TMCBLOG.com – MV Agusta secara resmi baru baru ini merilis varian model 2021 dari Brutale RR 800 dan Dragster RR 800 yang terbaru yang diupdate agar sesuai dengan aturan terutama regulasi emisi. Dan perubahan pada kedua varian MV Agusta ini bahkan meluas ke pembaruan pada sasis, tampilan yang lebih baik dan elektronik dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Seperti setiap pabrikan lainnya, tantangan MV Agusta dalam memenuhi aturan Euro 5 adalah memangkas emisi tanpa kehilangan performa. Targetnya adalah  mempertahankan nilai power dan torsi maksimum yang sama 140 Hp dan 64 lbs/ft pada Dragster dan Brutale 800 tahun lalu. Basis mesin tiga silinder, dengan Counter Rotating Crankshaft tidak berubah. Namun memang benar adanya upaya untuk mengurangi gesekan guna ‘mengembalikan tenaga apa pun yang sempat hilang’ dan perubahan knalpot yang diperlukan untuk memenuhi batas emisi serta menambah estetika.

Beberapa detail untuk mencapai ini adalah seperti menggunakan Tapet yang dilapisi DLC serta hadirnya desain baru dari bearing crankshaft, bearing con-rod, dan bearing countershaft. Semua ini dilakukan dengan tujuan agar mesin berputar lebih bebas. Injektor bahan bakar bertekanan lebih tinggi dan unit manajemen engine baru melengkapi perubahan tersebut, bersama dengan kopling baru dan quickshifter EAS generasi ketiga di segmen transmisi.

Seperti sobat bisa lihat sendiri desain knalpotnya sendiri baru, tidak hanya membawa kepatuhan terhadap regulasi Euro 5 tetapi juga membuat tampilan baru yang lebih gahar dengan tiga ujung muffler yang lebih runcing. Bahkan untuk model Brutale dan Dragster Rosso yang lebih murah, dengan spesifikasi lebih rendah dan versi mesin 112 Hp yang di-detuned, juga mendapatkan update bentuk knalpot dan update DLC serta bearing yang sama. Versi 47 Hp atau versi lisensi-legal A2 dari model Rosso juga akan tersedia berdasarkan permintaan.

Di sisi sasis, semua model 2021 Brutale 800 dan Dragster 800 mendapatkan sasis yang lebih baik, dengan pelat logam yang didesain ulang di area pivot swingarm dimana ini menurut MV Agusta akan meningkatkan kekakuan torsional dan kekakuan longitudinal.

Sementara komponen suspensi sebagian besar tidak berubah secara fisik. Hanya perubahan detail saja yang dilakukan seperti revisi setingan damper untuk semua versi Brutale dan Dragster 800 dan desain link suspensi belakang baru yang lebih progresif untuk meningkatkan feel pengendaraan. Bentuk lain untuk kenyamanan hadir dalam bentuk adding jok baru yang diklaim dapat membantu menghilangkan getaran.

Namun begitu pembaruan elektronik cenderung memiliki efek yang lebih besar pada pengalaman berkendara daripada pembaruan mekanis yang sudah disebutkan di atas. Model Burtale RR dan Dragster RR akhirnya mendapatkan IMU, yang dikembangkan secara khusus untuk MV Agusta oleh perusahaan Italia e-Novia. Dengan IMU ini Burtale RR dan Dragster RR memperoleh fitur tambahan TC Cornering dan ABS Cornering, Anti Wheelie, Cruise Control dan Launch Control, plus Cornering Light di unit lampu depan LED. Versi entry level Rosso juga mendapatkan ABS menikung dan IMU, tetapi dengan fitur yang lebih sedikit.

Dari bentuk dashboard TFT 5,5 inci baru di atas sudah dapat menunjukkan fitur-fitur elektronik tambahan baru apa yang hadir di versi 2021. Terlihat juga hadir joystick baru untuk mempermudah pengendalian atas pengaturan strategi elektronik ini.

Seperti sebelumnya, Brutale RR dan Dragster RR juga hadir dalam bentuk ‘SCS’ (Smart Clutch System), menggunakan kopling otomatis yang dioperasikan secara mekanis yang pada dasarnya adalah kopling sentrifugal, dibuat oleh Rekluse. Secara umum mirip pengoperasian gear pada motor bebek underbone walaupun beda teknologi.

Bersamaan dengan quick shifter perlengkapan standar, ini berarti pengendaranya dapat mengendarai versi SCS tanpa perlu menyentuh tuas kopling, bahkan saat pertama kali memilih gigi (gear 1) dari posisi diam atau saat berhenti. Tetapi tidak seperti sistem semi-otomatis elektronik yang lebih kompleks, tuas kopling masih ada dan bekerja sepenuhnya secara konvensional saat ingin digunakan.

Brutalle Dragster 800 RR SCS RC top-range

Selain versi Rosso, RR, dan RR SCS, 2021 Dragster 800 juga dapat dimiliki dalam spesifikasi RR SCS RC top-range, menampilkan velg tempa (forged) alih-alih velg spoke (jari-jari) RR atau velg cor (cast) pada versi Rosso. Brutalle Dragster 800 RR SCS RC top-range juga memperoleh bagian karbon pada bodywork dan grafis yang terinspirasi oleh proyek balap Moto2 dan Supersport MV Agusta. Brutalle Dragster 800 RR SCS RC top-range juga dilengkapi dengan knalpot SC Project khusus trek sebagai bagian dari kit balap yang meningkatkan tenaga sampai 150 Hp saat dipasang. Terbatas, hanya sejumlah 200 model RC yang akan dibuat, masing-masing mendapatkan grafis plat registrasi tersendiri pada yoke bagian atas.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

13 COMMENTS

  1. Tetap konsisten dgn motor2 seksi nya. Berasa ngelihat wanita lagi posisi menantang nih motor. Heudeh. Ngeces sejadi2nya.

    Guest
  2. Motor Italia seperti biasa, attention to detailnya never failed, selalu bikin kagum. Lekukan bodynya itu loh, dari depan kebelakang mengalir halus.

    Guest
  3. Adrian morton emang keren.. Gak salah mv agusta mmpekerjakan ni orang sebagai penerusnya tamburini untuk urusan desain.. josss

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.