Pict : S. Baldauf/SB-Medien

TMCBLOG.com – Setelah fokus pada model Duke dan Adventure selama beberapa tahun terakhir, KTM akan segera mengalihkan perhatiannya ke motor sport RC Series silinder tunggal berkapasitas lebih kecil — dengan perombakan total yang akan segera hadir pada RC390 dan kemungkinan turunannya RC250, RC200 dan RC125 yang lebih kecil. Gambar-gambar spy pada artikel ini menurut Cycleworld menunjukkan model 125cc, tetapi RC lain yang ber-cc lebih besar disinyalir akan memiliki gaya dan model yang sama . .  Jadi perubahan yang terlihat di sini juga akan diterapkan pada RC390, 250 dan 200.

Jadi apa yang baru pada RC cc kecil generasi berikutnya? Mesin adalah yang pertama, disinyalir akan ada perubahan pada sistem intake dan exhaust port untuk mengejar kepatuhan terhadap regulasi emisi Euro yang baru. Setiap panel body pada model RC generasi berikutnya ini boleh dibilang semuanya baru, dengan tampilan yang lebih ramping dan lebih ringan serta minimalis, terutama di bagian belakang. Subframe jok jauh lebih halus daripada desain model yang kokoh dan besar. Ini masih berupa teralis baja, tetapi lebih ramping dan ditutup dengan bodywork plastik minimalis.

S. Baldauf/SB-Medien

Lebih jauh ke depan, tangki bahan bakarnya berdesain baru, dengan belahan yang jelas antara bagian depan dan bagian belakang. Ini menunjukkan bahwa bagian belakang akan menampung airbox filter mesin sementara bagian depan dimana ada detail fuel cap filler membawa bahan bakar.

Di bagian samping, bodywork memiliki dua lapisan layer yang berbeda. Bagian depan panel samping tampak “mengapung” agak jauh dari fairing utama, menunjukkan bahwa udara disalurkan di antara bagian-bagian tersebut. Namun bagian yang paling menarik dari desain RC baru adalah bagian depannya, yang dibangun di atas ide-ide yang sudah tidak konvensional dan butuh waktu untuk mencerna detail ide desainnya. Terlihat menggunakan plastik bening sebagai pengganti bodywork berwarna untuk seluruh bagian front cowl dari motor.

S. Baldauf/SB-Medien

Windshield-nya meluas ke bawah di atas lampu depan dan ke setiap sisi hidung, di mana itu menutupi lampu posisi dan sinyal belok menggunakan LED. KTM tampaknya mempertahankan ciri khasnya, lampu utama yang terbelah secara vertikal, tetapi di sini lebih halus daripada model sebelumnya karena belahannya tersembunyi di balik hamparan Plexiglas yang mulus.

Suspensinya dari WP, tentu saja, dan dari gambar-gambar ini tampaknya menjadi salah satu dari sedikit bagian motor yang tidak banyak diubah. Lengan ayun mempertahankan penguat eksternal yang biasa dan tampaknya merupakan swingarm alumunium tempa yang sama dengan yang digunakan pada model saat ini, sedangkan front fork juga terlihat sangat mirip dengan yang ada pada RC125 dan RC390 yang ada. Cakram depan tunggal yang dipegang oleh kaliper radial-mount dari ‘Low Cost Brembo’ alias merek ByBre.

Disinyalir akan ada dashboard TFT baru untuk menggantikan unit LCD ‘tua’ yang digunakan pada motor RC390 dan RC125 tahun ini namun untuk RC250 dan RC200 masih belum dapat diketahui dan ada kemunginan masih menggunakan layar Monochrome. Gambaran foto-foto spy ini menunjukan versi yang sudah mendekati final dari KTM RC Series sehingga silogismenya kemungkinan akan mengarah dimana peuncuran akan dilakukan akhir tahun 2021 sebagai produk model year 2020.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

38 COMMENTS

  1. Fairing depan seperti itu disinyalir agar dengan mudah dibongkar pasang, sehingga bisa langsung jadi motor setengah telanjang, Pak….
    Hehe…
    Tp resikonya menggunakan bahan bening adalah, semakin lama mudah terlihat menguning dan keliatan goresannya daripada bahan solid

    Guest
  2. Satu lagi, Pak…
    Konsep Fairing depannya Ready To Race….
    Dah siap u/ balapan di sirkuit…
    Ga perlu tambal lubang bekas lampu….
    Hanya tinggal dicat trus pasang nomor, jadi deh…

    Guest
    • Jujur, saya sebagai fansboy KTM kecewa sama desain yang baru ini

      Jauuuh lebih bagus yang saya punya sekarang

      Guest
  3. Gini nih Wak, makanya jangan kasih ke prindapan untuk kiblat motor. Aneh banget sumpah. Aura prindapan nya berasa banget.

    Guest
    • Njir,mencerna desain ginian sampe butuh waktu 10 tahun

      Bisa juga lebih sih,mungkin sama kayak menguak senyum misterius di lukisan Monalisa 😄

      Guest
  4. Klo kiblat design motor dari negeri tuan Takur kayak gini nih hasilnya. Butuh banyak mikir buat mahamin. Kebanyakan wagunya. Bukan selera kebanyakan orang. Coba kita bertanya pada Shakh Rukh Khan

    Guest
  5. Out of the box…msih mnjadi tema ke tiy em rupanya wak,onde mandeeeee msih lebih mudah mencerna soal matematika ktimbang mncerna desain baru sang RC😥😥

    Guest
  6. Beli satu dan dapatkan perhatian dari orang sekitar waktu lampu merah
    Mas, vixionya modif dimana?

    Soal design menurut saya cukup oke ketimbang menyamakan dengan garis jepang dan terpaku dengan “dua mata itu design yang bagus”

    Guest
  7. bahasanya alus sekali ya, butuh waktu untuk mecerna desain ide desainya, setelah dicerana dan di pikir ternyata desainya ora genah.

    Guest
  8. Mau sampe kapanpun, org liat ini desain juga bakal berpikir kalok ini motor JELEK soal desain. Jauh dibanding KTM Rc yg beredar sekarang

    Guest
  9. Kirain desain Suzuki dah paling unik.. eh ini lebih unik lagi.. sepertinya makin banyak aja ngikutin Suzuki bikin desain motor yg unik..:mrgreen:

    Guest
    • Percuma ikut GP ujung ujungnya dikasih motor desain alam astral..ibarat masuk restoran pamer masakan seafood yang dihidangkan nasi jengkol…😅😆😆😆

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.