TMCBLOG.com – Selagi empat pembalap reguler KTM sibuk mencari kembali setup race pace dan time attack pada lima hari test resmi IRTA MotoGP 2021 di Losail Qatar, test rider Dani Pedrosa terlihat juga sibuk mencoba beberapa parts baru terutama part fisik seperti aero fairing, swingarm, frame, dan buntut model baru dari 2021 KTM RC16. Mengenai aero fairing KTM RC16 yang terlihat lebih slim di bagian front cowl dekat windscreen sudah kita bahas mendalam pada artikel sebelumnya. Sekarang mari kita bahas mengenai frame, swingarm dan buntut baru KTM RC16 2021.

Sepasang Aero Fairing masing masing buat Aprilia dan KTM MotoGP Di #QatarTest 2021

Yang pertama kita akan lihat soal frame, bentangan utama (main beam) dari sasis KTM RC16 2021 sebenarnya sama dengan MY 2020, namun ada perbedaan di bagian dekat pivot swingarm. Silahkan sobat cek foto berikut ini . .

Di atas ini adalah Brad Binder di motor dengan sasis KTM RC 2021 versi perilisan, sasisnya masih berbasis sasis 2020 dimana sobat bisa lihat di bawah titik poros lengan ayun pada motor ini, sasis sedikit meruncing ke depan dan tepat di atas titik poros lengan ayun terdapat satu lubang. Sekarang lihat sasis baru yang dicoba Pedrosa pada gambar berikutnya.

Lihat bagaimana sasis baru sekarang ‘menekuk’ ke dalam tepat di bawah titik poros lengan ayun plus juga ada lubang kecil tambahan di atas poros swingarm, detail yang tidak ada di sasis lama. Ini perubahan yang sangat kecil/minor dibandingkan versi sebelumnya. Tampaknya KTM mencoba menemukan feel yang diinginkan pembalap mereka. Alih-alih mengejar revolusi, mereka sekarang berfokus pada evolusi.

Ini kembali adalah Binder pada mesin 2020 yang menjadi basis RC16 Versi awal perilisan 2021. Perhatikan baik-baik swingarm, spatbor, dan fairing depan, semuanya berubah pada gambar berikutnya.

Inilah Pedrosa yang diyakini sedang menggunakan satu set kombinasi parts KTM RC16 2021. Pada swingarm barunya, kita dapat melihat bahwa dibandingkan dengan gambar sebelumnya, lubang di bagian bawah hilang dan bentuk keseluruhan tepi bawah jauh berbeda dimana jauh lebih landai saat mendekati area linkage suspensi.

Dari sudut lain ini kita dapat melihat lebih dekat karakteristik swingarm karbon KTM baru yang diuji oleh Dani Pedrosa.

Hal baru berikutnya adalah spatbor depan. Pada KTM RC16 Pedrosa terlihat spatbor depannya lebih memanjang. Diperkirakan ini berkaitan dengan keuntungan aerodinamika tertentu seperti memperkecil turbulensi yang terjadi, mirip sepeti yang dilakukan Yamaha pada spatbor depan Yamaha M1 di artikel kemarin.

Dan yang terakhir, selain swingarm baru, pebalap penguji KTM Dani Pedrosa juga terlihat menjajal bodywork buritan KTM RC16 yang terlihat lebih ramping dengan knalpot yang lebih terintegrasi.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

17 COMMENTS

  1. Wah diliris jg sama wak.aji akhirnya…
    Btw
    Makin lama.ini motor bentuknya mengarah ke rcv yak… tapi soal tenaga mesin mereka mssih ketinggalan dari gp20 sama rcv213v..

    Guest
      • ngerti referensi ga sih ??
        seseorang yg hebat itu selalu mengambil referensi dr mana saja demi kemajuan dirinya,, ga peduli mau referensi yg dia ambil itu berada diatas dia atau dibawah dia,

        Guest
        • Dibaca dipahami tulisannya busorsanda… Dia nulisnya SEKARANG iya gak??? Masih belum paham jg???

          Guest
      • Referensi itu basis contoh ngab.
        Mungkin ngab inget gak pas dari pertama Suzuka out sampe ikutan lagi??
        Dari V4 ke Inline CP4,

        Nah dari semua pabrikan yg pake Inline ampe sekarang sebelum Suzuka gabung?

        Yahmama

        Referensi gak selalu harus bagus, atau jelek

        Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.