TMCBLOG.com – Setelah memimpin 1,6 detik di depan Jack Miller pada lap ke 13 hampir semua orang mungkin akan memperkirakan bahwa Fabio Quartararo akan menang mudah di seri ke 4 Jerez yang akan membuatnya memperoleh hattrick kemenangan setelah DohaGP dan PortimaoGP. Namun tiba-tiba di tikungan 6 lap ke 14 Fabio mulai bermasalah, laptimenya turun dari 1:38 ke 1:39 di lap ke 15 . .ย  Sampai akhirnya bahkan menyentuh 1:40 dan membuatnya menderita di 10 lap berikutnya turun 12 posisi sampai akhirnya finish di posisi 13. Ada apa dengan Fabio Quartararo?

Melihat video ulang di akhir balapan ketika Fabio menyelesaikan balapan Jerez, ia terlihat melepas tangan kirinya dari handle dan meletakkan di atas tangki sambil mengerenyitkan muka manahan sakit. Jurnalis Motorsport Oriol Pugdemont menginformasikan bahwa pasca balap Fabio menyempatkan diri ke Mobile Clinic sirkuit dan keluar dari fasilitas kesehatan bergerak MotoGP ini dengan es di daerah fisik yang diperkirakan terefek oleh masalah sebenarnya.

Fabio Quartararo sendiri menjelaskan pada Zoom debrief yang dimulai jam 21:30 WIB di depan banyak jurnalis termasuk TMCblog tentunya. Ia berkata “Saya memiliki masalah di arm (pump) , sungguh menyedikan karena (awalnya) saya merasa sangat mudah berada di depan, saya merasa sangat nyaman dengan pace saya, sungguh pace yang bagus. Hanya saja saya merasakan tidak ada power lagi (di lengan). Setelah itu saya berusaha stay di pace walau hanya bisa menyelamatkan 3 Point.”

“Saya merasa sangat berbahaya jika memaksakan untuk meneruskan, namun saya merasa bahwa 1 atau dua point akan sangat berarti buat Championship.”

” Masalah ARM PUMP sudah jelas hari ini. Selama kurang lebih 10 lap saya bisa menahan Jack Miller satu detik, tapi tiba-tiba lengan kanan saya tidak terasa lagi. Kami berada dalam posisi yang bagus untuk menang di sini. Aku bahkan bisa lebih cepat. Kelebihan kami dengan pandai mengendarai ban bekas akhirnya tidak diperlukan, karena saya tidak punya tenaga tersisa di lengan saya.”

” Saya akan meluangkan waktu saya hari ini untuk memikirkan situasinya dan mencoba membuat keputusan terbaik tentang bagaimana menangani arm pump sesegera mungkin. Grand Prix rumah saya akan datang berikutnya, dan saya ingin bugar di sana, itu penting bagi saya. Saya tahu bahwa motornya bekerja dengan baik di sana dan saya akan tampil dengan baik. Saya ingin menyelesaikan masalah ini secepat mungkin, tetapi dengan cara terbaik. ”

Yes, Fabio Quartararo telah mengkonfirmasi bahwa permasalahannya adalah masalah Arm Pump yang secara tiba-tiba menyerang pembalap Perancis ini di pertengahan race MotoGP Jerez 2021 . . jelas yes?

Informasi dari Massimo Maregalli : ” Kami menjalani balapan yang sulit dan mengecewakan hari ini. Fabio mengalami masalah dengan lengan kanannya. Karena ARM PUMP, dia tidak merasakan apa-apa dan sangat kesakitan. Sungguh memalukan. Itu terjadi tiba-tiba saat dia memimpin balapan dengan 1,4 detik dan dengan kecepatan untuk menang. Dia sangat senang dengan motornya dan melaju menuju kemenangan. Tapi perhatian utama kami adalah kesehatan Fabio. Besok lengannya akan diperiksaย  “

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

146 COMMENTS

    • kalo masalah ban, pasti dia sering ngelebar waktu masuk tikungan, kenyataannya dia masih bisa nikung rapi,,

      Guest
      • Podium 1 dpn mata,,
        Nyesek bgt pasti itu,,
        Namun tetap manusia hanya bisa berusaha,,
        Hasil bkn manusia yg menentukan..

        Guest
      • Sejatinya Motor Nyaman tidak akan melukai rider y lewat highside, tetapi bisa melukai ridernya dari dalam, itulah air pump yang sedang FQ 1/4 alami…
        “melukai tanpa harus ndlosor..”
        Gws boy..

        Guest
      • Kalau masalah nya adalah ban, biasanya tidak stabil atau melebar td dia memang luar biasa pace nya…

        Pecco bagnaia juga top, top juga Franky Morbideli kamu mirip Slash gitaris GnR”

        Guest
    • ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Ada yg tiba – tiba mendadak bijak… tau pembalap ujung tombaknya mundur alon – alon

      Guest
  1. Ealah pantesan…kirain krn bannya abis tapi kok melorotnya makin menjadiยฒ…ternyata fisiknya yg trouble

    Guest
  2. Duh warung sebelah udah bikin headline ngaco lagi ๐Ÿ˜‘ ternyata bukan motornya tapi kondisi fisik fabio. Gws fab !!

    Guest
  3. Arm pump sudah bikin pebalap motogp pada menderita dan berjuang mati2an demi poin, apalagi patah humerus kaya Marc dan tetap berusaha 10 besar. Respek buat mereka

    Guest
  4. Ex komengtator jipi bkn jaminan bener kayak sebelah dar der dor wkwk. Yg ditunggu fans jipi setia yaitu by data. GWS fabio.

    Guest
  5. brarti bukan faktor motor, tadi diakhir race jg komentator bilang sepertinya arm pump, blog sebelah sotoy tuh bilang penyakit Yamaha kumat ๐Ÿ˜€

    Guest
    • Mana pakai tanda seru lagi hahaha, padahal bisa pakai tanda tanya kalau sekedar untuk clickbait sampai ada informasi yang valid. Semoga dapat kembali kejalan yang benar seperti awal-awal dulu.

      Guest
    • Dari awal gua yakin bukan karena ban. Wong tercabiknya masih normal waktu di slowmo. Begitu FQ duduk di paddock sontak komentator bilang armpump. Nah

      Guest
  6. perasaan kemaren sehat2 aja ya, tiba2 sakit…..emang arm pump ini bisa kumat tiba2 atau gimana seh….??

    Guest
    • Arm pump terjadi akibat konsekuensi dari otot lengan yang membengkak karena aktivitas dan menjadi terlalu kencang.

      Otot terbungkus rapi dalam jaringan yang disebut fasia.Bagian ini tidak terlalu fleksibel. Sehingga, ketika otot yang terlalu banyak berolahraga dipompa dengan darah, tapi tidak bisa mengalir dengan baik.Dengan otot yang mengembang, tapi menghadapi penghalang yang kokoh, arm pump jadi seperti perban yang dibungkus terlalu ketat, memutus aliran darah ke dan dari otot, serta membuat saraf kesemutan dan tidak merespons dengan benar.

      Akibatnya, lengan menjadi bengkak karena keseleo dan membuatnya keras.

      Di saat bersamaan, tangan juga mengalami kesemutan dan mulai mati rasa, dikombinasikan juga dengan rasa sakit.

      Guest
    • Iya ya..emang bisa tiba2 kumat pas race ya.. waktu FP sampe Q2 kyknya sehat2 aja..knp apesnya pas race ya..mana udah dpt pace yg bagus pulak..

      Guest
      • Pace FQ bagus banget terutama di FP4 main disekitaran 1.37.3 – 1.37.7 . Sayang sekali. Kalo sesi warm up gua gak yakin sama Vina meski tercepat. Sesi tersebut bukan jaminan karena selama sesi FP, Vina struggle pace nya.

        Guest
  7. Jadi makin males baca di sebelah, emg tmc lebih jos kasih berita pake data tanpa judul yg provokatif
    Semoga warung sebelah cepat tobat kembali ke jalan yg benar

    Guest
    • Sebelah memang ga buat dibaca kolom komentarnya, ga kondusif bahkan jauh sebelum jaman k15a v 1pa

      Guest
      • Bukan masalahnya baper, tapi ada baiknya sebelum bikin judul lihat dulu data, wait and see untuk apa yang terjadi sebenarnya, biar ga jadi runyam urusannya. Udah mah banyak dari kalangan yang ngaku pecinta motogp di indonesia tuh pada labil suka diadu domba ama judul provokatif

        Guest
        • @tresna, Lah yg baper malah adi tama itu

          G trima ad yg kasi kritik ke blog sebelah
          Orang kritik juga masi taraf wajar, malah ngatain baper ya

          Kan emang bahaya bahasa provokatif, buat apa coba, masa cm buat naikin traffic?

          @adi tama, Kalo masalah mampir ga mampir kan kadang kita perlu info2 yg kadang blog sebelah lbh tau,dan berharap beliau nya juga berubah..eh tp kok kayanya masih ya..hahaha

          Guest
    • Cukup gk usah mampir, saya dah lama gk mampir ke sana, cukup di sini buat mantau berita motogp

      Guest
      • Betul. Saya juga sdh lama ngga mampir ke warung sebelah yang makin ngga jelas juntrungannya hanya demi mementingkan traffic blog nya. Tidak berusaha memberi informasi yang benar. Maklum dah, bagi dia yang penting “membela yang bayar”

        Guest
    • Kan seudah jelas blog sebelah cm buat orang2 norak kelihatan dr cr teks bicara,๐Ÿ˜† sumpah kyk orang kampungan,

      Guest
  8. Pembalap f1 disangga seatbelt, pembalap motogp lengannya yang jadi tumpuan hardbreaking dari kecepatan diatas 300, wajar kalo sampai mengakibatkan tenaga hilang pada lengannya, jd kebayang gimana ngerinya markez y tulang lengannya patah. Duh.

    Guest
    • Sudah sering dikomen orang luar ” their bike doesnt fly because of rider’s massive balls of steel push them to the ground”

      Guest
    • Tapi Jerez kecepatanya gak sampe 300 km/h loh mas.. ya mngkin tenaga yg terlalu di push waktu FP..

      Guest
  9. Hmm,gelar motor nyaman yg bikin pembalapnya tetep sehat wal Afiat segar bugar sepertinya agak tercoreng dgn adanya kasus ini

    Ada jg kemungkinan didapat saat naik motor lain sih,cuma saat meletusnya waktu naek motor nyaman

    GWS Fap bio ๐Ÿ’ช

    Guest
  10. Arm pump yg kambuh gini apa karena FQ selalu ngandelin hardbraking pas mau masuk tikungan wak haji? Sy liat pembalap yamaha yg lain kyknya jarang yg hardbraking sekeras FQ..baik Morbi..Vinales..mungkin pakde Oci yg dulu suka hardbrake sih..

    Guest
    • Mngkin efek stupi kemaren pas FP. Ada videonya dipost Akun resmi MotoGP. Niatnya frestyle menghibur. Malah efeknya di race Ahad..

      Guest
      • Ya g segitunya om stopie sampe bikin arm pump kalo pemikiran saya

        Lbh ke tekanan saat hard braking, deselerasi -200kpj kan besar banget gaya yg diterima badan

        Dan FQ emang sering latebraking ya, keliatan kalo mau disalip duc2, tau2 dia masuk tikungan posisi ke depan lagi

        Guest
  11. Nonton di Chanel YouTube MotoGP Unseen pasca Qatar #2 , disitu Fabio 2 kali mengeluh lengannya sangat sakit, bahkan dia bercerita punya keluhan arm pump di depan Johan Zarco dan Jorge Martin, cidera seperti ini paling jelek harus ke meja operasi, dan kalau sampai harus kemeja operasi, maka agak sulit melihat Fabio dan Yamaha untuk juara dunia tahun ini, setelah cuma memberikan motor spek A kepada Franco Morbidelli, yang secara psikologi lebih dewasa, dan nyata2 bisa ngasih hasil lebih baik ketimbang psikologi labil neng Vina.
    Forza Ducati!!!!

    Guest
    • Klo ga salah arm pump jg yg bikin pedrosa meredup, all the best lh utk fq & mm, masih muda masih bisa lahh ya

      Guest
    • Knapa bandingin morbi dgn neng Vina.?? Vina emng labil tapi udh juara seri 1x. Bandingin dgn team mate nya pak Ross yg spek factory tpi tetp banya kurg grip..coba morbi dikasih spek factory..?

      Guest
      • Yamaha ngasih spek factory ke Rossi ibaratnya ngasih reward karena bagi Yamaha, Rossi ibarat pahlawan karena udah ngasih gelar juara berapa kali sejak 2004 (klo tau sejarah) buat Yamaha (tapi ane juga rada kesel kok dia ga pensiun2 sih, apa lagi ngeliat betapa mengenaskannya Rossi dimusim ini). Sedangkan neng Vina blm pernah dapat gelar, pdhl dulu di gadang2 bakal jadi penantang Marques sejak pindah dari suzuki

        Guest
      • @karepku wes
        Kalo menurutku masalah vina kok di skill juga ya, bukan utama di mental
        Emang kalo salip2an g terlalu greget, kehalang orang langsung susah naiknya, akirnya malah lama2 mundur, sama start sering jelek

        @sabarvx kalo bandingin ma rossi g usah lah ya..haha
        Kayanya emang udah g diharapkan buat gimana2, bnr kata om karepku wes, lbh karrna utang budi yamaha sama nilaj jual vale yg masi “ada” hehe
        Kalo ngarep vale menang si gimana, dah kelihatan skill nya abis gitu

        Guest
    • operasi juga bukan obat/ga jamin armpump/kram otot lengan ini hilang, itu merupakan limitasi tubuh manusia.

      Guest
      • Bener.. operasi pun juga punya resiko contoh seperti Cal Crutchlow, yang setelah operasi Arm pump, justru tidak membaik, tapi setiap pembalap MotoGP pasti ga akan mau lama2 terganggu dengan kondisi seperti ini juga.

        Guest
  12. Ada dua rider juara dunia yg berhasil menghindari arm pump :

    1. Tidak terlalu maksa menggunakan otot lengan, biarkan tubuh menyatu dengan motor (Rossi)

    2. Berlatih super ekstrim supaya otot tangan jadi super kuat (Marquez)

    Apabila tidak memilih salah satu opsi di atas, rata2 memang bakal mengalami arm pump problem. Apalagi bila si rider sering hard braking

    Guest
    • Bila rider sering hard braking?

      Mang ada yg ngeremnya pelan2 ya di motogp? ๐Ÿ˜…

      Pakde rossi aja sekarang yg naiknya pelan2 tetep hardbraking itungannya, masa deselerasi dr 300kpj ke <100 pelan2, ya abis berapa meter pak

      Guest
  13. Njir….di hari jumat kemarin, sebelum FP1 (cmiiw), komentator luar sana ada yg bahas mengenai arm pump yg mayoritas dialami ama rider bermotor v-engine
    dan mengatakan hal ini jarang sekali dialami oleh rider motor bermesin inline
    eh sekarang malah kejadian…..

    Guest
  14. Pembalap2 motor sedari kecil sebaiknya juga berlatih Ninja Warrior yg 90% mengandalkan kekuatan otot tangan.. Makoto Nagano langganan finalis Ninja Warrior badannya kecil, ototnya juga gak kekar.. Tapi kekuatan otot lengannya LUAR BIASA

    Skill riding boleh oke, bakat boleh terbaik, tapi otot lengan memang harus ditempa dan digembleng

    Marc Marquez adalah contoh terbaik rider yg berhasil mendapatkan kekuatan otot tangan terbaik melalui exercise yg tepat

    Guest
  15. Jadi nanti kalo ditanya knp Fabio gagal Jurdun, jawabannya: Arm Pump

    Knp Marc jg gagal Jurdun: Humerus belum sempurna

    Apakah arm pump ini akibat dari pressure
    ingin jadi Jurdun / pressure balapan ?

    Sama spt Stoner yg legenda sakit perut ?

    Guest
  16. Oh ternyata kaku membatu toh tangannya? Makanya…
    Ngeri deh, gak di motocross gak di balap aspal sama saja nih masalah arm pump

    Guest
  17. bner jg…sbab td trlihat dia sprti mnahan kasakitan…hhhmm capek jg buat imbangin ducati ckck…klo gini mah kmbalikan ECU” inhouse aja

    Guest
  18. Di warung sebelah, entah pemilik blognya dengki (padahal bulan puasa) bilang nya : “M1 kambuh lagi!!!”
    Bagaimana mau dikontrak TV kalau analisa ngawur, cuma berdasarkan kebencian thd merk tertentu..
    Ckckck.. Cak cak!

    Guest
    • Ya disana buat guyonan aja masbero, paling artikel2 bocorannya yang biasanya masih saya baca, itupun sekarang banyak lebaynya

      Guest
    • bentar bentar,
      jangan jangan salah satu indikator mengapa M1 beliau anggap kambuh kerana babang VR46 jagoannya ga dapet poin paman, plus keluhan MVina
      tolok ukurnya bukan triple M1 yg dikndarai rider yg less complain thd bike nya

      Guest
  19. Sedih si liat pas balapannya tapi ketawa ngakak sama komentator disini yang sudah pada sesumbar DNA nyaman, tau tau arm pump

    Guest
  20. Adakah kasus arm pump yang sembuh tanpa oprasi? Dan performanya seperti seblum terkena arm pump?

    Guest
    • Liat cc sama dani sama stoner tanya sembuh total gak๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜ yg pasti pq sulit utk juara taun ini klau arm pump udah menghadang kejadian sprti ini dlm satu musim bisa terjadi lagi beberapa kali ya doain aja biar gk menghantui ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Guest
  21. Saya juga pernah kasih masukan ke warung sebelah. Jgn terlalu berat ke brand tertentu. Eh malah kolom komentar saya di kunci. Al hasil ga bisa komentar lagi di warung sebelah

    Guest
  22. Seakan mematahkan jargon ” Motor ternyaman se Grid ” Tidak Menjamin Segar Dan Bugar ” lah pokoknya

    He he he

    Guest
    • Tak ada motor nyaman di motogp semua penuh resiko itumah cuma fans alay yg buat” ingat lorenzo dulu pake M1 gimana jarinya bisa patah krn kecelakaan race jd motor nyaman cuma ada di matic saja๐Ÿ˜Š

      Guest
  23. Debgan kejadian yg dialami FQ jd bisa melihat gmana hebatnya MM3, yang katanya motor nyaman aja bisa membuat FQ menderita

    Guest
  24. Arm pump biasanya terjadi pada pembalap yang menggunakan mesin jenis V (Stoner, Pedrosa, CC) dan mungkin jarang terjadi pada pembalap yang pakai mesin inline…
    Kasus yang terjadi pada FQ bisa jadi karena dia terlalu push motornya untuk bisa menjauh sejauh mungkin dari kejaran Miller dan terbukti sempat ada gap 1,6 detik..
    Akibatnya FQ mesti melakukan hard braking selama race dan mengakibatkan terjadinya arm pump tersebut.
    Dan ini juga ditunjukkan dengan race pace FQ yang stabil diangka 1,37an…
    Jika dilihat pembalap lain yang menggunakan mesin inline, tidak terlihat mempush motornya seperti FQ..
    Barangkali itu wak analisa ngawur dari saya kenapa pembalap inline bisa mengalami arm pump meski kasus seperti ini bisa menimpa siapa saja…

    Guest
      • Mantap nih wak aji. Komen ini sedikit banyaknya menyadarkan saya yg belakangan ini sedikit agak duniawi, pdhal ini 10 hari terakhir. Tks banyak wak

        Guest
  25. Apapun bisa terjadi di dunia balap termasuk motogp. Tonton dan nikmati aja…
    Melihat kelakuan para fakboy disini bikin gw mengrenyitkan kening sampai segitunya fanatik dgn brand tertentu. Ntah mungkin krn tuntutan hidup (sales brand) atau memang jahil murrakab.
    Menyukai brand tertentu itu sah2 aja dan kita wajib menghargai perbedaan tp ya jangan samoe brutal dan bar2.
    Berpikirlah arif, bertindak dengan bijak, berucaplah yang patut. Kita harus ingat 4R dan menjaga keseimbangannya yaitu Ruh, rasa, raga dan rasio. ๐Ÿ˜Š๐ŸคŸ

    Guest
  26. hoax ini ….. motor nyaman kok jare mbah darmo tidak mungkin bikin capek usernya udaj kaya bawa nmax

    Guest
  27. Kalo dilihat kebelakang, beberapa pembalap mengalami penurunan performa ketika kena arm pump, bahkan sampai pensiun..
    Stoner, Pedrosa, CC mungkin contohmya..
    Miller juga habis race Qatar operasi arm pump…
    Amit2 daah kalo sampe FQ seperti itu, secara usianya masih sangat muda…

    Guest
  28. Ada satu cara lain untuk mengatasi masalah ini, tetapi ini bukan merupakan solusi cepat: latihan yang teratur.

    Bukan kebetulan bahwa pengendara yang paling jarang mengeluh tentang arm pump adalah orang yang sama yang paling sering berlatih dengan sepeda motorcross.

    Trek yang bergelombang dan balapan sprint yang intens berarti pengendara off-road lebih terkondisikan untuk menghadapinya daripada mereka yang hanya berlatih di trek.

    Guest
  29. brarti fabio sdah mlampaui kmapuan fisik ny jg hhmm…sbab dia mrasa kwatir d blakang ducati stabil jg catatan waktu ny?!!..harus ny dia ga trlalu ngpush toh one by one aja msh bisa mnang lawan ducati sy rasa

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.