TMCBLOG.com – Beberapa hari sebelum berangkat ke Madrid untuk menjalani operasi ketiga pada humerus bahu kanan, Marc Marquez memberikan wawancara eksklusif dengan Jurnalis ernest Rivieras – DAZN Spanyol “Di Jerez saya seharusnya tidak memaksakan diri saya kembali ke trek, tapi saya adalah seorang pembalap dan mungkin seseorang seharusnya menghentikan saya untuk naik motor”.

Secara Tidak langsung Marc Sempat mengatakan ebberapa kalimat yang dipercaya mengarah Lansgung ke Tim Dokter yang memperbolehkannya Turu Di Jerez “Kami Pembalap, kami tidak mengenali risikonya. Artinya, mereka harus membuat kami melihat resiko ini. Kapan saya bisa memulai lagi? Ini adalah pertanyaan pertama setiap pembalap dan itu juga pertanyaan saya, dan di sanalah dokter harus tahu bagaimana mengerem ( keinginan) , bersikap realistis ”.

Dalam wawancara tersebut Marc Marquez mengindikasikan bahwa di Jerez dia merasa tenang dan dia tidak menyadari fakta bahwa plat bisa rusak. “Pelatnya rusak karena kecelakaan di rumah, tetapi merupakan akibat dari tekanan yang diderita di Jerez. Saya harus mempelajarinya, saya akan menghargainya di masa depan, ini adalah pengalaman yang saya harap akan membuat saya menjadi dewasa “.

Wawancara ini dilakukan beberapa hari sebelum Opreasi dan Kenyataannya saat wawancanara Marc sendiri Belum fix benar akan melakukan Operasi ke-tiga Yang menggunakan metoda Cangkok tulang  “Mungkin diperlukan ke ruang operasi lagi untuk cangkok tulang ini. Jika operasi ini dilakukan menurut apa yang dikatakan dokter kepada saya, saya masih punya waktu untuk kembali turun di awal musim.  Saya ingin segera menjelaskan: jika saya tidak 100% saya tidak akan kembali “.

Saat ini bobot tubuh Marc Marquez diketahui 61 kg, atau 4 kilogram lebih ringan dibandingkan saat Normalnya yang 65 kg “Saya tidak pernah merasa sulit untuk kembali dan tidak pernah sama lagi, itulah mengapa saya menunggu (lengan pulih) 100% untuk kembali dan sembuh total, karena saya ingin menjadi sama lagi. Tanpa memikirkan lengan: tubuh saya dan saya harus siap 100% untuk dapat mengambil risiko yang sama seperti yang ada di DNA saya. Apa yang terjadi membuat saya menyadari apa yang saya lakukan dan juga kesalahan yang saya buat ”.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

82 COMMENTS

      • mungkin marc butuh sabbatical setahun penuh.
        menarik apa langkah HRC di tahun 2021, masa mau nurunin stefan bradl lagi buat ganti marc?

        Guest
    • Berhubung kolom komeng di konci di iwakbaperan, kita pindah kesini.

      MAMAKEZ PENGSIUN DINI TAON DEPAN..

      NGOOOAHAHAHAHAHAHAHAHA…

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Guest
    • Nafsumu melebihi bakatmu dan alien pun dikalahkan oleh pintu jendela seperti Superman yg dikalahkan oleh krypton. Apakah MM akan lebih dulu pensiun dari VR46 dan tidak akan pernah menyusul jumlah jurdun the real alien 46 time Will tell ciaoo

      Guest
  1. dan mungkin seseorang seharusnya menghentikan saya untuk naik motor”.

    ——
    Dokter sudah bekerja sesuai kapasitasnya seharusnya Tim berhak menghentikan menggunakan motor

    Guest
  2. sebagai orang awam gw jg heran kenapa tim dokter saat itu mengijinkan Marc turun free practice di lintasan Jerez.. tp yo wes, cepet sembuh dah..

    Guest
    • sampa Rame tuh dibicarakan mau menuntut Dokter dan Promotor Dorna ???

      yg berhak mengizinkan ya Tim Repsolnya krn tahu langsung kondisi real intern di lapangan padahal turun atau tidaknya

      Dokter secara normal udah bisa naik motor namun bukan seexstrim itu

      Guest
  3. Kesombongan itu terkadang menyelubung Optimis. Mungkin tim dokter bisa memperkirakan buruknya, tapi mereka lihat potensi baiknya. Mungkin marc pun tau tapi dg segala kemajuan teknologi marc percaya itu mungkin.
    Jadinya?
    Disini saya bukan ngomong dokter / marc menyombongkan diri. Lebih ke over PD menjadi sombong yg merasa bisa mengendalikan semuanya. Seperti cerita film kapal titanic. Karna mereka merasa mampu lebih cepat, angkuh mereka mempercepatnya. Lupa akan kondisi yg ‘mungkin’ terjadi karna percepatan itu.

    Guest
    • Kapal titanic karam tak lain dan tak bukan karena kesombongan sipembuat kapal tsb doi berkata ” tak ada yg bisa menenggelamkan kapal ini ” dan akhirnya apa yg terjadi cuma nabrak es dikit doank langsung bocor itu kapal

      Guest
      • Yg terjadi adalah harusnya Jack bisa selamat jika sama2 mengapung di pintu yg cukup lebar tapi si rose kaga mau kasih tempat

        Guest
    • Kesombongan merasa dia lebih alien dari pada VR46 lihat aj race 1 dia begitu sombongnya menyalip pembalap didepannya dengan grasa grusu sampai akhirnya melihat motor M1 Vinalez nambah gas sejadi jadi nya padahal cuma merebut posisi 2 dimana FBQ sudah tidak akan bisa dikejar akhirnya senjata makan tuan dibikin pontang panting oleh RCV sampai tangannya protol. Dicuaca yg extreme panasnya lintasan para pembalap lain main aman tidak mau grasa grusu kayak MM yg bisa bikin cedera fatal apalagi baru race 1. Jadi inget tema lagu Too much love will kill you karya Brian May

      Guest
  4. Sip, bijak bersikap, memutuskan sabar nunggu 100% dulu, semakin dewasa saja pola pikirnya Marc…
    Get well soon

    Guest
    • terlambat dewasa ?? atau itu kata dewasa sudah sering kali diucapkan Marq

      usia 27 udah tergolong dewasa banyak pembalap usia 23-25 udah bisa memanage control ambisiusnya realistis…

      Marq butuh Seorang Psikolog bukan Psikopat ambisius yg menang menang menang dan Memunculkan benci pada lawan…

      Guest
  5. Handicap sudah.
    Alih balapan pakai sepeda pancal saja.
    Seandainya sembuh dan riding lagi, bila jatuh akan mudah patah lagi, sebab integritas tulang sudah berbeda, origo-insersio otot yg dimilikinya sudah disetting sesuai bentuk humerus.
    Bila humerus berubah, momen gaya yg timbul dari konstraksi otot juga akan merubah bentuk humerus.

    Sekali lagi jatuh, bakal mudah patah lagi.
    Hargai dirimu Marc!!

    Guest
    • apalagi cideranya tangan kanan yg mana vital gas rem handle ada di tangan kanan

      apalagi di coak pinggulnya yg mana pinggul bagian vital juga yg mana khususnya marq dan motornya sering menggunakan style membelokan ban belakang ygembutuhkan tumpuan pinggul kebawah??!!!

      Guest
  6. Waktu itu saya cuma diam no comment ngeliyat Marc turun, karena saya pikir ini maksa sekali. Kalau boleh menyalahkan, akan kena semua; dokter, tim, dan fans Marc. Terutama dokter sih.

    Harusnya dilarang. I feel you Marc,

    Guest
  7. banyak sbnernya pembalap yg abis cidera turun lagi, tapi ini adalah jalan ninja mereka, dan inu mungkin pintu baru bagi mereka…so jd 2021 bakal diisi sapa dulu nih… ngarepnya dovi, dan bsa kllip klop..jd bsa nampar bos2 ducati..

    Guest
  8. Pelatnya rusak karena kecelakaan di rumah, tetapi merupakan akibat dari tekanan yang diderita di Jerez.

    ——–
    Marq aja sadar Kusen jendela gak salah apa apa disalahin 😂

    Guest
  9. Menurut gw sih, seandainya Marc bisa 100% recovered, level dia bakal makin meningkat lagi dan jauh meninggalkan level pembalap lainnya

    Guest
    • Level meningkat dari mana?
      Cedera ya turun levelnya karena kekuatan susah berkurang & gsk bakal ambil risiko lebih tinggi

      Guest
      • Yang jelas level nya meningkat karna dia akan lebih tau batas biar kaga crash lagi..

        Ingat 2016 marq jurdun gegara rossi dan lorenzo blunder malah DNF.. padal kemenangan marq taun segitu dikit dibanding 2019

        Guest
  10. dr awal ada berita cedira patah plat itu gue udah feeling kalo dokternya lah yg seharusnya di salahkan,, bagaimanapun dokter yg tanggung jawab di bidang medis sdgkan tim yg tanggung jawab dibidang teknis motor,,

    Guest
    • Tidak bisa begitu juga mas bro, lama lama kagak ada yg mau jadi dokter kalau judgement seperti itu, dokter memang bertanggung jawab atas hasil Operasi, tapi dokter juga tidak bisa 24 jam mengawasi kecuali memang doi di karantina khusus.
      Kita hanya penonton, tidak tau apa yg tjd di dalamnya, apakah ada tekanan dari pihak lain atau memang Marq yg memaksakan diri kita tidak tau,,

      Guest
      • Klu tiap tindakan medis trus ada failure nyalahin dokter ya lama2 profesi dokter ga ada yg mau.
        Banyak variabel penyebab kegagalan tindakan medis.
        Mau ente2 sakit yang perlu tindakan operasi trus ga ada orang yang mau nanganin.
        Bersyukur ada orang2 yang ahli di bidang kedokteran.
        Kemarin marc sempet bilang kan, dr beberapa operasi yang berhasil trus ini gagal sekali di maklumi. Dan bersyukur lebih banyak sembuhnya drpd sakitnya.
        Emang pembalapnya aja yang bandel kali 😝

        Guest
      • masalahnya dokternya sendiri yg koar2 di media kalo marc udah bisa turun di jerez segera setelah operasi, itu menunjukkan kalo dokternya over confidence, padahal yg ngeliat bagaimana parahnya kondisi humerus Marc kan dokternya sendiri, ,, kalo si Marc tau sendirilah kalo dia tau nya cuman turun ke sirkuit dan balapan krn dia merasa baik2 saja,,

        Guest
    • Dokternya udah pasti kasih tau istirahat 3 mgg, krn itulah waktu yg dibutuhkan untuk tumbuhnya callus.

      Lagian Dokternya juga pernah operasi Daped dan hasile sempurna

      Guest
  11. Lho….. Repsol honda katanya sultan ? Sampe motornya aj gelarnya motor sempurna … Makanya laris .
    Kalau mau trus turun di moto gp n menang ya gampang . Ambil aja otak alien itu , taruh di tubuh asimo buat ngendarai repsol honda . Dijamin sampe kiamat juga juara .
    Monggo repsol honda …..

    Guest
  12. Stooop..wait..

    Di laporan yg lain, konon dokter sudah merekomendasikan utk full rest stelah operasi lho..coba deh banyak kok newsnya meskipun memang terkesan “tertahan” beritanya.
    Dan logikanya ya dokter ga akan rekomen org patah tulang yg dipake aktif menahan beban, utk balik ke beban itu..dan itu juga pertaruhan reputasinya yg terlalu besar..ga masuk akal..

    Sepertinya yg masuk akal adalah otak ambisius marc ga dengerin advice dojter saat itu.

    Mungkin percakapanya kaya gini:

    MM: doc, am i fit?
    Doc: yes but you can’t ride for a while
    MM: that’s not the answer, doc am i fit?
    Doc, yes….but…
    MM: stop, that’s all i need!!

    Guest
    • DR Gordon pun turun: do know nihilanth marq? Do you want to know about your condition? let’s go there
      Ekeke~

      Guest
  13. Nick name DDY marc yg cedera kok lu yg sewot kayak mak² ngeghibah diwarung.
    .😂😂,dibayar berapa sih buat bela junjungan elu?😂😂

    Guest
  14. Kayanya kedepan klo udh sembuh kita akan melihat kenormalan manusia seorg marc.. Yg gqk akan terlalu ambisius. Mngkin bisa melihatt cara Jaon Mir menangin musim ini. Hehhe

    Guest
  15. Kontrak repsol 4 taun, gaji selangit, gmna gk pusing bayar nyaa tpi malah magabut. Makanya dipaksa maen 😂😂

    Guest
  16. Klo ga salah sebelum turun jerez 2 marc di test untuk push up apakah sudah benar2 bisa ikut balap lagi atau tidak, dri situ saja sudah bisa di pastikan pish up gerakan yg sangat bahaya dalam kondisi tulang yg baru di operasi

    Guest
  17. Pedes amat komen Fans Yamaha dan fans rossi….
    dr awal Marc adalah Manusia, krn saking hebatnya dan luar biasanya prestasi marc, sampai dpt julukan the baby alien… ingat marc tdk menjuluki dirinya alien…
    semua pembalap BERMENTAL JUARA, meski cidera dia akan berfikir sesegera mungkin kembali balap dan mempertahankan gelar juaranya meski beresiko besar…
    hampir semua pembalap terutama seperti marc yg selalu mengambil resiko besar akan mengalami keadaan dimana semua tidak berjalan sesuai keinginan dan rencana… bukan krn sombong… tapi pembalap Juara emang terlihat seperti sombong.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.