TMCBLOG.com – Hari ini tanggal 26 April 2021 Suzuki Global menepati janjinya dengan menghadirkan generasi baru GSX-S 1000, nakedBike yang secara bentuk berubah sangat Signfikan dan mungkin lebih ke arah Radikal menggunakan mesin yang lebih bertenaga yang disesuaikan dengan regulasi Euro5, estetika yang lebih agresif, fungsional. Update yang jauh lebih tinggi daripada model sebelumnya yang ditawarkan.

Hal pertama yang menarik perhatian GSX-S 1000 2021 adalah Perubahan bodywork barunya yang kini dilengkapi dengan headlamp depan LED baru yang  modern, kompak dan menarik, yang selaras dengan desain keseluruhan dari Motor yang Kian berototnya. Sasis tidak berubah, tetap mempertahankan struktur aluminium tipe twin-spar yang sama dengan yang dipakai Oleh generasi sebelumnya. Sementara swingarm belakang terinspirasi dari Suzuki GSX-R1000.

Untuk lebih meningkatkan posisi berkendara, lebih tegak, dan menawarkan kenyamanan yang lebih baik sambil mencari keseimbangan terbaik untuk berkendara yang sporty, stang telah didesain ulang dan ditempatkan 20 mm lebih dekat ke tubuh pengendara, sekaligus lebih lebar (lebih baplang) 23 mm.

Dapur pacu yang digunakan adalah mesin empat silinder segaris 999cc berpendingin cairan yang sama dengan yang digunakan pada GSX-S 1000 generasi sebelumnya, meskipun Suzuki telah memperkenalkan beberapa perubahan untuk mengatasinya regulasi Euro5 dan meningkatkan responsnya terhadap rpm menengah.

Mesin ini menghasilkan PowerMaksimum 152 hp pada 11.000 rpm, dengan torsi maksimum 106 Nm pada 9.250 rpm. Beberapa Update ditemukan di camshafts, transmisi, kopling dan modifikasi pada sistem pembuangan. menurut Suzuki Perubahan yang dilakukan ini akan meningkatkan power sekaligus mencapai operasi yang lebih seimbang dengan menyoroti pengiriman torsi yang lebih tinggi pada putaran rendah, menawarkan akselerasi yang lebih baik dan respons yang lebih cepat terhadap throttle. Alhasil New GSX-S1000 ini mampu menyelesaikan 200 m dari diam dalam 6,64 detik dan 400 m dalam 10,15 detik di mana angka angka ini lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Suspensi Depan Upside Down KYB berdiameter 43 mm, dapat disetel sepenuhnya. Dan suspensi di belakang, monoshock dengan sistem Link progresif multi-adjustable dalam setup rebound dan spring preload, yang menawarkan kompromi optimal antara kelincahan dan stabilitas. Bobotnya 214 kilogram, atau lebih berat lima kilogram dibandingkan model generasi sebelumnya. Memiliki tangki bahan bakar bervolume 19 liter (termasuk cadangan) dan jarak jok ke tanah 810 mm . . Jinjit Balet dah.

Velgnya terbuat dari aluminium Cast dengan 6 jari-jari miring, dilengkapi dengan ban Dunlop SPORTMAX Roadsport2 yang dikembangkan khusus untuk GSX-S1000. Perlengkapan pengereman telah dipercayakan pada kaliper depan Brembo monoblok empat piston 32mm yang bekerja pada floating disc berdiameter 310mm, didukung Anti-Lock Braking System (ABS).

GSX-S1000 baru menggabungkan paket baru dan lengkap dari sistem elektronik canggih yang merupakan Suzuki Intelligent Driving System (S.I.R.S.) yang bisa dikontrol melalui instrumentasi baru dengan layar LCD yang dapat diredupkan yang menampilkan berbagai informasi berguna dalam format yang relatif ringkas dan cepat dibaca. S.I.R.S sendiri mengandung Pengaturan variabel :

– Pemilih Mode Mengemudi Suzuki (SDMS)
– Kontrol Traksi Suzuki
– Throttle Elektronik “Ride-by-Wire”
– Wizard Perubahan Cepat dua arah
– Suzuki Easy Start
– Sistem Bantuan pada RPM Rendah.

GSX-S 1000 2021 baru tersedia dalam tiga pilihan warna: Metallic Triton Blue, sebagai warna paling representatif, simbol merek aspal sport Suzuki. Glass Mat Mechanical Grey, warna yang dibuat untuk GSX-S1000 dan terinspirasi oleh pesawat tempur yang disamarkan. Dan Glass Sparkle Black, yang memadukan glossy dan matte black untuk hasil akhir yang halus. Unit pertama akan tiba di eropa selama minggu pertama bulan Juli 2021 dengan harga eceran yang dikonfirmasi sekitar 13 ribuan euro.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

56 COMMENTS

    • kalo yang seribu cc gini di bilang keren model seperti ini,,, tapi kalo yang 150 cc yg itu dibilang kopong lah, mesin seuprit lah
      kesian “

      Guest
  1. Kombinasi xabre (sasis deltabox) dan duke 1290 (style nya) wkwkwkw
    Tapi hebat juga Suzuki bisa bikin mesin tahun 2000an lolos euro5, termasuk new hayabusa.

    Guest
    • Dulu waktu keluar xabre, aku pikir ini DUKE versi deltabox. Udah gitu R1 ikut2an pake buntut bolong ala PANIGALE.
      You pikir yamaha gak ada nyontek2nya apa?

      Guest
  2. Xabre 1000cc.😂
    Semoga desainnya temurun ke GSX S150.
    Seperti kebiasaan lama suzuki menurunkan tampang gsx r1000 ke F150.

    Guest
  3. 150hp biar ngebutnya stabil pake ban roadsport 2 deh, wuuuss…
    Rilis nya koq bareng new MT 09 ada apa ini?

    Guest
  4. Bentuk Shroudnya kaya motor2 konsep, kurang menyatu sama bentuk tangki & buntut, kalo headlamp cakep sih.

    Guest
  5. Wak apakah sekarang pabrikan jepang bakal pakai sein sama semua? Kok sein nya sama dengan yang dipakai Honda dan Kawasaki

    Guest
  6. Keren.. tapi sekilas dilirik kayak bukan motor produksi Suzuki aja. Jadi teringat perubahan desain CB1000R sebelumnya yg arahnya juga gini

    Guest
  7. Walau garis desain ala suzuki banyak berkurang tp evolusinya mantap.
    Jujur desain yg lama dengan garis2 lengkung terlihat kurang garang apalagi headlamp agak klasik. Kalo yg ini tajam berisi agresif.

    Guest
  8. Semoga sama gsx s 150 ga cuma di adopsi warnanya aja, tapi design nya juga ya wak, biar jualannya agak kenceng gitu, kalo ga ada persaingan nanti pilihan motor kita jadi sedikit, bosan saya.

    Guest
  9. Nah gini keren sizuka designx, yg gsx s 1000 cc aza jok belakang ga nungging kaya mau naik enggrang, yg 150 cc nya 😅 ah sudahlah..

    Guest
  10. Kasihan desainer motor/mobil jaman sekarang, dibilang mirip sama pendahulunya lah, motor lain apa lah. Giliran bikin desain yang unik/baru, Sang Maha Menuntut bilang, “Harusnya desain motor tuh kayak merk X. Begini mah seleranya negara Y”.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.