TMCBLOG.com – Berita bagus nih bagi penggemar Adventure karena salah satu varian motor penjelajah yang juga dijual di Indonesia yakni Royal Enfield Himalayan memperoleh update pembaharuan mulai tahun 2021 ini dimulai dari negara pembuatnya di India dan mungkin segera hadir pula buat pasar Indonesia. Silahkan simak update nya sob . .

Yang pertama jelas adalah toolsnya para petualang nih yakni fitur navigasi. Versi terbaru RE Himalayan 2021 ini memanfaatkan fungsi navigasi bernama “Royal Enfield Tripper” yang memulai debutnya pada Meteor 350. Cluster navigasinya menempati ruang di sisi kanan kluster instrumen dashboard, diberdayakan oleh Google Maps dan memberikan petunjuk arah tikungan demi tikungan. Sistem navigasi Tripper ini bisa terhubung ke smartphone pengendara melalui aplikasi Royal Enfield.

Royal Enfield juga telah memberikan pembaruan untuk meningkatkan kemampuan touring sepeda motor. Model baru mendapat revisi pada jok, carrier belakang, dan rak depan. Ia juga memiliki windshield depan baru. Model 2021 juga mendapat inisiatif Make It YoursMiY – yang memungkinkan pembeli mempersonalisasi dan mengakses sepeda motor mereka melalui aplikasi Royal Enfield.

Mengenai dapur pacu RE Himalayan 2021, mesin yang dipakai memiliki spesifikasi 411cc, satu silinder, berpendingin oli yang sudah lolos spek regulasi Euro 5 dan menghasilkan tenaga puncak 24,3 Bhp pada 6.500 Rpm dan torsi puncak 32 Nm pada 4.500 Rpm. Mesin tersebut dipasangkan dengan gearbox lima percepatan.

Dari segi sasis dan suspensi , semuanya tetap seperti sebelumnya, tanpa perubahan pada rangka dudukan baja dan suspensi sebelumnya yakni dengan fork suspensi telskopik 41 mm di depan dan monoshock di belakang yang dapat disesuaikan setingan pre-loadnya. Pengaturan pengereman mencakup cakram tunggal di kedua roda bersama dengan sistem ABS dual-channel yang dapat dinon-aktifkan.

Pembaruan visual yang juga jelas terlihat adalah bentuk baru pada rangka pemasangan bagasi depan khas Himalayan, yang berfungsi ganda sebagai braket untuk lampu depan dan panel instrumen. Untuk tahun 2021, framenya meruncing ke arah bawah, memberikan tampilan yang lebih halus daripada bentuk kotak yang digunakan hingga sekarang.

Taufik of BuitenZorg | IG @tmcblog

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.