang dilakukan oleh team teknis Y MotoGp adalah jelas untuk menggapai kemenangan dengan meningkatkan qualitas komponen untuk meningkatkan performance motor…
Dan inilah yang dihukum oleh FIM Appeal Stewards.. karena ada peraturan yang dilanggar oleh team Y MotoGp.
Om Joni brani ga ya bahas ini di t7,ntar pas race nya…🤔🤔🤔
Harusnya sih,karena pasti udah dibahas kemana2 apalagi udah dipublish MotoGP,com
Kalo gak ya kredibilitasnya dipertanyakan, walaupun gak pernah muncul dan nanyain langsung di press conference kayak tmcblog
takutnya ntar ada yg kesinggung bro…
menarik sih ini..berkelit apa itu dia ya JLo wkwk
ga bakal berani si joni itu,mau di akun youtubenya juga ga mungkin,dia udah jd fan yamaha akut, apalagi di acara yg ngadain si yamaha
Bukannya joni itu qwandar? Yah ga mungkin lah 😃
silahkan babang tampan Qwandar sbg juru bicara yamaha,di persilahkan pembelaannya 😆
Buset dah rame aja 😂😂
Bukan aja image Yamaha aja yg tercoreng, kalo misalnya pembalapnya tau skandal ini bisa dipertanyakan juga integritas mereka. Mungkin yg ada di kepala pembalap dan tim lain sekarang “ah lw menang pake cheat”…
Gak bisa ini konstipasi ini namanya 😂
berarti kalo pake mesin jerez kemungkinan itu Y ada didepan terus
tapi sayangnya uda keburu segel wkwkwkwkwkwk
ayo S buru mumpung Y banyak masalah ni. kau bisa jurdun
Emang saya kenapa?
Ya, terus kenapa? Implikasinya ap?
saya rasa ini berita yang sangat mengagetkan.bgmna tidak,,kejadian ini terungkap smpai di akhir2 race.
dulu kasus suzuki ketika ian slh pilih mesin juga g smpai ngambil jln pintas sprti ini.mmang bnr sich kasusnya beda tp jk tidak di ambil tindakan yg tegas dan adil mka akan berdampak pd nma besar dorna khususnya fim stewards.
sgt sk klo dh mncul artikel sprti ini menarik sekali utk di bahas
Lagian gw emang salah masukin alamat, kecuali emang gw sengaja terus gw salah gunain buat keluarin kata kata kotor dr semua tong sampah,terus mengandung rasisme atau menyinggung agama/kepercayaan,itu baru lu bully gw ampe nambah nambah juga gw terima kalo emang salah
Kenapa baru skrg investigasinya?
kenapa gk dr kemaren” Ckckckckc.
ini sih jadinya kyk mau BANTU SUZUKI
Oh brarti Curang Ganti Part yg Disegel Gpp yg penting gak Ketauan ?
Investigasi udah lama, ini menjawab pertanyaan selama ini kenapa mesin 1 dan 2 ga pernah dipakai lagi? Cmn di jerez doang, ternyata mesinx ditahan sama tim steward untuk diinvestigasi, baru diumumkan setelah clear investigasinya.
Suzuki kaga perlu bantuan.. nyatanya mir bisa ambil alih klasemen sendiri
Ini klo ridernya gak di kurangi apa gak di pertanyakan kredibilitas Dorna motogp?
Celah regulasi yg smua team bisa terapkan di kemudian hari kalo gini mah.
Jauh lebih kesatria aprillia cuma papan bawah gak pake curang curang gini.
Kokyo masih di protect juga sama dorna klo pemotongan point cuma team sama konstruktor, masih mau bantuin yahaha jurdun tahun ini,hadeh.
Aprillia smpet ganti part juga tuh..apa ya lupa, tp dia ijin dan dibolrhin sma MSMA, sah..
Ya makudnya ganti partnya kan legal ngab,bukan model gini.
Aprillia sudah mengajukan penggantian part dan siap bongkar mesin di hadapan teknisi kompetitor.
Krna mereka sadar pembalab developer mereka tidak ada,cuma hal tersebut yg bisa di gunakan
aprilia masuk grup konsesi jadi boleh pengembangan selama musim berjalan, klo mau oprek atau ganti part mesin ya boleh2 sj
Lah matteo pernah bilang ” ini motor sangat sempurna” saking sempurnanya sampe melakukan kesalahan konyol berupa curang alias cari jalan pintas dengan diam2..
Si joni sama si lusi mungkin jg malu nih,sponsor motogp t7 melakukan kecurangan bisa jadi ngak konsen nih depan kamera hari ahad besok…
Kira 2 masuknpembahasan mereka gak ya? Penasaran juga nih
Masukpun mereka pasti hati2 ngomongnya biar ngak salah tanggap,dan menyinggung sponsor mereka,yg ada ntar cabut mereka dari t7,saya rasa mereka hanya bahas point dicut sekian,dan buat pabrikan lain jangan ditiru.. udah mungkin ngomong gt doank..
Y cabut , H siap koq ane yakin..
Motogp di indonesia ini laku bgt buat cuan jualan motor…
Misal S jurdun, pastinya bakal ad iklann besar2an …
Shame on you YAMAHA
Brarti isu pengurangan limit rpm ga bener donk klo kek gini..
Dan klo kemarin2 stragel bukan krn mesin dilimit
Xiixixxi
yamaha ngasi teladan yang gak bener
sekelas motojipi lho ini
harusnya championship rider juga kena potong
ramenya jagat permotogpan,,,,
Wah wah.. saya pendukung Ecstar, tapi juga menyayangkan drama Yamaha ini. Yowis, apa yg dituai, itu yg dipetik.
….”apa yg dituai, itu yg dipetik”…..
bingung peribahasa ini
Mungkin dia pelawak pak..
Berarti pertanyaan kenapa mesin nomor 1 dan 2 ga dipakai lagi dan juga ga dikeluarkan, apakah ini jawabannya?
Yg katanya Senjata Rahasia Itu ?
Kalo sdh d ganti apakah musim dpn tetap pake valve yg sdh d ganti,mengingat musim dpn akan menggunakan mesin yg sama digunakan saat ini??
Atau memang ini jalan terjal yg ditempuh yamaha drpd membongkar mesin d depan kompetitor?? Guna strategi musim dpn??
Saben bengi aku..ga iso turu..ga iso turu..
Mikiri valve ku..
Bikin lagu yok..wkwkkw
buset panjang amat ini kolom komentar. eniwei, is this hte beginning of the end for Y?
Weleh² bukan pabrikan kemarin sore loh, ,bisa bisanya mencemari olahraga kek gini,
So pasti sudah dipikirkan si sama mereka, ah paling point berkurang ga banyak masi bisa ketutup sampai seri terakhir.
Mkanya langsung OTW ganti parti yang sempet tertunda, cerdas tapi ga sportif
Check pistonnya..manatau offiside juga hehehe
2022 yamaha cabut nih, ngambek ama dorna
“Juga” sama ama sampean ya?
37 Point berasal dari Jerez 1 dan Styria :
25 point disumbang F1/4
11 Point disumbang Morbidelli di jerez 1
Dan 1 pointnya disumbang Morbidelli saat P15 di Styria karna menggunakan mesin yg sama.
oke fix sya ketinggalan brita..
kalo udh ganti brati gda sunat RPM kan..
tpi koq mongtornya..
hmm.. weleh2 :v
Ini preseden yang sangat buruk untuk kedepannya, pabrikan akan melakukan segala cara curang yg available, HANYA UNTUK MEMENANGKAN PEMBALAPNYA MENJADI JUARA DUNIA, persetan, periblis, perdedemit dan pergondoruwo jika point constructor dikurang 1000 point sekalipun…
Ketinggalan berita wak
Bingung sama beberapa hal
1. kok kena pengurangan dr jerez…(spekulasi si) brarti logikanya di jerez kan dipake udah ya part nya…
Tp kok mesin rossi mledug pas race? Ap punya rossi g diganti juga?
Jd g paham alur cerita nya, pas race minggu mledug, pabrikan bingung, trs ganti part…tp ganti part bisa sebelum race 😅
2. Mesin yg defect tu yg punya morbi juga…jd g cuma mesin 2020? Atau morbi mesin 2020 tp spek B? Lupa soalnya tentang ini…tp jadi bingung alur lagi…udah ganti di jerez 1, morbi mledug di jerez 2…
3. Mesin segel tu bisa sembarang buka ya wak? Jd ap gunanya segel kalo gampang…atau minimal harusnya ad pengecekan secara periodik gitu…sekelas ajang motogp loh…masa kaya level verifikator ecek2
Buat nugie…colekin kang topik jawabin pertanyaan atas kebingunganku ya…telat nanya mangap baru buka trs baca komen banyak bener
Trims jawabannya…
1. ya di perkirakan Jerez
2. mengenai Apakah Morbi juga kena, tidak diketahui secara pasti, mungkin maksimal MSMA malah yang tahu
3. Segel bukan artinya tidak bisa dibongkar, tapi memang membingungkan soal Segel ini karena nggak mungkin Yamaha Bisa mengganti dengan Segel yang sama
Mau tanya dong, yoga hokya kemana ya..? Pengen denger kata kata bijaknya
NGERAKEUN memalukan