TMCBLOG.com – Kejuaraan balap kadet MotoGP Red Bull Rookies Cup baru saja menyelesaikan rangkaian Test Pra-Musim selama 3 hari di sirkuit Portimao Yag akan dipakai Juga di Race weekend pertama mereka bersama 3 kelas Grand Prix di akhir Pekan ini. Kondisi trek yang rumit selama tiga hari dan sirkuit Portimão Grand Prix yang memiliki karakter roller coaster dan mendebarkan menjadikan test ini memiliki level tes pramusim yang benar benar berbeda dan mengesankan buat Red Bull MotoGP Rookies Cup. Meskipun beberapa pebalap sudah kenal lintasan ini, Namun pada dasarnya belum ada yang mengendarainya dengan motor KTM RC 250 R. Salah satu diantara mereka ada pembalap Muda Indonesia Mario Suryo Aji tentunya.

Mengenai Mario Aji sendiri kembali sedikit up – n – down di hari ketiga ini. Menghadapi Sesi pertama Dimana Track masih basah karena Hujan, Sepertinya Mario tidak terlalu banyak ambil resiko dan ia hanya torehkan 3 lap dan berada di posisi 25

Sesi Kedua pada hari ketiga cukup spesial karena ini di siapkan sebagai sesi Long run atau sebagai Simulasi race dimana pada sesi ini Mario berhasil melakukan 10 lap Long run dengan race pace rata rata 1:53,189. lalu setelah itu Mario kembali tidak terlihat dalam Time sheet sesi ke tiga dan sesi empat.

Secara umum Best pace dari kesemua Pembalap memang terjadi pada hari pertama. Karena di hari tersebut Mario barhasil menjadi yang tercepat kedua maka Iapun menjadi yang tercepat kedua pula pada akumulasi tiga hari test Pra Musim di Portimao ini. Daniel Holgado dan Marcos Uriarte mengapitnya dari dekat dan memang dua pembalap Spanyol ini menjadi dua dari beberapa pembalap yang diperkirakan akan memberikan perlawanan sengit ke Mario selama Musim ketiganya di RBRC ini.

Oh ya di Musim 2021 ini cukup spesial karena beberapa list pembalap baru ( Rookie) tidak diperoleh Via acara seleksi Pengetesan seperti biasa namun Via panggilan dari Federasi negara masing masing. Namun begitu menurut Internal coach RBRC sepertinya tidak banyak berbeda performa mereka dibandingan saat diterima dengan cara seleksi fisik.

Gustl Auinger – RBRC Rider Coach : “Ini sangat bagus, Karena tahun ini (kami) mendapatkan pendatang baru tanpa mengikuti Event Seleksi, saya tidak begitu yakin bagaimana hasilnya. Tapi orang-orang baru ini sangat cocok dengan Piala Rookies kami dan setelah hanya tiga sesi tidak terlihat perbedaan antara pendatang baru dan yang di tahun kedua atau bahkan ketiga. ”

“Semua sesi berjalan sangat baik, kemarin (hari ke-2) kondisi cuaca tidak cerah, cuaca April khas dengan sinar matahari, angin dan hujan. Dalam kondisi sulit ini, kami mengalami beberapa Crash, tetapi semua orang baik-baik saja dan saya sangat senang dengan apa yang telah saya lihat dalam tiga hari ini.

Dani Ribalta Rider Coach : ” Kami memperoleh semua kondisi ; tidak ada angin, angin dari segala arah, hujan, ini gila. Di hari pertama lintasan kotor tapi dibersihkan, laptime yang mereka lakukan di hari pertama tidak bisa diperbaiki bahkan di hari ketiga. Pada hari kedua kami mengalami hujan dan setelah itu trek tetap licin meski kering dan meninggalkan beberapa bagian yang lembab. ”

“Angin berubah sepanjang hari dan pada hari ketiga benar-benar berbeda dan rumit di beberapa sudut. Ini adalah tes yang bagus untuk mencoba semuanya, semua sprocket dan permukaan baru tampak cukup keras di ban. ini adalah pengetesan yang sangat lengkap. “

RBRC Musim ke 15 di 2021 ini ada 26 pebalap Rookies Cup dari 16 negara menjadikan total untuk 15 musim menjadi 210 pebalap yang mewakili 36 kebangsaan. Hanya beberapa hari buat ke-26 pembalap Muda ini beristirahat dan merenung sebelum dua balapan pertama dari 14 kali balapan di Musim ini akan dimulai berbarengan dengan tiga Kelas Grand prix di Portimao – Portugal akhir pekan ini. Kita Tunggu sepak terjang Mario Suryo Aji di musim yang disinyalir merupakan Musim yang penting buatnya, Mungkin musim terakhir di RBRC dan menentukan Path karirnya tahun depan.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Provisional Calendar RBRC 2021

  • Races 1-2 April 17-18 Portimão – Portugal
  • Races 3-4 May 1-2 Jerez – Spain
  • Races 5-6 May 29-30 Mugello – Italy
  • Races 7-8 June 19-20 Sachsenring – Germany
  • Races 9-10 July 10-11 KymiRing – Finland
  • Races 11-12 August 14-15 Red Bull Ring – Austria
  • Races 13-14 September 11-12 Aragon – Spain

16 COMMENTS

  1. Apa tidak bisa ahrt seperti zk racing aka sepang yg punya base camp dan latihan tiap hari karna selama ini pembalap ahrt latihan sendiri dan sesekali kumpul bersama.

    Guest
    • Wkwkwk ente selama ini kemana aja ? Sebelum pendemi udah dijalanin kali omku. Mereka menggelar latihan lebih tertutup, kadang latihan disirkuit pribadi mereka dicikarang.

      Guest
      • Saya tau bro tapi tdk seperti zk racing yg memang basecamp di sepang dan hampir tiap hari latihan di sana beda dgn anak ahrt kadang latihan sendiri keliatan dari ig mereka

        Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.