TMCBLOG.com – Selama ini kita mengenal sistem kopling itu dua jenis mekanisme pengoperasian tuas kopling motor sport itu dua jenis yakni yang menggunakan kabel baja menghubungkan tuas kopling di handlebar kiri ke girboks dan yang kedua sistem kopling yang menggunakan mekanisme hidrolis sebagai pengganti kabel baja untuk menggerakan kaitan di girboks. Nah baru-baru ini saja Honda mengembangkan sistem yang menghilangkan kontrol kabel langsung antara tuas kopling di handle kiri dengan mekanisme di gearbox dan menggantinya dengan setup berbasis servo elektrik yap sebuah sistem Clutch By Wire.

Sistem Clutch By Wire yang dipatenkan Honda ini pada dasarnya masih mempertahankan desain kopling hidraulik dimana dioperasikan melalui tuas yang dipasang di setang kiri, tetapi menghilangkan hubungan langsung kabel sling baja antara tuas kopling dan girboks. Sebaliknya, posisi gerakan tuas kopling dipantau secara elektronik, mengirimkan informasi ke unit kontrol tekanan hidrolik yang pada gilirannya mengaktifkan atau melepaskan kopling.

Terlihat dari flow chart yang sempat dirilis Cycle World selain menerima info posisi gerakan tuas kopling, unit kontrol utama mengkombinasikan informasi ini dengan Info dari posisi throttle, posisi gear, kecepatan, dan putaran mesin, untuk memastikan bahwa setiap aplikasi pengoplingan berlangsung sempurna, terlepas dari apapun karakter  pengendara dalam menggunakan kopling.

Tidak seperti kopling konvensional, yang memungkinkan transmisi dan mesin terhubung/ engage dalam keadaan tuas kopling dilepas full dan hanya melepaskannya ketika tuas ditarik (makanya kita bisa mematikan motor dalam keadaan kopling/gear aktif 1), maka pada sistem Clutch By Wire Honda ini secara default hanya memberikan keadaan tidak terhubung (disengage) . Saat Anda melepaskan tuas kopling, motor listrik menggerakkan piston di silinder master kopling, menerapkan tekanan hidraulik ke silinder pendukung untuk mengaktifkan kopling.

Dengan begitu banyak informasi tambahan yang masuk ke sistem clutch by wire ini, kemungkinan variasi setup akan sangat luas. Motor dapat dibiarkan mengoperasikan kopling sepenuhnya secara otomatis dalam beberapa mode dan bekerja selaras dengan quickshifter plus juga membuka pintu untuk tambahan Launch Control, kontrol wheelie, dan strategi kontrol traksi. Terlihat sistem ini cukup banyak dapat memberikan peningkatan variasi teknologi pada sepeda motor ke depan.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

33 COMMENTS

    • Utk bbrp penggunaan motor rsanya msh diperlukan. Kan ada istilah/terapan “gas-nya (diatur) di (dng) kopling..”

      Guest
      • Lha itu..emak2 n abegeh tiap tarik tuas kiri di tikungan, begitu lepas tuas nya bisa langsung ngacir..ky nambah persneling
        Kan ky hohe yg pake motor sport, ngacir di tikungan, butter like hammer
        Ekekeke

        Guest
    • Kayaknya fitur itu udah ada di fitur hill start assist beberapa moge adv, justru kalau sudah elektronik bisa lebih mudah lagi karena bisa diukur sama sensor lainnya

      Guest
  1. Jadi kepikiran apa teknologi ini bisa sekalian jadi semacam quickshifter atau autoblipper gitu karena udah dikontrol ecu

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.