TMCBLOG.com – Mekanik Indonesia itu memang super kreatif. Ninja ZX-25R itu punya dimensi piston bore x stroke : 50,0 x 31,8 mm yang secara umum sudah overbore. Namun oleh Ganesha Lathe sepertinya ini masih kurang, dan bisa dibuat ‘lebih overbore’ dengan melakuan bore up sehingga nanti Ninja ZX-25R diperkirakan akan mencapai kubikasi metrik sebesar 304,8 cc . . Yes jadi Ninja ZX-3R!

Pict : Ganesha Lathe

Jika dilihat hasil pembuatan blok silindernya memang cukup ngeri ngeri sedap. Bukan apa-apa, karena diameter piston (bore) diperlebar maka dinding antara masing-masing silinder yang sejajar pun logikanya akan semakin berkurang. Namun TMCBlog lihat Ganesha Lethe ini sudah memperhitungkan handicap ini masak-masak yakni dengan mempersiapkan boring dengan bahan yang cukup spesial.

Pict : Ganesha Lathe

Boring spesial ini artinya boring (dinding silinder) yang memiliki tingkat kekerasan yang bagus namun bisa memberikan tingkat disipasi panas akibat pergerakan piston yang bagus pula.

Pict : Ganesha Lathe

Ini mirip kasus piston mesin ICE/Power Unit Honda RA621H yang dijejalkan di RB16 Formula 1. Menurut workshop yang bertempat di Jln. Cipinang Muara no 03 RT01 RW03 Jakarta Timur ini, tingkat kekerasan dari boring spesial ini ini berada pada level 5 HRC – 45 HRC .

Sampai artikel ini dirilis, masih belum ketahuan berapa lonjakan power maksimum dari penjejalan boring kit 304,8 cc ini buat Ninja ZX-25R. Sekedar data awal, diukur di crankcase, power dari Ninja ZX25R standar adalah 37.5 kW {51 PS} / 15,500 rpm (dengan ram air) atau 40-an hp di atas Dyno (on wheel). Hmmm mungkinkah bisa tembus 60-an PS kalau sudah sukses? Ditunggu ahhh..

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

40 COMMENTS

  1. nah gini dong, jarang2 ada produk lokal ngeluarin bore up kit utk mesin lebih dr satu silinder ,,
    tinggal tunggu aja hasilnya nih,
    btw ini masih prototype atau udah produk jadi wak ??

    Guest
    • Kalo melek dunia balap lokal pasti udah ga heran sama paketan ginian. Kalo cuma sekedar paket bore up kit ato stroke up kit sih biasa, dulu malah pernah ada paket motoprix keluaran BRT buat Kharisma, tinggal beli, pasang, bisa ikut balapan.

      Guest
  2. Gile sampe nempel rapet gitu.. ngeri .
    main diApalagi panasnya.
    Mending maksimalkan kem, porting, dana ECU deh

    Guest
  3. Kalau rencana yg ZX-4R kemarin gimana wak? Mungkin akan lebih mudah pakai kit itu jadi mirip-mirip R25 yg pake kit R3 gitu

    Guest
  4. mesin naik jd 304 cc, rasio bawaan udah close, tinggal beratkan final gir dan seting ECU.. kurang apalagi coba ??

    Guest
  5. Mantab, diliat sekilas sih bagian aluminiumnya pakai seri 7075 tempered yang diproses CNC. Boring mungkin pakai bahan kayak punya boring diesel yg cepat melepas panas.

    Guest
  6. ngeri, jd tipis banget jarak antar silinder.
    itu standar HRC ya? wah mahal banget dong harganya, secara teknologi Honda di F1. di jual official ya?

    Guest
  7. Tipis banget antar silinder, agak ngeri2 sedap klo buat pake harian, perawatannya sehabis boreup ginian juga ngga main2 kayaknya…

    Guest
  8. Ini baru blok nih, yg pasti ama piston dong.. apakah pistonnya bakal datang dengan pin lebih besar sedikit yang mana bisa aja tautau ada paket crankshaft yg lebih kuat lagi ? wadududu bisa mendunia sih, jarang mesin multi silinder gini ada diboreup aftermarket

    Guest
  9. Saya lebih suka stroke up untuk membantu torsi. Jadi 38,5mm mirip lah 302cc, piston speed memang jadi agak tinggi 21.8m/s. Di 17.000rpm. Masih adalah suara-suara F1 nya

    Guest
  10. Wedyan kalau dibore up bneran pake block aftermarket kayak gitu…

    Lebih baiknya di stroke up buat ngejar torsi bawahnya agar gk kedodoran.. atasny ttep ngisi terooss.

    Guest
  11. dari segi biaya itu bisa dilihat dari yg oprek xmax250 ke xmax300, rata2 habis 30 sd 50juta. yg ini kalau perkiraan habis 50 sd 100juta, tergtg otaknya empunya motor. mau oprek motornya dgn garansi hangus atau NAIK KELAS ke ZX6R.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.