TMCBLOG.com – pada hari ke empat test Pra Musim MotoGP, Kubu Repsol Honda yang diwakili test Rider stefan Bradl Memang cukup sibuk. pembalap jerman ini bolak balik mencari konfirmasi mengenai bentuk Aero Fairing depan apa yang akan dipakai Oleh RHT pada awal Musim di akhir bulan maret 2021 ini. . . Paling tidak ada 3 Pilihan Aero Fairing yang butuh pengambilan data. Selain itu Juga Stefan kepergok sedang menggunakan ‘ Sendok Swingarm ‘¬† baru di Honda RC213V.

Jika sobat perhatikan Foto di atas, kita dapat melihat bentuk sensok swingarm yang dipakai Oleh Pol Espargaro sebagai referensi part yang biasa pembalap pembalap Honda ( Pol, Bradl, Nakagami, Aex Marquez ) saat ini Namun begitu cek deh Foto foto berikut ini . .

Bersamaan dengan aero Fairing besar dengan warna fairing Hitam, Stefan Bradl sempat masuk Trek dan mencoba sendok swingarm baru . .

Secara umum bentuk dari Sendok swingarm Ini jauh lebih besar dari versi sebelumnya tetapi mengikuti filosofi yang sama yang ni mencoba ‘mengumpulkan udara’ untuk di salurkan ke Roda belakang . Terlihat banget bahwa bilang sayap pada sendork swingarm baru ini lebih luas dan lebi besar . . Ini bisa berarti dua . . pendinginan akan lebih baik karena Mungkin akan lebih banyak udara yang disergap masuk dialirkan ke ban belakang . . atau akan menghasilkan Downforce lebih besar pada komponen roda belakang . .

Yes dalam kaidah teorema Bernoulli, Gaya baik itu Liftforce maupun downforce akan berbanding lurus dengan Luasan area dari sayap . . so Wing lebih luas akan membuat Downforce lebih besar, dan logika lanjutannya adalah ban belakang lebih ngerip . Tentu mereka sedang mengukur apakah Downforce atau daya pendinginan ke ban belakang ini cukup atau tidak  . . di MotoGP itu bukan artinya lebih ngegrip lebih baik, mereka harus menemukan Keseimbangan dinamis terbaik di setup hal hal mekanis seperti ini tentunya . .

Taufik of BUitenZorg | @tmcblog

 

34 COMMENTS

  1. Waktu jaman bridgestone ngak seribet ini yak masalah ban,buat ngakalin grip ban,berarti kualitas karet micelin masih dibawah bridgestone…

    Guest
    • gak kebayang tuh sendok nyerok tembelek… trus numpuk tdk beraturan membuat aliran angin jd kacau…. bisa2 ban belakang lompat2 ndak stabil

      Guest
  2. ga cuman sendok swing armnya aja yg nambah gede, winglet utama dan yg lebih kecil nya pun juga nambah gede. klo ini yg dipake bakal jadi motor terjelek no. 2 setelah desmo dah.

    Guest
  3. Keknya pabrikan lain udah kmren2 pake lebar, honda knapa barusan aja, honda ini keliatan klo buat innovasi apalagi aerodinamis sukanya yg imut2, baru stelah pabrikan lain dah basi buat ngembangin part tsb baru dbuat yg lebar

    Guest
  4. Masih bingung sama aero aero begitu kalau dalam kondisi manikung di kecepatan tinggi kira kira efeknya apa ya wak?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.