TMCBLOG.com – Diam-diam Yamaha resmi memakai spatbor depan ‘bolong’ di MotoGP Catalunya 2021 yang telah berlangsung kemarin. Salah satu foto yang membuktikan hal ini berhasil dijepret pada motor Maverick Vinales saat latihan bebas 2 (FP2) oleh jurnalis Sky Sport – Sandro Donato Grosso. Secara umum spatbor depan yang juga sempat dijepret oleh fotografer Michelin ini di FP2 sedikit lebih panjang secara dimensi dari spatbor standar Yamaha M1 yang pertama kali dihomologasi.

Bicara mengenai homologasi, ini juga artinya jatah pembalap (paling tidak yang terlihat = Vinales) untuk menggunakan dua desain spatbor sudah penuh karena dalam satu musim hanya ada satu kali pergantian desain. Vinales sudah tidak diperbolehkan lagi menggunakan desain spatbor baru. Selain itu yang patut dicari tahu adalah kenapa baru dipakai pada sirkuit seperti Catalunya desain spatbor ini akhirnya hadir?

Untuk sementara belum diperoleh bukti bahwa Fabio Quartararo juga menggunakan di sesi race weekend Catalunya. Team Director MEYMGP Massimo Meregalli menjelaskan bahwa tujuan penggunaan spatbor dengan desain bolong di bagian atas ini adalah untuk meningkatkan pendinginan mesin, serta menjalankan fungsi aerodinamis tertentu yang secara detail tidak dilanjutkan penjelsannnya oleh Meregalli.

Taufik of BuitenZorg ~ @tmcblog

28 COMMENTS

  1. hmm jadi kepikiran. motogp buat nyalain kamera itu alur listriknya gimana ya. apa sesimple motor harian biasa atau ada khusus ya? trus tu kamera pake koneksi apa? 4G kah? atau lainnya

    Guest
  2. Ikut aero F1 ….. Open wheeler
    Tau kan dari jaman lahir kagak pake spatbor
    Satu saat ilang spatbor depan di motogp

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.