TMCBLOG.com – Seperti yang sobat bisa simak di artikel sebelumnya, Dr Villamor keapda AS sempat memperediksi bahwa Marc Marquez Berpotensi siap Turun Balap di awal Musim dengan proses recovery 2 sampai 3 bulan saja. Namun Ternyata itu sebelum Dokter yang menjadi bagian dari delegasi medis Spanyol di Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) mengetahui ada Infeksi di tulang . . . Lalu Bagiamna Pendapat dr Vilammor setelah mnegetahui fakta ini ?

” Bahwa ada kuman telah bersarang di retakan merupakan faktor yang meningkatkan risiko proses konsolidasi (penyambungan) yang berkepanjangan dan dengan demikian pembentukan kalus lebih lambat. “

Menurut dr Villamor Keberadaan Kuman yang menginfeksi retakan tulang terkadang sulit untuk disembuhkan. Sulit disembuhkan Karena Kuman tersebut berada di Tulang yang notabenennya merupakan jaringan tubuh dengan jumlah pembuluh darah yang sangat sedikit. Sementara sistem pertahanan tubuh kita itu ( salah satunya melalui jaringan sel darah putih ) aksesnya melalui darah. Bahkan antibiotik oral pun dapat mencapai daerah terinfeksi melalui jaringan darah.

” Komplikasi utama adalah kuman mencegah pembentukan kalus dan dengan demikian menyebabkan pseudoarthrosis atau ketidakmampuan untuk menyembuhkan ( menyambung tuang ) dan ini mengarah pada kebutuhan akan pembedahan baru. Kadang-kadang kami terpaksa bekerja kembali untuk menghilangkan bahan logam karena itu adalah tempat di mana kuman dapat menetap, bahkan lebih mudah (Menetap di Logam) daripada di tulang. “

Yang dimaksud Oleh dr Villamor adalah ‘ bahan logam’ dalam hal ini Plat malah bisa menjadi ‘sarang kuman’ . . Dan Jika ini kejadian maka harus ada solusi di mana tetap ada pelat fiksasi penstabil, namun keberadaannya tidak berada dekat dengan luka/ patahan agar tidak menjadi ‘sarang dari Kuman’ dan memperparah infeksi . Untuk itu beliau memberikan salah satu Solusinya  . .

” Ada (Solusi )sumber daya bedah (lain) untuk kasus ini, seperti fiksator eksternal. Mereka terdiri dari sekrup yang kami jangkar di kedua fragmen humerus, tetapi dijauhkan dari fraktur sehingga tidak bersentuhan dengan infeksi. Sekrup ini menonjol melalui kulit dan dihubungkan dengan perangkat yang menahannya dengan kuat, bertindak sebagai jembatan penyangga dan stabilisasi retakan untuk memungkinkan kestabilan yang cukup di lokasi tulang yang patah, dengan tujuan agar tubuh dapat membangun kalus. “

Bila teman teman belum juga mendapatkan gambaran jelas mengenai external Fixation, Salah satu Pembalap yang pernah mengalami Metoda penstabilan melalui external Fixation adalah Mick Doohan terhadap cidera kaki kanannya dahulu. Namun itu bisa jadi salah satu opsi Buat Marc Marquez jika memang keberadaan dari Infeksinya tidak bisa ditangani menggunakan cara lain seperti misalnya antibiotik.

Lanjut lagi Dr Villamor menjelaskan ” Sebelumnya ( sebelum mengambil opsi external Fixation) Anda harus menunggu untuk mengidentifikasi kuman melalui kultur yang dilakukan dengan sampel yang diambil di ruang operasi, yang akan memakan waktu setidaknya seminggu. Setelah itu, pengobatan antibiotik harus dimulai, yang mungkin memerlukan beberapa hari pemberian intravena dan kemudian beberapa minggu lagi secara oral. Ada kemungkinan juga bahwa antibiotik dan pertahanan alami Marc dapat melawan kuman tanpa perlu pembedahan lebih lanjut. “

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

68 COMMENTS

  1. Sengaja nyari video crash doohan yang akibatkan penanganan seperti itu. Tapi gak nemu. Cuma text deskripsi bahwa beliau tertindih motornya di bagian kaki itu

    Guest
  2. Jika marc marquez butuh waktu recovery lebih lama menurut saya ada baikny hrc mengambil penggantiny dari moto2 drpda memakai andrea dovizioso. Fabio digiannatonio atau Aron canet bisa jdi aternatif jika marco bezechi tidak dilepas

    Guest
  3. Serasa munek – munek bacanya
    Gak kebayang deh kalo di bedah lagi
    Jahitan lama aja belum sembuh ini mau di sobek lagi

    Hmmmm
    Temen ane Smk dlu ada nih yang begini tangannya ada besi menonjol macam gambar Doohan dlu temen2 ane bilang macam Robot

    Trnyata ngilu juga tau prosesnya
    Yang ane heran kok ada aja ya, apakah ini memang suatu pertanda bahwa Marc harus pensiun ?

    Atau memang cobaan untuk Marc sebagai pembalap paling sukses di era belakangan ini ?
    Poor Marc, Get well soon
    We miss all of your incredible action in MotoGP

    Guest
  4. bukti bahwa dewi fortuna itu dibutuhkan untuk menjadi legend…skill doang gg cukup…klo apes ya gini…2019 fansnya sombong bahwa jurdun rossi bakal disamain tahun berikutnya dilewatin….nyatanya 2020 gagal…dan sekarang belum tentu bisa pulih…rentetan operasi yg gagal bisa saja menjadi penyebab marc harus pensiun dini dn tidak akan menyamai apalagi melewati rekor rossi

    Guest
  5. Yang membuat ngeri lagi, di lain waktu setelah balap lagi, area cedera sekarang terkena kecelakaan lagi..
    Kemungkinan seperti ini bisa membuat perubahan mentalitas Marq..mungkin jika motornya terlalu liar, bisa jadi minta HRC sedikit melunakan motornya.

    Guest
  6. kuman ini memang bahaya, baca2 malah klo penanganannya g bener yah berisiko tinggi, baca2 beberapa komen rider luar yg mengalami kejadian spt ini, mm untung disupport tenaga ahli bedah mahal

    Guest
  7. marc g akan sama spt dlu, penasaran langkah selanjutnya tim kunyit. pasti dah bidik talenta baru untuk nextnya…g mungkin ngarep marc…ini bisnis yg harus jalan..

    Guest
  8. Fbh/fbm tidak merasakan apa yang dialami dan dirasakan marc..
    Jadi STOP bilang marc itu alien..alien ndasmu
    Marc itu manusia biasa yang sombong merasa dirinya superior tak terkalahkan dan sekarang Sang Pencipta telah menegur dia

    Guest
    • Marc ga sombong kok bro. Baik banget orangnya. Gw pernah minta photo samperin ke hotelnya. Pada baik sama semua fans, dari mukanya aja keliatan baik menghargai. Dan ga semua rider menghargai fans malah selalu dipandang sebelah mata. Gw bukan fans Marc cuma gw suka aja minta photo sama semua pembalap. Kita doakan aja cepet sembuh kan rider juga manusia sama kaya kita bro.

      Guest
  9. hhrew sdah lah pansiun dini mark demi hidup mu….lupakan masa lalu yg gemilang,HRC harus brgerak cepat nih supaya telent paling muda paling brbakat d curi prabrikan lain…masa kegelapan sgera tiba bagi HONDA”!!

    Guest
  10. saya yakin sih ketika marc sembuh total dia ga bakalan seagresif dlu lagi

    insting manusiawinya pasti akan melimit itu krna teringat moment cedera ini

    Guest
    • ya saya yakin dia alien makanya dia begitu bodoh menghiraukan saran dokter utk istirahat bukannya maksa turun balapan dan cedera berkepanjangan

      saya rasa hanya alien yg cukup bodoh melakukan itu, klo manusia tidak sebodoh itu

      Guest
  11. jadi inget rossi pun setelah patah kaki ga gitu bringas lagi,MM moga2 bisa lebih bijak dan nurunin agresif di sirkuit yg berbhaya

    Guest
  12. Baca awalan dan metode nya saya masih bisa paham, tapi setelah lihat gambar nya jadi ngeri sendiri 🙁
    Cukup gws aja ya marq, pasti sembuh meski mungkin memakan waktu yang lama

    Guest
    • Orang sehat tetep bawa bakteri. Tapi kita dibekali sel darah putih sebagai pelindung. Klo kalah berubah jadi nanah. Sel darah merah pembawa nutrisi.
      Typus tetep ada meski sehat, tapi klo kesehatan drop, dia berkuasa akhirnya sakit.

      Guest
  13. Aduh duh, semoga lekas sembuh deh. Jangan maksain diri lagi marc. Klu pensiun jalan paling baik mending di ambil aja. Toh udah financial freedom juga kan.

    Guest
  14. Jadi benar2 kayak exoskeleton di film Elysium yg penggunaannya emang di bor ke tulang

    Itu kalo besinya kesenggol dikit gimana rasanya,cekit cekit

    Guest
  15. Baiknya MM istirahat total beberapa tahun sebelum membalap lagi. Biar humerus bener bener sembuh 99 persen. Kan sudah kaya raya juga. Gak usah kejar jurdun rossi dll. Rosipun blm mampu kejar jurdunnya lagi karena persaingan makin gahar dgn pembalap muda yg gahar. Cukup jurdun 8,rossi 9.

    Guest
    • Iya… Gak usah hiraukan yang lain. Tiap race adalah ladang untuk berikan yang terbaik. Seperti saya selalu begitu. Uang adalah akibat dari yang saya lakukan. Berapa saja diterima dengan senang. Kritik diri sendiri terus. Kenali diri sendiri terus menerus. Yang lain cukup saya hormati.

      Guest
  16. “Karirnya baru benar-benar berakhir pada 1999. Saat itu dia mengalami
    kecelakaan hebat dan keputusannya untuk cepat-cepat balapan disebut
    memperburuk keadaan dan memaksanya pensiun.”

    itu yang terjadi pada mick doohan.

    kalo melihat referensi kasus mick doohan & juga kecelakaan tgn dr. strange, analisa ngawur saya berat hati marc pasti pensiun, no offense
    dulu pada denial ga akan ada operasi k3, sekarang kejadian..

    Guest
  17. Kemungkinan besar tahun 2021 marc ga akan balap lagi, dan bs saja malah pensiun. But we will see.

    Misal 2021 doi ga balap, mending tarik lagi Alex dari LCR. Dovi isi kursi kosong di LCR

    Guest
  18. Dulu Stoner terkena penyakit misterius sehingga pensiun dini.
    Padahal akan sengat seru persaingan Rossi, Lerenzo, Marquez, Pedrosa ditambah Stoner
    Sekarang Marquez menyusul pensiun dini karen cidera. Sangat disayangkan.

    Guest
  19. Heran gw kok bs sampai infeksi ya? Apa tingkat sterilitas ruang operasinya disana buruk?
    Gw nakes dan kebetulan dibagian bedah. Seumur2 gw nanganin org patah tulang, mulai dari humerus, femur (paha) dll, gak pernah ada tuh yg namanya infeksi. Rata2 6 bln udh pada operasi ke 2 untuk dilepas semua platenya. Heran gw, ini bisa sampai infeksi berarti tingkat sterilitas ruang operasinya berlu dipertanyakan. Asli lho gw nanganin org fracture jaraaang banget ada yg infeksi, bahkan kyk gak pernah ada

    Guest
    • kalo gw baca2 sih pak…gw bkn nakes…sbnernya banyak yg kejadian gini, ada yg parah ada yg tetep sembuh, tapi kan lama…mungkin si markes nih cmn memperlambat penyambungan aja… cmn hal ini yg memperlambat, cmn kedeteksinya gtu kali…ntahlah…masa iya selevel motogp g steril…

      Guest
      • Ada memang kejadian seperti ini, tp itu sangat sangat jarang ditemui. Sekalinya ada infeksi itu kebanyakan dari luka bekas insisi (sayatan)nya, yaitu biasanya luka basah terus menerus dan cenderung bernanah. Tp kalok infeksi pada tulangnya, jelas itu bukan karena kesalahan pasien (marc)nya, tp harus ada tanda tanya besar (?) Pada kebersihan dan kesterilan ruang operasinya atau bahkan waktu berjalannya operasi tersebut. Karena tulang itu ada pada bagian dalam, lbh tepatnya lbh dlm daripada muscle (otot), dan bisa terbuka karena ada operasi tersebut. Kalau tudak ada operasi tersebut jelas tulang marc tidak ada infeksi bukan ? Logika aja sblm di operasi gak ada infeksi, tp setelah operasi kok ada infeksi. Kan aneh. Asli ini udh jadi tanda tanya besar untuk tingkat sterilitas ruang dan saat proses operasinya. Karena bakteri atau kuman gak akan masuk kalo gak ada jalan

        Guest
  20. Tiga udah banyak apalagi delapan, bahkan yg dapet dua pensiun juga ada, tp legowo, lagian yg ditakuti juga gagal jurdun, takut? Mana ada alien takut?

    Guest
  21. Moo dharmo elu kan dekat ama yamahmud, elu buat perusahaan sendiri aja ekekkekek motorcycle, elu rebranding aja itu yamahmud yang numpuk digudang keren lo mo

    Guest
  22. balap tahun 2021 doi akan tetep turun,doi kan alien bukan manusia biasa,bukan kaleng2…
    dengan satu tangan pun doi akan menang,…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.