TMCBLOG.com – Honda telah menetapkan target tahun 2040 untuk meng-elektrifikasi seluruh jajaran produk kendaraannya dan berhenti membuat kendaraan bertenaga mesin pembakaran ( Mesin Oto) . Toshihiro Mibe, CEO Honda Motor, telah mengumumkan Visi Honda ini pada sebuah konferensi pers di mana dia telah mengumumkan rencana elektrifikasi dan nol emisi yang telah ditetapkan mereknya semenjak sekarang sampai 2050 nanti. Sebuah Road Map produk sepeda motor Juga sempat di umumkan Oleh Honda

Raksasa Jepang ini bersedia melakukan rencana ambisius untuk me-nol-kan emisi karbon dan menjadikan Honda sebagai Brand Otomotif multinasional dengan “emisi NOL” pada tahun 2050. Untuk itu, selain elektrifikasi progresif semua produk kendaraannya, Honda juga mempromosikan sistem penggunaan baterai yang dapat ditukar, Roset hidrogen sebagai bahan bakar alternatif dan mencari metode yang lebih efektif untuk menggunakan kembali serta mendaur ulang baterai yang telah habis siklus pakainya.

Di tingkat global, Honda siap mengesampingkan mesin yang menggunakan bahan bakar fosil untuk memobilisasi semua kendaraan roda empatnya pada tahun 2040. Tujuan pertama adalah tahun 2030 mencapai bahwa 40% dari penjualan global Honda terdiri dari kendaraan listrik, sebuah angka yang akan meningkat menjadi 80% pada tahun 2035 dan 100% pada tahun 2040, ketika tidak ada lagi kendaraan R4 Bermerk Honda dengan bahan bakar fosil yang bsia dibeli saat itu.

Untuk sepeda motor, Honda belum merinci Target Eletrifikasinya dengan jelas mengenai kapan harus meninggalkan penjualan Sepeda motor bermesin bensin sepenuhnya. Namun sedikit Bocor alus diberikan oleh Toshihiro Mibe adalah bahwa pada tahun 2024, tiga model listrik 100% yang akan didistribusikan di seluruh dunia. Dua datri tiga model merupakan tipe skuter, satu dengan kinerja yang mirip dengan moped 50cc dan yang lainnya “di bawah 125cc”

Pada tahun 2024, Honda juga berencana akan menghadirkan model NakedBike electricnya ketiga yang performanya mirip dengan motor 125cc. Honda juga mengumumkan pengenalan  model listrik “di area FUN” yang sepertinya mengacu pada Sepeda motor 100 & % Listrik dengan performa dan kemampuan lebih tinggi.

Honda, Yamaha, KTM dan Piaggio tanda tangani kesepakatan Satu Platform Baterai Motor Listrik yang bisa ditukar !!

Kesepakatan baru-baru ini yang dicapai Honda dengan Yamaha, KTM, dan Piaggio untuk menstandarkan desain baterai yang mudah dipertukarkan di antara model-model listriknya adalah salah satu pilar yang menjadi dasar produksi sepeda motor EV skala besar pertamanya. Namun, Honda Juga mengingat pentingnya “menyediakan sejumlah besar stasiun pertukaran baterai bagi pelanggan dan memastikan kenyamanan pengguna dengan membuatnya kompatibel dengan kendaraan listrik dari pabrikan lain.”

Selain menjelaskan masa depan listrik merek, Toshihiro Mibe juga mendedikasikan sebagian presentasinya untuk berbicara tentang sistem ADAS (advanced driver-assistance system)  yang dikembangkan oleh Honda. Raksasa Jepang itu melihat kemungkinan untuk mencapai “nol kematian” akibat tabrakan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor dan mobil Honda secara global pada tahun 2050 dengan memanfaatkan teknologi penggerak otomatis level 3 ini. Honda yakin, dalam 30 tahun ke depan, sistem ADASnya akan sangat maju sehingga mampu menghindari tabrakan antara sepeda motor dan mobil yang dilengkapi teknologi ini.

22 COMMENTS

  1. Nooo,anak cucu ga bakal bisa ngerasain gimana rasanya VTEC,i4,v2,v4,i6,flat 6

    (Diri sendiri jg belum sih)

    Guest
  2. Wah berita ini harus ane skrinsut, dan simpen dlm flesdis buat anak cucu ane. Semoga bermanfaat. Di tahun 2040.😂

    Guest
  3. Nickel sebagai bahan batere dari indonesia.

    Yes, keputusan bagus dari pemerintah untuk tidak mengekspor nickel mentah

    Guest
  4. Mas ada informasi ..
    Tentang KTM gak..
    Tu katanya KTM PMA Uda resmi di Tunjung sama bule Austria,
    Menjadi distributor KTM di Indonesia.
    Seluruh line up.

    Bagai mana Status KTM Penta jaya nie..

    Dualisme kah 🤣🤣

    Guest
  5. bisa dibilang era hybrid gagal ya, pabrikan lebih memilih langsung lompat ke full listrik, btw, berarti kebijakan ini juga berpengaruh dgn Honda yg ada di Indonesia kan ya ?? hmmm ga kebayang 20 tahun kedepannya motor dan mobil yg berseliweran semuanya listrik,

    Guest
  6. Dengan khas torsi nya yang gede, apa honda ga berencana bikin dirt bike saja daripada skuter setara mesin bbm kurang dari 125cc, kan asyik, bisa buat pengganti MTB

    Guest
  7. tahun segitu orang2 akan rindu suara kasar Tiger atau Scorpio knalpot nembak, atau bahkan RX King diselip kopling gigi 2..

    Guest
  8. 2040 tarif listrik naik, kebutuhan listrik rumah tangga melonjak gara2 boros buat ngecas baterai motor/R4 wkwkwk
    mau ngirit malah nangis

    Guest
  9. Prediksi gua mulai 2050an, atau bisa jadi lebih awal, mekanisme tukar-pakai mulai ditinggalkan, digantikan oleh mekanisme “on the way realtime wireless refuelling (recharging)” dimana fasilitas jalan umum sudah dilengkapi transmitter recharge otonom

    Contoh: ketika kita sedang mengendarai kendaraan dan kapasitas batre turun (misalnya) di bawah 50 persen, maka daya kendaraan dapat diisi ulang saat itu juga (tanpa harus berhenti) ketika melalui jalan2 yg sudah dilengkapi transmitter. Tiap mobil punya mekanisme token isi ulang yg bisa dibeli di ****mart dan *****mart ataupun e-wallet.

    Guest
  10. Weeeh…bengkel bner bs mnyusut neh,scr spare part ga bnyak mekanikal bergerak,ckup kmpas rem sm bhusing arm😭😭😭

    Guest
  11. Sistem pengisian batrainya bisa.di buat seperti sistem isi ulang air galon aqua.. Kita beli batrainya 1 kali, kemudian jika mau habis kita hanya beli isi islistrik batrainya di warung2 yg jualan batrai yg sudah diisi full oleh pabrikan batrainya..! Peluang usaha buka toko khusus jualan batrai di 2040

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.