TMCBLOG.com – Ada beberapa team satelit yang masih akan menentukan ke pabrikan mana mereka akan merapat di 2022 nanti, sebut saja Petronas SRT, Gresini Racing, LCR, dan VR46. Petronas SRT dan LCR kemungkinan besar akan meneruskan kerjasama mereka dengan pabrikan yang tahun ini membersamai mereka (Yamaha dan Honda). Sementara Gresini Racing berencana akan mengumumkan di akhir bulan Mei atau awal Juni 2021 ini. Lalu bagaimana tentang VR46?

Seperti yang kita ketahui bahwa tukar guling tempat secara full akan benar-benar dilakukan antara VR46 dan Avintia di tahun 2022 nanti. Avintia akan konsentrasi di Moto3 menggunakan tempat semua VR46. Sementara VR46 akan menguasai secara absolute space yang ditinggalkan Avintia di kelas primer MotoGP. Namun apakah VR46 Racing team siap akan konseskuensi finansialnya?

Seperti yang sudah pernah kita bahas, Biaya operasional MotoGP factory team bisa mencapai angka 1,5 triliun Rupiah per-musim dan angka ini jelas tidak kecil. Namun kayaknya Rossi dan pengasuh team ini sepertinya mulai bernafas lega karena dikabarkan mereka telah memperoleh back-up finansial yang akan mengamankan project balap mereka di dua kelas GP (Moto2 dan MotoGP) pasca 2021 nanti.

Dikabarkan bahwa selama berada di Qatar, VR46 telah menjalin komunikasi intensif dan bahkan sampai pada taraf penandatanganan kerja sama dengan perusahaan “Tanal Entertainment Sport & Media” yang dimiliki pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud di Arab Saudi. Tujuannya adalah untuk mempromosikan proyek “Saudi Vision 2020”.

Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud berkomentar: “Kami sangat bangga mengumumkan kemitraan strategis ini dengan Tim VR46. Proyek ini adalah bagian dari program pemerintah yang lebih luas yang bertujuan untuk mempromosikan negara Arab Saudi dan visi yang kami miliki untuk masa depan dan keberlanjutan. Melalui kerja sama dengan proyek racing, kami ingin menghubungkan konsep komunikasi yang mengekspresikan visi dan filosofi kami tentang cara hidup baru dan peluang untuk masa depan. Tidak ada asosiasi yang lebih baik bagi kami selain itu dengan Tim VR46 Valentino Rossi untuk menyoroti nilai-nilai ini.”

Launching project perdana VR46 dan Tanal Entertainment Sport & Media dilangsungkan sebulan yang lalu di Qatar, namun diyakini kelanjutan dari kemitraan ini akan dibuat lebih luas nggak hanya di 2021 dan Infonya akan di tanda tangani kembali pada seri Le Mans 2021 dengan tujuan diumumkan pada seri Mugello 2021 sebagai seri home race dari team ini.

Diperkirakan di Mugello nanti VR46 akan mengumumkan project MotoGP 2022 mereka menggunakan dua pembalap yang masih sama dengan line-up sekarang (Marini dan Bastianini) sementara soal pabrikan, juga menarik dimana kemungkinan juga Ducati akan terus bersama VR46 Team di 2022 nanti.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

45 COMMENTS

  1. Ucio Curhat dikit di media, sponsor langsung gercep ?

    Bastianini dulu gak mau gabung VR|46 Academy, sekarang malah kerja untuk VR|46

    Guest
    • Kalo Gresini merapat ke H gw khawatir mereka bukannya jadi tim satelit utama kaya jaman masih saingan support teknis sama Pons Racing tapi malah jadi kaya MarcVDS, lebih aman sih mepet Suzuki kalo gamau nerusin Aprilia. Tapi berhubung yang punya tim udah ga ada, bisa aja tim secara keseluruhan ‘berubah pikiran’ dan lanjut sama Aprilia, karena yg pengen keluar dari Aprilia sebenernya Opa Gresini, doi kangen masa2 kompetitif bareng H, yg sekarang mimpin Gresini sepeninggal Opa Gresini belum tentu punya pikiran yg sama.

      Guest
  2. Magnet nya masih kuat sekali Nomor 46 itu, walau saya akui sebetulnya sudah habis sih masanya. Tapi kalau untuk promosi dan marketing sepertinya masih OK.

    Guest
    • Setidaknya sampe fans kuning tua dan lupa, untuk saat ini fanbase masih aman lah biarpun kebanyakan fans kuning sendiri yg rasional pada beralih ngefans ke rider yg lebih muda.

      Guest
  3. Daripada Ducati mending Suzuki aja
    Kasih berkoper koper duit gambar raja Salman,biar ga kolot principal atasnya

    Guest
    • Bener soal performa itu motor udah kompetitif banget,ducati kata jarko masih bermasalah dihandling kata doi kalo ngak salah,..

      Guest
  4. Memang luar biasa legend ini VR46 sampe saat ini belum ada pembalap sebaik dia dalam memanage media buat menciptakan magnet sponsor
    MM93 saja levelnya belum bagus VR dalam urusan media, cuman MM93 masih diatas pembalap lain motogp yang masih aktif

    Guest
  5. Pakai Avintia 2022 spek harus pabrikan terbaru….kan sponsor sultan,biar bisa kompetitif di balapan….seperti Pramac minimal spek motornya ..

    Guest
  6. Koq sama Ducati? Kenapa ga bikin tim bareng aprilia saja, free musim depan, soalnya Gresini racing maunya ke Ducati?

    Guest
  7. pas zaman kapan Rossi balap mobil di negeri timur itu, keliat banget sih kaya orang2 arab suka ama VR46.

    coba bayangkan misal ada orang dengan uang kelas sultan yg ngefans VR, bayangkan aja dulu. tp berita ini kan bukan perorangan or perusahaan..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.