TMCBLOG.com – Suzuki Sudah menginformasikan bahwa mereka berencana akan merilis ke publik Update Mutakhir dari sosok New Suzuki Hayabusa Hyperbike mereka pada Tanggal 5 Fabruari 2021. Namun Beberapa hari yang lalu sobat sekalian bisa melihat Gambaran Fisik side View dari Calon hayabusa ini . . dan Kali ini Kita akan melihat beberapa detail lainnya lagi dari motor ini sob . .

Walaupun Suzuki mengungkap bahwa Generasi kedua Haya busa adalah sampai 2020, namun Secara umum terakhir kali Suzuki memproduksi Varian Hayabusa untuk varian generasi ke dua adalah di akhir desember 2018. Motor yang terakhir kali memperoleh Update besar besaran pada gen 2 Tahun 2008 ini, saat itu ternyata tidak memenuhi / lolos regulasi emisi Euro4 dan regulasi Lain yang menjadi bagian dari Regulasi Eropa EU 168/2013 sehingga mau nggak mau harus di ‘suntik mati’ sembari menunggu New Hayabusa 2021.

Suzuki mengatakan bahwa New Hayabisa sudah didesain dengan aspek Aerodinamis yang lebih baik walaupun untuk menyetahui berapa angka kuantitatifnya kita harus menunggu paling tidak sampai tanggal 5 Februari nanti sob.

Pertama, kita dapat melihat bahwa Impresi bentuk dasar bodywork Suzuki Hayabusa tetap tidak banyak berubah. Shape yang besar, memanjang dengan handlebar yang tidak terlalu menekuk ke bawah dan windshield yang tinggi memang Hayabusa banget Headlamp sudah LED berikut Juga DRL samping kanan kirinya Yang untuk Generasi ke tiga terlihat lebih memanjang.

Sama seperti generasi 1 dan 2 hadir sepasang Lubang Ram air yang cukup masif di bagian samping healamp dari New Hayabusa ini . Lubang ini akan memasuk Filter Box udara untuk selanjutnya diteruskan ke masing masing Throttle Body.

yang juga diubah dari New Hayabusa adalah Detail dari Side fairing yang mencangkup kisi kisi pembuang udara. Jika di Generasi Kedua bentuknya masih mirip Generasi pertama. namun Pada generasi ketiga ini bentuknya mengkurva lebih mirip bumerang dengan detail warna Orange di kisi sebelah dalamnya.

Suzuki Juga menghadirkan Quickshifter yang di dalamnya termasuk juga Auto-Blipper sehingga pengendara bisa menaikkan dan Menurunkan Gear tanpa sama sekali jemari tangan kiri menyentuh Tuas Kopling untuk mempercepat respon dan akselerasi Motor.

Kehadiran beberapa indikator MID menarik seperti beberapa Strategi elektronik seperti 10 stage Traction Control, Mapping Power mesin, 10 stage LF (Liftcontrol-Anti wheelie) , dan QS Quick Shifter namun tetap dikombinasikan dengan bentuk Klasik speedometernya dengan penujuk jarum. Kehadiran strategi elektronik iniย  menandakan bahwa ada peningkatan di elektronik dari mesin dengan sinyalemen penggunaan Ride By Wire Plus tambahan intelegensia Part seperti IMU dengan 6 Axis.

Dari beberapa foto Panel panelmeter-nya Terlihat jelas redline New Hayabusa sentuh 11 ribu Rpm dengan kecepatan di 10 ribu Rpm padaย gear 6 sentuh lebih dari 180 Mph (~290 km/jam). Dengan Rpm tersisa maka diyakini top speed dari Hayabusa 2021 akan bisa tembus lebih dari 290 km/jam.

Tuafik of BuitenZorg | @tmcblog

 

32 COMMENTS

  1. Juossss…. Dipasangi turbocharger trus knalpot di bikin brong… Biar kalo ditilang pakpol lumayan digeber di kuping.

    Masih pake analog di 2021 sih malah jadi sebuah keiistimewaan tersendiri…

    Desain juga melengkung, jadi lebih timeless

    Guest
  2. Menurutku air scop oval gede seperti pada generasi lawas adalah trademark Hayabusa. Yg model terbaru seperti turun kasta menyerupai GSX. Sayang sekali.

    Guest
  3. Aku orang awam mo’ nanya ni wak haji..
    Apa sih bedanya teknology quick shifter di motor2 ber_cc besar dgn kopling sentrifugal yg di gunakan motor2 bebek..?
    Coz seperti hal’nya motor bebek QS juga menaik-turunkan gigi persneleng tanpa harus menarik kopling..
    Serius nanya… Bila memungkinkan bs juga di buat artikel’nya. ThanxYou wak..

    Guest
    • quick shifter benar benar sangat minim engine brake walaupun gas tidak diturunkan terutama saat auto blipping ( downshift) , sementara pada semi otomatis kalau dilakukan serupa maka feel engine brake masih sangat terasa terutama kalau berani downshiftnya tanpa nurunin / tutup gas

      Administrator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.