TMCBLOG.com – Honda Rebel CMX500 dengan mesin twin 500cc sudah hadir semenjak pada tahun 2017. Produk ini memberikan tampilan unik pada gaya keren yang menggabungkan tradisi ‘bobber’ dengan ide-ide baru yang inovatif. Menarik, menyenangkan untuk dikendarai, dan mudah untuk dinikmati, ia menemukan tempat di hati banyak pengendara di seluruh dunia. Tahun 2019 telah hadir update generasi kedua dan sekarang untuk tahun 2021, CMX500 Rebel memiliki saudara kandung yang lebih besar dan lebih berani: Honda CMX1100 Rebel.

Dengan mengambil esensi dari Rebel 500 dengan menambahkan lebih banyak power, lebih banyak karakter dan kekayaan teknologi paling canggih dari Honda, Rebel 1100 menawarkan berbagai peningkatan untuk biker yang mencari sesuatu yang sedikit berbeda.

Rebel 1100 telah dirancang, dengan sengaja, sebagai sepeda motor dengan kepribadian ganda, sama-sama siap untuk Cruising santai yang santai dan tentunya siap untuk menghadirkan ‘ledakan’ power dari mesin yang mengasyikkan setiap kali bertemu jalan yang berkelok-kelok.

Sebagai sebuah boober, ergonomi yang friendly terutama dalam hal ketinggian jok tetap dipertahankan. Tinggi jok 700mm dan berat basah 223kg dengan sasis rangka baja tubular yang kaku, garpu depan (front fork) bergaya cartridge 43 mm, peredam kejut belakang dengan piggyback sub-tank, dan rem depan empat piston yang dipasang secara radial adalah beberapa peningkatan Rebel 1100 jika dibandingkan Rebel 500.

Biker akan menikmati saat mengeksplorasi karakter dan performa yang ditawarkan oleh mesin 1.084cc, paralel twin-silinder (berasal dari CRF1100L Africa Twin) yang dapat menghasilkan power maksimum 64kW dan torsi maksimum 98Nm. Mesin ini dipilih salah satunya karena memang sesuai dengan karakter Rebel dimana menonjolkan powerband pada RPM bawah sampai mid-range yang sangat kuat. Satu lagi, note dan tone knalpot dari mesin twin CRF1100L dipastikan akan menghadirkan suara bobber yang jauh lebih sangat berkarakter.

Bodywork Honda Rebel 1100 secara garis besar tetap dihadirkan dengan gaya minimalis. Spatbor dengan bahan baja di depan dan di belakang hadir di atas ban dengan dimensi yang ‘gemuk’; lampu depan melingkar memadukan tampilan jadul dengan lampu kekinian model LED; tampilan instrumen LCD negatif yang bulat. Bantalan kursi belakang juga mudah dilepas dengan cepat.

Dari sisi elektronik terdapat sejumlah fitur mutakhir: manajemen Throttle By Wire (TBW) yang menambahkan 3 mode berkendara default ditambah opsi ke-empat yang dapat disesuaikan pengguna, 3 level Honda Selectable Torque Control (HSTC), wheelie control, cruise control dan pilihan Transmisi Dual Cutch khas Honda yang dibenamkan pada gearbox enam percepatan.

21YM CMX1100 REBEL

Kombinasi khusus antara tampilan klasik dan teknologi paling modern ini berarti CMX1100 Rebel baru menawarkan sesuatu yang unik dan menyegarkan untuk pasar di mana inovasi asli sulit didapat.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

27 COMMENTS

      • Iya bro, mengerikan sih , apalagi rebel 250/300/500 bahkan ada batasan beban maximum untuk jok belakang (sub frame)

        Guest
        • mungkin tahu bakal di bongkar habis sama modifikator nyisahin mainframe sama mesin doang(bahkan kadang mainframe jg diganti) kayak kickass Chopper yg biasanya tayang di Net.
          😆

          Guest
    • pabrikan sebesar Honda dan udah lama main di MOGE ga sebego itu kayak pemikiran lu.. desain rangka boleh sama, tpi ketebalan/ bahan dan kekuatan rangka sudah pasti beda lah, apalagi disesuaikan karakter mesin..

      coba aja lu beli rebel 500… lu beli juga rebel 250,, lu kira rangkanya sama??? PNP? ya kagak lah. apalagi ini 1100cc,, segitu besarnya mesin di masukin ke rangka dgn dimensi 500cc?? gila aja lu

      Guest
  1. Lumayan lah, powernya ± 10 hp diatas triumph bobber 1200, torsi kalah cm sekitar 10 nm & berat basahnya setara dry weight ny ,bobber, kenceng sih ini rebel

    Guest
  2. Lihat gambar-gambarnya biasa aja karena seolah kebayang ukuran Rebel 500. Lalu saat ada modelnya, “beuh gagah juga ini motor.”

    Tp coba pake jari-jari kyknya bakal lebih sempurna ini motor.

    Guest
  3. Merubah mindset tentang Harley Davidson Sportster 1200 yg ringkas, Rebel 1100 lebih ringkas dan bantet dengan crank 270 dengan atau tidak DCT menambah pilihan, tahniah buat honda

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.