TMCBLOG.com – Kondisi Dani Pedrosa pada Race MotoGp Styria 2021 sebelum terjadinya tragedi di mana Aprilia RSGP Lorenzo Savadori melanggarnya dan menyebabkan terbakar adalah sudah duluan crash dengan posisi motor berada tepat di racing line. Namun banyak yang mempertanyakan kemudian bertanya ke TMCBlog, kenapa setelah itu Dani Pedrosa diperbolehkan ikut prosedur restart? Berikut ini TMCBlog coba ubek ubek “buku kuning” regulasi Grand Prix untuk mencari pencerahannya sob . .

Jika kita melihat data dan laporan mengenai kejadian race yang diumumkan secara publik diketahui bahwa : Kejadian crashnya Pedrosa yang diikuti Savadori, kejadiannya terjadi kurang dari empat menit setelah start race dilakukan.

Pict : Gareth Harford

Kondisi RED FLAG di keluarkan 1 detik setelah kejadian yang artinya semua pembalap termasuk pimpinan balapan BELUM menyelesaikan 3 lap balapan saat RED FLAG dikibarkan

Berdasarkan pasal 1.25.2 dalam regulasi Grand Prix, balapan yang terinterupsi kurang dari 3 lap maka hasil balapan itu akan dianggap tidak ada. Jika balapan yang terinterupsi saat kurang dari 3 lap dan RD menyatakan tidak bisa/tidak mungkin diulang maka balapan seri itu akan dibatalkan dari hasil balapannya tidak akan dihitung untuk point kejuaraan. Namun tentu dalam balapan Styria GP kemarin RD memutuskan balapan bisa dilakukan kembali (restart). Nah baru kita lompat ke regulasi pasal 1.26 .

Dalam pasal 1.26.4 tertulis bahwa jika balapan yang terinterupsi tersebut kurang dari 3 lap maka SEMUA pembalap bisa melakukan restart termasuk pembalap yang tidak berhasil menyelesaikan 3 lap tersebut (dalam kasus Styria GP – terlibat dalam insiden T3). Itu artinya baik Pedrosa maupun Savadori berdasarkan regulasi dapat mengikuti restart race. Pedrosa ikut, Savadori tidak ikut karena ia mengalami cedera.

Pict : Gareth Harford

Dan satu lagi dalam restart race, motor dapat diperbaiki, diganti dan juga diisi kembali bahan bakarnya. Hal ini menjawab diperbolehkannya Pedrosa menggunakan ban kedua dan beberapa pembalap yang memutuskan untuk mengganti ban depannya saat restart race seperti Marc Marquez yang berganti ban hard depan, Enea Bastianini ban medium belakang, Pecco Bagnaia hard depan dan Danilo Petrucci ban medium depan. Semoga penjelasan dalam artikel ini bisa menjawab pertanyaan sobat pembaca sekalian.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

58 COMMENTS

  1. penyiarnya bilang DP26 gak bisa ikut.
    berarti gak 100% paham regulasi
    kalo penonton cuma nebak, mungkin dia wildcard jadi boleh turun lagi

    Guest
    • Pasti yg lu maksud TV lokal, ya kalo dia sih memang udah rahasia umum wawasannya cetek. Cuma karena kerja di media cetak jadi stasiun TV anggap dia kompeten, selain murah dan mau muji2 sponsor tentunya. Karena pernah make komentator mantan pembalap tapi doi terlalu ceplas ceplos dan ga suka disetir produser akhirnya malah pindah ke saluran TV Asia.

      Di belahan dunia manapun, komentator suatu acara olahraga akan lebih pas dan cocok kalo yg dijadiin komentator adalah mantan atlit di bidang yg sama, bukan yg (maap kata) jurnalis apalagi ga pernah terjun langsung dibidangnya, mentok2 cuma ngeliat dari balik tembok pembatas antara atlit dgn non atlit. Itulah knp di negara maju biasanya yg jadi komentator olahraga terutama balap ya mantan pembalap. Di Jerman ada Alex Hoffmann, British ada Toseland, di TT gw lupa namanya tapi jg pernah mantan pembalap lawas. Ga semua, tapi kebanyakan yg komentarnya bagus yg gw tau mantan pembalap. Termasuk di TV lokal dulu.

      Guest
      • BT Sport, Sylvian Guintoli yg sering turun ke lapangan buat langsung interview atau sekedar chit chat bareng2 reporter BT Sport lain,,

        Guest
    • Padahal sebelum ngobrol di tv lokal , reporter pusatnya udah nanyain ke Simon crafar dan dia bilang menurut regulasi dani bisa ikut race lagi

      Tapi mungkin beliau2 ini kagak denger ??

      Guest
    • Ya dimaklumin aja, waktu itu presenter TV kan memang gak baca buku regulasi dan gak mungkin hafal juga ratusan lembar isinya, bahkan wak kaji pun butuh waktu buat ubek2 cari, sementara presenter di todong langsung dan harus jawab.
      Butuh kedewasaan penonton untuk menganggap bahwa ahli pun punya sedikit kesalahan, bahkan dalam bidang pekerjaannya.

      Guest
      • Saya tahunya Karena itu kejadian terjadidi awal Race doang, secara detail jumlah 3 lap baru jelas pas baca ulang buku regulasi 😀

        Administrator
        • Terus kalo bukan mantan pembalap dapet pengalaman balapnya darimana? Pengalaman apa nih, pengalaman di dunia balap apa pengalaman nyadur2 berita?

          Guest
  2. jadi intinya kalo terjadi red flag dibawah 3 lap maka semua status dan posisi rider akan dibatalkan,, dan kalo RD men-declare aman utk restart maka re-start itu dianggap seperti race yg bener2 baru dan race yg sebelumnya dianggap hangus,,
    bagus artikelnya wak, to the point dan mudah dimengerti,, terimakasih ?

    Guest
  3. Walaupun aturanya boleh, tapi bagi saya kewajarannya ga boleh, soal logikanya DP jatuh rusak, seandainya tdk ditabrak Savadori, ya DP udah DNF, jadi adilnya tdk boleh.

    Guest
      • Saya paham maksud anda. Intinya rider yang crash akan di untungkan jika RED FLAG. Daripada crash tapi tidak RED FLAG.

        Guest
        • Tapi ini crash nya menyebabkan interupsi race dan blm 3 lap ya, bejo ne DP atau pembalap lain karena regulasi nya membolehkan.
          jadi kembali ke laptop regulasi.

          Guest
    • Yg buat regulasi itu paham, 3 lap pertama itu masa krusial balapan, karena ban belum cukup dpt grip dan jarak pembalap masih sangat berdekatan… Di wsbk aja pernah kejadian hampir setengah pembalap jatuh saat lap awal, dan balapan kembali diulang, walo kondisi sirkuit dalam kondisi aman, tapi tetap aja red flag dan balapan diulang.. Jadi ini bukan masalah adil atau ngga, tapi memang kondisi awal yg memang krusial yg membuat pembalap dnf bisa ditoleransi untuk ikut balapan lagi

      Guest
    • @Name,
      “seandainya tdk ditabrak Savadori” maka tidak ada kebakaran yg menbuat red flag.
      DP akan tetap DNF karena crash dia sendiri, Savadori malah mungkin lanjut race sampai selesai.

      Guest
  4. di sayangkan udh retired pdhal Pedrosa masih punya speed , jdi memang ada kemungkinan dia ga bisa perform di tahun2 terakhir dgn Honda karena faktor eksternal

    Guest
    • Castweel
      Motor mantan yg kemampuannya :cmn sgitu”,
      Faktanya Sudah berkali2 sabet gelar juara dunia.
      Sudah lo ya, Bukan akan, baru mau atau skedar ber cita cita.

      Guest
      • Di mulai dari cita – cita
        Bahkan mendahului menggunakan siklus 4 tak untuk melawan siklus 2 tak….

        Mundur karena sebuah pembatasan akibat terlalu kaya…

        Guest
  5. Waaaah, hatur nuhun Wak Haji.. Pencerahan sekali karena saya salah satu dari sekian orang yang mungkin tidak mengetahui masalah regulasi ini dan sepanjang balapan kemaren ngebathin “lah, dia kok balapan lagi?”, ” Ooooh, karena wild card kali yak?” “Oooooh, panitia kasian kali takut Pedrosa ngambek terus ngacak2 jamban…”
    Hehehehe.. Thanks Wak Haji…

    Guest
  6. Kurang setuju dengan rule ini, pada dasarnya DP udah DNF, berhubung redflag, DNF jadi batal dan bisa main lagi. Anyway, rule is rule..

    Guest
    • DNF? DNF itu did not finish, alias kagak finish. Lah balap belon ada 3 lap lu bilang finish? Enak amat baru 2 lap udah ada yg menang, kalah, ama DNF.

      Guest
      • Panas amat lu pada, minum oli dulu biar dingin… Empunya warung aja santai, lah ini sesama pengangguran kok ngegas, namanya juga opini wahai netijen, opini kagak harus 100% plek ketiplek sama rule, di akhir juga ane kasih “rule is rule” sebagai penutup kan. Opini buat diskusi oy, bukan dibawa sensi. ?

        Guest
        • Wkwkwk aneh lu sendiri ngegas kemudian ada yg reply ngegas jg malah lu katain panas. Ya sono lu minum oli dulu biar sembuh wkwkwk

          Guest
  7. yang saya suka dari blog TMC kang taufik adalah selalu menghadirkan fakta dengan data data, ini keren kang taufik…. lanjutkan…. 🙂

    be smart people

    Guest
  8. Yaahhh….
    Itulah regulasi yg sudah dibuat dan disahkan untuk di implementasikan.
    Tinggal di evaluasi secara berkala.

    Guest
  9. Wak brarti misal klo yg terjadi di moto2 moto3 pembalap ga bs join lg after red flag sblm 3 lap lebih ke tim2 moto2 moto3 ga ada motor cadangan yah?

    soalnya kan sering tuh lap 1 red flag tp ga bs ikut lg krn motor ancur ga ada cadangan

    Guest
    • Moto3 dan Moto2 karena Motornya dibatasi, maka peraturannnya agak sedikit berbeda . . . mungkin nanti ada blog lain yang jelasin based regulasinya yes

      Administrator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.