TMCBLOG.com – Honda di India sebenarnya mulai tahun 2020 yang lalu sudah memperkenalkan New Honda Hornet 2.0. dengan banderol harga 25 Jutaan di sana. Motor ini pada dasarnya adalah Update Major Change Produk Sebelumnya Yakni Honda CB Hornet 160R Yang dirilis update terakhir kali tahun 2018. Dari namanya Yang 2.0 hadir indikasi bahwa mesin yang diberikan sudah sangat berubah dan ini adalah hal pertama yang sangat signifikan berbeda dibandingkan Hornet 160R sebelumnya.

Pict : Bike Wale

Mesin lama 162,7 cc Lima percepatan yang bisa menghasilkan power maksimum di Crankshaft sebesar 14,9 hp @ 8500rpm dan torsi sebesar 14,5Nm @ 6500rpm digantikan Oleh Mesin baru 184cc satu silinder, berpendingin udara yang menghasilkan power maksimum 17,03 hp dan torsi maksimum 16,1Nm yang dikawinkan dengan gearbox lima kecepatan. Angka-angka ini mungkin tidak luar biasa untuk segmen ini, tetapi jelas sebuah peningkatan berarti dari Versi sebelumnya.

Pict : Bikewale

Merek Hornet sendiri dikenal dengan gaya agresif dan kinerja yang baik nah Honda di India membawa Hornet 2.0 baru dengan tujuan ke tingkat yang baru. Secara umum, Hornet 2.0 mempertahankan garus desain CB Hornet 160R. Namun sekarang, ia mendapat garis yang lebih clean dan lebih edgy.

Ditambah lagi dengan hadirnya fork depan upside down showa berwarna emas, Hornet 2.0 ini terlihat cukup premium. Ada detail detail premium lainnya seperti kluster instrumen Dashboard Negatif LCD, pencahayaan yang semuanya LED dan juga beberapa fitur praktis seperti saklar hazzard.

Seperti Juga Hornet Generasi sebelumnya suspensi belakang menggunakan mono-shock preload-adjustable. Hornet 2.0 menggunakan rem cakram di kedua rodanya dengan dimensi diameter cakram 276mm di depan dan 220mm di belakang. Untuk memperkaya fitur keselamatan, Hornet 2.0 dibekali sistem ABS singel Channel yang berfungsi hanya di Sistem pengereman depan saja.

Motor ini di India hadir menarik dan Mungkin saja bisa jadi pilihan desain Menarik Jika mau menghidupkan kembali Honda Tiger di Indonesia. Di India terdiri dari warna warna yang beragam: Pearl Igneous Black, Matte Sangria Red Metallic, Matte Marvel Blue Metallic dan Matte Axis Grey Metallic. Dan Juga hadir versi spesial edisi Repsol yang terinspirasi oleh mesin balap MotoGP Repsol Honda.

Honda CB 160R Hornet . . . headlamp Led plus ABS single channel

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

51 COMMENTS

    • Penggemar si macan skrg mungkin udah bapak2 yg lebih adem soal selera desain. Klo yg usia under 30th mah sukanya CB series or CBR yg model lancip2 gitu

      Guest
      • Betul. Penggemar Macan sudah bapak2. Sudah beda generasi. Bapak2 itu sekarang sudah maen yg adem2 saja…naek matic bongsor, atau sudah mobil..kalau sasaran buat generasi sekarang..lebih suka cb series vixie atau gsx..itupun sekarang sudah mulai tergusur matic pula…😂

        Guest
      • 2 silinder pendingin udara, sukur2 mesin V. soal harga nomer sekian, tiger terlahir sbg local pride 👌

        Guest
  1. koq kayak nanggung bener ya tampangnya, keren gak, jelek jg gak.. tp buat motor yg diproduksi Indiahe termasuk bagus lah.. btw next gen Tiger setidaknya 2 silinder sih kalo emang niat mau dibangkitin..

    Guest
      • fans doank apa user?
        maksudnya kalo 2 silinder lebih berpotensi laku.. dulu pernah baca2 di forum kebanyakan mengharapkan 2 silinder, cc naek jadi 250.. agak logis, karena AHM sampe sekarang pun belom mikir untuk jadiin CBR250RR jadi naked..

        Guest
        • Kalau tanpa knalpot racing, 2 atau 1 silinder suaranya gk jauh beda…😀😀😀

          Guest
  2. Kalau penerusnya tiger lebih milih ke cb 250r neo sport yang sekarang, lebih ada legacy nya ekekeke

    Guest
    • Betoel, ini kayaknya lebih cocok buat penerus Megapro, design oke, mesin juga cocok dengan image Mega Pro yg merupakan kasta menengah, masih bisa disetting di atas Verza dan di bawah CB150R.
      Tiger pakai platform CBR250RR, karena kalau bicara Tiger yg terlintas adalah hi grade dan pride, jadi harus dari platform lokal tertinggi.

      Guest
  3. Emangnya pasar motor naked masih ada ya? Apalagi buat kelas tiger, buat segment bapak2 muda pengendara matic yang mulai gejala encok dan takut istri.

    Guest
  4. Desainnya masih dalam taraf normal untuk ukuran motor India yang biasanya, you know lah. Lebih cocok buat gantiin megapro sih.
    Lampu belakang sekilas mirip punya Z650 ya gak sih?

    Guest
  5. Cocoknya jadi Megapro Reborn saja,itu kalo ACC Jepangnya.
    Tiger mustahil lahir kembali karena AHM meng- CB-kan semua produk nakednya

    Guest
  6. Yg versi Repsol pas tuh buat gantiin motornya Marquez,, biar balapannya aman.. ttp balapan sekalian recovery… yg penting finish dulu

    Guest
  7. Tiger dab scorpio sangat menarik kalau konsep tangkinya full plat janhan kondoman.
    Walau bentuknya gabisa lian liuk namun disitu yg dicari penggemar.

    Guest
  8. Kalo ini ya masih sangat kentara aura MEGAPRO nya.
    Sedangkan TIGER adalah FLAGSHIP yg desainnya sangat² ELEGAN apalagi yg versi terakhir TIGER REVO (TIREV simata miring).
    Sebenarnya desain tirev dihidupkan lagi saja untuk masa sekarang masih sangat bagus kok cuman jaman dulu itu HARGANYA yang sangat² mahal sehingga pada ditinggalkan penggemarnya dan juga karena munculnya motor laki kecil vixion dan megapro.

    Guest
  9. Klo buat Tiger desain lampunya harusnya diganti model LED Bulat.. kemudian shroud tangki juga diganti mirip CB Exmotion.. Untuk lainnya tetap sama Hornet masih OK

    Guest
  10. Kalau harapan saya sih, namanya jadi CB 200SS Tiger, pakai mesinnya CRF yang dibore-up ke 200cc pakai 6 speed, desainnya lebih ke classic- retro buat lawan xsr sama w175

    Ya berharap aja xsr sama w175 laku keras, biar AHM tertarik ikutan terjun

    Guest
  11. Bagus2. Asal cocok harganya. Power jg oke. Meskipun top speed pasti gak sekencang cb150r.
    25-27 cocok lah. Yg 150cc aj cmn 22juta kan.

    Guest
  12. Wah ganteng nih kalo rilis disini, mesin juga kayanya mesin juga cocok gak perlu mikirin radiator kena lumpur atau sensor sensor gak penting yang sering error, mending mesin begini buat tiger

    Guest
  13. Era-nya sudah lama lewat.

    Momentum nya sudah dari thn 2010 tapi AHM memang sudah ga niat membuat Tiger reborn.

    Guest
  14. kenapa bukan desain ala Twister 250 aja Wak … masih selaras kalau Tiger reborn naik cc jadi 250cc single cyl oil cooled ala si Twister ini

    tinggal ditambahi fitur kekinian (lampu all led, spido digital dll

    just my opinion sih

    Guest
  15. Kalau menurut saya untuk Tiger reborn mengambil basis dari CBR 250 single silinder aja yang dibuat naked bike. Dilengkapi suspensi depan upside down Showa SFF-BP dan rem ABS. Ini lebih realistis karena AHM pernah menjual dan memproduksi motor ini. Untuk harga jual benturkan saja dengan Kawasaki Z250 mono / single silinder.

    Guest
    • Sebenarnya, menurut saya tinggal kemauan dan hasil riset market AHM Untuk memasukan Rebel 250
      Motor ini sudah diputuskan diproduksi di Thailand yanga rtinya Jika masuk ke sini sudah pasti CBU, dan CBU itu Walau tetap perlu eprsiapan aftersales, namun lebih nothing too lose

      Administrator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.