TMCBLOG.com – Di artikel yang lalu kita sudah sama sama peroleh bahwa secara umum Supercub C125 di thailand Juga menyandang titel yang sama dengan Monkey 125 yakni ” All New ” di mana keterbaruan bukan hanya hadir di detail fisik luar, namun juga mesin. Awalnya kami, tmcblog pikir All New Honda Supercub C125 MY2021 akan pakai plek Mesin Honda Monkey 125 2021, ternyata nggak sob . .

Mesinnya berbeda dengan Mesin Monkey 125 dan Juga berbeda dengan mesin Supercub 125 model generasi sebelumnya ( 2020 ke bawah ). Jika kita lihat dari beberapa gambar yang hadir terlihat memang secara bentukan fisik dari Crankcase, gearbox Case dan case dekat tempat di mana starter pada Supercub C125 MY2021 ada perbedaan dengan Generasi sebelumnya.

Yes bentuk dari Crankcase, gearbox Case dan case dekat tempat dimano starter pada Supercub C125 MY2021  lebih mendekati bentuk detail pada All new Honda Supercub 110 yang juga telah dirilis pada tahun 2020 yang lalu dimana secara umum Pistonnya menggunakan Stroke yang lebih panjang (63,1 mm).

Dan benar saja sob . . . secara umum Informasi Official yang dirilis Oleh Honda di Thailand memang ada banyak perubahan di sisi dapur pacunya. Supercub C125 lama  menggunakan piston ukuran Bore x Stroke 52,4 x 57,913 mm sementara Supercub C125 yang baru 2021 memiliki Ukuran Bore x Stroke 50 x 63,1 mm . . Atau boleh dikatakan Mesin yang sekarang memiliki kubikasi yang sedikit lebih rendah yakni 123,94 cc bila dibandingkan dengan Kubikasi C125 sebelumnya (124,96 cc ) dan memiliki rasio lebih Overtroke dibandingkan Supercub lama.

Ini menarik karena di banyak Motor motor harian kubikasi kecil, Honda sepertinya secara umum sedang mengarah ke Meisn mesin dengan Platform Lebih ‘ overstroke ‘ . . Mulai dari Honda Genio yang terus sampai Honda beat, mesin 110 cc Bebek dan ini mesin bebek 125 cc.

Sayang Honda Thailand tidak memberikan data Mengenai Berapa power dan Torsi maksimum yang diukur di Crankshaft. Namun hal lain yang bisa dilihat adalah rasio kompresi dari Honda Supercub 125 2021 Lumayan lebih tinggi Yakni 10:1 bila kita bandingkan dengan Rasio Kompresi C125 sebelumnya yang 9,3 : 1 . . . Selain itu ada sedikit perubahan fisik yakni di mana Wheel base dari C125 MY2021 lebih panjang sekitar 4mm dibandingkan C125 MY2020.

Di luar Itu, Mesin Honda Supercub C125 ini masih sama sama Semi-automatic dengan 4 percepatan dan ini membuat kami berfikir bahwa Sangat memungkinkan untuk next mesin Honda Supra 125 sepertinyaakan juga mengadopsi Mesin Ini dibaningkan mesin Monkey 125 yang sudah 5 speed  . . Mesin Long stroke dengan Kompresi lebih tinggi, namun masih 4 percepatan  . . cek aja deh nanti sob  . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Perbedaan Honda Supercub C125 MY 2020 VS MY 2021

Honda C125 2020 Honda C125 2021
Tipe Mesin Pendinginan Udara, SOHC 4 langkah Pendinginan Udara, SOHC 4 langkah
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection (PGM-FI) Fuel Injection (PGM-FI)
Diameter X Langkah 52,4 x 57,913 mm 50 x 63,1 mm
Tipe Tranmisi Manual, 4 – kecepatan Manual, 4 – kecepatan
Rasio Kompresi 9,3 : 1 10 : 1
Daya Maksimum 6,76 kW / 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,79 Nm / 5.000 rpm
Tipe Starter Elektrik Elektrik
Tipe Kopling Wet, Multiple With Coil Spring Wet, Multiple With Coil Spring
Tipe Pendinginan Pendinginan Udara Pendinginan Udara
Tipe Rangka Back Bone, Steel Back Bone, Steel
Tipe Suspensi Depan Teleskopik Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Swing arm dengan suspensi ganda Swing arm dengan suspensi ganda
Ukuran Ban Depan 70/90-17 M/C 38P (Tubeless) 70/90-17 M/C 38P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 80/90-17 M/C 50P (Tubeless) 80/90-17 M/C 50P (Tubeless)
Rem Depan Cakram Hidrolik Cakram Hidrolik
Rem Belakang Mechanical Leading Trailing Mechanical Leading Trailing
Sistem Pengereman Tromol Tromol
Panjang X Lebar X Tinggi 1.910 x 718 x 1.002 mm Tromol
Tinggi Tempat Duduk 780 mm 780 mm
Jarak Sumbu Roda 1.243 mm 1.247 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 136 mm 136 mm
Curb Weight 107 Kg 109 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 3,7 liter 3,7 liter
Kapasitas Minyak Pelumas 0,8 L (Penggantian Periodik)
Tipe Baterai Atau Aki 12 V – 3 Ah, MF-Wet Type
Sistem Pengapian Full Transisterized, Battery
Tipe Busi NGK CPR6EA-9 / DENSO U20EPR9
Lampu Depan Hi 10,1 W x 1 (LED) , Low 5,1 W x 1 (LED)

16 COMMENTS

  1. Common crankshaft Genio nih wakaji … Kayak nya 125cc > pake stroke nya 63,1 nih wakaji

    Guest
  2. Hmm..common part sama mesin Genio, kok saya jadi kepikiran kayanya Honda dari awal emang udah berencana bikin matic 125cc air-cooled lewat platform mesin long stroke ini tapi karna Matic 125cc Air-cooled kompetitor ga terlalu ngasih perlawanan signifikan akhirnya ditahan dulu

    Guest
  3. Seperti motor2 cc kecil yamaha, sedang honda awalnya rata2 stroke pendek, jadi honda lebih awet daripada yamaha yang haus oli, mungkin karena pertimbangan orang 1 atau 2 tahun udah ganti motor, beda dengan dahulu 5-10 tahun ganti motor, jadi dibikin overstroke, lebih irit di kecepatan rendah pun tenaga spontan jengat2 ala yamaha, dimana saat ini jalanan juga macet, dengan konsekuensi piston speed jadi tinggi, durabilitas mesin menurun

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.