TMCBLOG.com – Kembali lagi, fenomena starter awal yang tidak bisa finish duluan terlihat jelas di Stage ke tiga Dakar Rally 2021 kelas sepeda motor. Joan Barreda yang memenangkan Stage 2 harus start terdepan di Stage ke tiga ini. Untuk sobat ketahui bahwa di rally, Roadbook sebagai patokan menaklukan rute baru diberikan beberapa jam sebelum start, sehingga pembalap yang start pertama mau nggak mau memang butuh untuk bernavigasi sendiri, membuka jalan tanpa hadirnya jejak jejak motor di depannya sebagai patokan. Dan medan yang dilalui para peserta ini adalah gurun pasir di mana sejauh mata memandang isinya secara mayoritas ya bukit bukit pasir sob, sulit untuk membaca Roadbook.

Stage ketiga adalah stage melingkar dari Wadi Ad Dawasir finish kembali di Wadi Ad Dawasir sejauh 629 km termasuk trek special S sejauh 403 km. Membuka jalan sekali lagi merupakan salah satu kesulitan yang dihadapi pembalap pada tahap ketiga ini. Hal ini terbukti benar untuk Joan Barreda dan rekan setimnya Ricky Brabec. Pada check point pertama setelah 43 km, pembalap Spanyol, yang menang kemarin, telah kalah 8 menit sementara Brabec tertinggal 5 menit.

Di belakang setang Honda-nya, Kevin Benavides berada di depan setelah 183 km dengan keunggulan 33 detik di depan KTM yang dikendarai Toby Price dan hampir 2 menit di atas Matthias Walkner. Toby lebih menekan Kevin Benavides, sehingga setelah 262 km pembalap Australia ini hanya tertinggal dari Kevin dengan jarak 5 detik. Pada posisi ini Matthias Walkner, masih tertinggal lebih dari dua menit. Sementara, tempat ke empat sekarang ditempati oleh Skyler Howes.

Dan akhirnya, meskipun sekuat tenaga Kevin Benavides coba menahan Toby Price pada 262 kilometer pertama, Toby Price akhirnya berhasil mengungguli Kevin Benavides setelah menempuh jarak 292 km dan Kevin sendiri pada akhirnya harus puas dengan tempat kedua. Finish kurang dari 1 menit 16 detik di belakang Tobby Price yang meraih kemenangan etape ke-13 di Ad-Dawasir. . Posisi ketiga ditempati Matthias Wakner. Namun begitu kekonsistenan Skyler Howes membuatnya memimpin klasemen overall sampai etape ketiga Dakar Rally 2021 kategori sepeda motor ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Hasil Stage 3 – 2021 Dakar Rally
1. Tobby price (AUS), KTM, 03:33:23
2. Kevin Benavides (ARG), Honda,  +1:16
3. Matthias Wakner (AUT), KTM, +2:36
4. Kyler Howes (USA), KTM,  +6:16
5. Sam Sunderland (GBR), KTM,  +12:06

16 COMMENTS

  1. Loh wak, starter pertama berarti apakah dengan startee lainnya waktu mulainya berbeda ? Sampe dia kudu nyari jalan sendirian

    • Ya ini kan kelasnya atlet. Persiapan mereka udh siap buat lomba kaya gini
      Org normal baru deh heran. Jalanan aspal aja kita dgn jarak segitu kayanya mustahil
      Bayangin 630an km cuma 3jam 33menitan dgn handicap yg abnormal mesti baca roadbook gada jalurnya
      Saya aja lumayan rutin jkt bdg kurleb 150an mungkin udh enek pdhl udh sering bgt. Ini jaraknya 4 bahkan 5x bulak balik jkt bdg cuma 3 jam sadis kan. Atau kalo dipanjangin jkt sby kayanya cuma 3 jam?? Lewat tol aja lebih deh waktunya

  2. hmm… jadi ingat matematika waktu SD/SMP????
    jarak = 600km
    waktu = 3 jam / 180 menit
    kecepatan rata2 = ????…

    aahhh, males ngitungnya…. wkwkwkwkwkk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here